“Interaksi Sosial”

Hakikat Interaksi Sosial  Pengertian Interaksi Sosial Interaksi sosial adalah hubungan sosial (saling aksi atau mempengaruhi) yang dinamis antara perseorang dan perseorang. yaitu: a) Kontak Sosial Sifat-sifat kontak sosial yaitu: 1.Menurut Soerjono Soekanto. Adanya komunikasi dengan menggunakan simbol atau lambang 3. Loomis 1. Jumlah pelaku dua orang atau lebih 2. perseorang dan kelompok. Adanya suatu dimensi waktu yang meliputi masa lalu. . masa kini dan masa yang akan datang 4. Kontak sosial dapat bersifat positif atau negatif 2. Kontak sosial dapat bersifat primer atau sekunder b) Komunikasi Komunikasi adalah seseorang memberi tafsiran terhadap perilaku dan perasaanperasaan yang ingin disampaikan orang lain kepada orang tersebut. ada dua syarat. .A.Ciri-ciri interaksi sosial menurut Charles P. Adanya tujuan yang hendak dicapai  Syarat Terjadinya Interaksi Sosial . dan antara kelompok dan kelompok.

Lima unsur dalam komunikasi. pendekatan yang paling terkenal yaitu interaksionisme simbolik.  Interaksi menggunakan pendekatan. yaitu: 1) Komunikator : Orang yang menyaimpaikan pesan kepada orang lain 2) Komunikan : Orang yang dikirimi pesan 3) Pesan : Sesuatu yang disampaikan oleh komunikator 4) Media : Cara pesan disampaikan 5) Efek : Perubahan yang terjadi setelah mendapatkan pesan ..Tiga tahap penting dalam proses komunikasi 1) Encoding : Pada tahap ini harus dipilih kata atau istilah yang mudah dipahami oleh komunikan dalam bentuk kalimat. yaitu: 1) Bertindak (act) 2) Sesuatu (thing) 3) Arti sesuatu itu (Meaning) . 2) Penyampaian : Pada tahap ini. istilah yang sudah dalam bentuk kalimat disampaikan 3) Decoding : Pada tahap ini dilakukan proses mencerna dan memahami kalimat serta gambar yang diterima. -Tiga pokok pikiran interaksionisme simbolik.

Faktor-Faktor Pendorong Interaksi Sosial  Faktor Interaksi Sosial.yaitu : 1) Imitasi : Tindakan meniru orang lain 2) Sugesti : Berlangsung apabila seseorang memberi pandangan atau sikap yang dianutnya. yaitu: 1) Jarak intim (sekitar 0-45cm) 2) Jarak pribadi (sekitar 45 cm-122cm) 3) Jarak sosial (sekitar 122cm-366cm) 4) Jarak Publik (di atas 366cm) -Aturan mengenai waktu -Aturan mengenai gerak tubuh  . lalu diterima oleh orang lain.B. 3) Identifikasi: Keinginan seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain 4) Simpati : Seseorang merasa tertarik dengan orang lain 5) Empati : Rasa simpati yang mendalam Aturan dalam Interaksi Sosial .Aturan mengenai ruang Menurut Hall ada empat macam jarak.

ada beberapa sumber informasi.Menurut Karl dan Yoels. Sumber Informasi yang Mendasari Interaksi . yaitu: 1) Warna Kulit 2) Usia 3) Jenis Kelamin 4) Penampilan fisik 5) Bentuk tubuh 6) Pakaian 7) Wacana .

b) Peranan Sosial Peranan adalah perilaku yang diharapkan oleh pihak lain dalam melaksanakan hak dan kewajiban sesuai dengan status yang dimilikinya . .C. c) Assigned status merupakan status yang diperoleh dari pemberian pihak lain. Peranan. . 2) Peranan merupakan suatu konsep yang dapat dilakukan oleh individu sebagai organisasi. b) Achieved status merupakan status yang diperoleh seseorang dengan usaha-usaha yang disengaja. Status. 3)Peranan merupakan perilaku individu yang penting bagi struktur sosial masyarakat. dan Hubungan Individu dalam Interaksi Sosial  Status dan Peranan Individu dalam Interaksi Sosial a) Kedudukan (Status) Kedudukan atau status sosial merupakan posisi seseorang secara umum dalam masyarakat dalam hubungannya dengan orang lain. yaitu: a) Ascribed status merupakan status seseoraang yang dicapai dengan sendirinya tanpa memperhatikan perbedaan rohaniah dan kemampuan.Tiga hal yang tercakup dalam peranan 1) Peranan meliputi norma yang dihubungkan dengan kedudukan seseorang.Menurut Ralph Linton terdapat tiga macam status.

yaitu: 1) Untuk menghasilkan titik temu antara dua atau beberapa pendapat yang berbeda 2) Mencegah terjadinya pertentangan untuk sementara waktu 3) Berusaha mengadakan kerja sama antar kelompok yang terpisah 4) Mengusahakan peleburan antarkelompok sosial c) Asimilasi (assimilation) Asimilasi merupakan usaha-usaha untuk mengurangi perbedaan guna mencapai kesepakatan berdasarkan kepentingan dan tujuan-tujuan bersama.Proses asosiatif mempunyai bentuk-bentuk sebagai berikut: a) Kerja Sama (cooperation) Kerja sama adalah suatu usaha bersama antarindividu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. . b) Akomodasi (acomodation) Akomodasi merupakan suatu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan lawan. -Tujuan akomodasi.D. dan Organisasi Sosial  Proses Asosiatif Proses asosiatif merupakan proses menuju terbentukny persatuan atau integrasi sosial . Kelompok. Bentuk-Bentuk Interaksi Pendorong Terciptanya Lembaga.

Proses disosiatif dibedakan ke dalam tiga bentuk. yaitu: a) Sikap toleransi b) Kesempatan yang seimbang dalam ekonomi c) Sikap menghargai d) Sikap terbuka e) Persamaan dalam unsur kebudayaan f) Perkawinan campuran g) Adanya musuh bersama dari luar d) Akulturasi (acculturation) Akulturasi adalah berpadunya dua kebudayaan yang berbeda dan membentuk suatu kebudayaan baru dengan tidak menghilangkan ciri kepribadian masing-masing.  Proses Disosiatif Proses disosiatif merupakan cara berjuang melawan seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu .Faktor-faktor yang mempermudah terjadinya asimilasi.. yaitu: a) Persaingan (competition) Persaingan adalah suatu perjuangan dari berbagai pihak untuk mencapai suatu tujuan tertentu .

Pertentangan pribadi -Pertentangan rasial -Pertentangan antar kelas sosial -Pertentangan politik -Pertentangan bersifat internasional .b) Kontraversi (contraversion) Kontraversi ditandai oleh adanya ketidakpuasan dan ketidakpastian mengenai diri seseorang. Bentuk-entuk khusus pertentangan : . c) Pertentangan atau konflik (conflict) Pertentangan atau konflik adalah suatu perjuangan individu atau kelompok sosial untuk memenuhi tujuannya dengan jalan menantang pihak lawan yang disertai dengan ancaman atau kekerasan.