KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum wr. wb.

Alhamdulillah atas berkat rahmat Allah dan hidayaj-Nya kami dapat menyusun laporan Kegiatan Keaksaraan Fungsional di desa Muncu Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Laporan ini disusun guna memenuhi tugas Mata Kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan PDGK (4306) pada semester VII masa registrasi 2012.1 UT Pokjar Tanjung. Kami snagat menghargai semua bentuk partisipasi, dan ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu sehingga laporan ini dapat diselesaikan. Besar harapan kami agar laporan ini dapat diterima sebagai bahan pertimbangan berbagai pihak di kabupaten Brebes dan dinas terkait lainnya. Semoga semua pihak dapat menerima dan memaklumi segala kekurangan dan kekeliruan yang timbul dalam pelaksanaan maupun pelaporan yang telah kami usahakan secara optimal. Sumbangsih kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kekeliruan yang ada. Semoga Allah menjadikan ini semua sebagai amal ibadah. Amin. Wassalamu’alaikum wr.wb.

Tanjung, Mei 2012

19550914 . S.Halaman Pengesahan : Program Keaksaraan Fungsional Kejar “SUKUN” Desa Mundu Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Alamat : Desa Mundu Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Judul Kegiatan Telah diteliti dan disahkan pada tanggal : 20 Mei 2012 Meneliti dan mengesahkan Supervisor.Pd. RUKYAT.Pd. Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Tanjung RAMONO. M.. Mahasiswa. 822096542 Mengetahui a. 19660810 199403 1 009 MUHATI NIM. S. NIP. NIP.n.Pd.

822096542 . Tanggal Lahir : Brebes. 01 Oktober 1982 Alamat : RT 001 RW 002 Desa Karangsambung Kecamatan Losari Kabupaten Brebes Program Studi Pokjar Kab/Kota UPBJJ-UT : S1 PGSD : Tanjung : Brebes : Semarang Tanjung. 20 Mei 2012 Mahasiswa. MUHATI NIM.IDENTITAS MAHASISWA Nama : MUHATI Tempat.

dan menyenangkan. Dilaksanakan secara tematik sehingga pembelajaran bersifat menyeluruh mengedepankan learning by doing. menulis dan menghitung rencana kegiatan sosial Membaca dan menulis pengumuman Menulis daftar isian lamaran kerja 2. tes dan hasil uji Membaca. menulis dan menghitung rencana harian Membaca petunjuk jalan/rambu lalulintas Menulis surat ijin Membaca. maupun gambar Membaca aturan dan petunjuk obat Membaca petunjuk umum di lokasi pelayanan kesehatan Membaca. . menulis dan menghitung pada kartu identitas 4) Kemampuan fungsional untuk kegiatan sosial Mengikuti kegiatan PEMILU Mengikuti kegiatan rapat atau musyawarah sosial kemasyarakatan maupun keagamaan Membaca. Pembelajaran berlangsung dalam suasana non formal. selebaran. Jadwal Kegiatan Pembelajaran Kegiatan pembelajaran berlangsung mulai tanggal 20 Februari 2012 sampai dengan 26 Mei 2012. menulis dan menghitung biaya kesehatan 3) Kemampuan fungsional untuk kegiatan individu Membaca dan menulis buku harian Membaca. Sistem dan Metoda Pembelajaran Sistem pembelajaran menggunakan metoda PAKEM dengan model tematik. menulis dan menghitung buku rapor. 3.2) Kemampuan fungsional untuk kegiatan kesehatan                Membaca petunjuk dan informasi kesehatan dalam buku.

Kegiatan Evaluasi Pembelajaran Evaluasi digunakan untuk mengukur tingkat penguasaan baok non formatif maupun sumatif. Fasilitas penyeleggaraan 1) Ruang belajar dirumah dan tempat umum 2) Meja belajar 3) Papan tulis : sukun : rumah dan tempet umum : TANJUNG : BREBES : 2012. Rabu 14.00-17.00-17.00-17. Selasa 14. Adapun bentuk teks dalah obyektif telks tertulis dengan teks acuaN kriteri.1 . Hari Senin Waktu 14.RENCANA JADWAL KEGIATAN PEMBELAJARAN PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL/PBH No 1.00 kegiatan individu Kemampuan fungsional 3.00 kegiatan sosial Dilaksanakan secara fleksibel sesuai dengan situasi dan kondisi sehingga memenuhi 114 jam.00 Materi/Kemampuan Fungsional Kemampuan fungsional untuk Mahasiswa UT untuk Mahasiswa UT untuk Mahasiswa UT Tutor kegiatan sosial individu Kemampuan fungsional 2. 4. 1. Identitas Penyelenggara NAMA KEJAR TEMPAT PEMBELAJARAN KECAMATAN KABUPATEN TAHUN AKADEMIK 2.

. Dilaksanakan sejak 20 Febuari 1012 sampai dengan 20 Mei 2012. Tahap persiapan Dalam tahap persiapan ada beberapa tahap yang harus dilakukan yaitu: 1) Identifikasi warga belajar 2) Konsolidasi tutor dengan pihak terkait 3) Pembahasan rencana program kegiatan penyelenggaraa pembelajaran KF B. Tahap pelaksanaan Pelaksanaan kegiatan pembelajaran KF sesuai dengan rencana program. Monitoring dan evaluasi Monitoring dilakukan oleh pengawas PNFI UPT Dinas Kecamatan Waasari terhadap pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan pembelajaran KF. Tindak lanjut Diharapkan setelah program kegiatan penyelenggaraan pembelajaran KF warga belajar dapat memanfaatkan kemampuan dasar yang diperoleh dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. D.BAB III STRATEGI PELAKSANAAN A. C.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful