PANDUAN PRAKTIKUM TEKNIK BUDIDAYA TANAMAN (MK.

Budidaya Tanaman Pangan Utama/LUHT 4344)

PENDAHULUAN Praktikum dalam mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman lapangan kepada Saudara tentang berbagai hal yang berkaitan dengan budidaya tanaman pangan (serealia), khususnya padi, jagung, sorgum, dan gandum yang tidak dapat Saudara peroleh jika Saudara hanya belajar teori melalui Buku Materi Pokok (BMP) saja. Melalui praktikum Saudara diharapkan memperolah gambaran nyata tentang teknik budidaya tamanan padi, jagung, sorgum, atau gandum terutama tahapan-tahapan kegiatan penanaman dan pemberantasan hama, penyakit, serta gulma. Selanjutnya, Saudara dapat membandingkan hasil pengamatan Saudara tersebut dengan konsep dan teori yang terdapat dalam BMP. Silakan dicermati, kesesuaian dan ketidaksesuaian diantara keduanya. Terdapat 2 (dua) unit praktikum yang harus Saudara lakukan, yaitu: Unit 1. Teknik penanaman tanaman padi, jagung, sorgum, atau gandum (pilih salah satu) Unit 2. Pemberantasan hama, penyakit, dan gulma pada tanaman padi, jagung, sorgum, atau gandum (pilih salah satu)

POKOK BAHASAN

:

TEKNIK BUDIDAYA PADA TANAMAN PADI, JAGUNG, SORGUM, DAN GANDUM

KOMPETENSI KHUSUS : Setelah menyelesaikan praktikum, Saudara diharapkan mampu menerapkan: 1. Teknik penanaman padi, jagung, sorgum, atau gandum (pilih salah satu) di lapangan. 2. Teknik pemberantasan hama, penyakit, serta gulma pada tanaman padi, jagung, sorgum, atau gandum (pilih salah satu) di lapangan .

PROSEDUR PRAKTIKUM PERSIAPAN • • Lapor kepada UPBJJ setempat, bahwa Saudara akan melaksanakan praktikum serta minta surat pengantar praktikum dari UPBJJ-UT setempat. Pilih salah satu komoditas (padi, jagung, sorgum, atau gandum) sesuai spesifikasi daerah atau ketertarikan Saudara pada komoditas tersebut. Pemilihan komoditas juga harus mempertimbangkan kemungkinan dan kemudahan dalam melakukan praktikum.

tanya jawab langsung serta mengisi checklist. sorgum. yang mengusahakan salah satu komoditas tersebut. tunjukan hasil pengamatan Saudara kepada Dinas Pertanian/penyuluh. dan gulma pada komoditas yang Saudara pilih. Kegiatan budidaya yang sedang dilakukan selanjutnya difoto. jagung. Pada saat semuanya sudah selesai. dan ucapkan terima kasih karena telah memberi kesempatan kepada Saudara untuk berpraktikum ditempatnya. berisi uraian tentang:  Ruang Lingkup Materi Yang Dipraktikumkan. dan ikut praktek langsung (bila memungkinkan) terhadap kegiatan teknik penanaman/ pemberantasan hama.  Tujuan Praktikum. ataupun Dinas Pertanian tentang budidaya padi. Siapkan jadwal kunjungan dan gunakan daftar checklis untuk pengamatan dan checklist untuk wawancara (lampiran 1 dan 2) terkait hal-hal yang akan Saudara pelajari. Ucapkan terima kasih pada kelompok tani ataupun petani yang telah bersedia membantu berjalannya praktikum. ataupun gandum. dimana foto tersebut juga menyertakan AndaSaudara yang sedang melakukan kegiatan tersebut sebagai bukti bahwa Saudara benar-banar terjun langsung dalam praktikum tersebut. penyakit. sesuai yang direkomendasikan oleh Dinas Pertanian/penyuluh setempat Sepakati jadwal praktikum dengan kelompok tani atau petani komoditas yang dipilih. . dan Saudara merasa masih ada data yang perlu dikonfirmasi kepada petani. Lakukan pengamatan.• • • • Hubungi Dinas Pertanian/penyuluh setempat untuk meminta ijin praktikum dan arahan tentang kelompok tani yang akan dituju. • • Judul Praktikum : (tuliskan judul praktikum sesuai unit yang dilakukan) Pendahuluan. Apabila proses praktikum sudah selesai. • • • • PELAPORAN Buat laporan praktikum dengan format sebagai berikut. Cari kelompok tani atau petani. mintalah waktu kepada yang bersangkutan untuk wawancara singkat. PELAKSANAAN • • Datang ke kelompok tani atau petani sesuai jadwal yang disepakati.  Manfaat Praktikum Bagi AndaSaudara Ketika Kelak Menjadi Penyuluh Pertanian.

.... uraikan secara lengkap dan runtut langkah-langkah praktikum yang Saudara lakukan........ alat mencakup...... berisi uraian tentang:  Sarana/Alat/Instrumen....  Langkah-Langkah Praktikum. tuliskan buku referensi lain yang Saudara gunakan (jika ada) dalam membuat laporan praktikum ini..... LAPORAN PRAKTIKUM • • • diketik pada kertas A4 dengan spasi 1.. sementara instrumen adalah. lalu bahas temuan tersebut mengacu pada teori dan konsep materi yang terdapat dalam BMP.. pada daftar checklist  Pembahasan: Paparkan hasil pengamatan Saudara terhadap jalannya praktikum... Kesimpulan yang baik akan menjawab tujuan praktikum  Referensi/Daftar Pustaka : Selain BMP........ 10 halaman di luar lampiran (hard dan softcopy) dibubuhi tandaSaudara tangan penanggungjawab lokasi praktikum/ ketua kelompok tani tempat praktikum dilaksanakan dikirim ke UPBJJ-UT setempat .... kemukakan temuan Saudara.  Hasil Pengamatan: catat semua hasil pengamatan pengamatan dan pertanyaan sebagaimana terlampir... uraikan sarana/alat/instrumen apa saja yang digunakan dalam praktikum. Lokasi Dan Waktu Pelaksanaan Praktikum • Pelaksanaan.. Tuliskan daftar pustaka ini secara konsisten.... Sarana meliputi.d..5 atau ditulis tangan pada kertas folio bergaris 5 s.......  Kesimpulan: Tuliskan kesimpulan praktikum secara jelas dan runtut...... termasuk pengamatan yang dilakukan dan pertanyaan yang diajukan. mengacu pada sistem penulisan pustaka tertentu.

Penanaman Jenis komoditas : padi/jagung/sorgum/gandum (pilih salah satu komoditas) No. ceritakan langkah-langkahnya Bila ada pembuatan bedengan. bila dipupuk. dosis. Bila ada kegiatan penyemaian. waktu. jika ada Foto bedengan yang dibuat. sedangkan bila AndaSaudara Foto perlakuan benih sebelum ditanam Foto perlakuan terhadap tanah sebelum ditanami Hasil pengamatan/wawancara Keterangan Foto jenis varietas yang ditanam 5. dan kerapatan sebar benih. dan ukurannya Bila Saudara memilih komoditas padi. jika ada 6. maka tentukan lebih dahulu termasuk padi sawah atau tadah hujan (gogo). 7. dan caranya. jarak tanam. 2. sebutkan jenis pupuk. apakah dibajak dan dipupuk lebih dahulu. Jenis pertanyaan Jenis varietas yang ditanam Asal usul benih (bersertifikat atau tidak) Perlakuan benih sebelum ditanam Perlakuan tanah sebelum ditanami . 3. Praktikum Unit 1. Foto petakan padi yang ditanam atau petakan komoditas lainnya. Foto kegiatan penyemaian. dilakukan berapa hari sebelum tanam.Lampiran 1. 1. Bila dibajak. selanjutnya ceritakan cara penanaman. serta langkah-langkah penanaman pada komoditas yang dipilih . 4. ceritakan cara pembuatannya.

sorgum. serta penanaman benih tiap lubang . andaSaudara bisa langsung menceritakan cara penanaman. atau gandum. jarak tanam.memilih komoditas jagung.

atau buah/biji) Ceritakan pula gejala dan akibat serangan penyakit. penyakit. batang. daun.Lampiran 2. . 3. atau terpadu. serta gulma pada tanaman padi/jagung/sorgum/gandum (pilih salah satu komoditas) No. daun. Sebutkan bagian yang terserang penyakit (akar. sebutkan jenis. 1. yang menyerang dengan komoditas yang diusahakan Sebutkan jenis penyakit yang menyerang komoditas yang diusahakan Sebutkan jenis gulma yang bersaing komoditas yang diusahakan Sebutkan bagian yang terserang hama (akar. Foto bagian tanaman yang terserang penyakit 6 Foto tanaman yang diamati yang bersaing dengan gulma Foto cara pengendalian hama 7. batang. atau buah/biji) Ceritakan pula gejala dan akibat serangan hama. 4. . dengan cara pengendalian non kimiawi. dan cara Hasil pengamatan/wawancara Keterangan Foto jenis hama apa saja yang menyerang komoditas yang diamati Foto jenis penyakit apa saja yang menyerang komoditas yang diamati Foto jenis gulma apa saja yang bersaing dengan komoditas yang diamati Foto bagian tanaman yang terserang hama 2. Jenis pertanyaan Sebutkan jenis hama. 5. waktu. Ceritakan kondisi tanaman yang bersaing dengan gulma Tulis secara rinci cara penanggulangan hama. Bila menggunakan pestisida. Praktikum Unit 2 : Pemberantasan hama. dosis. kimiawi. .

Bila menggunakan fungisida. Foto cara pengendalian gulma . dosis. dengan cara pengendalian non kimiawi.pemberiannya 8.. sebutkan jenis. Tulis secara rinci cara penanggulangan penyakit. dosis. kimiawi. sebutkan jenis. Bila menggunakan herbisida. waktu. dan cara pemberiannya Tulis secara rinci cara penanggulangan gulma dengan cara pengendalian non kimiawi. waktu. maupun scara kimiawi. atau terpadu. dan cara pemberiannya Foto cara pengendalian penyakit 9.