1. Permintaan dari pembeli yang disertai dengan kemampuan membayar harganya disebut . . . a. Permintaan absolut d. Permintaan kolektif b.

Permintaan potensial e. Permintaan mayarakat c. Permintaan relatif 2. Permintaan yang sangat dipengaruhi oleh perubahan harga disebut . . . a. Permintaan elastic ` d. Permintaan sempurna b. Permintaan inelastic e. Permintaan kolektif c. Permintaan borderline 3. Arah penyusuran kurva permintaan yang slovenya negative (akibat turunnya harga) adalah menyusur dari . . . a. Kanan atas ke kiri atas d. Kiri bawah ke kiri atas b. Kanan atas ke kiri bawah e. Kanan bawah ke kiri atas c. Kiri bawah ke kanan atas 4. Arah penyusuran kurva penawaran yang slovenya positif (akibat naiknya harga) adalah menyusur dari . . . a. Menyusur dari kanan atas ke kiri atas b. Menyusur dari kanan atas ke kiri bawah c. Menyusur dari kiri bawah ke kanan atas d. Menyusur dari kiri bawah ke kanan atas e. Menyusur dari kanan bawah ke kiri atas 5. Jika permintaan bertambah sedangkan penawaran tetap, harga barang cenderung akan . . . a. Turun d. Turun-Naik b. Naik e. Tidak menentu c. Tetap 6. Di bawah ini adalah beberapa factor yang mempengaruhi permintaan akan suatu barang, kecuali . . . a. Intensitas kebutuhan b. Harga barang-barang lainnya c. Selera masyarakat d. Hubungan dagang antar Negara e. Daya beli masyarakat 7. Permintaan dari masyarakat terbagi atas . . . a. Permintaan efektif dan absolut b. Permintaan pengusaha dan permintaan konsumen c. Permintaan dalam negeri dan permintaan luar negeri d. Permintaan pengusaha dan permintaan pemerintah e. Permintaan elastic dan inelastis 8. Perbandingan perubahan jumlah permintaan barang sebagai akibat dari perubahan harga disebut . . . a. Elastisitas permintaan d. Permintaan efektif b. Relativitas permintaan e. Permintaan komprehensif c. Permintaan absolut 9. Yang dimaksud dengan permintaan adalah . . . a. Jumlah barang yang diinginkan oleh konsumen b. Permintaan yang disertai dengan kemampuan membayar c. Keseluruhan permintaan terhadap barang yang di pasar d. Keseluruhan permintaan terhadap suatu barang pada harga, waktu, dan tempat tertentu e. Sejumlah barang ditawarkan pada harga tertentu 10. Penyelidikan elastisitas bagi konsumen adalah untuk . . . a. Menetapkan politik harga b. Menetapkan kebijakan pemerintah c. Mempersiakan barang subtitusi d. Menetapkan jumlah barang yang akan diproduksi e. Menetapkan politik pajak barang mewah

Beras d. Presentase perubahan harga sama dengan presentase perubahan penawaran d. Kebijakan pedagang untuk menaikkan penawaran d. Jenis barang di bawah ini yang corak permintaannya elastis adalah . . Cabai b. Ditentukan oleh pemerintah saja e. . Sejajar dengan garis jumlah penawaran 15. a. Bentuk permintaan yang corak permintaannya kurang peka terhadap perubahan harga adalah . Kebutuhan sekunder 18. Menyusur dari kanan atas ke kiri bawah b. . Betuk penawaran elastis adalah . . . Jika harga turun sedangkan permintaan tetap. Berikut ini adalah factor-faktor yang mempengaruhi penawaran. maka permintaan barang akan naik lebih dari 10% c. kebutuhan akan uang b. Perubahan pendapatan masyarakat c.11. Ditentukan oleh pengusaha saja 16. Elastistisitas = 0 d. jumlah barang yang diminta menjadi tidak terbatas. Kebutuhan tersier c. . Menjelang lebaran umumnya harga-harga barang cenderung mengalami kenaikan. a. . a. Elastisitas lebih besar dari satu e. Pendapatan masyarakat atau konsumen terus bertambah 20. Adanya permintaan di pasar b. . . Menyusur dari kanan atas ke kiri atas c. a. Jumlah penjual e. Hal itu terjadi sebagai akibat dari . . Penawaran selalu diikuti oleh penurunan harga e. Kebutuhan tanah b. penyusuran kurva penawaran adalah . Elastisitas tidak terhingga c. Harga pasar terbentuk di pasar karena . a. Buku-nuku komik d. a. Elastis sempurna d. teknik produksi c. . Adanya permintaan dan penawaran di pasar d. Elastis uniter . e. Elastisitas lebih kecil dari satu 12. Perubahan selera masyarakt atau konsumen b. Apabila harga turun. Elastis c. Adanya penawaran di pasar c. Suatu kurva penawaran yang mempunyai anagka koedisien elastic sama dengan nol (E = 0) adalah penawaran . Bila harga suatu baran naik tetapi hal-hal lainnya tetap. Inelastis sempurna e. . a. Menyusur dari kanan bawah ke kanan atas 14. . Jika pendapatan bertambah 10%. Kebiasaan atau tradisi 19. kecuali . Menyusur dari kanan bawah ke kiri atas e. Elastisitas sama dengan satu b. Pakaian c. a. Setiap perubahan harga tidak akan berpengaruh terhadap penawaran c. Elastis tak terhingga b. maka kurva permintaan akan mengarah condong ke atas b. Menyusur dari kiri bawah ke kanan atas d. Setiap perubahan harga tidak akan berpengaruh besar terhadap jumlah penawaran b. maka konsumen akan mengurangi permintaan akan barang tersebut d. Gula e. a. . Hokum permintaan menyatakan bahwa . Gambar di bawah ini menunjukkan . a. . Konsumen akan meminta lebih sedikit sejumlah barang tanpa memperdulikan berapa pun tingginya harga barang tersebut 13. Harga pasar d. . Kebutuhan pokok e. Bertambahnya permintaan tanpa diikutu bertambahnya jumlah penawaran e. . . garam 17. . Pada tingkat harga nol.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful