Iklan yang Beretika

Iklan adalah salah satu alat pemasaran yang penting. Dengan iklan perusahaan ingin menarik perhatian calon konsumen tentang barang atau jasa yang ditawarkannya. Banyak orang memutuskan membeli suatu barang atau jasa karena pengaruh iklan yang sedemikian atraktif tampilan visualnya. Kecermatan menimbang dan rasionalitas pemikiran seringkali „kalah wibawa‟ dengan semangat hedonis yang ditawarkan iklan. Tapi selalu saja banyak orang yang kemudian kecewa, karena spesifikasi atau manfaat barang yang dibeli tidak seperti yang ditawarkan. Salah satu contoh adalah iklan perumahan. Iklan perumahan menyajikan tampilan gambar rumah yang memiliki estetika desain yang sangat elok, yang diklaim dekat dengan akses jalan ke kota, hunian yang nyaman dan investasi yang menguntungkan. Tapi apa mau dikata, baru dihuni tiga bulan, rumah yang dibeli sudah mulai rusak: dinding retak, atap bocor, bentuk pintu tak lagi simetris, halaman yang tanahnya turun, dsb. Apa yang salah? Hal-hal diatas disebabkan tingginya persepsi konsumen terhadap suatu produk dengan hanya melihat dari iklan yang dsajikan. Berangkat dari fenomena tayangan iklan (televisi) yang banyak menggunakan citra (image) sebagai kemasan yang lebih ditonjolkan dalam menawarkan produk kepada pemirsa, sehingga informasi tentang produk itu menjadi kabur atau “terselimuti” oleh kuatnya pencitraan produk. Hal inilah yang menyebabkan jalinan alur cerita iklan seolah “berhubungan,” meski sebenarnya jalinan imajinasinya sama sekali tidak terkait dengan produk itu sendiri. Untuk membuat konsumen tertarik, iklan harus dibuat menarik bahkan kadang dramatis. Tapi iklan tidak diterima oleh target tertentu (langsung). Iklan dikomunikasikan kepada khalayak luas (melalui media massa komunikasi iklan akan diterima oleh semua orang: semua usia, golongan, suku, dsb). Sehingga iklan harus memiliki etika, baik moral maupun bisnis. Ciri-ciri iklan yang baik * Etis: berkaitan dengan kepantasan. * Estetis: berkaitan dengan kelayakan (target market, target audiennya, kapan harus ditayangkan?). * Artistik: bernilai seni sehingga mengundang daya tarik khalayak.

1

Karena susu bisa membantu untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. terutama dalam masa pertumbuhan. sehingga kualitas iklan perlu untuk di perhatikan secara lebih detail dan mendalam.Contoh Penerapan Etika * Iklan rokok: Tidak menampakkan secara eksplisit orang merokok. 1. Salah dalam pembuatan iklan akan berakibat buruk bagi citra produk dan juga produsenya. * Iklan pembalut wanita: Tidak memperlihatkan secara realistis dengan memperlihatkan daerah kepribadian wanita tersebut * Iklan sabun mandi: Tidak dengan memperlihatkan orang mandi secara utuh. Dari hal di atas. * Tidak plagiat Iklan sebagai pesan dari produsen kepada publik tentang suatu produk. ex: saling menjatuhkan produk tertentu dan sebagainya. Nutrilon Susu merupakan salah satu sumber pendukung untuk memenuhi kebutuhan gizi anakanak dan orang dewasa. ETIKA SECARA UMUM * Jujur : tidak memuat konten yang tidak sesuai dengan kondisi produk yang diiklankan * Tidak memicu konflik SARA * Tidak mengandung pornografi * Tidak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku. saya mencoba untuk menganalisis suatu iklan yang beretika dan bermakna baik dan positif dari berbagai aspek. Masa pertumbuhan anak merupakan masa terpenting karena disitu kita bisa menjaga peningkatan tumbuh-kembang 2 . * Tidak melanggar etika bisnis.

anak dengan menjaga asupan kecukupan gizi. untuk menemui wajah yang sebelumnya tidak pernah diketahui) “To feel the wind. hal ini dapat dilihat dari bentuk serta tampilan iklan yang menggambarkan anak-anak dari berbagai ras yang mengucap janji-janji dan berusaha meraih mimpi-mimpinya.. Dan tidak ingin salah memilih dalam produk yang dibutuhkan untuk nutrisi sang anak. Secara jelas nilai edukasi terlihat dan benar benar di perhatikan dalam pembuatan iklan ini. Oleh karena itulah orang tua pasti menghendaki untuk memberikan sesuatu yang terbaik bagi buah hatinya. Berikut beberapa opini mengenai iklan Nutrilon berdasarkan pada beberapa sisi pandang hakikat periklanan. to touch the stars” (Untuk merasakan angin. Produsen menyiratkan bahwa produk mereka membantu membentuk generasi dengan jiwa yang besar dan petualang sehingga bisa menggapai cita-cita yang diinginkan.  Edukasi Iklan Nutrilon dibuat dengan memperhatikan sisi edukasi. untuk menyentuh bintangbintang) “I promise to discover myself” (Aku berjanji untuk menemukan diri sendiri) “To stand tall with greatness” (Untuk berdiri tegak dengan kebesaran) “To chase down and catch every dream” (Untuk memburu dan menangkap setiap mimpi) “LIFE IS AN ADVENTURE" (Hidup adalah sebuah petualangan) 3 . karena iklan nutrilon terbaru ini penuh dengan makna yang tersirat yang ingin memotivasi anak-anak serta ibu-ibu untuk menggapai impian dengan berpetualangan. Mengapa life is an adventure. Susu nutrilon ini mencoba untuk menyampaikan pencitraan produknya melalui iklan terbarunya di televisi yang berisikan tentang anak-anak dari berbagai ras yang mengucapkan mimpi dan janji-janjinya. to meet faces unknown” (Untuk perjalanan yang tidak diambil. Karena bila salah memilih sedikit saja akan beresiko bagi tumbuh kembang anak. Lirik dari iklan nutrilon: "I want to live my life to the absolute fullest” (Saya ingin menjalani hidup saya untuk sepenuhnya mutlak) “To open my eyes to be all I can be” (Untuk membuka mata saya untuk menjadi semua yang saya bisa) “To travel roads not taken.

Untuk itu diperlukan ide yang unik dan orisinil. sehingga konsumen dapat menemukan makna di balik makna yang terdapat di permukaannya. sebagai sesuatu yang dapat dimengerti dengan sekali lihat. bekerja dan berusaha untuk mencapai kesuksesan dan membuat dirinya menjadi lebih bernilai. Ide yang tidak disangka-sangka akan jauh lebih diingat oleh konsumen. Yang dimaksudkan komunikatif adalah mempunyai kekuatan untuk mengajak konsumennya berkomunikasi. namun makna dan konsep yang terkandung sangat bermanfaat untuk konsumen. Dalam iklan Nutrilon ini.Dalam iklan tersebut ada tulisan “ LIVING OF FULL LIFE ON THE OUTSIDE.  Unexpected Iklan yang smart akan menjadi outstanding. Kalimat tersebut merupakan rangkuman dari seluruh pesan/ content iklan. Disini terkandung makna yang tersirat yakni anak-anak dididik dari sejak dini bahwa mereka harus menghabiskan hidupnya di luar rumah seperti belajar. Iklan ini dikemas dengan sangat menarik dan membuat konsumen dapat dengan mudah mengingatnya. ditengah rimba iklan yang setiap hari muncul di kehidupan konsumen. Sehingga dapat menjalani aktifitas dengan baik.  Simple Adalah iklan yang sederhana secara elemen. Jadi dalam iklan ini sebenarnya mengandung banyak pengetahuan dan motivasi bagi anak-anak untuk berusaha meraih dan menjadi apa yang mereka inginkan dengan memulai untuk mengonsumsi susu Nutrilon. terbukti bahwa elemen yang digunakan tidak terlalu banyak dan berlebihan. simple berarti tidak banyak elemen dan komunikatif. STARTS ON THE INSIDE”. namun bukan berarti sederhana dalam pemikirannya. Untuk iklan yang simple perlu menggunakan elemen sedikit mungkin namun mampu berbicara semaksimal mungkin. Iklan Nutrilon ini sangat orisinil. Hindari penggunaan elemen terlalu banyak. karena belum ada iklan produk lain yang seperti ini. Namun untuk brand yang sudah mapan. Dalam konteks brand baru simple dapat diartikan sederhana. 4 . Dimana nutrilon mampu memproteksi anak dari dalam dirinya dengan mengkonsumsi produk. tampilan dan outputnya. Produsen menyiratkan produk mereka membantu membentuk generasi muda semenjak dini sebagaimana slogan yang dikampanyekan oleh iklan susu nutrilon yaitu: PROTECTION FROM THE INSIDE.

menyanyi. Alasan mengejar keuntungan sering dijadikan alasan atau dalih dibalik semua perlakuan tidak etis iklan yang di buat suatu produsen. Dengan catatan permainan emosi tersebut harus mengangkat simpati brand yang diiklankan. Pemilihan pesan. dalam skala yang lebih luas diartikan mampu mempermainkan emosi konsumennya.  Sosial Aspek sosial adalah segala dampak atau akibat sosial yang bisa di timbulkan dari adanya suatu iklan. sehingga iklan yang menghibur mampu melintas dibenak konsumen yang diserbu banyaknya iklan standar yang begitu saja terlewatkan. Nutrilon secara profesional tidak menggunakan tokoh 5 . Entertaining tidak berarti lucu. yang pada kenyataannya belum tentu. Untuk suatu iklan aspek sosial lebih kepada bagaimana iklan itu dikemas. Jadi seolah bintang itu juga ikut menggunakan produk tersebut. yang berakibat buruk bagi konsumen. Nutrilon berhasil memainkan emosi para penontonnya sehingga membuat produk mereka lebih dikenal. tetapi juga produknya. Persuasive Iklan harus mempunyai daya pengaruh yang kuat untuk menyihir orang melakukan sesuatu. Iklan yang dikemas dengan baik akan memperhatikan etika dan estetika yang berlaku pada suatu lingkungan. menari. Aspek sosial menggambarkan cakupan secara lebih luas. Hal itu akan berdampak buruk bagi pencitraan produk itu sendiri. gaya dan penampilan menjadi penentu baik buruk akibat dari suatu iklan. Dengan lirik-lirik yang ditonjolkan dalam iklan tersebut. Daya pengaruh yang kuat harus mampu menggerakkan konsumen untuk mendekatkan diri pada brand kita dan tertarik untuk mencobanya. menangis. Mungkin untuk kebanyakan iklan menggunakan figure seorang bintang terkemuka untuk merekomendasikan produknya agar para konsumen lebih tertarik merupakan siasat jitu. tokoh. peran. bahasa. Sehingga yang diingat tidak hanya iklannya saja. Dengan iklan yang dikemas semenarik mungkin seperti film documenter. Seperti tertawa.  Entertaining Untuk ada dibenak konsumen. Nutrilon berusaha menyihir penonton agar menggunakan produknya bagi anak-anak tersayang. karena mereka hanya melihat dari segi figurnya saja. terharu dan sebagainya. iklan yang dibuat harus mampu menghibur konsumen. disampaikan dan ditujukan.

kata – kata yang digunakan mengunakan bahasa asing. Tidak ada maksud menyindir. 6 .  Agama Agama melarang adanya transaksi yang diharamkan oleh agama. Nutrilon juga tidak menjelekjelekkan produsen lain dan berkompetisi secara sehat. karena begitu banyak yang tersirat yang mungkin hanya bisa dipahami oleh segelintir orang semisal akademisi. karena mereka memproduksi susu yang dkemas secara sempurna. justru memberikan edukasi yang berguna bagi audience. sehingga meminimalisir adanya penipuan produk yang disebabkan oleh iklan tersebut. Dan melarang adanya transaksi yang berbau penipuan dan adanya persaingan yang tidak sehat. menghina ataupun menjelek-jelekan produk lain. sehingga tidak membuat pencitraan palsu mengenai produk tersebut. Sebenarnya pesan ini tidak mencapai tujuannya. Yang ditonjolkan hanya pemakaian kata-kata yang diharapkan memberikan inspirasi.ataupun figur yang terkenal dalam iklan yang dibuatnya. lirik iklan ini sudah diubah menggunakan Bahasa Indonesia. penipuan dan tidak melanggar etika bisnis pada harusnya. Pornografi. Iklan Nutrion ini insya Allah tidak ada yang melanggar syariah agama. Dalam iklan ini tidak ada sedikit pun komunikasi verbal yang membahas atau menceritakan mengenai kelebihan susu. Dan dalam iklan tersebut juga tidak adanya kalimat-kalimat yang berlebihan dalam promosi produk. Sehingga tidak semua khalayak bisa memaknai dengan baik apa sebenarnya yang ingin dikomunikasikan dalam iklan ini. Bahasa dan kata yang digunakan dalam iklan tesebut juga sesuai dengan kaidah yang seharusnya. namun iklan ini juga memiliki kelemahan. Jadi secara garis besar iklan yang di buat Nutrilon tidak menimbulkan dampak negatif kepada audience yang melihat iklan tersebut. yaitu: Pertama. Mungkin lebih tepatnya iklan ini ditujukan sebagai iklan layanan masyarakat seperti UNICEF dalam program anak-anak. Namun sekarang. Sebenarnya iklan Nutrilon ini baik dan sangat edukatif. komposisinya atau apa manfaatnya. norma yang berlaku . Iklan ini juga tidak mengandung unsure eksploitasi anak dan wanita secara berlebihan. Dalam iklan ini juga tidak mengandung unsure SARA.

Lalu pada iklan Pepsodent yang memberikan edukasi bahwa anak-anak harus rajin menyikat giginya terutama sebelum tidur. Nilai pesan terlalu bombastis sebagai iklan susu formula anak-anak. Iklan ini mencitrakan anak-anak cerdas yang luar biasa dibentuk karena mereka mengkonsumsi produk ini. Hanya bagian akhir dari iklan yang menampilkan logo produknya yang menjelaskan bahwa iklan tersebut adalah iklan susu formula. kelemahan iklan ini adalah iklan yang ditampilkan tidak mempunyai hubungan dengan produknya. Sebenarnya masih banyak contoh iklan-iklan yang bagus dan beretika baik yang ditayangkan di televisi. tidak membahas mengenai susu formula yang ditawarkan sama sekali. Iklan yang Tidak Beretika 1. Karena seperti yang kita ketahui bahwa ASI-lah sebagai asupan terbaik untuk membentuk otak dan fisik bayi. padahal pada kenyataannya ASI-lah sebagai sumber utama asupan gizi yang mampu melahirkan generasi terbaik bangsa.Ketiga. Iklan Frisian Flag Iklan Frisian Flag yang dimaksud adalah iklan yang seolah seperti kuis Who wants To Be a Millionaire dan diikuti oleh seorang ayah. Contohnya menurut saya adalah iklan Dancow Batita yang mengajarkan tentang tumbuh kembang anak dan memperkenalkannya dengan bermacam hal dan mengajaknya melihat dunia luar seperti saat melihat binatang di kebun binatang. Dam masih banyak lagi iklan lainnya. Bukanlah susu formula yang seharusnya hanya sebagai pelengkap nutrisi tambahan bagi bayi dan anak-anak. Saat itu presenternya sedang mencoba untuk 7 .

Selain sebagai media tempat menawarkan produk. Sekilas. melihat ayahnya makan sayuran atau daging lalu bisa memanggil seenaknya dengan sebutan Si Macan. Karena iklan ini mengajarkan bahwa sang anak tidak memiliki rasa hormat kepada sang ayah. dino apa yang makan sayuran? Brontosaurus. * Yang makan daging? Tyrex. Bagaimana jadinya jika anak-anak Indonesia kemudian meniru adegan ini. Hal di atas itulah akan menimbulkan pola hidup anak yang kurang beretika kepada orangtua. Tanpa bermaksud mengesampingkan sisi kreativitas dan segi komersialitas. maka itu tidak akan menjadi pembelajaran bagi mereka. Seharusnya. iklan sebaiknya juga bisa mencerdaskan para pemirsanya. jika kita lihat iklan yang ditampilkan dikemas lucu. saking pintarnya. Anak kecil yang kira-kira berusia 3-4 tahun sanggup menjawab pertanyaan yang seharusnya diajukan kepada orang dewasa. ingin mengesankan bahwa setiap anak yang minum produk susu tertentu bisa menjadi anak yang smart. * Kalau yang makan semua? Papasaurus. Sang ayah pun akhirnya berinisiatif untuk menelepon anaknya di rumah. Jangan hanya mengeruk keuntungan semata namun mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan 8 . iklan ini sangat menghibur dan cukup dikenal dalam hati masyarakat. tetapi tidak mengajarkan mereka untuk bersikap seenaknya terhadap orang tuanya. seharusnya iklan di Indonesia lebih bisa bernapaskan pendidikan. Bahkan. Namun bila kata-kata itu terus dipertontonkan kepada khalayak ramai terutamanya sekali adalah anak kecil.menawarkan bantuan untuk sang ayah. Seharusnya dengan mengonsumsi susu tersebut sang anak memang menjadi pintar. dia menamai ayahnya sendiri dengan sebutan papasaurus. dan secara umum tidak menghormati orang yang lebih tua. Kurang lebih percakapan iklan tersebut seperti ini: * Dik. Berikan iklan yang berkualitas bagi pemirsa dengan lebih memberikan substansi yang bermuatan moral dan dapat dipertanggungjawabkan. Dari sisi agama pun hal ini tidak baik. terlebih pula jika pemerannya juga terdapat anak-anak. industri iklan di Indonesia berbenah diri. Mereka mungkin justru bisa meniru seperti itu dan tidak memerdulikan dampak buruk apa yang akan mereka terima. Sang Kumbang atau Si Gendut? Mungkin dari segi entertaining. terutama ayahnya. apalagi ini bidang sains (biologi). Terutama iklan-iklan yang ditujukan untuk anak-anak. Iklan ini juga tidak berbau SARA atau pornografi sama sekali.

Karena bila seandainya iklan ini ditayangkan dalam waktu siaran yang banyak anak-anak melihatnya. Sepertinya ini merupakan salah satu merk baru yang terjun di dunia perkopian. iklan ini ditayangkan tidak dalam waktu-waktu yang dikhususkan. Jadi iklan ini ditayangkan kapan saja dan sebenarnya kurang tepat. modelnya iklannya menampilkan penyanyi wanita yang sedang naik daun. Lalu dalam penayangannya. dengan berpakain serba putih dengan model terbuka dan bercelana pendek. apa hubungannya kopi dengan lenggak-lenggok seorang penyanyi dangdut itu? Iklan kopi susu Ya ini. terutama kopi susu.2. dirasa melanggar aspek moral. Tidak ada makna yang edukatif dan mendidik yang disampaikan oleh produsen. Iklan yang heboh dan berlebihan ini bisa merusak moral bagi yang menontonnya. apa yang akan dipikirkan oleh anak-anak tersebut? Hal itu dirasa tidak pantas karena iklan itu memang notabene untuk dewasa. Mungkin yang ada dibenak kita adalah. si penyanyi berlenggak-lenggok seolah-olah mengajak pemirsa menikmati kopi susu tersebut sambil bergoyang-goyang. Karena dari iklan tersebut yang dipertontonkan hanya sensualitas saja. agama dan pornografi. Ditampilkan saat seorang pria sedang menikmati secangkir kopi susu. lalu tiba-tiba dibelakangnya muncul si penyanyi dengan berlenggak-lenggok heboh. tidak sesuai dengan ajaran agama yang tidak memperbolehkan adanya sesuatu yang berunsur pornografi yang diberlakukan untuk kepentingan umum. Iklan Kopi Susu Ya Menurut saya iklan kopi susu Ya ini hanya menonjolkan sosok seorang publikfigure yang sedang terkenal di masyarakat dan kurang menampilkan produk yang dipasarkan. 9 .

karena yang mereka ingat hanyalah sosok yang menjadi model iklan tersebut. Tidak hanya dengan menggunakan seorang public figure ternama. Apa tidak sebaiknya iklan tersebut ditayangkan pada jam-jam tertentu.Inikah kondisi periklanan kita? Yang tanpa disadari akan membuat degradasi moral para generasi muda sebagai penerus bangsa ini. Lalu bagaimana dengan kenyataan bila seseorang itu memang berhormon jerawat banyak dan memiliki pigmen kulit yang berwarna cokelat atau hitam? Apakah hal itu berarti mereka tidak cantik seperti yang lainnya? Hal seperti inilah yang bisa membuat timbulnya pengucilan dan terjadinya pendiskriminasian terhadap seseorang. contohnya persaingan antar provider seluler yaitu XL dan As yang benar-benar bersaing secara tidak sehat karena saling menjatuhkan dalam iklannya asing-masing. Akibatnya saat ini mungkin daya beli konsumen terhadap produk ini tidak terlalu tinggi. bukan tentang produk apa yang ditawarkan. 10 . Iklan produkproduk kecantikan yang selalu mengatakan bahwa kulit yang cantik itu adalah kulit yang putih dan bersih. Seharusnya produsen bisa menonjolkan dari sisi produk dengan cara yang lain. Mengenai iklan yang kurang beretika sebenanrnya mungkin masih banyak lagi. Iklan Televisi adalah salah satu strategi pemasaran yang bagus untuk meraup konsumen. yang kira-kira disaat anak-anak kecil sudah terlelap tidur malam. tapi diharapkan jangan sampai mengorbankan masa depan anak-anak kita dengan membiasakan menyuguhkan acara atau iklan-iklan yang berbau pornografi dan yang dapat merusak moral.