P. 1
Assessment Sikap

Assessment Sikap

|Views: 63|Likes:
Published by Samuel Mamel

More info:

Published by: Samuel Mamel on May 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2012

pdf

text

original

INSTRUMEN SKALA SIKAP ANGKET MINAT SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN “ Metode Presentasi Hasil Percobaan”

Standar Kompetensi

: 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

Kompetensi Dasar

: 1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan

Petunjuk: 1. Skala sikap ini berhubungan dengan Proses Pembelajaran Biologi yang Anda peroleh di sekolah. 2. Tujuan penggunaan skala sikap ini untuk mengetahui pendapat Anda tentang Proses Pembelajaran Biologi. 3. Tuliskan jawaban secara jujur, dengan cara memberi tanda cek (√) pada posisi skala yang paling sesuai dengan pandangan Anda. 4. Apapun jawaban yang Anda berikan tidak memberi pengaruh terhadap nilai mata pelajaran Anda. 5. Jawaban yang Anda berikan secara jujur sangat bermanfaat bagi perbaikan proses pembelajaran di masa yang akan datang. 6. Selesaikan tugas ini dengan memberi tanda check (√) pada posisi skala yang sesuai dengan pandangan Anda sendiri

2. Penskoran untuk skala tersebut dapat dilakukan dalam rentang 1 sampai dengan 5. Skor maksimum dalam skala tersebut adalah Skor paling rendah adalah : 5 x 5 = 25 :5x1=5 3. karena menunjukkan sikap positif terhadap objek sikap proses pembelajaran Biologi. Skor 13 = Sikap siswa adalah netral Skor > 13 = Sikap siswa adalah positif Skor < 13 = Sikap siswa adalah negative . Dengan demikian skor yang diperoleh siswa dengan skala tersebut dapat diinterpretasikan sebagai berikut. yakni di skor 5. karena menunjukkan sikap paling negatif terhadap proses pembelajaran tersebut. Arah paling kanan adalah paling kecil.METODE PEMBELAJARAN “PRESENTASI HASIL PERCOBAAN” Menarik Penting Bermanfaat Menyenangkan Mudah dipelajari Membosankan Tidak Penting Kurang bermanfaat Menyusahkan Sukar dipelajari Penskoran: 1. Arah paling kiri adalah paling besar.

jawaban apapun yang anda berikan tidak memberi pengaruh terhadap nilai mata pelajarannya. Skala sikap ini berhubungan dengan mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan. Jawaban Anda yang spontan dan jujur untuk seluruh butir soal berikut sangat bermanfaat bagi perbaikan program pendidikan lingkungan. oleh karena itu. 2.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan Petunjuk: 1.INSTRUMEN SKALA SIKAP ANGKET MINAT SISWA TERHADAP MATERI PELAJARAN BIOLOGI Standar Kompetensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan Kompetensi Dasar : 1. Berilah tanda cek (V) untuk setiap pernyataan pada kolom pilihan sikap yang paling sesuai untuk diri Anda sendiri ! 6. No. Pernyataan Pilihan Sikap SS S N TS STS 1. 4. Keterangan pilihan sikap : SS = Sangat Setuju. Tujuan penggunaan skala sikap ini adalah untuk mengetahui pandapat Anda tentang kegiatan mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan. N = Netral. sesuai dengan perasaan yang Anda miliki ketika pertama kali Anda membaca butir soalnya! 5. 2. Tidak ada jawaban benar atau salah untuk rangkaian butir soal berikut. Kegiatan presentasi hasil percobaan didepan kelas membosankan . TS = Tidak Setuju. Kegiatan presentasi hasil percobaan didepan kelas menghidupkan suasana kelas. S = Setuju. dan STS = Sangat Tidak Setuju. Jawablah seluruh butir soal berikut secara spontan dan jujur. 7. 3.

3. Kegiatan presentasi hasil percobaan meningkatkan kerjasama siswa dalam satu kelompok. Presentator menunjukkan yang menjawab kurang pertanyaan menghargai sikap pendapat orang lain 15. Sesi Tanya jawab menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi. 6. 5. 9. 12. . Laporan hasil percobaan dapat menjadi sumber belajar siswa. Presentasi semakin membuat siswa bingung mengenai pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan. 10. Hasil percobaan yang dikomunikasikan tidak menunjukkan hasil yang sebenarnya dalam percobaan. Hasil percobaan yang dikomunikasikan tidak memberikan wawasan baru bagi siswa. 14. Hanya siswa pintar saja yang mampu menyampaikan presentasi dengan baik. Kegiatan presentasi didasarkan pada asas kejujuran dalam praktikum. Presentasi meningkatkan pemahaman terhadap pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan 4. Berbicara didepan kelas menunjukkan sikap paling benar sendiri. Berbicara didepan kelas menumbuhkan sikap berani 8. Kegiatan presentasi menumbuhkan sikap berpikir kritis. 13. 11. 7.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->