P. 1
KLOROPLAS

KLOROPLAS

|Views: 270|Likes:
Published by Annisa Caul Hasanah

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Annisa Caul Hasanah on May 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/31/2013

pdf

text

original

KLOROPLAS

CAHAYA MATAHARI
Sumber energi alami yang digunakan dalam fotosintesis adalah cahaya matahari. Cahaya matahari memiliki berbagai spektrum warna yang memiliki panjang gelombang tertentu. Setiap sprktrum warna memiliki pengaruh berbeda terhadap proses fotosintesis. Sinar hijau efektif unuk fotosintesis. Sinar infra merah berperan dalam fotosintesis pada bakteri dan juga berfungsi meningkatkan suhu lingkungan.

KLOROPLAS
 Kloroplas merupakan suatu bahagian yang terdapat di dalam sebuah sel tumbuhan dan tidak terdapat dalam sel hewan. Kloroplas merupakan organel yang berbentuk ceper dan terdiri daripada dua membran.  Kloroplas mengandung klorofil dan hanya terdapat pada sel tumbuhan. Kloroplas ialah pigmen hijau yang berfungsi untuk menyerap tenaga cahaya matahari untuk fotosintesis.

STRUKTUR KLOROPLAS
 Kloroplas berisi struktur disk seperti bermembran disebut thylakoids yang ditumpuk bersama-sama dalam struktur yang lebih besar (Grana) yang menyerupai tumpukan koin (lihat diagram di bawah). Molekul yang menyerap energi cahaya (disebut pigmen fotosintesis) berlokasi di membran tilakoid. The berisi ruang fluida sekitarnya Grana adalah stroma. Banyak enzim yang diperlukan dalam fotosintesis ditemukan tertanam pada membran tilakoid dan di stroma Granum - merupakan bahagian kloroplas yang menjalankan tindak balas fotosintesis.di dalam nya mengandungi klorophil Stroma - adalah cecair yang mengandungi enzim-enzim untuk mengawal proses fotosintesis. Para kloroplas biasanya 5-10 mikrometer panjang dan terdiri dari molekul DNA sirkular. Mereka terikat oleh dua lapis membran yang dikenal sebagai amplop kloroplas. Selain itu membran, mereka memiliki membran yang dikenal sebagai membran tilakoid. membran ini memiliki banyak cakram datar seperti struktur, yang disebut thylakoids dan mereka diatur dalam tumpukan disebut Grana tersebut. Komposisi internal kloroplas sangat kompleks karena struktur membrannya. kloroplas ini dibagi menjadi tiga kompartemen - lumen tilakoid, yang merupakan membran luar-paling, stroma membran tengah dan ruang antarmembran, ruang antara dua sebuah kloroplas 'membran.


 

Diagram di bawah menunjukkan kloroplas yang telah dipotong membujur untuk mengungkapkan interior.

FUNGSI KLOROPLAS
 Kloroplas berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. kloroplas banyak pada palisade mosophlly dan pada spongy mesophlly .

Diagram di bawah ini mengilustrasikan bagaimana energi dari sinar matahari digunakan untuk kebutuhan energi sel.

 Fotosintesis adalah proses dimana energi cahaya digunakan untuk membuat gula dari CO 2 dan H 2 O.  Persamaan yang merangkum reaksi ini adalah: C 6 H 12 O 6 + 6O 2 Energi + 6CO 2 + 6H 2 O ® C 6 H 12 O 6 + 6o 2

Pada eukariota, fotosintesis terjadi di kloroplas. prokariota fotosintesis tidak memiliki kloroplas. Foto di bawah ini adalah daun Elodea (X 400). Struktur hijau banyak yang kloroplas.

Sebuah membran ganda mengelilingi kloroplas.

Setiap pigmen fotosintesis(klorofil dan karotenoid)memiliki absorbansi(daya serap sinar)yang berbeda.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->