P. 1
Pengertian Dasar negara

Pengertian Dasar negara

|Views: 297|Likes:

More info:

Published by: Almira Hasna Zulfany on May 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/21/2015

pdf

text

original

almira hasna zulfany | x akselerasi | 03

kebudayaan. keluhuran budi dan keprobadian yang tumbuh dalam sejarah perkembangan Indonesia) yang diterima oleh seluruh lappisan masyarakat. Pengertian Dasar Negara : Fandemen yang kokoh dan kuat serta bersumber dari pandangan hidup atau falsafah (cerminan dari peradaban.  Ciri – ciri Dasar Negara : Semua negara pasti memiliki Sebagai pengatur kehidupan atau sebagai pedoman .

Kristalisasi nilai-nilai luhur yang diambil oleh suatu bangsa itu sendiri yang diyakini kebenarannya dan menimbulkan tekad yang kuat dari bangsa tersebut untuk mewujudkannya. Berguna untuk : .Mengatur dan menata kehidupan berbangsa dan bernegara . sehingga dijadikan dasar negara yang dijadikan sumber hukum.Pedoman dalam memecahkan masalahmasalah bangsa yang dihadapinya  Sumber Dasar Negara : . .

mengembangkan. mewariskan. Dasar negara Indonesia : “PANCASILA”  Sifat Dasar Negara :  Yuridis konstitusional Mempunyai nilai dasar negara (ground norm. kaidah negara yang fundamental)  Imperatif Mengikat dan memaksa semua yang ada di dalam wilayah kekuasaan hukum suatu negara untuk setia. dan melestarikannya. melaksanakan. .

pikiran. Peran - Dasar Negara : Sebagai norma objektif dan norma tertinggi dalam negara Sumber dari segala sumber hukum (tertib hukum) yang berlaku bagi seluruh bangsa Indonesia Pandangan hidup untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara Cita-cita hukum (gagasan. rasa. dan cipta mengenai hukum yang seharusnya diinginkan oleh masyarakat  mengarahkan hukum kepada cita-cita dari masyarakat yang bersangkutan  hukum yang dibentuk dapat selaras dengan cita-cita atau harapan masyarakat .

 Dasar Negara sebagai cita-cita hukum mempunyai dua fungsi :  Fungsi Regulatif cita-cita hukum menguji apakah hukum yang dibuat adil atau tidak adil bagi masyarakat  Fungsi Konstitutif fungsi yang menentukan bahwa tanpa dasar cita-cita hukum maka hukum yang dibuat akan kehilangan makna .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->