PERANGKAT PEMBELAJARAN IPs SD KELAS I SEMESTER 1 Kd 1.

3
Menceritakan Kasih Sayang Antar Anggota Keluarga

SD maju jalan

Oleh : RIRIN SUHARIYANTI NIM (101644312)

JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2012

SILABUS Nama sekolah Kelas / semester Alokasi waktu : SD MAJU JALAN : I/ I : 2 x 35 menit JenisPenilaian Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator KegiatanBelajar Waktu Teknik Bentuk Alat/ Bahan Media/ SumberBelajar Memahami 1. Guru mengucap salam dan absensi. papan tulis Media : Gambar kasih sayang antar anggota keluarga Sumber :  Buku siswa IPS Kelas I SD Semester 1  LKS  Kunci anggota keluarga Menyebutkan bentuk kasih sayang orang tua kepada anaknya Menyebutkan bentuk kasih sayang anak memberikan permainan tes konsentrasi. gambar guru jawab kepada orang tuanya  Menyebutkan bentuk kasih sayang anak kepada saudaranya dengan siswa terkait dengan . guru menampilkan gambar tentang seluruh Siswa tersebut. melakukan anggota mengamati kemudian tanya keluarga.3 Menceritakan kasih sayang identitas diri  antar dan keluarga. Apersepsi. penghapus. Guru dengan memotivasi siswa 2 x 35  Tulis  Tes menit  Kinerja  Non Tes Alat dan bahan : kapur tulis. Kegiatan awal(±5menit ) 1. 2. anggota serta sikap keluarga saling menghormati dalam kemajemuka n keluarga   Kognitif produk Menjelaskan sayang kasih antarra 1. 3.

Jawaban LKS  Lembar evaluasi  Kunci  Lembar evaluasi misalnya: “Apa yang kamu lihat dari gambar tersebut ?” “Ada siapa saja dalam gambar itu ?” “mengapa keluarga itu terlihat rukun dan bahagia ?” Lalu jawaban siswa bentuk kasih sayang yang gambar Psikomotorik  Mendemonstrasikan bagaimana merawat cara anggota ada dalam dihubungkan dengan pokok bahasan yaitu tentang kasih sayang keluarga antar anggota keluarga yang sedang sakit Afektif a. 2. meliputi : Jujur. Menyampaikan pembelajaran yang tujuan akan dicapai hari ini yaitu kasih sayang keluarga antar anggota karakter. tanggungjawab dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan. (±55menit) Kegiatan inti .Kognitif proses  Mengamati contoh apa yang dilihatnya. kan Mengembang perilaku 4.

Siswa memperhatikan untuk mengemukakan pendapat bertanya. b. menyebutkan kemudian alasan ayah bekerja dan betapa besar pengorbanan ibu pada saat mengandung 4. menghargai pendapat orang lain dan gambar ayah yang sedang bekerja dan ibu yang sedang mengandung.jujur dalam mengisi lembar dengan mencontek. Siswa kembali memperhatikan gambar yang ditunjukkan oleh guru. penilaian tidak berani 1. siswa menyebutkan bentuk – bentuk kasih sayang ayah dan ibu kepada anaknya . Mengembangkan keterampilan sosial. bertanya saat tanya jawab. Siswa gambar memperhatikan seluruh anggota keluarga yang tampak rukun dan bahagia 2. meliputi : Menjadi pendengar yang baik saat kegiatan pembelajaran. mengemukakan pendapat. Siswa menyebutkan alasan keluarga itu tampak rukun dan bahagia 3.

Masing-masing kelompok menerima gambar dari guru kemudian menuliskan bentuk – bentuk kasih sayang antar anggota keluarga sesuai dengan gambar 7. Guru melakukan evaluasi terhadap hasil kerja siswa dan tanggapan hasil .5. Salah satu siswa dari tiap kelompok diminta ke depan mewakili kelompoknya untuk mempresentasikan diskusinya. siswa tiap kelompok terdiri dari 5 anak 6. Memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk hasil menanggapi hasil presentasi secara bergantian. 9. 8. Guru menjadi membagi kelompok.

11. 12. Kegiatan penutup (±10menit) 1. Siswa lembar telah mengumpulkan evaluasi dikerjakan. Siswa diminta untuk mengerjakan lembar evaluasi secara individu. yang 3.presentasi membenarkan dengan cara atau menambahkan jawaban yang kurang tepat. Bersama seluruh siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari (Refleksi). . lembar Guru memberikan kepada evaluasi setiap siswa. 10.

Guru memberikan pesan- pesan dan motivasi belajar kepada siswa.2. 3. . Mengakhiri dengan mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan masing- kepercayaannya masing.

jujur dalam mengisi lembar penilaian dengan tidak mencontek. berani untuk mengemukakan pendapat dan bertanya. serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga II. Standar Kompetensi Memahami identitas diri dan keluarga. meliputi : .3 Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga III. Kompetensi dasar 1. Mengembangkan perilaku karakter. meliputi : Jujur. Indikator Kognitif produk       Menjelaskan kasih sayang antarra anggota keluarga Menyebutkan bentuk kasih sayang orang tua kepada anaknya Menyebutkan bentuk kasih sayang anak kepada orang tuanya Menyebutkan bentuk kasih sayang anak kepada saudaranya Kognitif proses Mengamati contoh bentuk kasih sayang yang ada dalam gambar Psikomotorik Mendemonstrasikan bagaimana cara merawat anggota keluarga yang sedang sakit Afektif c. d.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Kelas/Semester Mata Pelajaran Alokasi Waktu : SD Maju Jalan : I/I : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) : 2 x 35 menit I. tanggungjawab dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan. Mengembangkan keterampilan sosial.

mengemukakan pendapat. Mengembangkanperilakukarakter. siswa dapat menunjukkan karakter jujur. meliputi : Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa. siswa dapat Menjelaskan kasih sayang antarra anggota keluarga dengan tepat Melalui kegiatan mengamati gambar. meliputi : Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat padasiswa. siswa dapat mengamati bentuk-bentuk kasih sayang dalam keluarga dengan tepat Psikomotorik  Melalui bimbingan dari guru.Menjadi pendengar yang baik saat kegiatan pembelajaran.siswa dapat menyebutkan bentuk kasih sayang anak kepada orang tuanya dengan benar. siswa dapat menyebutkan Menyebutkan bentuk kasih sayang orang tua kepada anaknyadengan tepat Melalui pengamatan gambar dan penjelasan dari guru. b. siswa dapat menjelaskan contog kasih sayang anak kepada anggota keluarganya yang lain dengan tepat Kognitif proses  Melalui gambar yang disediakan guru. Tujuan Pembelajaran Kognitif produk     Melalui kegiatan mengamati gambar. mengemukakan pendapat. jujur dalam mengisi lembar penilaian dengan tidak mencontek. menghargai pendapat orang lain IV. Mengembangkanketerampilansosial. berani untuk mengemukakan pendapat dan bertanya. tanggungjawab dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan. siswa dapat mendemonstrasikan bagaimana merawat anggota keluarga yang sedang sakit Afektif a. bertanya saat tanya jawab. bertanya saat tanya jawab. siswa dapat menunjukkan karakter menjadi pendengar yang baik saat kegiatan pembelajaran. Melalui bimbingan dari guru. menghargai pendapat orang lain .

Materi Ajar kasih sayang Antar anggota keluarga harus menyayangi agar keluarga harmonis tidak pernah bertengkar kasih sayang perbuatan terpuji bagaimana caramu menyayangi keluargamu ayo ceritakan seperti materi berikut Ana. kenapa kamu bersedih? ana kamu anak baik mau merawat ibu itu contoh perbuatan kasih sayang seperti pelajaran hari ini yaitu kasih sayang ibuku sakit sudah tiga hari aku merawat dan menyuapi ibu .V.

kasih sayang orang tua bacalah dengan nyaring jika belum lancar ejalah dengan jelas berikut cerita ujang ini hari minggu ujang libur sekolah ujang berjalan jalan di taman ujang melihat anak kecil dia digendong ayahnya di samping ada ibunya ibu itu hamil perutnya besar sekali mereka satu keluarga mereka tampak bahagia mereka saling menyayangi ujang ingat pelajaran sekolah pak guru menjelaskan kasih sayang orang tua sangat besar orang tua mengasihi anaknya orang tua menyayangi anaknya ayah bekerja mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga ibu mengandung anak mengandung selama 9 bulan badannya mudah capek tidak bebas bergerak ibu menjaga kandungan hati hati setiap hari minum susu agar kandungannya sehat agar tubuh ibu kuat saat melahirkan ibu berjuang keras ibu menahan rasa sakit ibu bertaruh nyawa ibu menyusui anak dengan penuh keikhlasan ibu memberi asi asi adalah air susu ibu jasa ibu sangat besar .a.

kasih sayang anak bacalah dengan nyaring jika belum jelas ejalah dengan benar berikut cerita ana ibu ana sakit sakit sudah tiga hari ana sangat sedih ibu diperiksa dokter ibu harus banyak istirahat tidak boleh bekerja keras dengan penuh kasih sayang ana merawat ibunya ana menyuapi ibunya ana menggantikan ibunya mengerjakan pekerjaan rumah mengurusi rumah membersihkan rumah ana menyapu lantai ana mencuci piring ana mencuci baju tapi tidak semua dikerjakannya ada pekerjaan yang berat ana tidak bisa mengerjakannya pekerjaan itu dikerjakan ayahnya ana sayang ayahnya ayahnya pulang bekerja ana membuatkan teh manis ana memijit ayah ibu ana sangat gembira ayah ana juga gembira .kasih ibu kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa hanya memberi tak harap kembali bagai sang surya menyinari dunia kamu tentu disayangi orang tuamu sebutkan bukti kasih sayang ayah padamu sebutkan bukti kasih sayang ibu padamu b.

kasih sayang dengan saudara bacalah dengan nyaring jika belum lancar ejalah dengan jelas ian sedang bermain tiba tiba ian kaget ada 2 anak bertengkar anak itu tetangga ian sebenarnya mereka kakak adik ian mendekati anak itu kenapa kalian bertengkar tanya ian kami berebut mainan jawab seorang anak kalian jangan bertengkar kalian bisa bergantian memainkannya ingat kita harus saling menyayangi apalagi dengan saudara sendiri sesama saudara harus rukun tidak boleh bertengkar bertengkar itu tidak baik ayah ibu akan sedih nasihat ian anak itu mendengarkan ian mereka mengerti nasihat ian mereka saling meminta maaf .ana jadi anak berbakti ana menyayangi orang tua ana mengasihi orang tua c.

kasih sayang dengan kerabat ian selesai bermain ian pulang ke rumah rumah ian ramai ternyata pamannya datang paman tinggal di desa tidak serumah dengan ian ian tetap menyayangi pamannya paman juga sayang ian paman sering ke rumah setiap 2 bulan sekali paman selalu bawa oleh oleh ada buah ada sayuran ada mainan paman sayang ian selalu memerhatikan ian selalu menanyakan sekolah ian jika nilainya jelek paman menasihati ian jika nilainya bagus paman memuji ian .mereka saling memaafkan akhirnya mereka rukun kembali mereka bermain bersama lagi d.

Guru memotivasi siswa dengan memberikan permainan tes konsentrasi. Tanya Jawab. Siswa mengamati gambar tersebut. Kegiatan awal(±5menit ) 5. Diskusi dengan kelompok Demonstrasi. 6. Apersepsi. Kegiatan Pembelajaran 1. kemudian guru melakukan tanya jawab . Guru mengucap salam dan absensi. Pengamatan. 7.paman memberi hadiah ada buku tulis ada buku gambar juga ada pensil ian senang sekali ian sayang paman pamannya dibuatkan minuman paman ditatakan tempat tidur agar paman beristirahat jika sore ian mengajak paman jalan jalan melihat lihat pemandangan sambil bercerita VI. Penugasan VII. Model/ Metode Pembelajaran    Pendekatan Cooperative Learning Ceramah untuk menyampaikan informasi. guru menampilkan gambar tentang seluruh anggota keluarga.

Siswa mengumpulkan lembar evaluasi yang telah dikerjakan. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai hari ini yaitu kasih sayang antar anggota keluarga 2. 24. Guru membagi siswa menjadi kelompok. 23. Siswa kembali memperhatikan gambar yang ditunjukkan oleh guru. Siswa diminta untuk mengerjakan lembar evaluasi secara individu. Kegiatan penutup (±10menit) 4. misalnya: “Apa yang kamu lihat dari gambar tersebut ?” “Ada siapa saja dalam gambar itu ?” “mengapa keluarga itu terlihat rukun dan bahagia ?” Lalu jawaban siswa dihubungkan dengan pokok bahasan yaitu tentang kasih sayang antar anggota keluarga 8. Guru melakukan evaluasi terhadap hasil kerja siswa dan tanggapan hasil presentasi dengan cara membenarkan atau menambahkan jawaban yang kurang tepat. 22. Masing-masing kelompok menerima gambar dari guru kemudian menuliskan bentuk – bentuk kasih sayang antar anggota keluarga sesuai dengan gambar 19.dengan siswa terkait dengan apa yang dilihatnya. Siswa memperhatikan gambar ayah yang sedang bekerja dan ibu yang sedang mengandung. tiap kelompok terdiri dari 5 anak 18. Guru memberikan lembar evaluasi kepada setiap siswa. 3. 21. Memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi hasil presentasi secara bergantian. kemudian menyebutkan alasan ayah bekerja dan betapa besar pengorbanan ibu pada saat mengandung 16. Kegiatan inti (±55menit) 13. Salah satu siswa dari tiap kelompok diminta ke depan mewakili kelompoknya untuk mempresentasikan hasil diskusinya. siswa menyebutkan bentuk – bentuk kasih sayang ayah dan ibu kepada anaknya 17. Siswa memperhatikan gambar seluruh anggota keluarga yang tampak rukun dan bahagia 14. Bersama seluruh siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah . 20. Siswa menyebutkan alasan keluarga itu tampak rukun dan bahagia 15.

Guru memberikan pesan-pesan dan motivasi belajar kepada siswa. VIII. Mengakhiri dengan mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. Penilaian Tes b.dipelajari (Refleksi). Penilaian Non Test : Lembar Evaluasi : Penilaian proses . Lembar Evaluasi IX. Alat Belajar Alat tulis. b. Gambar kasih sayang antar anggota keluarga b. 5. LKS. 6. Sumber Belajar a. Alat dan Sumber Belajar a. Penilaian a. Buku paket Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 1 SD dan MI terbitan BSE :  Inoki Wasis jatmiko dan Mariono San Dwi. Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen pendidikan Nasional. Bangga Menjadi Insan Berwawasan Lingkungan 1. 2008.

... 5......................................... 6...........................LEMBAR KERJA SISWA Bentuk – Bentuk Kasih sayang Antar Anggota Keluarga Nama Kelompok : Nama Anggota : 1.................. Tujuan Pembelajaran :  Melalui kegiatan mengamati gambar. siswa dapat menyebutkan bentuk – bentuk kasih sayang antar anggota keluarga dengan tepat Sumber : Buku paket Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 1SD dan MI ...................................... 3.................................... 4.................................. 2 ........

............................ .................... Kelas : ....Lembar EVALUASI Nama Siswa : ...........................

.

.

................................ Kelas : .................... ............KUNCI JAWABAN Lembar EVALUASI Nama Siswa : ...............

.

.... .Skor : Jumlah benar x 10 =.

Aspek yang Dinilai No NamaSiswa Kerja sama 1 2 3 Tanggung jawab Ketepatan Keaktifan Jumlah N.A .

A (NilaiAkhir) = JumlahBenar x 5 . jarang.FOrMAT PENILAIAN PROSEs Kelas : I Keterangan: Berikan nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 5 (maksimal) dan skor1 (minimal) Nilai 5 jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas atau sering Nilai 4 jika muncul namun tidak sering Nilai 3 jika muncul tetapi beberapa kali. atau kadang – kadang saja Nilai 2 jika muncul namun sedikit sekali Nilai 1 jika indicator tidak pernah muncul N.

... Jumlah benar x 10 =..FORMAT PENILAIAN EVALUASI Kelas : I SD Maju Jalan SOAL No NamaSiswa BENAR 1 2 3 A SALAH NILAI AKHIR Skor : A. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful