P. 1
Pengaruh Teknologi Pada Lingkungan ( Presentasi Ikd

Pengaruh Teknologi Pada Lingkungan ( Presentasi Ikd

|Views: 23|Likes:

More info:

Published by: Fajar Phantom-Spinner on May 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/23/2013

pdf

text

original

Dampak perkembangan teknologi terhadap lingkungan hidup manusia memberikan dampak positif dan negatif yang akan mempengaruhi

kehidupan manusia. Contoh yang dapat diberikan yaitu seperti: 1. Dampak Positif Bidang industri: a. Diperluasnya lapangan kerja dengan berdirinya industri atau pabrik baru. b. Perkembangan industri bertambah baik, misalnya dengan penelitian dan pengembangan di bidang industri transportasi, elektronika, dan industri rekayasa. c. Berkembangnya tanaman sebagai bahan baku industri (kapas untuk industritekstil, kayu sengon, dan pinus untuk industri kertas). d. Diciptakannya mesin daur ulang, sehingga sampah sebagai sumber pencemaran lingkungan dapat di urangi. e. Peningkatan industri ekspor migas dan nonmigas. f. Memperoleh devisa dari industri pariwisata. Bidang Pertanian: a. Bertambahnya varietas baru dan unggul. b. Peningkatan hasil produksi pertanian.

Terjadinya (al: ilegal d. peternakan. perkebunan. dan kehutanan semakin sempit karena dibangun banyak perumahan.c. Terjadinya . Terjadinya pencemaran udara akibat pembakaran hutan yang menghasilkan CO2 dan CO. e. yang berlebihan mengakibatkan pencemaran tanah. banjir dan loging) Rusaknya erosi karena penebangan hutan tidak terkendali. Untuk pemenuhan kebutuhan primer dan sekundernya manusia mengeksploitasi alam. Pemberantasan hama dengan pesawat terbang di perkebunan. 1. Dampak Negatif Bidang lingkungan alam: dan a. Penyemprotan peptisida berimbas makhluk hidup yang lain terkena racun tahan lama yang dapat menyebar dalam rantai makanan ke ekosistemnya sehingga dapat memengaruhi mata rantai makhluk hidup yang memakannya. Dikenal dipakainya alat-alat pertanian modern. g. karena dibangunnya industri atau pabrik. Pemupukan f. e. Dikenalnya sistem pemupukan dan obat-obatan hama. d. c. h. Lahan pertanian. lingkungan alam. b. pencemaran air dari buangan limbah industri.

Manusia memiliki banyak cara untuk meningkatkan taraf hidupnya. sesuai dengan yang dilakukan atau diolah oleh manusia itu sendiri. tetapi teknologi tersebut apabila dimanfaatkan dengan baik. . KESIMPULAN 1. j. 2. sehingga menyebabkan terjadinya dampak yang negatif. dan sampah-sampah industri dan rumah tangga. Sedangkan pandangan teknologi yang diciptakan manusia untuk lingkungan hidupnya menjadikan teknologi sebagai pengatur keseimbangan terhadap kerusakan yang telah dilakukan oleh manusia dan mengakibatkan manusia sangat ketergantungan terhadap penggunaan teknologi. Tetapi dari pengalaman hiduplah manusia dapat belajar untuk memperbaiki kehidupan yang akan dijalani nantinya dengan pemanfaatan teknologi. serta pelestarian lingkungan hidupnya. bau. Teknologi berperan penting dalam kehidupan manusia dan manusia tidak dapat terlepas dari teknologi. dan kendaraan bermotor. Manusia sering tidak sadar akan apa yang dilingkungannya sendiri. Terjadinya pencemaran udara dari asap-asap industri. Teknologi misalnya yang akan membawa kesejahteraan umat manusia dan meningkatkan taraf hidup manusia apabila menimbulkan dampak yang positif. 3. 1. mobil. Pengaruh teknologi terhadap lingkungan hidup manusia akan menimbulkan hal yang negatif dan positif. tetapi kesadaran akan itu masih sangat lah kurang dan hendaknya manusia selalu mencari dan memikirkan untuk tidak melakukan hal yang negatif saja. Terjadinya pencemaran tanah. E.i.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->