P. 1
Seni Dekorasi Adalah Seni Menghias

Seni Dekorasi Adalah Seni Menghias

5.0

|Views: 12,391|Likes:

More info:

Published by: Intan Ratnasari Wirawan on May 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/22/2014

pdf

text

original

Seni dekorasi adalah seni menghias (to decorate) yang berarti menghias.

Seni dekorasi digunakan untuk menghias sesuatu agar tampak harmonis. Yang termasuk seni dekorasi dua dimensi adalah: 1. Motif hias Yaitu jenis hiasan yang digunakan sebagai hiasan-hiasan tertentu. Jenis-jenis bentuk motif hias antara lain adalah: a. Motif hiasan figuratif Contoh : manusia, benda-benda alam, fauna (alam binatang), benda-benda buatan manusia, flora (alam tumbuh-tumbuhan) Dalam penciptaan ragam hias ini dilakukan deportasi terhadap bentuk-bentuk asli dengan cara:  Penyederhanaan dari motif aslinya  Menstilir atau menggayakan  Menggabungkan dengan bentuk lain sehingga menjadi motif baru b. Motif hias non figuratif Yaitu motif yang menggambarkan sesuatu yang bebas. Seperti bentuk-bentuk lengkung, garis-garis lurus, goresan-goresan, titik-titik, bulatan-bulatan, dan sebagainya. Selain jenis motif hias tersebut di atas masih banyak hal yang dapat di jadikan sebagai motif hiasan. Seperti pada benda-benda yang kita pakai sehari-hari. Contoh: Hiasan yang terdapat pada piring, mangkok, teko, cangkir, taplak meja, sapu tangan, kain, baju, kain batik, dan sebagainya. 2. Seni lukis hias Yaitu seni lukis yang dipergunakan untuk mendekorasi suatu ruangan. Seperti : ruangan rumah, kantor, wisma, hotel, gereja, masjid, istana, dan sebagainya. Adapun jenis-jenis seni lukis hias adalah: a. Al fresco : hiasan yang dibuat atas tembok basah dengan menggunakan lepa tembok yang mengandung perekat dan air. b. Al secco : hiasan yang pembuatanya hanpir sama dengan Al fresco, tapi al secco di buat di atas tembok yang kering. c. Mozaik : hiasan yang di buat dari pecahan-pecahan kaca berwarna, batu, keramik atau porselen, biji-bijian. d. Intarsia : hiasan yang pembuatanya hampir sama dengan mozaik, tapi bahan yang di gunakan adalah potong-potongan kayu. e. Aplikasi : hiasan yang terbuat dari guntingan-guntingan kertas atau kain yang sudah dibentuk dan ditempel pada kertas, kain, dan kayu.

kain. bulu. Mural : hiasan yang proses pembuatannya dengan cara menguaskan langsung cat pada dinding. kayu. bisa dari kertas. dan sebagainya. benang.f. kanvas atau triplek. g. Kolase : jenis lukisan yang teknik pembuatannya dengan cara menempelkan bahan tertentu ke atas permukaan media lukisan seperti kertas. Motif . tidak hanya desainnya tetapi juga dalam perwujudannya. Adapun bahan-bahan pembetukannya bervariasi. Motif hias di Nusantara sangat beraneka ragam.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->