TUGAS PENGEMBANGAN KURIKULUM PERBANDINGAN KURIKULUM 1994 DAN KTSP 2006

OLEH : NI WAYAN YULITA AMANDA

PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA 2012

RPP dan SKL kurikulum (pembagian (matpel dan sks) . pendidikan dasar (Tujuan umum institusional dan tujuan RPP. program SK. (yaitu tahunan. SK. KKM. KD mulok. pengembangan diri) institusional khusus) KD. -Tujuan pendidikan pd GBPP. 1. PP dan PT Organisasi : BSNP. -Struktur dan muatan Silabus. Organisasi : -Susunan program LPP. GBPP. SI. Standar isi. indikator 2. Tujuan : -Tujuan nasional pendidikan pengembangan kerangka dasar) (sejenis -Tujuan Nasional Tujuan Pendidikan BSNP. KD. Isi/ Konten : -Program pengajaran (hanya matpel umum dan khusus) -Kegiatan ekstra kulikuler -Uraian singkat masing-masing mata pelajaran -Lama pendidikan -Perpindahan sekolah LPP. PP. PP. dan 3.No. dan PT Isi/Konten : -SK -KD -Mata pelajaran -Muatan local -Pengembangan diri -Pendidikan kecakapan hidup -Pendidikan berbasis BSNP. GBPP. silabus. SI. dan Lampiranlampiran Tingkat program program semester. dan silabus local dan global -Ketuntasan belajar -Kenaikan penjurusan kelulusan kelas. dan PT jenjang dan satuan Satuan Pendidikan -Tujuan Kelompok/mata pelajaran Rumusan SKL. Kurikulum 1994 Deskripsi Komponen Sumber Perangkat Landasan program KTSP 2006 Deskripsi Komponen dan Tujuan : Sumber Perangkat SKL.

Tujuan utama dari kurikulum 1994 adalah :  Tujuan Pendidikan nasional yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur. memiliki pengetahuan dan ketrampilan. . kesehatan jasmani dan rohani. Tujuan secara umum dari kurikulum 1994 adalah meningkatkan mutu pendidikan melalui siswa mampu menguasai materi yang diberikan bahan ajar berdasarkan TIU dan TIK dan menyiapkan siswa ke jenjang pendidikan tinggi (Globotech.-pelaksanaan (waktu 5 kelompok mata dan system guru) -perencanaan KBM -Bahasa pengantar -Sistem pengajaran -Bimbingan belajar dan bimbingan karir -Tahap kurikulum pelaksanaan pelajaran) -Kalender pendidikan 4. Evaluasi : -Penilaian kegiatan dan kemajuan belajar -Penilaian hasil belajar LPP. dan -Penilaian berdasarkan BSNP indicator kompetensi dasar proses belajar) (penilaian dan hasil Pembahasan: Kurikulum 1994 Kurikulum 1994 dibuat sebagai penyempurnaan kurikulum 1984 dan didasarkan pada Undang-Undang No. RPP. kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sistem pembagian waktu pelajaran dengan catur wulan. Silabus. 2010). PP dan PT Evaluasi : KD.

 Pendidikan dasar yang diselenggarakan di sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) yang bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan dasar yang merupakan perluasan serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di sekolah dasar yang bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi. warga Negara dan anggota umat manusia serta mempersiapkan siswa untuk mengikuti pendidikan menengah. 1995). membaca dan menulis. pendidikan kewarganegaraan. pedoman pelaksanaan (PP) dan petunjuk teknis mata pelajaran (PT). Tujuan pendidikan pada jenjang dan satuan pendidikan dasar dibagi menjadi 2 yaitu:  Pendidikan dasar yang diselennggarakan di sekolah dasar yang bertujuan memberikan bekal kemampuan dasar. kerajinan tangan dan kesenian. Isi kurikulum 1994 memuat bahan kajian dan uraian tentang mata pelajaran umum dan khusus yaitu pendidikan Pancasila. garis-garis besar program pengajaran (GBPP). Kurikulum 1994 ini terdiri dari 3 perangkat yaitu landasan program dan pengembangan (LPP). Selain itu juga dijelaskan mengenai kegiatan ekstra kulikuler yang merupakan kegiatan belajar yang dilakukan diluar jam pelajaran tatap muka. pengetahuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa sesuai dengan tingkat perkembangannya serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendidikannya di SLTP. pengantar sains dan teknologi. ilmu bumi. anggota masyarakat. anggota masyarakat dan warga Negara sesuai dengan tingkat perkembangannya serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendidikan menengah (Depdikbud. Tujuan Pendidikan pada jenjang dan satuan pendidikan dasar yaitu memberikan bekal kemampuan dasar kepada siswa untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi. Organisasi kurikulum 1994 terdiri dari: 1. pendidikan agama. menggambar serta Bahasa Inggris. Lama pendidikan sembilan tahun yang terdiri atas program pendidikan enam tahun yang diselenggarakan di sekolah dasar dan pogram pendidikan tiga tahun yang diselenggarakan di sekolah lanjutan tingkat pertama atau satuan pendidikan yang sederajat juga termasuk ke dalam isi kurikulum. Susunan program yang terdiri dari uraian matpel dan sksnya . sejarah nasional dan sejarah umum. matematika (termasuk berhitung). Bahasa Indonesia. pendidikan jasmani dan kesehatan.

Penilaian kegiatan dan kemajuan belajar siswa dilakukan dengan mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar siswa sedangkan penilaian hasil belajar adalah dengan mengumpulkan informasi untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan dan kemampuan telah dicapai oleh siswa pada akhir setiap catur wulan. 7. KBM pd dasarnya mengembangkan kemampuan psikis dan fisik. Pada kurikulum ini keberhasilan siswa diukur dan dilaporkan berdasarkan perolehan nilai yang dapat dibandingkan dengan siswa lain. termasuk di dalamnya waktu bagi penyelenggaraan atau penilaian kegiatan. perencanaan catur wulan dan perencanaan yang dituangkan dalam bentuk persiapan mengajar 4. akhir /cara penilaiannya difokuskan pada aspek kognitif (Depdikbud.2. Pelaksanaan Kurikulum yang terdiri dari waktu belajar yang menerapkan system catur wulan yang membagi waktu belajar 1 tahun ajaran menjadi 3 bagian waktu yang masingmasing disebut catur wulan (3 catur wulan). Bahasa pengantar yaitu bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang digunakan sebagai bahasa pengantar dalam tahap awal pendidikan. System pengajaran. cara penyajian memanfaatkan berbagai sarana penunjang 6. KBM dilaksanakan dengan system klasikal. Perencanaan KBM meliputi perencanaan tahunan. 2008)  Kurikulum KTSP 2006 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2004 (KBK). Bimbingan belajar dan bimbingan karir yang ditekankan pada upaya bimbingan belajar tentang cara belajar. 1995). Tahap pelaksanaan kurikulum. memahami dunia kerja dan mengembangkan kemampuan untuk membuat perencanaan serta kemampuan mengambil keputusan. Evaluasi pembelajarannya dilaksanakan dengan teknik paper dan tes (Globotech. Jumlah hari belajar efektif dalam satu tahun ajaran adalah sekurang-kurangnya 240 hari. KTSP diwujudkan dalam bentuk standar kompetensi dan kompetensi dasar dan telah disahkan penggunaannya disekolah baik negeri maupun swasta pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. kemajuan dan hasil belajar siswa 3. Evaluasi pada kurikulum 1994 didasarkan pada penilaian kegiatan dan kemajuan belajar serta penilaian hasil belajar. 2008) : . 5. Landasan penyusunan KTSP adalah (Sanjaya.

berilmu. 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Pendidikan Nasional BSNP Secara umum tujuan diterapkannya KTSP adalah untuk memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada lembaga pendidikan.      Undang-Undang Republik Indonesia No. Tujuan pendidikan nasional ini kemudian dijabarkan ke dalam tujuan institusional yaitu tujuan pendidikan yang ingin dicapai dari setiap jenis maupun jenjang sekolah atau satuan pendidikan tertentu. sehat. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2007 dikemukakan bahwa tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan berikut (Sudrajat. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.  Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan Dalam Permendiknas No. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. Tujuan utama dari kurikulum KTSP yaitu :  Tujuan Pendidikan Nasional Dalam Undang-Undang No. cakap. bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman. 2008): . kreatif. berakhlak mulia. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa : Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.

Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan. KD mulok. serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. KTSP memiliki beberapa perangkat yaitu : SKL. akhlak mulia. pengetahuan. serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. pengetahuan. program dan pengembangan diri) Isi dari Kurikulum KTSP memuat pola dan susunan materi pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Menjelaskan tentang mata pelajaran beserta alokasi waktu untuk masing-masing satuan pendidikan. silabus. 23 Tahun 2007 tentang Standar Kompetesi dan Kompetensi Dasar. kepribadian. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. akhlak mulia. kenaikan kelas dan kelulusan serta penjurusan yang masing-masing diberlakukan oleh sekolah. RPP.1. 2.  Tujuan Kelompok/mata pelajaran didasarkan pada Permendiknas No. BSNP. SK. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional . 3. Tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan. Selain itu juga memuat ketuntasan belajar (KKM). Organisasi kurikulum KTSP terdiri dari struktur dan muatan kurikulum serta kalender pendidikan. pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global yang diberikan pada siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. pengetahuan. Hal ini didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan. program semester. dan Lampiran-lampiran (yaitu program tahunan. kepribadian. Memuat tentang muatan lokal yang merupakan kegiatan kulikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. kepribadian. akhlak mulia. Standar isi. serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan. pendidikan dan kecakapan hidup. dan berisi tentang pengembangan program pendidikan seperti kegiatan pengembangan diri.

kebutuhan peserta didik. Pada kurikulum 1994 tidak terjadi penataan materi. Kalender pendidikan disusun dengan kebutuhan daerah. olah raga dan kesehatan. Keberhasilan siswa diukur berdasarkan pencapaian kompetensi tertentu dan bukan melalui perbandingan dengan hasil belajar siswa lain. jam belajar dan susunan program. dan masyarakat dengan mengacu pada ketentuan yang ditetapkan dalam standar isi. Bahan ajar yang akan disampaikan oleh guru harus berdasarkan pada TIU dan . Struktur dan muatan kurikulum disusun berdasarkan pada standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.Pendidikan menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum. 2008). Kurikulumnya bersifat kurikulum inti sehingga daerah yang khusus dapat mengembangkan pengajaran sendiri disesuaikan dengan lingkungan dan kebutuhan masyarakat sekitar. perencanaan program tahunan dan rencana program semester. Kegiatan belajar cenderung di dalam kelas. wawancara dan sebagainya (Sanjaya. tetapi juga untuk mengumpulkan informasi tentang proses pembelajaran yang dilakukan oleh setiap siswa. Penilaiannya berdasarkan pada 3 aspek yaitu : aspek kognitif. berorientasi pada aspek kognitif. afektif dan psikomotor. Kesimpulan : Kurikulum 1994 bersifat populis yaitu memberlakukan satu sistem kurikulum untuk semua siswa di seluruh Indonesia dalam artian materi pembelajaran ditentukan oleh pemerintah. karakteristik sekolah. mengejar target berupa materi yang harus dikuasai. Pelaksanaannya tidak hanya ditentukan dengan tes tetapi juga dengan nontes seperti tugas. Yang disusun dalam kalender pendidikan adalah jumlah minggu dan harian efektif. kejuruan. Kalender pendidikan juga termasuk dalam organisasi kurikulum. dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas :      Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi Kelompok mata pelajaran dan estetika dan Kelompok mata pelajaran jasmani. Evaluasi dalam KTSP tidak hanya sekedar mengukur keberhasilan setiap siswa dalam pencapaian hasil belajar.

wawancara dan sebagainya. KTSP tidak hanya fokus pada aspek kognitif tetapi juga focus pada aspek psikomotor dan afektif siswa. Keberhasilan siswa diukur berdasarkan penilaian proses dan hasil belajar. Evaluasi pelajaran dilaksanakan dengan tes. Dalam KTSP guru tidak diharuskan menyampaikan semua materi pembelajaran tetapi pembelajaran harus mencapai kompetensi. jam belajar dan struktur program. pemahaman siswa tentang materi. Evaluasinya tidak hanya dengan tes tetapi juga dengan nontes seperti tugas. Sekolah menentukan materi pembelajaran yang berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pada kurikulum KTSP terjadi penataan materi. . perkembangan peserta didik dan sumber daya yang tersedia. Materi pembelajaran disusun berdasarkan karakteristik mata pelajaran. Pada kurikulum 1994 cara penilaian difokuskan pada aspek kognitif.TIK (tujuan pembelajaran). Penilaiannya berdasarkan penilaian kegiatan dan kemajuan belajar serta penilaian hasil belajar. Kegiatan belajar siswa tidak hanya di dalam kelas melainkan juga di luar kelas. Penyusunan bahan penilaian didasarkan pada tujuan perkelas dan persemester. Pada kurikulum KTSP pemerintah pusat hanya mengembangkan kompetensi standar sedangkan elaborasi kompetensi diserahkan pada pihak sekolah dalam bentuk silabus.

Kurikulum 1994 Komponen Kurikulum Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 25 Perangkat KTSP 2006 Komponen Kurikulum -Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang 060/U/1993 Februari Tanggal 1993 system pendidikan Nasional . Perangkat 21.Peraturan Pemerintah RI Nomor tentang 19 Tahun 2005 tentang Kurikulum Pendidikan Dasar Standar Nasional Pendidikan -PerMen Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 untuk Landasan Program dan SI Dasar -Peraturan Menteri tentang satuan Standar Isi Pendidikan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Standar Kompetendi lulusan Satuan Pendidikan Menengah -Peraturan Menteri Dasar dan Pendidikan Nasional Nomor 24   Tahun 2006 tentang Pelaksanaan PP Tujuan : Tujuan : -Tujuan Pendidikan Nasional -Tujuan Pendidikan Pada -Tujuan Pendidikan Nasional Tujuan Pendidikan -Tujuan pelajaran Kelompok/mata Tingkat Satuan Jenjang dan Satuan Pendidikan Dasar .No.

system KBM. penjurusan dan kelulusan system pengajaran. guru.. -Kalender pendidikan (jumlah minggu dan hari efektif. bimbingan belajar dan karir -Tahap pelaksanaan kurikulum  Penilaian : kegiatan dan  Evaluasi : -Penilaian -Penilaian berdasarkan proses (portofolio) dan hasil belajar (berdasarkan indicator kompetensi dasar) kemajuan belajar -penilaian hasil belajar . bahasa perencanaan pengantar. dan rencana program semester) -Silabus dan RPP -Kenaikan kelas. Isi :  Isi : -Program pengajaran (berisi singkat pelajaran) -Lama pendidikan kajian dan uraian Isi/Konten : -SK -KD -Mata pelajaran -Muatan local -Pengembangan diri -Pendidikan kecakapan hidup -Pendidikan berbasis local dan global masing-masing  Organisasi :  Organisasi : dan muatan -Susunan program pengajaran (program kulikuler dan -Struktur kurikulum kegiatan ekstra kulikuler) -Pelaksanaan (waktu belajar. program Perencanaan tahunan.

pelaksanaan penilaian. pelaksanaan bimbingan dan konseling.Tujuan mata pelajaran -Ruang lingkup GBPP Organisasi :  -SK Organisasi : (memuat tentang -Urutan materi sesuai dengan tingkat pelajaran -Sistem cawu di SD dan SMP dan semester rambu-rambu kelas dan mata kompetensi dasar yang harus dicapai siswa) -KD (kemampuan peserta didik untuk memahami mata pelajaran) -Indikator 3.2. pelaksanaan administrasi pendidikan di sekolah dan  Tujuan : Silabus  Tujuan : -Tujuan pengajaran dan ruang lingkup bahan pengajaran -Tujuan yang harus dicapai oleh siswa melalui pembelajaran pelaksanaan supervise pendidikan di sekolah) . Petunjuk pelaksanaan (pengelolaan PBM.  Tujuan : BSNP  Tujuan : -Pengertian -Fungsi -Tujuan -Ruang Lingkup  -Rasional .

Petunjuk teknis mata Tujuan : RPP Tujuan : -tujuan pembelajaran sebagai -Dalam standar isi dan standar . kulikuler. rencana pengajaran dan analisis hasil ulangan harian) -Hal-hal mengenai (tujuan lingkup. pengajaran. komponen yang -Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar -Merumuskan indicator mempengaruhi PBM. kegiatan kulikuler. yang mata pengajaran. program satuan pelajaran. program (penguasaan analisis materi -Mengembangkan pembelajranan kegiatan -penentuan jenis penilaian -menentukan alokasi waktu -Menentukan sumber belajar pelajaran. kegiatan pendekatan ekstra dan pencapaian kompetensi -Mengidentifikasikan pokok/ pembelajaran materi metode dalam PBM) -Penyusunan pengajaran materi. Isi :  Isi : -Penguasaan materi -Analisis materi pelajaran -Penyusunan mengajar  persiapan -Bahan pelajaran -Standar kompetensi dan kompetensi dasar -Indikator hasil belajar -Kegiatan pembelajaran  Organisasi : Organisasi : -Pengelolaan PBM (pengertian PBM. khusus pelajaran ruang pelaksanaan pendekatan dan metode yang digunakan serta penilaian)   4. program tahunan dan catur wulan.

kompetensi pembelajaran dalam yang lulusan tujuan afektif. psikomotor. -Media dan sumber belajar (sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik daerah -Evaluasi hasil belajar afektif dan .  Isi : komponen dan  Isi : dengan bahan indicator hasil -pengertian.pelajaran komponen GBPP (kognitif. Dalam RPP tujuan pembelajaran dirumuskan oleh guru dimana standar kompetensi daan kompetensi dasar dijabarkan menjadi belajar. Strategi dan metode yang digunakan (kalender akademik-persiapan mengajar) -model-model pembelajaran -penilaian hasil belajar berbeda-beda sesuai bidang kognitif. -berkenaan penjabaran GBPP pelajaran yang harus dikuasai siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran.  Organisasi : pembelajaran metode dan  Organisasi : dan harus metode dirancang -prinsip-prinsip (pendekatan -Strategi pelajaran pengelolaan kelas) -rencana pembelajaran sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. dan psikomotor dirumuskan kompetensi dicapai atau bentuk harus dikuasai oleh siswa.

hasil RPP dan Indikator ditetapkan oleh pusat kompetensi.Aspek Kurikulum 1994 + suplemen Kurikulum 2004 KTSP 2006 Dokumen Semua dokumen Pusat : hanya standar SKL. SI. Silabus. KD. kelas) Organisasi Komponen pembelajaran dinyatakan eksplisit tujuan Tujuan secara inflisit Tujuannya dalam kompetensi : implisit: secara pengetahuan. dan materi beberapa pokok serta pedoman pengembangan (silabus. indicator. ketrampilan. nilai-nilai direfleksikan kebiasaan dan yang dalam berpikir secara penilaian (kritis dan kreatif) dan bertindak Standar pendidikan Diterapkan seragam Kesatuan dalam Pemerintah dan hanya dalam mengembangkan kompetensi standar sebagai sedangkan pusat oleh pusat dan daerah kebijakan hanya mengembangkan kurikulum lokal keragaman pelaksanaan elaborasi kompetensi diserahkan kepada daerah atau sekolah dalam bentuk silabus yang tetap mengacu pada BSNP . (termasuk juknis) belajar.

berdasarkan kompetensi tertentu dan Diukur yaitu dengan tes dan non tes . Penilaian Dominan pada Produk. nilai. to Metode pembelajaran do.Pembelajaran CBSA kognitif) (Dominan Learning to know. Pembelajarannya didasarkan kompetensi pada dasar subjek yang harus dicapai. proses. afektif psikomotor). Menekankan dan multi assesmen kelas sikap melalui proses dan pada hasil kognitif melalui tes bentuk belajar (pembelajaran pada aspek kognitif. to be dan to live bervariasi. together bertindak guru sebagai fasilitator dan siswa sebagai pendidikan.

2008.12. Globotech. Depdiknas. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran : Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).12.Referensi : Depdikbud. 2009. Jakarta. Ahmad. Wina.2008. Komponen-Komponen dalam Kurikulum. Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Perbedaan Kurikulum 1994 dan KTSP. Jakarta.wordpress. Buku Saku Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Pertama.com/2010/03/18/perbedaan-kurikulum-1994-danktsp/>.2008.22. <http://globotech88. Kencana Prenada Media Group. <http://akhmadsudrajat. Sudrajat. Jan. Jakarta.04. .com/2008/Komponen-komponen-dalamkurikulum>. 1995. Sanjaya.04. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.wordpress. Kurikulum Pendidikan Dasar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful