almira hasna zulfany | x akselerasi | 03

 Pengertian Dasar Negara : Fandemen yang kokoh dan kuat serta bersumber dari pandangan hidup atau falsafah (cerminan dari peradaban. kebudayaan.  Ciri – ciri Dasar Negara : Semua negara pasti memiliki Sebagai pengatur kehidupan atau sebagai pedoman . keluhuran budi dan keprobadian yang tumbuh dalam sejarah perkembangan Indonesia) yang diterima oleh seluruh lappisan masyarakat.

. sehingga dijadikan dasar negara yang dijadikan sumber hukum.Kristalisasi nilai-nilai luhur yang diambil oleh suatu bangsa itu sendiri yang diyakini kebenarannya dan menimbulkan tekad yang kuat dari bangsa tersebut untuk mewujudkannya.Mengatur dan menata kehidupan berbangsa dan bernegara .Pedoman dalam memecahkan masalahmasalah bangsa yang dihadapinya  Sumber Dasar Negara : . Berguna untuk : .

 Dasar negara Indonesia : “PANCASILA”  Sifat Dasar Negara :  Yuridis konstitusional Mempunyai nilai dasar negara (ground norm. kaidah negara yang fundamental)  Imperatif Mengikat dan memaksa semua yang ada di dalam wilayah kekuasaan hukum suatu negara untuk setia. mewariskan. melaksanakan. . dan melestarikannya. mengembangkan.

pikiran. Peran - Dasar Negara : Sebagai norma objektif dan norma tertinggi dalam negara Sumber dari segala sumber hukum (tertib hukum) yang berlaku bagi seluruh bangsa Indonesia Pandangan hidup untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara Cita-cita hukum (gagasan. rasa. dan cipta mengenai hukum yang seharusnya diinginkan oleh masyarakat  mengarahkan hukum kepada cita-cita dari masyarakat yang bersangkutan  hukum yang dibentuk dapat selaras dengan cita-cita atau harapan masyarakat .

 Dasar Negara sebagai cita-cita hukum mempunyai dua fungsi :  Fungsi Regulatif cita-cita hukum menguji apakah hukum yang dibuat adil atau tidak adil bagi masyarakat  Fungsi Konstitutif fungsi yang menentukan bahwa tanpa dasar cita-cita hukum maka hukum yang dibuat akan kehilangan makna .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful