P. 1
MikroProsesor

MikroProsesor

|Views: 55|Likes:
Published by ArifSentanu

More info:

Published by: ArifSentanu on May 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/27/2012

pdf

text

original

MikroProsesor - Intel 4004

Anggota Kelompok :
Jefri Prayitno 1662 Dwi Wulan Rahmi 1665 Rian Widianto 1667 Jaman 1668 Nunik Suherni 1673 Yudianto 1689 Syaiful Amri 1692 Yunita 1705

STMIK AMIKOM PURWOKERTO
TEKNIK INFORMATIKA 2010 SORE

MikroProsesor . Pada kesempatan ini.Intel 4004 TUGAS MATA KULIAH MIKROPROSESOR KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami panjatkan pada Tuhan Yang Maha Esa karena rahmatNya telah memberikan kami kesempatan untuk menyusun Makalh Mikroprosesor yang disesuaikan dengan Kurikulum Program Studi Mikroposesor tahun 2011 ini. Dalam menyusun makalah ini. Bapak Aris Selaku Dosen dan Pembimbing Materi Mikroposesor ini. kami ingin menyampaikan terima kasih yang besarbesarnya pada semua pihak yang telah terlibat dalam penyusunan Makalah ini. Makalah ini mengalami cukup banyak perubahan dibandingkan dengan Makalah sebelumnya.16 Oktober 2011 Tim Penyusun 2 AMIKOM PURWOKERTO | TEKNIK INFORMATIKA 2010 SORE . Hal ini dilakukan sejalan dengan rencana Program Studi Mikroposesor untuk mengupayakan Akreditasi di kampus STMIK AMIKOM. semoga semua usaha yang telah kita tuliskan pada makalah ini bisa bermanfaat untuk kami dan Mahasiswa yang lain pada umumnya. Ucapan terima kasih juga disampaikan untuk dukungan rekan-rekan kelas sore Teknik Informatika 2010 Akhir kata. Tuntutan pekerjaan mahasiswa dalam Tugas Makalah ini lebih tinggi dengan pengharagaan beban sks yang sesuai. Purwokerto. Secara khusus untuk anggota Tim Penyusun Makalah Mikroprosesor.

Pada waktu itu. Tanda tangan adalah kesaksian sangat pedih karena. Rancangan aslinya berasal dari perusahaan Jepang yang bernama Busicom. mikroprosesor pertama. 4004 merupakan prosesor komputer pertama yang dirancang dan diproduksi oleh produsen chip Intel. Sebuah napas lega mengangkat dari dadanya. The "gold and white with gray traces" specimen shown belongs to the initial CERDIP type series manufactured in 1971. Kemudian ia memindahkan mereka ke perbatasan. seperti tanda tangan pada sebuah karya seni. ditiru oleh orang lain setelah dia.Intel 4004 PENDAHULUAN Sejarah Mikroprosesor Intel 4004 4004 adalah mikroprosesor pertama di dunia. Intel 4004 adalah sebuah CPU 4-bit yang merupakan mikroprosesor chip tunggal pertama di dunia. sebagai orang-orang meninggalkan untuk hari itu. saat ia mengamati aktivitas listrik dalam perangkat. merupakan pengalihan dari arus utama bisnis perusahaan chip memori. ROM program digabung bersama untuk menggunakan alamat program 12-bit 4004. pada Januari 1971. desain CPU lainnya seperti F14 CADC pada tahun 1970 merupakan implementasi dari chip-chip gabungan (multi-chip) 4004 dirilis dalam kemasan CERDIP 16-kaki pada tanggal 15 November 1971. Dengan tangan gemetar dan jantung berdebar ia dimuat dalam wafer wafer dan penyelidik terhubung ke tester. di atas dengung dari instrumen.F. Intel C4004 microprocessor. ketegangan itu berangsurangsur berubah menjadi kegembiraan karena semua fungsi kritis menunjukkan akan beroperasi dengan benar. Sebagai pengujian berlangsung. Dia telah menerima 4004 wafer dari garis manufaktur di sekitar 6:00. karena Federico Faggin desainer nya. Hal ini juga merupakan ide asli. di dalam desain. pada saat kelahirannya. 4004 juga disediakan dengan sebuah chip pendukung (misal. jauh dari yang dianggap tonggak oleh manajemen Intel. Kelahiran 4004 adalah saat yang intens disaksikan oleh Faggin saja. untuk digunakan pada kalkulator produksinya. Pada sekitar jam 3 pagi dengan kelelahan dan gembira. Orang yang merancang chip tersebut adalah Ted Hoff dan Federico Faggin dari Intel dan Masatoshi Shima dari Busicom. ditandatangani dengan inisial FF. Faggin awalnya terukir yang F. bekerja larut malam di laboratorium Intel sepi. Faggin meninggalkan laboratorium. yang mengijinkan akses memori 4 AMIKOM PURWOKERTO | TEKNIK INFORMATIKA 2010 SORE 2 .MikroProsesor .

300 transistor. 4-Bit Central Proccessor Unit (CPU) – 4004 A. Deskripsi Blok diagram dari cpu 4004 ditunjukan pada “Figure 3” bersisi sebagai berikut : 1. 2. Peripheral circuit. decoder dan counter. 4-bit Adder. 5. Addres register (program pencacah/counter dan pengorganisasi tumpukan/stack sebagai 4 Word dengan mesing masing 12-bit) dan address increment. Instruction register (lebar 8-bit).MikroProsesor . (penambah addres). Blok fungsi berkomunikasi secara internal melalui 4-line bus dan ditunjukan pada “Figure 3” : 2 AMIKOM PURWOKERTO | TEKNIK INFORMATIKA 2010 SORE . Index register (64 bit terstruktur dari 16 word dari tiap word 4 bit). 3.Intel 4004 kilobyte dari bus alamat 4-bit bila semua 16 ROM dipasang). 4. Sirkuit 4004 dibuat dari 2.

Alamat tumpukan disediakan oleh pengefektif alamat counter dan penyegar counter. (lihat figure 2 untuk intruksi dasar). Ketika Addres membaca yaitu disimpan di Buffer Address dan demultiplex ke bux internal selama A1.MikroProsesor .Intel 4004 Fungsi-Fungisi dari tiap tiap blok adalah : 1. 2 AMIKOM PURWOKERTO | TEKNIK INFORMATIKA 2010 SORE . Dan 3 level digunakan sebagai tumpukan untuk pemanggilan sub rutin. A2 dan A3 dalam tiga 4-bit irisan. Address bertambah dari membawa 4-bit setelah 4-bit irisan dikeluarkan di data bus. Ini berisi satu tingkat untuk menyimpan Address/alamat intruksi(program counter). Counter & Stack) dan address Address register adalah suatu sell array RAM dinamis dari 4 x 12 bit. Address register (Program Increment(penambah). Alamat penambah di kirim kembali ke alamat buffer dan kemudian ditulis kembali ke address register.

Pada mode kedua. AMIKOM PURWOKERTO | TEKNIK INFORMATIKA 2010 SORE . Pada mode pertama operasi index register menghasilkan 16 penyimpanan address secara langsung untuk perhitungan menengah dan kontrol. intruksi didekode di dekoder intruksi dan dengan tepat disesuaikan dengan sinyal waktu untuk menghasilkan control signal dari berbagai blok Fungsional. flip flop dan internal bus. Instruksi Register Dekoder dan Control Registri intruksi tediri dari OPR registerdan OPA register yang masing masing lebarnya 4-Bit. Alamat Index register dihasilkan dari internal bus dan oleh refres counter dan dimultiplex menuju dekoder register. Isi dari index register dikirim menuuju internal bus. Accumulator juga berkomunikasi dengan coontrol perintah register. 4-Bit Adder Suatu istilah penambahan datang dari “ADB” register yang mana berkomunikasi dengan internal bus pada satu sisi dan dapat mentransfer data ke adder. Index Register Index register adalah Address register adalah suatu sell array RAM dinamis dari 16 x 4 bit dan mempunyai 2 mode operasi. 2 4. Output dari adder ditransmisikan ke akumulator dan pembawa /carry FF. Kedua data dapat ditransfer. index register menghasilkan 8 pasang dari lokasi address. 3. special ROM’s.MikroProsesor .Intel 4004 2. Istilah lain dari Adder datang dari accumulator dan Carry Flip-Flop.

C. c. 1 ROM command Control (CM-ROM) dan 4 RAM command control (CM-RAM) output Buffer. Untuk Clear semua register dan RAM di CPU. 16 intruksi mesin (yang mana 5 diantaranya panjangnya double). Reset Flip Flop.MikroProsesor . 2 Spesifikasi Teknis AMIKOM PURWOKERTO | TEKNIK INFORMATIKA 2010 SORE . Timing dan SYNC generator. dan bus data di set ke “0” langkah dan CM-RAM dipilih. Data penyanga bus input/output berkomunikasi antara Data Pads dan Internal Bus. b. b. d. 15 input/output dan RAM intruksi. Instruksi repertoire Terdiri dari : a.Intel 4004 B. Selama Reset (reset pin “low”). Peripheral Circuitry Ini Termasuk : a. 14 accumulator group intructions. semua RAM dan statis FF clear. c. reset signal harus digunakan setidaknya 8 intruksi penuh untuk mengizinkan index registr me-refresh counter untuk memindai semua lokasi kosong.

D1.Intel 4004 • • Maximum clock speed . reset harus di pasang pada 64 HZ. • • • 2 • AMIKOM PURWOKERTO | TEKNIK INFORMATIKA 2010 SORE . 4004. sebuah arsitektur Harvard). agar benar benar menghapus semua Address/alamat dan Index Register. Chip RAM dan ROM. terjadi melalui Ke empat pin ini. menggunakan sebuah bus 4-bit tunggal dimultiplex untuk mentransfer: Alamat 12-bit instruksi 8-bit. tidak ditaruh di memori yang sama dengan data word 4-bit Set instruksi yang terdiri dari 46 instruksi (di mana 41 diantaranya memiliki lebar 8 bit dan 5 lebar 16 bit) Set register terdiri dari 16 register masing-masing 4 bit tumpukan subroutine internal memiliki kedalaman 3 tingkat • • • • • Deskripsi Pin • Pin 1 – 4 = Data Bus I/O(D0. Pin 8 = SYNC : Sinkronisasi Input. Pin 10 = TEST : TEST Input : Nilai logika pada input ini dapat di coba dengan Intruksi JCN. Pin 5 – 6 = Clock Phase 1.nya adalah 740 kHz Program dan penyimpanan data yang terpisah (yaitu. Sinyal sinkronisasi dibuat oleh prossesor kemudian di sesuaikan dengan Chip Ram dan ROM.Clock Phase 2 : Dua fasa Clock Input. Berlainan dengan rancangan arsitektur Harvard lainnya yang menggunakan bus yang terpisah.D2. karena ingin mengurangi jumlah pin.D3) : semua Address/alamat dan komunikasi data antara Prosesor . logic “1” yang dimasukan pada pin ini menghapus semua Flag dan status register dan memaksa program Counter/Pencacah ke 0 (Cacah ke 0/pertama).MikroProsesor . Pin 9 = RESET : Reset Input.

Intruksi Mesin Tiap intruksi dibagi menjadi dua bagian sebesar 4-bit. B. kata kedua berisi alamat/address dari data. Format set Intruksi A. Input / output dan intruksi RAM Pada intruksi ini (yang mana semuanya Word tunggal) OPR berisi 4-bit code yang mana identifier tiap intruksi I/O atau intruksi Kumpulan Akumulator dan OPA berisi 4-bit code yang mana identifier dari operasi akan dilakukan.Intel 4004 • • • Pin 11 = CM-ROM : Memory Control . 4-Bit teratas atau (OPR) akan selalu diambil sebelum 4-Bit terbawah (OPA) selama waktu M1 dan M2 berurutan. ini adalah pilihan ROM sinyal yang dikirim oleh proccessor saat data dibutuhkan dari memori program. Pin 12 = VDD : Sumber Arus Utama Pin 13 -16 = CM-RAM 0-3 : Ke 4 pin ini adalah tempat untuk Sinyal Terpilih pada Chip 4002 dalam Sistem. Untuk intruksi 2 Word(kata). Dan yang terbawah adalah bagian OPA yang berisi Modifier(pengubah). Tabel II mengilustrasikan isi dari tiap bagian 4-bit.MikroProsesor . 4-bit bagian teratas adalah bagian OPR yang berisi kode Operation Code(kode operan). 2 AMIKOM PURWOKERTO | TEKNIK INFORMATIKA 2010 SORE .

Intel 4004 D.MikroProsesor .C dan Karasteristik Operasi 2 AMIKOM PURWOKERTO | TEKNIK INFORMATIKA 2010 SORE .

MikroProsesor .C karasteristik 2 AMIKOM PURWOKERTO | TEKNIK INFORMATIKA 2010 SORE .Intel 4004 A.

Elsevier Malvino. Edisi Kedua. Haryono Eduard. by : Graham Lee. 1994.Mikrokontroler Melalui Komputer PC.Intel 4004 DAFTAR PUSTAKA 1. Memanfaatkan Serial RS-232-C. 1986.An Introduction to Computers. Elex Media Komputindo From Hardware to Software .MikroProsesor . Elex Media Komputindo 6. 3. Hall. Programming & Hardware. 1991. 1996. by : Douglass V. Middlehoek. Yokogawa Research Institute Corp. “Prinsip-Prinsip Elektronika”. 4. 1995. oleh : Ganiadi Gunawan. Albert Paul. MacMillan Press Ltd. Fendy. by : Hiro Yamasaki. Volume 3 : Intelligent Sensors. Jakarta. Series Editor S. 5. 1982. Delf University of Technology The Netherlands.. Microprocessors & Interfacing. oleh : Arianto Widyatmo. Mc Graw Hill 2 AMIKOM PURWOKERTO | TEKNIK INFORMATIKA 2010 SORE . Penerbit Erlangga. Handbook of Sensors and Actuators. 2. Belajar Mikroprosesor .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->