P. 1
Gabungan Soal2 Labfis (to Uts)

Gabungan Soal2 Labfis (to Uts)

|Views: 456|Likes:
Published by Umar Komarudin

More info:

Published by: Umar Komarudin on May 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/27/2013

pdf

text

original

KELOMPOK 1 1. LKS Mekanika : Menentukan Percepatan Gravitasi Bumi  Jelasskan secara singkat pembuktian hukum Gravitasi Newton?

 Newton membuktikan hukum gravitasinya dengan mengamati gerakan bulan. Bulan mengelilingi bumi satu kali dalam 27,3 hari. Lintasannya mirip lingkaran berjari-jari 3,8 x 108 m. Menurut teori gerak melingkar, benda bergerak melingkar karena dipercepat oleh percepatan sentripetal yang arahnya menuju pusat lingkaran. Besar percepatan yang menyebabkan lintasan bulan berbentuk lingkaran adalah sebagai berikut:

(

)

(

)

( (

) ( )

)

Lalu hitunglah besar percepatan sentripetal ini dengan rumus Newton.

( ( )

)

Terlihat bahwa hasil perhitungan ini ternyata sama dengan hasil pengamatan. Ini membuktikan bahwa rumus Newton dapat dipertanggungjawabkan!

2. Neraca Puntir Cavendish merupakan alat untuk menentukan nilai konstanta

gravitasi umum, apa yang anda ketahui tentang neraca puntir Cavendish tersebut?

Nilai G merupakan tetapan umum yang diukur secara eksperimen dan memiliki nilai numerik yang sama untuk semua benda. Nilai G ini pertama kali diukur oleh Hernry Cavendish, pada tahun 1798. Cavendish menggunakan peralatan seperti ditujukan pada gambar berikut:

Cavendish menggunakan alat ini untuk menghitung massa bumi. Dua bola timah hitam digantungkan pada ujung-ujung sebuah tiang yang digantungkan pada kawat sedemikian ruipa sehingga tiang dapat berputar dengan bebas. Batangan yang menyangga dua bila besar diputar sedemikian rupa sehingga bola besar dan bola kecil saling mendekati. Gaya tarik gravitasi antara bola besar dan bola kecil menyebabkan tiang tersebut berputar. Dengan mengukur besar putaran. Cavendish dapat menghitung gaya tarik antara bola yang massanya diketahui pada jarak tertentu dengan menggunakan hukum gravitasi. Cavendish tidak hanya memperkuat teori gravitasi. Newton, tetapi juga berhasil menentukan nilai G. Nilai yang diterima sampai sekarang ini adalah G = 6,672 x 10–11 Nm2/kg2.
3. Adakah pengaruh panjang tali pada bandul terhadap percepatan gravitasi bumi

pada percobaan ini?jelaskan! Ya,ada. semakin panjang tali,semakin kec i l p e r c e p a t a n g r a v i t a s i y a n g d i m i l i k i , d e m i k i a n sebaliknya.Dengan mengayunkan bandul tersebut maka akan diperoleh periode getaran dari bandul t e r s e b u t . D a r i p e r i o d e tersebut maka dapat dihitung besarnya percepatan gravitasi. Dengan panjang tali bandul yang berbeda maka akan dihasilkan percepatan gravitasi yang berbeda pula.(silahkan dicoba matematisnya)
4. Dapatkah nilai gravitasi kita hitung dengan bandul? Jika bisa bagaimana cara

mengukur nilai gravitasi tersebut? 5. Jelaskan hubungan panjang tali dengan periode pada percobaan ini!

Besar hambatan shunt tergantung pada berapa kali kemampuannya akan ditingkatkan. Kemampuan amperemeter dapat ditingkatkan dengan memasang hambatan shunt secara parallel terhadap amperemeter. maka gaya yang timbul juga akan membesar sedemikian sehingga penyimpangan jarum penunjuk juga akan lebih besar. persamaan grafik seperti di atas adalah y = mx. maka persamaan grafik di atas dapat ditulis: Jika I diletakkan dalam ruas kiri. maka persamaan di atas dapat dituliskan sebagai berikut : . Jelaskan prinsip kerja amperemeter!  Amperemeter bekerja berdasarkan prinsip gaya magnetik (Gaya Lorentz). Apabila arus yang melewati kumparan besar. dengan m menyatakan gradien.I. Pada percobaan Menentukan Percepatan Gravitasi Bumi. L. jelaskan bagaimana bisa didapat formula dari hukum Ohm! Grafik di atas ini menunjukkan beda potensial sebanding dengan kuat arus. Ketika arus mengalir melalui kumparan yang dilingkupi oleh medan magnet timbul gaya lorentz yang menggerakan jarum penunjuk menyimpang. akan ditingkatkan menjadi I’ = n. apa yang terjadi bila massa bandul yang digunakan lebih berat misal 200gr? Bagaimana pengaruhnya terhadap periode getarnya? LKS Lisma : Pengaruh Beda Potensial terhadap Kuat Arus dalam Penghantar 1. ketika kuat arus tidak ada maka jarum penunjuk akan dikembalikan ke posisi semula oleh pegas. Buatlah grafik dari hasil pengamatan yang telah dilakukan! Dari grafik tersebut. Karena sebagai sumbu y adalah V dan sumbu x adalah I. ( RG = Hambatan galvanometer mula-mula ) 2.I. maka besar hambatan shunt. Di dalam matematika.6. Demikian sebaliknya. Misalnya mula-mula arus maksimumnya adalah I. Besar gaya yang dimaksud sesuai dengan Prinsip Gaya Lorentz F = B.

sesuai dengan nama orang yang pertama kali merumuskan hukum ini. Apa yang menyebabkan arus listrik dapat mengalir? 6. Rumus: (Jarum yang ditunjuk pada skalar: skala pada jarum maksimum) x vaktor pengali (yang diputer itunah)  4. 3. Bagaimana cara menggunakan garputala dalam percobaan gelombang bunyi dan apa kegunaan garputala?  Garputala sebuah instrument yang hanya mengeluarkan SATU nada tunggal (monophonic). Bagaimana cara membaca penunjukan amperemeter dari hasil pengamatanmu pada rangkaian di atas? Saat mengukur pada tegangan 4volt. bukan voltmeter saja atau amperemeter saja? LKS Gelombang : Menghitung Cepat Rambat Gelombang Bunyi 1. Melafalkan nada do re mi fa sol la si do secara benar.Persamaan di atas dikenal dengan hukum Ohm. Cara memegang garputala adalah dengan memegang batang garputalam. cukup hanya untuk menggetarkan kedua batang ganda . Mengapa banyak baterai mempengaruhi terang bola lampu? Apakah hal tersebut berhubungan dengan beda potensial? Jelaskan 5.. Menurut hukum Ohm kuat arus dalam penghantar logam sebanding dengan beda potensial dan berbanding terbalik dengan hambatan penghantar tersebut. Lalu sisi salah satu batang ganda (yang panjang) kita pukulkan perlahan. Cara menggunakannya: Syarat utama : kita harus menguasai tangga nada. yaitu George Simon Ohm. Mengapa pada percobaan Pengaruh Beda Potensial terhadap Kuat Arus dalam Penghantar diperlukan amperemeter dan voltmeter. jangan terlalu kuat. adalah mutlak. Terbuat dari material sejenis besi. Rangkai dulu seperti gambar ya. jangan menyentuh batang ganda (Y).

Anda akan mendengar bunyi seperti “uuunnnggggggg”. maka bunyi “uuungggg” tersebut adalah bunyi nada A. Misalkan saat garpu tala digetarkan didekat pemukaan kolom. Adakah pengaruh antara permukaan kolom yang berbeda antara kolom A dan kolom B terhadap gelombang bunyi yang dirambatkan oleh sumber(garpu tala)? Ya. Yang perlu di ingat adalah kita betul-betul menguasai teori TANGGA NADA dan bisa melafalkan tangga nada secara benar dan tepat ( do – di – re – ri – mi – fa – fi – sol – la – le – si – do). Fungsinya: Dengan garputala kita dapat mencari nada lain. Begitu pula untuk garputala dengan nada lain. Dapatkah bunyi merambat melalui vakum? 6. untuk mendengar bunyi dari getaran tersebut. Misal dengan menggunakan Garputala C : Ingin mencari nada A = do. Setelah batang yang panjang tersebut bergetar.yang panjang tersebut. 3. Pada malam hari kita mendengar suara lebih jelas daripada siang hari karena kerapatan udara pada malam hari lebih rapat dibandingkan dengan siang hari. Bunyi tersebut berasal dari getaran/resonansi kedua batang ganda/panjang yang telah kita pukul/getarkan tersebut.gelombang bunyi yang disalurkan akan lebih kecil. Berarti dari bunyi nada garputala C. Sebutkan fenomena cepat rambat gelombang bunyi dalam kehidupan seharihari? Cepat rambat gelombang bunyi dimanfaatkan oleh para nelayan untuk mengetahui siang dan malam. nada A ada pada nada LA (ke enam).sebaliknya. 4.jika kita menggetarkan garpu tala pada kolom(luas penampang) pipa yang lebih besar. Begitu seterusnya untuk mencari nada-nada yang lain. 2. Faktor apa saja yang mempengaruhi cepat rambat gelombang bunyi? 5. Nah untuk tangga nada C. Nilai nada bunyi “uunnnnggggggg” tersebut tergantung dari setelan garputala tersebut. Jika Anda menggunakan garputala A. dekatkan dengan telinga atau memasukkan bulatan pada pangkal batang yang pendek. kita tarik tangga nada do re mi fa sol la si do. apa yang terjadi bila garputala tidak ada? Bisakah anda mengganti garputala dengan menggunakan alat lain agar percobaan tetap bisa berlangsung? . Pada percobaaan Menentukan Cepat Rambat Gelombang Bunyi. Nada ke enam tersebut adalah nada A.bunyi (gelombang)yang dapat kita dengar akan sedikit lebih panjang/lama dibanding jika getarkan dikolom/permukaan penampang yang lebih besar.

Jelaskan 3 jenis getaran harmonik teredam (critical damped.siapkan catu daya.Massa benda . c. Percobaan Tahanan Transistor (LISTRIK MAGNET) 3. b.viskositas suatu fluida (udara) . underdamped dan overdamped)! Jawab: a.KELOMPOK 2 Judul LKS : 1.Nyalakan catu daya Ina Rusnani (06091011024) 1. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi besar kecilnya koefisien redaman pada pegas yang berisolasi? Jawab : . benda langsung kembali ke posis setimbang karena redamannya cukup besar.Bagaimana pengaruh massa beban gantung terhadap banyaknya gelombang yang terbentuk pada tali ? . 2.Lalu hubungkan catu daya dengan penggetar menggunakan kabel / penjepit buaya . critical damped : benda yang mengalami critical damped biasanya langsung berhenti berosilasi. underdamped : benda berosilasi sebelum berenti karena redamannya tidak terlalu besar. Lakukan percobaan bagaimana mengoperasikan penggetar! (gunakan catu daya sebagai sumber tegangan) Jawab : . Percobaan Melde (GELOMBANG) Berlianti Mandasari (06091011023) 1. Jelaskan perbedaan transistor jenis NPN dan PNP! 3. overdamped : benda lama sekali sampai ke posisi setimbang. Apa yang dimaksud dengan kondisi “cut-off” dan kondisi “saturasi” pada transistor yang digunakan sebagai saklar? 3.Konstanta pegas 2. kondisikan catu daya pada arus AC dengan keluaran 4 volt . Percobaan Getaran Harmonik Teredam (MEKANIKA) 2.

semakin banyak gelombang yang terbentu pada tali.Bagaimana hubungan cepat rambat gelombang dengan tegangan tali ? Cepat rambat gelombang tali berbanding lurus dengan tegangan tali. dan batang statif) Jawab : F = -kx m. 2. Sebutkan tiga kaki yang ada pada transistor ? Basis. kolektor dan emitter. penggaris.10 = -k (b-a) 0. yang mana jika cepat rambat gelombang tali bertambah maka tegangan talinya akan bertambah.05. Rangkailah alat percobaan berikut ! 3.Semakin besar massa beban gantung. Dengan kata lain besar massa berbanding lurus dengan banyak gelombang. Germanium dan Galium Arsenida . Bahan apa saja yang biasa digunakan untuk membuat transistor ? Bahan semikonduktor seperti Silikon.x 0. Begitu pula sebaliknya. Sri Agustina (06091011016) 1.Bagaimana gelombang yang terjadi jika tegangan tali diperbesar ? Desmauli Pariangan (06091011044) 1. Azaliah Meizalla (06091100125) 1. 3. Berapa konstanta pegas dengan massa 50 gram melalui percobaan (alat yang diperlukan pegas. Bagaimana hubungan massa benda terhadap banyak getaran yang dihasilkan pegas? Jawab : Semakin besar massa benda.maka semakin banyak getaran yang dihasilkan oleh pegas.g=-k. 2.5 = -k(b-a) k= ket: a = panjang pegas sebelum di gantungi massa b = panjang pegas sesudah di gantungi massa 2. Apa yang dimaksud gerak harmonik ? Gerak harmonik adalah gerak bolak balik benda melalui titik kesetimbangan tertentu dengan banyak getaran benda dalam setiak sekon selalu konstan. apabila tegangan talinya berkurang atau diperkecil maka cepat rambatnya akan kecil.

Ukur waktu pegas yang berayun sebanyak 10 ayunan. Sebuah pegas digantungkan pada statif dan di beri beban. Apa yang menyebabkan besar kecilnya tahanan transistor ? Arus basis dan kolektor 3. 3. kawat berputar. bagaimana hubungan periode dan frekuensinya pada percobaan gerak harmonik teredam? 2.3. t = waktu pegas berayun sebanyak 10 ayunan. Dengan menggunakan hukum apa jika kita ingin menghitung suhu gabungan suatu benda dan apa hukumnya? ( Termodinamika) Jawab: 1.apakah jenis katrol mempengaruhi jumlah getaran? Jelaskan ! KELOMPOK 3 Fitriyana 1. adan n adalah bayaknya ayuna atau getaran. Kemudian gunakan rumus T = t/n Dengan T adalah perioda. Hal inilah yang menyebabkan kawat berputar. Jika kita mau menghitung suhu gabungan suatu benda. apa fungsi transistor pada percobaan tahanan transistor? 3. luas penampang dan nada-nada pada senar gitar ? Ririn Agustina (06091011017) 1. 2. Misalnya pegas diayunkan sebanyak 10 ayunan. Mengapa bisa terjadi demikian? ( Listrik dan magnet) 3. bagaimana hubungan panjang tali dan massa beban pada percobaan? Agus Arlingga (06091011006) 1. dari percobaan yang anda lakukan apakah hubungan antara periode dengan pengaruh terhadap hasil percepatan gravitasi. Ketika kawat kawat dialiri arus listrik. hukum yang digunakan adalah hukum azas Black yang menyatakan bahwa kalor yang diterima sama dengan kalor yang dilepaskan (Qlepas= Qterima). Tuliskan persamaan yang menyatakan hubungan antara massa jenis. Kawat berputar karena adanya aliran arus listrik pada kawat yang menyebabkan adanya medan magnet pada kawat tersebut. Malisa Oktarina 1. Jenis pegas apakah yang mempengaruhi jumlah getaran ? 2.? . Bagaimana menentukan perioda (T) pegas? ( Mekanika) 2.

. 3. Titik didih tinggi 360oC c... Apa yang dimaksud periode pada ayunan pegas? Jwb: waktu yang di butuhkan untuk melakukan 1 kali ayunan.. Bagaimanakah hubungan banyaknya putaran pada kumparan dengan tegangan dan arus yang diberikan pada arus DC? Jwb: putaran akan banyak(cepat) jika tegangan meningkat dan arus turun. 3.mengapa pada percobaan motor listrik tidak menggunakan arus AC ?? jawab: magnmet yang dialiri arus magnet akan menyeabkan arus menjadi bolak balik hal ini mebuat kutub2 magnetnya menjadi tidak teratur sehingga dapat membuat lilitan tidak terdapat medan magnetnya. dan mendiamkannya selama 5 menit. apakah ada pengaruh jumlah lilitan kawat terhadap prinsip kerja motor listrik? 3. jawab : dengan cara mengukur suhu air tsb. Percobaan listrik dan magnet: Membuat motor listrik 2.apakah sudut awal ketika menarik bandul berpengaruh terhadap jumlah getaran yang akan dihasilkan dalam waktu satu periode? 2.. Mudah dilihat karena mengkilat . bagaimanakah cara menentukan shu yang berada pada paku dalam percobaan tsb? ( percobaan menghitung kapasitas kalor).apakah kegunaan kalorimeter dalam percobaan ini? Dian fatriyai Pertiwi 1. Percobaan termodinamika: Menentukan kapasitas panas spesifik logam dengan menggunakan metode mekanis 3. Terdapat thermometer sebagai alat yang digunakan untuk mengukur suhu saat air mendidih. semakin besar periode maka semakin kecil pengaruh dari prcepatan c=gravitasinya.. 2. yaitu dari titik acuan ke titik keseimbangan ke titik lain dan melewati titik keseimbangan lagi dan kembali ke titik acuan awal. Pemuaian teratur dan cepat mengambil panas d. Siska Fitri 1. Perhatikan perrcobaan termodinamika tersebut..jawab : periode dan percepatan gravitasi berbanding terbalik. Tidak membasahi dinding thermometer b. Mengapa thermometer tersebut menggunakan raksa (Hg) sebagai zat cairnya? Karena raksa memiliki keistimewaan (2 bae) a.

Apakah ada pengaruh massa dalam menentukan percepatan gravitasi dengan pegas ? Jawaban : tidak 2. Mencari momen gaya pada gaya-gaya yang tidak sejajar sesuai dengan perjanjian tanda atau arah .Esther Laura Simanjuntak 1. Iftita Selviana 1. Percobaan: Menentukan percepatan gravitasi bumi dengan menggunakan bandul Pertanyaan: Bagaimana cara menentukan satu kali getaran pada bandul? 2. Magnet yang diletakkan di kedua sisi kumparan mendorong kumparan untuk terus berputar. 3. Bagaimana prinsip kerja motor listrik? Jawaban : Prinsip kerja motor listrik adalah dengan mengubah energi listrik menjadi energi gerak yang berupa putaran. sesuai dengan percobaan yang telah kami lakukan. Percobaan: Menentukan kapasitas panas spesifik logam dengan menggunakan metode mekanis Pertanyaan: seandainya suhu logam ketika dipanaskan tidak mencapai 100 derajat celcius. Saat kita mengaliri arus listrik ke dalam tembaga terdapat gaya magnet dalam kumparan (elektromagnetik). Percobaan: Membuat motor listrik Pertanyaan: Mengapa sebatang magnet harus diletakkan di bawah kumparan yang dialiri arus listrik? 3. Apa fungsi termometer ldalam percobaan ini ? Jawaban : Untuk mengukur suhu air dan suhu tembaga sebelum dan sesudah dipanaskan. masihkah kita dapat menentukan kapasitas panas spesifiknya? KELOMPOK 4 Soal MID Hesti Gustini 06091011015 LKS 1 : Momen Gaya Pada Gaya-Gaya Tidak Sejajar Apakah momen gaya dapat di tentukan pada gaya-gaya yang tidak sejajar? Jelaskan! Jawab: bisa.

dari masing-masing gaya tersebut dan jarak (d) masing-masing gaya terhadap pusat roda momen gaya. LKS 3 : Kapasitas Kalor Kalorimeter Hitunglah massa kalorimeter sebelum di isi air dan setelah di isi dengan air (50 ml) dengan menggunakan neraca O’hauss? Puspitasari 060910110 LKS 1 : Momen Gaya Pada Gaya-Gaya Tidak Sejajar Rangkailah percobaan Momen Gaya Pada Gaya-Gaya Tidak Sejajar! LKS 2 : GGL Imbas dan Jumlah Lilitan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi GGL imbas? (puspitasari) Jawab : jumlah lilitan. LKS 2 : GGL Imbas dan Jumlah Lilitan Tulislah variabel-variabel dari percobaan ini? Jawab : Variabel bebas : jumlah lilitan (N) Variabel terikat : ggl imbas/beda potensial titik AB Variabel kontrol : perubahan fluks tiap detik diusahakan tetap dengan menjatuhkan batang magnet dari ketinggian h dan kecepatan yang dibuat tetap. dan waktu LKS 3 : Kapasitas Kalor Kalorimeter Tulislah pengertian dari kapasitas kalor? (puspitasari) Jawab : kapasitas kalor adalah banyaknya kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu seluruh benda sebesar satu derajat. fluks magnetik. Khairunnisa LKS 1 : Momen Gaya Pada Gaya-Gaya Tidak Sejajar .

MOMEN GAYA 1. KAPASITAS KALOR KALORIMETER 1. Mengapa jarak magnet dari kumparan harus selalu sama pada tiap kali pengulangan percobaan? Jawab : karena h magnet merupakan salah satu variabel tetap dalam percobaan. jelaskan apa yang akan terjadi jika benda yang suhunya berlainan disatukan/dicampurkan? Jawab: yg akan terjadi adalah benda yg bersuhu tinggi akn melepaskan kalor dan benda yg bersuhu rendah akn menyerap kalor. Misalnya untuk memutar baut diperlukan lengan (d) dan gaya (F). LKS 2 : GGL Imbas dan Jumlah Lilitan Bagaimana cara melihat perubahan besar kecilnya fluks magnetik? Jawab: dengan cara menjauh dekatkan batang magnet menuju ke dalam kumparan. GGL IMBAS DAN JLH LILITAN 1. dimana hal ini bertujuan agar hasil percobaan sesuai dengan tujuan. karena tujuan percobaan adalah mengetahui hubungan ggl dengan lilitan dengan cara mengukur ggl pada lilitan yang berubah-ubah Praktikum 3. Feni Kurnia Praktikum 1. Nilainya dapay dilihat melalui voltmeter. banyaknya kalor yg d lepas sm dgn bnyk ny kalor yg d serap. LKS 3 : Kapasitas Kalor Kalorimeter Berdasarkan percobaan kapasitas kalor kalorimeter.Benarkah momen gaya menyebabkan suatu benda dapat berputar/berotasi? Jelaskan! Jawab: benar. Apakah rumus yang dibutuhkan untuk menghitung momen gaya total pada percobaan ini ? Jawab : ∑(F1r 1 + F1 r 2 + F3r 3) atau ∑(τ1+ τ1 + τ3) Praktikum 2. sehingga suhu menjadi seimbang. momen gaya merupakan besaran yang dapat menyebabkan benda berotasi yang di pengaruhi oleh gaya dan lengan. Mengapa campuran air bersuhu kamar dan bersuhu 70oC pada kalorimeter harus diaduk dahulu sebelum diukur temperaturnya? Jawab : Agar temperatur campuran mencapai titik kesetimbangan sehingga percobaan dapat dilakukan dengan baik Ridha Mayanti Q : Bagaimana menetukan tanda (+) dan tanda (-) pada momen gaya? .

Percobaan ketiga. tidak akan berpengaruh apa-apa. diberi tanda negatif jika cenderung memutar benda berlawanan arah putaran jarum jam. Perjanjian tanda untuk arah momen gaya adalah sebagai berikut. Dalam hal ini. Sebutkan dan jelaskan apa yang bertindak sebagai sumber kalor lepas dan sumber kalor terima? A : Kalor lepas merupakan kalor yang dilepaskan untuk mencapai keseimbangan kalor. Q : berdasarkan percobaan kapasitas kalor calorimeter. atau arahnya menjauhi pembaca. Kalor terima merupakan kalor yang diterima untuk mencapai keseimbangan kalor.A : Perjanjian tanda untuk arah momen gaya ini dapat dijelaskan dengan aturan tangan kanan. sumber kalor lepas adalah air panas. Dalam hal ini kalor terima diterima oleh air dingin dan kalorimeter. b. Q : Apa yang terjadi pada besar GGL imbas. seperti mengganti-ganti kutub magnet. atau arahnya mendekati pembaca. Dwi Agustine LKS 1 : Momen Gaya Pada Gaya-Gaya Tidak Sejajar apa saja yang mempengaruhi besarnya torsi pada roda momen gaya? Jawab: massa dan jarak (d) masing-masing gaya trhadap pusat roda momen gaya LKS 2 : GGL Imbas dan Jumlah Lilitan Bagaimana membaca voltmeter? Jawab: (skala penunjuk/skala maksimum)*batas ukur LKS 3 : Kapasitas Kalor Kalorimeter Bagaimana cara mengkalibrasi neraca o’hauss? jawab: teknik pengkalibrasian pada neraca ohauss adalah dengan memutar tombol kalibrasi pada ujung neraca ohauss sehingga titik kesetimbangan lengan atau ujung lengan tepat pada garis kesetimbanagn . . Jadi pengubahan kutub magnet yang menuju kedalam kumparan. a. namun tidak berpengaruh pada cara bagaimana mengubah fluks magnet tersebut. diberi tanda positif jika cenderung memutar benda searah putaran jarum jam. Momen gaya. namun sebelumnya pastikan semua anting pemberatnya terletak tepat pada angka nol di masing-masing lengan. jika kita memutar (mengubahubah) kutub magnet yang menuju kedalam kumparan? A :Gaya gerak listrik dapat diperoleh dari perubahan fluks magnet. Momen gaya.

? (praktikum gerak jatuh bebas) 2. LKS 3 : Kapasitas Kalor Kalorimeter apakah percobaan yg anda lakukan mrupakan penerapan dari azas black? jelaskan! jawab: iya percobaan itu penerapan azaz black karena kalor yg dilepas oleh air yang bersuhu tinggi sma dengn kalor yg diserap oleh air yg bersuhu rendah hingga suhunya sama. memvariasikan kuat arus yang melalui suatu kumparan (seperti pada transformator)..Fuji amelia ningsih LKS 1 : Momen Gaya Pada Gaya-Gaya Tidak Sejajar jika terdapat alat alat sebagai berikut : Papan percobaan Roda momen Tali nylon Puli 3 buah Beban percobaan apa yang akan anda lakukan? rangkailah percobaannya ! jawabannya "besar momen gaya pada gaya-gaya tidak sejajar" LKS 2 : GGL Imbas dan Jumlah Lilitan bagaimna cara merubahan fluks magnetik pada percobaan? jawab: dengan cara menjauhkan-mendekatkan kutub magnet. Silakan anda amati penyimpangan yang terjadi pada kompas tersebut dan simpulkan hal apa yang terjadi ? (praktikum induksi elektromagnetik) 3. Sebutkan alat – alat rumah tangga dalam kehidupan sehari – hari yang menggunakan prinsip induksi elektromagnetik ? (praktikum induksi elektromagnetik) . kemudian buatlah kesimpulan dari grafik yang anda buat. mengganti-ganti kutub magnet dengan cara memutar magnet (seperti pada generator). Sebutkanlah gejala gelombang yang terjadi pada percobaan ini ? (praktikum gelombang berjalan pada bidang) Soal-soal dari Fahjri Asrullah (06091011045) 1. KELOMPOK 5 Soal-soal dari MUHAMAD RENZA (06091011012) 1. Mengapa pada gerak jatuh bebas V0 = 0 ? (praktikum gerak jatuh bebas) 2. Buatlah kurva atau grafik Gerak jatuh bebas dengan 3 buah beban yang massanya berbeda .

(praktikum gelombang berjalan pada permukaan) Soal-soal dari Ridho Muttaqien (06091011009) 1. kedua benda naik-turun bersama permukaan air dengan frekuensi 2 getaran per detik.benda pertama berupa kertas hvs yang di gulung-gulung hingga terlihat kecil. Bagaimanakah hubungan antara jumlah lilitan dengan besarnya GGL induksi? Jelaskan! (praktikum induksi elektromagnetik) 3. (praktikum gerak jatuh bebas) 2. Bagaimana hubungan antara kecepatan. waktu dan jarak pada Gerak Jatuh Bebas ? jelaskan! (praktikum gerak jatuh bebas) 2. sedangkan di antara kedua benda itu terdapat satu bukit gelombang. Apakah yang dimaksud dengan gerak jatuh bebas? (praktikum gerak jatuh bebas) . Apakah fungsi dari ticker timer? (praktikum gerak jatuh bebas) 2. benda manakah yang akan terlebih dahulu samapi di tanah? jelaskan mengapa hal itu bisa terjadi. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Induksi Elektromagnetik? (praktikum induksi elektromagnetik) 3.benda kedua berupa logam yang memliki berat 20 gram. Bila salah satu benda berada di puncak bukit gelombang. Jelaskan apa yang akan terjadi pada serbuk besi jika didekatkan dengan batang besi yang dialiri arus listrik?dan apa yang akan terjadi pada serbuk besi jika aliran listrik yang megalir berbeda beda. (praktikum induksi elektromagnetik) 3.dua buah benda ini di jatuhkan secara bersamaan. Gambarkanlah bentuk gelombang yang tidak diberi batasan dan yang diberi batasan pada air di tangki riak. tentukan cepat rambat gelombang pada permukaan danau! (praktikum gelombang berjalan pada permukaan) Soal-soal dari Elgy Dwi Putra (06091011022) 1. yang lainnya berada di dasar gelombang.3. Pada permukaan air terdapat dua buah benda mengapung terpisah dengan jarak 75 cm. Dua buah benda berada di ketinggian 1 m. Tuliskan kesimpulan dari percobaan gelombang berjalan pada permukaan? (praktikum gelombang berjalan pada permukaan) Soal-soal dari Heru Novrial Sagita (06091011002) 1. Jelaskan fungsi dari tangki Gelombang! (praktikum gelombang berjalan pada permukaan) Soal-soal dari Frengky (06091011007) 1.

2. Apa yang menyebabkan kedua benda tersebut dapat berada pada permukaan lantai dengan waktu jatuh yang sama ? (praktikum gerak jatuh bebas) 2. karena arus listrik bisa menimbulkan medan magnet. 3. semakin besar massa benda maka akan semakin besar pertambahan panjang pegasnya. Faktor – faktor apa saja yang menurut anda dapat menyebabkan besarnya magnet pada batang besi tersebut? (praktikum induksi elektromagnetik) 3. Jadi besar massa benda berbanding lurus dengan pertambahan panjang pegas. Percobaan Bandul dan pegas : . 1. Jelaskan cara membuat magnet bauatan sederhana! Jawaban: 1.Elektromagnetik (cara aliran listrik: Dilakukan dengan jalan mengalirkan arus listrik. Apakah yang dimaksud dengan induksi elektromagnetik? (praktikum induksi elektromagnetik) Soal-soal dari Umar Komarudin (06091011041) 1. Jelaskan pengaruh frekuensi dengan panjang gelombang yang dihasilkan pada tangki riak ? (praktikum gelombang berjalan pada permukaan bidang) KELOMPOK 6 1. yaitu magnet alami dan magnet buatan. coba anda jatuhkan 2 buah benda dengan ukuran atau jenis yang berbeda pada saat yang sama. Maget dibagi menjadi dua jenis.Dengan jalan penggosokan (cara gosokan) : Dilakukan dengan cara menggosok-gosokkan besi dan baja dengan kutub sebuah magnet. Sedangkan besarnya gaya juga berbanding lurus dengan massa beban. 2. 3.Induksi: Dilakukan dengan jalan mendekatkan sebuah magnet pada benda yang hendak dijadikan megnet. Semakin banyak gosokan yang dilaukan akan semain kuat pula sifat kemagnetan yang dimiki besi atau baja tersebut. Begitupun sebaliknya jika semakin kecil beban yang ditambahkan maka akan semakin kecil pula pertambahan panjang pegasnya. 2. Apa yang dimaksud dengan pola difraksi? Jawaban: Pola difraksi adalah pola terang gelap yang terlihat pada layar ketika cahay monokromatik dipancarkan dan melewati sebuah kisi. Bagaimana hubungan massa beban dengan pertambahan panjang pegas? Jelaskan! Jawaban: Dari persamaan F= -k ∆x ditunjukkan bahwa pertambahan panjang pegas sebanding dengan besar gaya yang diberikan.

semakin besar periode yang dihasilkan. faktor apa yang mempengaruhi periode ayunan bandul? 2. 3. beberapa peralatan tersebut menggunakan magnet pada bagian pengeras . dan tang memiliki magnet pada bagian ujungnya agar mudah mengambil dan mencari jarum. 2. 1. Drifraksi Sinar laser : Bgaimana hubungan panjang gelombang dengan konstanta kisi ? Semakin besar konstanta kisi maka akan semakin besar pula panjang gelombang yang dihasilkan. Apakah kamu bisa melihat magnet pada peralatan tersebut? Meskipun tidak terlihat. agar sekrup yang akan dipasangkan menempel pada ujung obeng sehingga mudah memasangnya. Soal 1. Membantu dalam Perubahan Energi Coba kamu perhatikan beberapa peralatan listrik seperti televisi dan radio. 2. Sebutkan penerapan konsep kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari! 3. 2. Penunjuk Arah 3. Jadi antara jumlah lilitan dengan kuat magnet berbanding lurus. Apkah hubungan antara difraksi dengan Interferensi? Jawaban 1. obeng. dan sbaliknya semakin sdikit lilitan yang digunakan maka akan menghsilkan kuat magnet yang kecil. Elekromagnetik : Jelaskan hubungan antara jumlah lilitan terhadap kuat magnet yang dihasilkan ! Semakin banyaknya lilitan maka akan menghasilkan kuat magnet yang besar pula. Seperti ditunjukkan pada persamaan d sin θ = mλ bahwa panjang gelombang berbanding lurus dengan konstanta kisi.jelaskan apa hubungan pengaruh panjang tali pada bandul terhadap periode yang dihasilkan? Panjang tali pada percobaan trsebut tidak berpengaruh sama sekali. Mengambil Benda-Benda dari Logam beberapa gunting. Faktor yang mempengaruhi periode ayunan bandul yaitu panjang tali Semakin panjang tali.

Pada dinamo sepeda. singkatan dari magnetic levitation yang artinya mengapung di atas magnet. Mengapa pintu lemari es dapat menutup dengan kuat dan rapat? Hal tersebut dikarenakan di sekeliling sisi pintu lemari es terdapat magnet. Sebuah magnet yang panjang diletakkan di dalam karet sepanjang pintu lemari es. 4. Jika cahaya melawati celah majemuk (kisi) maka cahaya itu akan mengalami difraksi atau pelenturan. 5. Menghasilkan Listrik Magnet dapat menghasilkan listrik dalam jumlah besar dan kecil. magnet menghasilkan energi listrik dalam jumlah kecil yang digunakan untuk menyalakan lampu sepeda. Kereta api maglev bergerak melayang di atas rel yang terbuat dari magnet. Interferensi cahaya bisa terjadi jika ada dua atau lebih berkas sinar yang bergabung. Magnet dapat menjaga kotak pensil dan tas menutup dengan rapat sehingga berbagai benda di dalamnya tidak mudah jatuh. Fungsi magnet pada speaker adalah mengubah energi listrik menjadi energi bunyi. 6. Magnet tersebut diletakkan di balik pintu dengan besi atau baja menempel pada belakang pintu. Merapatkan Dua Benda Coba perhatikan pintu lemari es. Interferensi adalah gabungan dua gelombang atau lebih. Beberapa benda lain yang menggunakan magnet adalah kotak pensil dan tas. Salah satu alat yang menggunakan magnet untuk menghasilkan listrik adalah dinamo sepeda. jadi magnet akan membuat pintu lemari es menutup dengan rapat ketika kamu menutupnya. Lemari es terbuat dari baja. Oleh karena itu kereta api ini disebut maglev. Sehingga Sifat-sifat difraksi pada cahaya dapat dibuktikan dengan melihat pola interferensi yang terjadi pada layar saat dipasang dibelakang celah. Pola interferensi yang dihasilkan memiliki syarat-syarat seperti pada celah ganda percobaan Young. Cahaya merupakan gelombang yaitu gelombang elektromagnetik. Berarti difraksi cahaya dapat didefinisikan sebagai pelenturan cahaya yaitu saat suatu cahaya melalui celah maka cahaya dapat terpecah-pecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan memiliki sifat seperti cahaya baru. 3. Pintu lemari es yang tertutup rapat dapat menjaga suhu di dalam tetap dingin sehingga makanan dan minuman di dalamnya tetap segar. . Beberapa pintu menggunakan magnet agar pintu tidak mudah menutup jika tertiup angin. Difraksi adalah pelenturan suatu gelombang. Bukti difraksi pada kisi ini dapat dilihat dari pola-pola interferensi yang terjadi pada layar yang dipasang dibelakangnya. Menggantikan Roda pada Kereta Api Maglev Kereta api jenis maglev adalah kereta api modern yang bergerak tidak menggunakan roda tetapi menggunakan magnet.suara (speaker).

1. 3. Tugas Laboratorium Fisika 1. Dalam percobaan “elektromagnetik sederhana “ apa saja atau variabel apa saja yang dapat dilakukan untuk memperbesar gaya tarik elektromagnetiknya ? ( percobaan 1 “ eletromagnetik sederhana ) Jawaban : agar gaya tarik menarik eletromagnetik lebih besar. Jelaskan fungsi dari penjepit buaya dalam percobaan Elekromgnetik sederhana ? Apa fungsi dari kisi difraksi ? Apa yang disebut dengan getaran ? Jawaban 1. Pada percobaan ayunan bandul . 3. 2. Getaran adalah gerakan bolak-balik secara periodik melalui titik kesetimbangan pada lintasan yang sama. Setiap gerak yang terjadi secara berulang dalam selang waktu yang sama disebut gerak periodik. apa yang dimaksud dengan getaran dan gerak periodik ? Jawaban: Getaran adalah gerakan bolak-balik secara periodik melalui titik kesetimbangan pada lintasan yang sama. 3. Posisikan juga layar sejauh 5 cm di depan kisi. . Lakukan percobaan “difraksi sinar laser “ ~Posisikan kisi 600 per mm sejauh 5 cm di depan sinar laser. Fungsi dari penjepit buaya dalam percobaan Elekromgnetik sederhana untuk menghubungkan arus dari catu daya ke kumparan Kisi difraksi bisa digunakan untuk menentukan panjang gelombang sebuah sumber cahaya. variabel yang dapat di ubah adalah dengan memperbanyak jumlah lilitan dan menaikkan tenggangan ( volt ) 2. 2.

Lalu hitung sudut (θ) difraksi dengan menggunakan rumus ? Jawaban : tergantung hasil pengamatan ( nilai X dan L = 5 cm. masukkan ke rumus it ) . nyalakan sinar laser dan arahkan pada bagian tengah kisi sehingga berbentuk pola interferensi pada layar ~Ukur dan catat X (jarak pusat pola terang ke salah satu terang pertama. yang berada di sebelah kanan atau disebelah kiri pusat terang).~Dengan menggunakan tegangan 6 volt.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->