P. 1
Kebutuhan Nutrisi Bayi Dan Balita

Kebutuhan Nutrisi Bayi Dan Balita

|Views: 135|Likes:
Published by Aiko Kagami

More info:

Published by: Aiko Kagami on May 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/22/2013

pdf

text

original

KELOMPOK 9 LUSIANA SAFITRI NILA HARDISURYA DIANA RESTIKA NOVITA KUMALA LOVITA RIZKI AMELIA VICKY VALERI UTAMI .

dan kentang. Sumber Sereal adalah dari kelompok biji-bijian (beras. pisang. . "Sereal dapat digunakan sebagai makanan padat pertama bagi bayi untuk belajar mengunyah dan menelan. jagung).KARBHIDRAT Mengenalkan sereal sebagai sumber karbohidrat untuk bayi merupakan langkah yang tepat. Alasannya. yaitu setelah 4-6 bulan pertama mengonsumsi ASI sebagai makanan pertamanya. gandum.

5-1 mg/kg BB/menit setiap hari sampai 12-14 mg/kg BB/menit dalam 5-7 hari. hipotermia) atau bayi dengan ibu Diabetes Mellitus.Untuk mencegah terjadinya hipoglikemia. . Kebutuhan akan meningkat pada keadaan stress (misalnya : sepsis. dapat ditingkatkan 0. kebutuhan yang diperlukan untuk bayi cukup bulan adalah 6-8 mg/kg BB/menit dan bayi kurang bulan adalah 4 mg/kg BB/menit.

ASI memberikan suplai yang seimbang antara asam lemak omega-6 dan omega-3. Bagi bayi. lemak merupakan sumber gliserida dan klesterol yang tidak bisa dibuat dari karbhidrat. sumber lemak yang ideal terdapat dalam air susu ibu (ASI). .LEMAK Lemak tidak dibutuhkan dalam jumlah besar kecuali lemak esensial yaitu asam linoleat dan arakidonat. Pada bayi usia kurang dari 3 bulan.

kebutuhan energi yang berasal dari lemak harus sebanyak 30-40 persen dari total energi yang dibutukan per hari. dengan komposisi asam lemak yang semirip mungkin dengan ASI. Komposisi asam lemak dan formula makanan bayi harus disesuaikan dengan kandungan dalam ASI 3. selama masa sapihan atau paling sampai bayi umur 2 tahun.Bagi bayi dan balita direkomendasikan : 1. . Sedapat mungkin diberikan ASI 2.

dan padi-padian F:\PRESENTASI\Kebutuhan protein per hari. kedelai. kacang. buncis.PROTEIN Komponen zat gizi protein dapat diperoleh dari susu. unggas. telur. keju. daging. ikan.docx .

pada bayi kebutuhan air mencapai 75%-80% .CAIRAN AIR Kebutuhan yang paling penting.

.

Ada 3 metode untuk menghitung kebutuhan air perhari 1.  Anak dengan berat badan >20 kg = 1.000 mL + 50 mL untuk setiap kg kenaikan BB di atas 20 kg. Kebutuhan air per hari berdasarkan rumus Darrow:  Anak dengan berat badan <10 kg = 100 mL/kgBB.  Anak dengan berat badan 10-20 kg = 1.500 mL + 20 mL untuk setiap kg kenaikan BB di atas 20 kg. .

Berdasarkan pengalaman klinik. Kebutuhan air per hari berdasarkan jumlah cairan yang dikeluarkan tubuh=jumlah urin + insensible water loss. . Kebutuhan air per hari berdasarkan luas permukaan tubuh = 1.2. 3. jumlah urine per hari sekitar 1.500 mL/m² luas permukaan tubuh.00mL/m²/hari dan insensible water loss kira-kira 500 mL/m²/hari.

yaitu  Kalsium  Klorida  Kromium  Tembaga     Flour Iodium Zat besi Magnesium .MINERAL Mineral merupakan komponen zat gizi yang tersedia dalam kelompok mikro.

docx .VITAMIN F:\PRESENTASI\Dalam daftar tersebut tersebut kebutuhan akan vitamin D tidak dicantumkan.

TOTAL ENERGI DAN PARENTERAL Komisi ahli FAO/WHO dalam tahun 1971 mengemukan bahwa rekruitmen dari kalori harus disesuiakan dengan berat badan selama masa pertumbuhan. vitamin dan mineral yang diperlukan untuk metabolisme dan pertumbuhan bayi baru lahir yang mempunyai problem klinik yang berat. lemak. Nutrisi Parenteral (NP) merupakan cara pemberian nutrisi dan energi secara intravena yang bertujuan untuk memberikan kecukupan karbohidrat. protein. . terutama pada Bayi Baru Lahir Amat Sangat Rendah (BBLASR) di mana belum/tidak memungkinkan untuk diberikan nutrisi enteral.

docx .F:\PRESENTASI\Kebutuhan energi rata.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->