Oleh HENI NUR ACHDIYAH, S.psi.

aturlah waktumu!  Aku melihat bakat  Etika pergaulan  Pergaulan remaja  Kepemimpinan remaja . Makna belajar  Prinsip dan gaya belajar  Ayo.

 Dimensi kecerdasan remaja  Masalah muncul solusi menyusul  Berpikir dan bersikap positif  Rekreasi remaja  Remaja anti korupsi  Remaja mandiri .

BAB I .

belajar Strategi belajar Pengertian .

Perubahan terjadi karena latihan dan pengalaman. Perubahan tersebut harus bersifat permanen dan tetap ada untuk waktu yang cukup lama. Belajar menurutGalloway dalam Toeti Soekamto (1992: 27) mengatakan: 1. 2. 3. bukan karena pertumbuhan. . Belajar adalah perubahan tingkahlaku.

.

 Kesehatan jasmani  Kesehatan rohani  Tempat dan suasana  Waktu  Alat/sarana .

 Cara mengikuti pelajaran di kelas  Cara mengatur waktu  Cara membaca buku  Cara membuat ringkasan  Cara menghafal  Cara mengulangi pelajaran  Cara mempersiapkan ulangan umum dan ujian .

 Setiap pelajar seyogyanya berkonsentrasi mengikuti kegiatan belajar dengan baik  Konsentrasi ditunjang oleh kemauan yang kuat untuk mendapat pengetahuan dan informasi baru. presentasi.  Partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran akan membuat seluruh indra dan otakmu mampu menguasai materi dengan baik . atau tugas kelompok.seperti diskusi.  Siswa bersikap aktif dalam pelajaran di kelas.

 Yang terpenting siswa mampu melaksanakan dengan baik. Para siswa disarankan untuk memiliki rencana belajar mingguan. . bahkan tahunan.  Jadwal digunakan untuk mengontrol kegiatan belajar secara disiplin. bulanan.

 Pada saat membaca. Sebelum membaca buku sebaiknya kamu melakukan survey sederhana atas buku yang hendak di baca. buatlah dirimu “tenggelam” dalam apa yang kamu baca.  Kamu juga dapat menandai hal-hal yang dianggap perlu.  Jangan lupa memaksimalkan indeks buku!  Indeks sangat bermanfaat untuk secara langsung menemukan topik yang hendak dibaca. .

yaitu ringkasan yang membedakan materi utama dengan sub-sub materi sehingga kamu dapat melihat keterkaitan antarmateri yang dipelajari . melainkan menggunakan poinpoin penting (bullet)  Buatlah ringkasan yang sistematis. Buatlah catatan praktis yang berisi rangkuman hal-hal penting dari suatu materi  Gaya tulisan dan alur pikiran yang kita tumpahkan ke dalam ringkasan akan membuat materi mudah dimengerti  Ringkasan sebaiknya tidak menggunakan format alinea.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful