Nur Bety Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur

Surat adalah salah satu bentuk penyampaian informasi oleh satu pihak (orang, instansi, atau organisasi) kepada pihak lain (orang, instansi, atau organisasi). Informasi yang disampaikan itu dapat berupa pernyataan pemberitaan, pemberitahuan, pertanyaan, permintaan, atau laporan.

2

Surat pribadi 2. Surat niaga 3. Surat dinas
1.

3

Surat yang dibuat perorangan yang berisi kepentingan pribadi. Surat jenis ini tidak terikat pada bentuk yang telah ditentukan, kecuali pada penempatan alamat yang dituju, alamat pengirim, tanggal, dan hal-hal yang ingin disampaikan.

4

Alat yang digunakan sebagai alat komunikasi tertulis dalam kegiatan usaha niaga.

5

6 .Surat yang digunakan sebagai alat komunikasi tertulis yang menyangkut kepentingan tugas dan kegiatan dinas instansi.

permintaan. baik pemerintah maupun swasta. penjelasan. 7 . yang berisi berita secara tertulis. dan pernyataan. Nota Dinas adalah surat yang dibuat oleh atasan kepada bawahan atau oleh bawahan kepada atasan langsung atau yang setingkat berisikan catatan/pesan singkat tentang suatu pokok persoalan kedinasan. antara lain berupa pemberitahuan.  Surat Dinas Biasa adalah salah satu alat komunikasi antarinstansi.

Surat Kuasa adalah surat yang berisi kewenangan penerima kuasa untuk bertindak atau melakukan suatu kegiatan atas nama pemberi kuasa. 8 .  Memo adalah catatan singkat yang diketik atau ditulis tangan oleh atasan kepada bawahan tentang pokok persoalan kedinasan.

Surat Edaran merupakan surat yang berisi penjelasan atau petunjuk tentang cara pelaksanaan suatu peraturan perundangundangan dan/atau perintah. barang dan/atau bahan lain yang dikirimkan. 9 . dokumen.  Surat Pengantar adalah surat yang ditujukan kepada seseorang atau pejabat yang berfungsi untuk mengantar surat.

10 . Surat Tugas adalah surat yang berisi penugasan dari pejabat yang berwenang kepada seseorang untuk melaksanakan suatu kegiatan.  Surat Undangan merupakan surat pemberitahuan kepada seseorang untuk menghadiri suatu acara pada waktu dan tempat yang telah ditentukan.

seperti surat-surat tentang perubahan dan perkembangan suatu instansi.  Surat sebagai duta atau wakil penulis untuk berhadapan dengan mitra wicaranya.   11 .  Surat sebagai bukti sejarah. seperti surat keputusan atau surat instruksi.Surat sebagai bukti nyata “hitam di atas putih” Surat sebagai alat pengingat karena surat dapat diarsipkan dan dapat dilihat lagi jika diperlukan.  Surat sebagai pedoman kerja.

dan takzim. Menggunakan format yang menarik Tidak terlalu panjang Menggunakan bahasa yang jelas. 2. Jelas. yakni pernyataan sopan dan simpatik. Padat. padat. tetapi langsung mengungkapkan pikiran yang hendak disampaikan. yakni tidak bertele-tele dan tidak berbunga-bunga.1. a. adab. 12 . 3. dan tidak menyinggung perasaan si penerima surat. c. b. Adab dan takzim. mudah dipahami dan lengkap unsur gramatikalnya.

Kepala surat Tanggal surat Nomor surat Lampiran surat Hal atau perihal surat Alamat yang dituju Salam pembuka Paragraf pembuka surat  Paragraf isi surat                Paragraf penutup surat Salam penutup Tanda tangan Nama jelas penanda tangan Jabatan penanda tangan Tembusan Inisial 13 .

Nama dan alamat instansi tidak disingkat. 14 . dan telepon ditulis dengan huruf awal kapital. 3. c. Hindari penggunaan p. alamat lengkap. nomor kode pos. Kepala surat dinas disusun secara lengkap (nama instansi.o. Huruf awal alamat instansi. Setelah penulisan alamat lengkap dibubuhkan garis bawah. Kata telepon dan kode pos diikuti nomor dan ditulis tanpa disertai oleh tanda baca.1. kecuali kata tugas. nomor telepon. kode pos. 2. Nama instansi ditulis dengan huruf kapital. dan lambang instansi). b. Box untuk menuliskan kode pos. d. a.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL KANTOR BAHASA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR Jalan Batu Cermin 25.kantorbahasaprovkaltim.co. Samarinda 75119 Telepon (0541) 34567.cc _____________________________________________________ 15 . Sempaja Utara. Faksimile (0541) 250256 Laman: www. 678956.

1. Angka tahun ditulis lengkap. Nama bulan ditulis dengan huruf. 3. 4. Nama tempat instansi pembuat atau pengirim surat tidak ditulis karena sudah tercantum di dalam kepala surat. Pada akhir tanggal surat (setelah pencantuman angka tahun) tidak disertai tanda baca. 16 . 2.

Samarinda 75119 Telepon/Faksimile (0541) 250256 Laman: www. Sempaja Utara.cc _________________________________________________ 30 November 2011 17 .KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL KANTOR BAHASA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR Jalan Batu Cermin 25.co.kantorbahasaprovkaltim.

3. Huruf awal kata nomor ditulis dengan huruf kapital dan jika disingkat menjadi No. 18 . 4. Kata yang digunakan adalah nomor bukan nomer. dan angka tahun (jika penomoran memakai sistem angka). Bagian nomor surat sedikitnya berisi nomor urut pembuatan surat. 2. kode. Kata nomor diikuti titik dua dan ditulis tanpa jarak.1.

cc _________________________________________________ Nomor: 170/11/2011 30 November 2011 19 . Sempaja Utara. Samarinda 75119 Telepon/Faksimile (0541) 250256 Laman: www.co.KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL KANTOR BAHASA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR Jalan Batu Cermin 25.kantorbahasaprovkaltim.

Penulisannya Lampiran atau Lamp. Penggunaannya: a. Lembar (dalam bentuk lembaran) b. Berkas (dalam jumlah banyak) 20 . 2.1. Jumlah dinyatakan dengan angka yang dihurufkan. Eksemplar (apabila terbitan) c. 4. 3. (memakai titik) Berguna untuk melihat banyaknya lampiran. dimulai dengan huruf kapital.

: Satu berkas Salah: Lamp.kantorbahasaprovkaltim. Sempaja Utara.KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL KANTOR BAHASA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR Jalan Batu Cermin 25.: 1 (satu) berkas 21 30 November 2011 . Samarinda 75119 Telepon/Faksimile (0541) 250256 Laman: www.co.cc _________________________________________________ Nomor: 170/11/2011 Lamp.

2.1. 3. yang lain menggunakan huruf kecil. Dianjurkan menggunakan kata Hal Gambaran isi surat Singkat dan jelas Keterangan hal ditulis dengan huruf kapital untuk huruf pertama kata pertama. 4. kecuali nama diri atau kegiatan 22 .

kantorbahasaprovkaltim.cc _____________________________________________________ Nomor: 170/11/2011 Lamp.KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL KANTOR BAHASA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR Jalan Batu Cermin 25.co. : Satu berkas Hal : Penyuluhan bahasa Indonesia Hal : Peminjaman Ruang 30 November 2011 23 . Sempaja Utara. Samarinda 75119 Telepon/Faksimile (0541) 250256 Laman: www.

atau Saudara Tidak menggunakan sapaan jika alamat berupa nama yang didahului gelar akademik atau jabatan Mencantumkan semua unsur tempat dengan jelas. 3. (dengan titik) atau lengkap Sebelum nama ditulis sapaan Bapak.1. 6. Ditulis sebelah kiri surat. Digunakan sebagai petunjuk langsung siapa yang menerima surat. 24 . 5. 2. di antara hal surat dan salam pembuka Tidak didahului kata kepada Diawali dengan Yth. 4. Ibu. 7.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kaltim Jalan Tengkawang 15 Samarinda 75116 25 . Syafruddin Pernyata.Hum. H. Jalan Basuki Rakhmat 5 Samarinda 75117 Yth.Yth. Drs. M.

4. Digunakan sebagai tanda hormat Dicantumkan di sebelah kiri. satu garis tepi dengan hal Menggunakan huruf pertama kapital Diakhiri dengan tanda koma 26 . 2.1. 3.

wb. Para jemaat yang dikasihi Tuhan. Salam sejahtera... Assalamualaikum w. 27 . wwb. wr. Saudara ..w.      Dengan hormat.. Salam Pramuka...

28 . Bersama ini saya kirimkan contoh laporan teknis yang Saudara minta. Dalam rangka Dies Natalis Ke-30 Universitas Samawa. kami akan menyelenggara-kan lomba pidato antarmahasiswa se-NTBdi Sumbawa. dengan ini kami mohon agar Saudara segera mengirimkan surat keterangan lolos butuh dari pimpinan instansi Saudara. Kami mohon bantuan Saudara menyampaikan hal-hal berikut kepada karyawan Saudara. pada bulan Oktober 1994.      Dengan ini perkenankanlah kami melaporkan kepada Bapak tentang pelaksanaan ujian dinas di lingkungan Sehubungan dengan surat kami tanggal 5 Agustus1994 No. Dengan sangat menyesal kami beri tahukan bahwa keinginan Saudara untuk menjadi pengawai Pusat Grafika Nasional tidak dapat kami kabulkan. 425/F1/1994.

No.. 162/TU/K/2010 tentang penataran penyuluhan. kami ingin menanggapinya sebagai berikut... 29 . kami beri tahukan hal-hal berikut. No. 221/U/2011 sudah kami terima dengan senang hati. 1415/K2/1993 tentang syarat-syarat sayembara. kami beri tahukan bahwa . Sehubungan dengan surat Saudara tanggal 28 Maret 1993..     Surat Anda tanggal 27 Februari 2011.. Sehubungan dengan pertanyaan Anda tentang arti Bina Graha melalui surat tanggal 29 Juni 2006. Berkenaan dengan surat Saudara tanggal 18 juni 2010 No. bersama ini kami sampaikan kepada Saudara daftar buku terbitan kami tahun 2009. Sesuai dengan pembicaraan kita minggu yang lalu. Bertalian dengan itu. kami ingin menanggapinya sebagai berikut.

tetapi jelas 30 . 4. Memuat pokok surat Hindari singkatan atau istilah yang tidak lazim atau asing Usahakan hanya satu masalah Jika ada masalah lain.1. 2. 5. kemukakanlah pada paragraf yang berbeda Kalimatnya hendaknya singkat. 3.

31 . Atas perhatian Saudara. Atas perhatian dan kerja sama Saudara selama ini. Berfungsi sebagai penegasan Berisi ucapan terima kasih Contoh: 1.1. 2. 3. kami ucapkan terima kasih. kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan jawaban kami bermanfaat bagi Saudara. 2.

1. 3. Salam kami. Berfungsi sebagai rasa hormat penulis Dicantumkan di antara paragraf penutup dan tanda tangan penulis Menggunakan huruf kapital pada awal kata pertama dan berakhir dengan koma Contoh: Hormat kami. Salam takzim. Wasalam. 32 . 2.

yakni jabatan. nomor induk pegawai. 2. 3. 4. Tanda tangan sebagai tanda pengesahan pejabat berwenang Cantumkan nama jelas penanda tangan di bawahnya Gunakan huruf kapital di setiap awal kata Cantumkan jati diri kedinasan. dan cap instansi 33 .1.

Wenni Rusbiyantoro.Hum. NIP 197204302005001 34 . Kepala Drs.Wasalam. M.

Kepala Abd.A.Salam takzim. Rahman. M. NIP 197101012006001 35 .

36 . a.1. u. digunakan jika penanda tangan pejabat setingkat di bawah atasan. 2.n.b. digunakan jika penanda tangan dua tingkat di bawah kepala instansi.

n. Abd.a. Kepala Biro Umum Kepala Bagian Tata Usaha Drs.Hum. Rahman. NIP 19720809200500001 37 . M.

a.Hum. NIP 19720809200500001 38 . M.n.b. Kepala Bagian Ketatalaksanaan Derri Ris Riana. Sekretariat Jenderal Kepala Biro Hukum dan Organisas u.

. Kepada Yth. sebagai laporan.      Berfungsi sebagai pemberitahuan kepada pejabat lain Menggunakan nomor urut jika lebih dari satu tembusan Diketik dalam satu garis lurus dengan hal Menggunakan huruf pertama kapital dan diakhiri titik dua Tidak mencantumkan kata-kata Yth. sebagai undangan Tidak mencantumkan kata arsip atau pertinggal 39 ..

Tembusan: Kepala Dinas Pendidikan Kota Bontang Tembusan: 1. Kepala SMAN 2 Samarinda 40 . Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda 3. Kaltim 2. Kepala Dinas Pendidikan Prov.

Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kepala SMAN 2 Samarinda 41 . Yth. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Yth. Kepala Dinas Pendidkan Kota Bontang 3. Kaltim 2.Tembusan: 1. Kepala SMAN 1 Bontang 4. Arsip TEMBUSAN: 1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda 3. Kaltim 2.

1. 2. Merupakan kode berupa singkatan nama pengonsep dan pengetik surat Memudahkan untuk menghubungi/mengetahui pengonsep dan pengetik surat Contoh EW/NH Singkatan nama pengetik: Novilinda Herwati Singkatan nama pengonsep: Ernawati 42 .

Surat sangat rahasia 2.Sifat 1. Surat rahasia 3. Surat terbatas 4. Segera 3.Sangat segera 2. Biasa 43 . Surat biasa Derajat 1.

44 .Surat sangat rahasia adalah surat yang informasinya membutuhkan tingkat pengamanan yang tertinggi dan mempunyai hubungan erat dengan keamanan dan keselamatan negara serta hanya diketahui oleh pejabat yang berhak menerima.

Surat rahasia adalah surat yang informasinya membutuhkan tingkat pengamanan khusus dan mempunyai hubungan erat dengan keamanan kedinasan serta hanya diketahui oleh pejabat yang berwenang atau yang ditunjuk. 45 .

46 .Surat terbatas adalah surat yang informasinya membutuhkan pengamanan dan mempunyai hubungan erat dengan tugas khusus kedinasan serta hanya diketahui oleh pejabat yang berwenang atau yang ditunjuk.

47 .Surat biasa merupakan surat yang tidak memerlukan pengamanan khusus.

48 .Kilat atau sangat segera adalah derajat surat yang isinya harus segera diketahui si penerima surat dan penyelesaiannya harus dilakukan pada kesempatan pertama.

Segera adalah derajat surat yang isinya harus segera diketahui atau ditanggapi oleh penerima surat. 49 .

50 .Biasa adalah derajat surat yang penyampaian dan penyelesaiannya tidak seperti kilat dan segera.

51 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful