Gulma adalah segala tanaman yang tumbuh pada tempat yang tidak diinginkan.

Bunga mawar pun, jika tumbuh di tengah sayuran juga termasuk Gulma. Kebanyakan Gulma adalah tanaman yang cepat tumbuh dan dapat menghasilkan sejumlah besar biji dalam waktu singkat. Biasanya bijinya mudah tersebar, misalnya bunga dandelion dengan buahnya yang bisa tersebar hanya dengan angin kecil. Beberapa gulma akan terus menebarkan bijinya walaupun pohonnya telah dicabut. Di atas tanah, dari gulma kebun biasa, bunga-bunganya akan membuat setumpuk biji berambut pada timbunan kompos jika ditaruh disitu dan tidak dihancurkan. Gulma lain seperti tumbuhan rambat bunga kuning menghasilkan puncuk yang berakar setiap kali menyentuh tanah. Dengan ini, tanaman menjalar dengan cepat. Ada Gulma yang seperti konvolvulus, harus diangkat sepenuhnya dari tanah. Sisa tangkai yang tercecer akan tumbuh sebagai tanaman baru. Cara Mengendalikan Gulma Cara terbaik untuk mengendalikan gulma adalah dengan menggalinya dan membunuhnya sebelum mempunyai waktu untuk menyebar. Itulah salah satu sebabnya tukang kebun mencangkul tanah diantara tanaman. Beberapa gulma dicabut sampai ke akar atau dipotong bersama tanah dengan menggunakan bagian tajam pacul. Dulu anak-anak dibayar untuk mencabut gulma liar ini di ladang jagung. Gulma juga bisa dimusnahkan dengan menggunakan bahan kimia yang disebut herbisida. Pemusnah gulma pilihan hanya akan memusnahkan gulma dan bukan tanaman. Kini ada keprihatinan tentang dampak yang membahayakan yang dapat disebabkan oleh bahan kimia tersebut, terhadap tanaman liar bahkan binatang.

DEFINISI, MACAM, DAN PENGENDALIAN GULMA
Author: Qolamul Hasna | Filed Under: Hama, pengetahuan umum | di 14:49 |

Selain hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan dan merugikan petani, gulma juga perlu mendapat perhatian khusus. Pada petani kadang kurang memperhatikan gulma sehingga dalam kurun waktu tertentu populasi gulma sudah melebihi batas. Gulma – gulma ini akan berkompetisi dengan tanaman utama dalam mendapatkan unsur hara yang diperlukan pertumbuhannya. Gulma dapat menjadi tempat persembunyian hama. Pembersihan gulma sangat penting untuk menekan perkembangan hama yang dapat menyerang tumbuhan. Berdasarkan karaktristik yang dimiliki, gulma dibedakan menjadi 3 kelompok, yaitu teki, rumput, dan gulma daun lebar.

1. Teki Kelompok teki – tekian memiliki daya tahan luar biasa terhadap pengendalian mekanis, karena memiliki umbu batang di dalam tanah yang mampu bertahan berbulan – bulan. Contohnya adalah teki ladang (Cyperus rotundus).

2. Rumput Gulma dalam kelompok ini berdaun sempit seperti teki tetapi menghasilkan stolon. Stolon ini di dalam tanah berbentuk jaringan rumit yang sulit diatasi secara mekanik. Contohnya adalah alang

demam. kita perlu hati – hati dalam memilih dan menggunakan herbisida. Kompetisi terhadap tanaman utama berupa kompetisi cahaya. asam urat. ada juga gulma yang tidak merugikan bagi siapapun. Selain itu juga karena gulma merupakan inang alternetif dan tempat persembunyian hama penyakit. lesu. 3.– alang (Imperata cylindrica). Gulma ini biasanya tumbuh pada akhir masa budi daya. anti cacing.). Contoh dari gulma berdaun lebar ini adalah daun sendok. dilihat dari sisi manfaat tanaman rosela banyak sekali. menurunkan kolesterol dalam darah. Meskipun demikian. Tujuan pembersihan gulma antara lain untuk mengurangi tumbuhan pengganggu yang akan menjadi pesaing tanaman utama. yaitu tanaman Rosela (Hibiscus sabdariffa l. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan pengendalian gulma antara lain sebagai berikut : a) Jenis gulma dominan b) Tanaman budi daya utama c) Alternatif pengendalian yang tersedia d) Dampak ekonomi dan ekologi Saat ini cukup banyak hebisida (pembasmi gulma) yang tersedia di toko pertanian. Melihat dari manfaat – manfaat tanaman ini. gusi berdarah. malah kebalikannya. . penahan kekejangan. Setelah mempelajari tentang gulma yang selalu merugikan manusia. Gulma daun lebar Berbagai macam gulma dari ordo Dicotyledoneae termasuk dalam kelompok ini. Memperhatikan cara pemakaian herbisida dengan benar sangatlah dianjurkan. tanaman ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit manusia. tanaman ini tidak menunjukkan tanaman yang mendatangkan penyakit bagi manusia. kami mendapatkan ini dari satu media Internet yang membahas tentang hama dan penyakit tumbuhan. antara lain mengatasi batuk. Padahal pengertian dari gulma itu sendiri yaitu tanaman pengganggu yang menekan pertumbuhan hama dan penyakit. jadi mengapa banyak orang yang menyebut tanaman ini menjadi tanaman gulma? Karena tanaman rosela ini mudah sekali terserang penyakit dan menularkannya ke tumbuhan lain. anti septik. anti bakteri. dan banyak sekali hewan – hewan hama hinggap di daun / batangnya. ===================================================================== ============= “Pengendalian Gulma” Pengendalian gulma memerlukan strategi yang khas untuk setiap kasus. entah kenapa tanaman ini termasuk gulma.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful