A. Pengertian mineral merupakan senyawa esensial untuk berbagai proses selular tubuh.

Tanpa adanya mineral, tubuh tidak mungkin dapat berfungsi dengan semestinya bahkan dapat mengalami kesakitan hingga kematian. Mineral juga berperan penting dalam pembentukkan struktural dari jaringan keras dan lunak, kerja sistem enzim, kontraksi otot dan respon saraf serta dalam pembekuan darah. Mineral adalah zat anorganik yang berasal dari : bahan makanan, bahan anorganik lainnya, hasil pembakaran kedua zat tersebut (pada suhu & tekanan tinggi) menghasilkan abu B. Klasifikasi Mineral di dalam tubuh 1. Makro elemen (makro mineral) : adalah mineral yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar. Makroelemen meliputi : a. kalium (K)

b. kalsium (Ca) Kalsium adalah mineral terbesar yang dibutuhkan tubuh. Sekitar 2-3 persen dari berat badan adalah kalsium, di mana 98% tersimpan di dalam tulang dan gigi dan 1% di darah. Jumlah kebutuhan kalsium untuk tubuh adalah 0,8 gram/hari. Penggunaan dalam tubuh diatur oleh kelenjar tiroid yang menghasilkan hormon kalsitonin berfungsi menurunkan kadar Ca darah, dan kelenjar paratiroid yang menghasilkan hormon paratiroid berfungsi meningkatkan kadar Ca darah. Selain untuk pemeliharaan tulang dan gigi, kalsium juga membantu kontraksi dan relaksasi otot, pembekuan darah, fungsi hormon, sekresi enzim, penyerapan vitamin B12 dan pencegahan batu ginjal dan penyakit jantung. Kalsium akan ditimbun di dalam tulang khususnya tulang spon. Sumber Kalsium :susu dan produk susu (keju, yoghurt, dll), telur, ikan, kacangkacangan, dan sayuran hijau gelap. Fungsi Kalsium :

ATPase) e) Berpengaruh pada permeabilitas membran Akibat Kekurangan Kalsium : 1) Riketsia 2) Osteoporosis 3) Darah sukar membeku 4) Rakitis 5) Hipokalsemia 6) Pertumbuhan terhambat c. klor (Cl). c) Pada Jaringan syaraf sebagai transmisi syaraf. Fungsi Mineral . 2. natrium (Na) d. d) Sebagai zat pengaktif enzim (lipase. Trace elemen (mikro mineral): yaitu mineral yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. C. mangan (Mn). molibdenum (Mo). kobalt (Co). belerang (S) g. dan selenium (Se).1) Pembentukan tulang dan gigi yang dipengaruhi oleh vitamin D 2) Pembekuan darah 3) Aktivitas saraf dan otak 4) Aktivator enzim 5) Aktivitas otot jantung 6) Melindungi tubuh terhadap absorpsi zat radioaktif 7) Bersenyawa dgn P & Mg membentuk bagian tulang yang keras. 8) Dalam serum & jaringan lunak : a) Di darah sebagai katalisator pembentukan trombin & protrombin. fosfor (P) e. Misalnya besi (Fe). b) Di Otot : mempertahankan tonus & kepekaan. magnesium (Mg) f.

alpukat. gigi dan otot-otot. sebaliknya mikromineral adalah mineral-mineral yang diperlukan dalam jumlah yang sedikit. protein dan karbohidrat. · 30% dalam jaringan lunak dan cairan tubuh : . Mineral yang akan dibicarakan di sini adalah yaitu makromineral dan mikromineral. Mg. 2. kontraksi dan relaksasi otot. tulang dan otot. sayur-sayuran berdaun hijau. 2. Makromineral adalah mineral-mineral yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang cukup besar. Fl dan Si untuk pembentukan dan pertumbuhan gigi sedang P dan sekolah luar biasa untuk penyusunan protein jaringan. sebagian lain di dalam darah dan otot. Distribusi dalam tubuh · Pada dewasa 25 g (20-28 g). Cl. tubuh akan mengambilnya dari tulang. Jika tidak memiliki cukup magnesium dalam darah. yang terlibat dalam pengendalian tekanan darah. · 70% sebagai senyawa dengan Ca & P dalam bentuk garam kompleks. Sebagai aktifator atau terkait dalam peranan enzyme dan hormon. metabolisme lemak.Ada tiga fungsi utama mineral yaitu: 1. Sebagian besar magnesium disimpan dalam tulang dan gigi. menegatur keseimbangan basa asam dan permeabilitas membran. Contoh adalah Na. pisang. P. Merupakan unsur dalam cairan tubuh atau jaringan. Ca dan Mg 3. coklat. sebagai elektrolit yang mengatur tekanan osmuse (Fluid balance). mengatur suhu tubuh. yang pada gilirannya juga dapat menyebabkan tulang keropos. K. Magnesium berperan penting dalam pemeliharaan jaringan gigi. Magnesium Magnesium membantu mengatur kadar kalium dan natrium dalam tubuh. produk kedelai seperti tempe atau tahu. biji-bijian dan kacang-kacangan. produksi dan transportasi energi. Sumber: susu. Sebagai kompenen utama tubuh (structural element) atau penyusun kerangka tulang. Ca.

Besi non-heme lebih sulit diserap tubuh dan terdapat dalam tumbuhtumbuhan seperti kacang-kacangan. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi. Tubuh Anda dapat menyerap 20-40 persen besi dari sumber hewani dan 5-20 persen besi dari sumber nabati. insulin dan sperma.5 mg% dalam plasma. Anda perlu bantuan vitamin C. perawatan jaringan tubuh. sakit kepala dan apatis.. zat besi membawa oksigen ke sel-sel tubuh dan membawa karbon dioksida keluar tubuh. kelemahan. produksi protein. · Bila kadar Mg menurun. bayam dan kangkung. mempercepat penyembuhan. brokoli. · Secara alamiah pada manusia tidak pernah defisiensi 3. Fungsi : · Pada metabolisme karbohidrat & phosphor. Kekurangan zat besi menyebabkan anemia. Ada dua jenis zat besi dalam makanan: besi heme mudah diserap tubuh dan ditemukan dalam daging.4 – 2. membantu dalam metabolisme karbohidrat. rambut dan mata.Sebagian besar pada sel darah merah. . Anda juga menyimpan zinc di prostat Anda. Besi Disimpan dalam hemoglobin (sel darah merah).1. · Berhubungan dengan cortison dalam meregulasi kadar P. vasodilatasi & pekerjaan otot terganggu. protein dan alkohol. Zinc (seng) Zinc terdapat di semua sel tubuh Anda. berperan dalam mengeluarkan karbon dioksida. 4. unggas dan ikan. Jika Anda pria. Zinc berperan penting dalam sintesis DNA dan RNA. kelelahan. Anda perlu makan lebih banyak sayuran untuk mendapatkan zat besi yang Anda butuhkan. enzim. terutama di kulit. pertumbuhan. dan mendukung indera seperti . kuku. protein dan metabolisme energi. lemak. mendukung fungsi otot. · Proses pertumbuhan & pemeliharaan jaringan.

kelemahan. Ketiga mineral tersebut membuat cairan dalam tubuh Anda tetap konstan dan tidak berfluktuasi. Selenium banyak ditemukan dalam tanah. sehingga jumlah yang ditemukan dalam sayuran dan buah tergantung pada tempat penanaman dan metode pertanian yang digunakan. kecemasan. kacang-kacangan dan biji-bijian. · Peran bermakna pada aktifitas otot terutama otot jantung. bawang putih. dan detak jantung tidak teratur. kerang. 6. Tanaman yang dibudidayakan pada tanah yang terlalu sering diolah akan memiliki selenium yang rendah. Natrium dan Klorida Kalium (sering disebut juga potasium). Mereka juga berperan penting dalam transportasi glukosa ke dalam sel dan pembuangan limbah. dan unggas. transmisi impuls saraf. penyembuhan lambat. Kation utama cairan intra sel. rambut rontok. irama jantung dan fungsi otot. libido seks rendah. · Kadar normal : 14 – 20 mg%. lobster. susu ayam. Mereka terpecah menjadi ion-ion. kehilangan rasa dan bau dan kesulitan beradaptasi dengan cahaya malam. lemak dan gula. Sumber: air. kehilangan nafsu makan. kepiting. susu dan produk susu. bawang merah dan sayuran hijau. Absorpsi-Ekskresi . Kalium. Sumber: daging. Kekurangan mineral-mineral ini menyebabkan mengantuk. sebagian kecil di ekstra sel. 5. tetapi dapat rusak/hilang jika makanan dimasak. ikan dan kacang-kacangan. tekanan darah. natrium dan klorida adalah mineral yang larut dalam darah dan cairan tubuh lainnya. telur. makanan berprotein tinggi seperti daging sapi. Kekurangan zinc menyebabkan gangguan pertumbuhan. kambing. Selenium Kita membutuhkan selenium dalam jumlah kecil tetapi teratur untuk kesehatan liver (hati). Sumber: hampir semua makanan kecuali minyak. mual.penciuman dan perasa.

Fungsi : · Kesetimbangan elektrolit cairan tubuh. Sumber : Kacang polong. · Aktivitas otot lurik (rangka & jantung). buah-buahan. Kejang otot . mentega. Menjaga tekanan osmotik darah 5. Komponen anorganik cairan ekstra sel Akibat Kekurangan Natrium 1. sayur. dan produk peternakan 1. Kontraksi otot 4. biji-bijian. · Ekskresi terutama melalui urine. daging. Sumber Natrium : Daging.· mudah diabsorpsi di usus. Shock 3. Sebagai buffer (dalam bentuk Nakarbonat) 6. garam. Fungsi Natrium : 2. Mempertahankan iritabilitas sel otot 7. Gangguan pada jantung 4. · Keseimbangan asam basa. Dehidrasi 2. Transmisi saraf 3. sedikit di feses. · Sintesis protein. · Metabolisme karbohidrat.

Mempertahankan hantaran listrik di sel tubuh. . Osmotik plasma .Kesetimbangan asam-basa .Vol. 5% melalui feses Konsentrasi NaCl plasma sangat bervariasi secara langsung atau tidak langsung berpengaruh pada : . · Jika intake menurun absorpsi menurun · Glukosa dalam lumen usus banyak absorpsi berkurang · Ekskresi 90% melalui urine.2/3 pada cairan ekstra sel adalah Na+ · Natrium serum 310-340 mg% Absorpsi – Ekskresi · Terutama di usus halus. cairan plasma & interstitial .5. Suhu tubuh meningkat Tambahan Mengenai Natrium : Jumlah kebutuhan tubuh/hari = 15–20 g Na juga terdapat pada NaCl Kelebihan natrium akan berakibat gejala hipertensi Distribusi dalam tubuh : · 1/3 pada jaringan rangka dalam bentuk Na anorganik.Tek. . Kelelahan 6.

Sebagai Bahan makanan (garam) . Sayuran hijau. Fungsi : 1. . .keseimbangan asam basa .Gangguan pernafasan hingga kematian. diare.Pengerutan sel tubula ginjal .Perdarahan sub arachnoid. Susu. Asparagus.Kepekaan system cardiovascular untuk mengedarkan senyawa.bahan bantu dalam formula pengolahan bahan makanan dapat melemaskan adonan 2. Telur.penegas cita rasa .pengaturan permeabilitas sel Sumber : Garam dapur.Kegagalan peredaran darah perifer.keseimbangan cairan tubuh . Daging. .Muntah. . Fungsi Metabolik . intra serebral.zat gizi essensial .. Bit. Aspek Klinis Gejala Keracunan NaCl (hipernatremia) . Bayam.bahan pengawet .

3% total mineral tubuh. dan tekanan osmosis Akibat Kekurangan Klor : 1. Pembentukan HCl dalam lambung yang berperan dalam penyerapan Fe dan emulsi lemak 3. Pencernaan terganggu Tambahan Mengenai Klor : Jumlah kebutuhan tubuh/hari = 15–20 g Chlor (Cl) Distribusi dalam tubu · Dalam bentuk Cl. daging. Hilangnya rambut dan gigi 3. Kontraksi otot abnormal 2. Memelihara keseimbangan asam basa.Kejang Klor ( Cl ) Sumber Klor : Garam. elektrolit. · Absorpsi terjadi sempurna. · Ekskresi terutama melalui urine. susu. Aktivator enzim 4.. Bahan ion klorit yang penting untuk transfer CO2 dari darah ke paru-paru 5. dan telur 1. Fungsi Metabolisme : . Fungsi Klor : 2.

kebutuhan Cl juga terpenuhi. DNA. Aktivitas saraf 5. daging. Metabolisme 3. Kontraksi otot 4. · Regulasi tekanan osmotic bersama Na. Pembentukan tulang dan gigi 2. kacang-kacangan.· Keseimbangan elektrolit cairan tubuh. dan sayuran Fungsi Fosfor : 1. Membentuk fosfatid. Pengaturan aktivitas hormone 9. bagian dari plasma 7. Fosfor ( P ) Sumber Fosfor : Susu. Efektivitas beberapa vitamin Akibat Kekurangan Fosfor : . Komponen enzim. dan ATP 6. · Keseimbangan asam basa. Menjaga keseimbangan asam basa 8. RNA. Jumlah Kebutuhan : belum diketahui pasti. Sumber : · garam dapur · jika kebutuhan Na terpenuhi. · Keasaman lambung.

Keduanya merupakan pembentuk tulang.Keduanya membutuhkan vit. Pada anak anak : Rakhitis 4.1. Pada orang Dewasa : Osteomalasia Tambahan Mengenai Fosfor : Fosfor sebagai fosfat memainkan peranan penting dalam struktur dan fungsi semua sel hidup Pada gizi manusia P berhubungan erat dengan Ca.Ca & P sumber utamanya susu.8 – 1. .ekskresi terutama melalui . Sakit pada tulang 3. Bagian dari tulang dan gigi. . : . . . oleh karena.1% berat badan · 80 – 90% di tulang bersama Ca · 20% lainnya pada tiap sel hidup Absorpsi – Ekskresi 70% P dalam BM dapat diabsorpsi . D untuk absorpsi.mekanisme homeostasis (+) Fungsi : 1. Kerapuhan tulang dan gigi 2. Distribusi dalam Tubuh : · 0.Keduanya sangat dipengaruhi hormon paratiroid.

K. · Organic : – Sulfur protein . Sumber : · sumber protein hewani · susu & hasil olahnya · daging tanpa lemak · kuning telur · biji-bijian. Kebutuhan : Bila Ca terpenuhi berarti P terpenuhi. Sangat berguna pada metabolisme tubuh pada sel hidup. kacang-kacangan Mineral untuk Nutrisi Tubuh · Sulfur (S) Distribusi dalam tubuh : · An organic : sulfat dari Na. sulfotide) Sulfoprotein : .Sulfur non protein (sulfolipid.2. Mg.

bulu. Sumber : Semua sumber protein (hewani & nabati) Mikro mineral (trace element) Yodium / Iodium (I) Mineral ini dibutuhkan 100-300 µg/hari sampai 1 mg/hari. · Kadar dalam plasma : 0.5 mEq /L · Sulfur an organic melalui sirkulasi portal.7 – 1. tiamin . Tiroksin adalah hormon yang mengatur aktivitas berbagai organ. insulin. · S ada pada tiap sel. kulit. umumnya merupakan bagian protein sel.. · Ekskresi melalui urine. kuku. membantu proses metabolisme.keratin : protein rambut.hasil produk detoksifikasi . Kebutuhan meningkat : -Pertumbuhan anak-anak -Wanita hamil dan menyusui Fungsi : untuk membentuk hormon tiroksin pada kelenjar tiroid. sistein) .Bersenyawa dengan heparin. Kekurangan yodium : . mengontrol pertumbuhan.asam amino yg mengandung S (metionin.glikoprotein .

disebabkan oleh adanya fitat dan serat tumbuhan yg mengikat Zn pada usus sehingga tidak dapat diabsorbsi. Sumber : Terdapat pada kacang-kacangan. Selain itu zinc juga berfungsi sebagai pemelihara beberapa jenis enzim. Tembaga / Cuprum (Cu) Tembaga pada tubuh manusia berguna sebagai pembentuk hemo globin pada sel darah merah. Sumber : Diet yang berasal dari hewan. hati. susu. Kurang lebih 20-30 % Zn peroral diabsorbsi terutama pada duodenum dan usus halus bagian proksimal. Mangan (Mn) Kebutuhan sehari 2-5 mg (Co) Mangan berfungsi untuk mengatur pertumbuhan tubuh kita dan sistem reproduksi. sereal . dan sea food Zincum / Seng /(Zn) Seng oleh tubuh manusia dibutuhkan untuk membentuk enzim dan hormon penting. . Jumlah Zink yg diabsorbsi tergabtung pada berbagai factor termasuk sumbernya ( yg berasal dari hewan diabsorbsi lebih baik dari pada yang berasal dari tumbuh- tumbuhan). Absorbsi Zink di percepat oleh ligand berat molekul rendah yg berasal dari pancreas. hormon dan aktifitas indera pengecap atau lidah kita. makanan laut Cobalt Cobalt memiliki fungsi untuk membentuk pembuluh darah serta pembangun B.-gondok (goiter endemic) -Kretinisme pada anak-anak Sumber -garam beryodium.

tetapi bervariasi sesuai kandungan tanah Kromium (Cr) Berperan sebagai kompleks kofaktor untuk insulin dank karena itu berperan pada penggunaan glukosa secara normal didalam tubuh. lembaga gandum. & keju (F) Flour berperan untuk pembentuk lapisan email gigi yang melindungi dari segala macam . hati. keju. Dalam plasma Zink terikat pada protein terutama pada albumun. roti dan sayuran hijau Selenium (Se) Merupakan unsur enzim glutation peroksidae yg terdapat pada sebagian besar jaringan tubuh. Sumber : Daging. tulang dan prostat. ragi (brawers yeash). roti dan kacang-kacangan Flour gangguan pada gigi. Ekskresinya terutama melalui feses sejumlah kurng lebih 2/3 dari asupan zink hanya sekitar 2% sieksresi malalui urine. hati. padi-padian. telur. susu. selada. Sumber : Kuning telur dan susu Zat Besi / Ferrum /Fe Berfungsi dalam pembentukan sel darah merah dan pemeliharaan kemampuan darah membawa oksigen. Sumber : Terdapat pada : daging. kacang-kacangan. unggas. kuku. keju. ikan. ragi. Sumber : Terdapat pada daging. rambut. Sumber : Tanaman. Kekurangan zat besi anemia adalah kondisi dimana kadar hemoglobin dari sel darah merah menurun mengakibatkan sel darah merah menjadi lebih kecil dan cacat sehingga tidak mampu membawa oksigen yang cukup. telur. spermatozoa.Zink didistribusi keseluruh tubuh dan kadar tertinggi didapatkan pada kororid mata.

diabsorbsi baik dan terdapat dalam tulang. . hati dan ginjal. Sumber : Makanan Nabati.Silikon (Si) Berperan didalam klasifikasi tulang dan metabolism glikosaminoglikan pada kartilago serta jaringan penyambung. Molibdenum (Mo) Merupakan konstituen penting dari banyak enzim.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful