PROPOSAL

WORKSHOP PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ICT
ICT-BASED LEARNING MEDIA DESIGN TEAM SMP AN-NISAA

TAHUN 2010

maka akan mencapai 80 %. maka kami menawarkan kepada temanteman untuk mengkoordinir kegiatan workshop tersebut. memberi rangsangan yang sama. pesan audio 10 %. (misalnya melalui MGMP atau PKG lintas bidang studi) ICT-BASED LEARNING MEDIA DESIGN TEAM 2 . 2. Penelitian tersebut antara lain yang dilanjukan oleh Francis M. Dwyer. visual 30 % dan apabila ditambanh dengan melakukan. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran menunjang efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. 5. menarik. Latar Belakang Pengaruh perkembangan teknologi informasi (TI) yang sangat cepat dewasa ini menuntut para pendidik untuk memanfaatkan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar dan terampil mengakses ilmu pengetahuan yang terkait yang lebih luas (global). Sebagaimana kita ketahui bahwa multimedia pembelajaran merupakan media pembelajaran yang mempunyai kekuatan dalam mentransfer informasi karena pembelajaran berlangsung dengan tidak hanya dengan membaca. mengatasi keterbatasan ruang.A. Begitu juga para pendidik dituntut untuk mengembangkan keterampilan membuat media pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan lebih efektif. 4. menimbulkan gairah belajar. auditori & kinestetiknya. Berdasarkan hasil penelitian ini maka multimedia interaktif dapat dikatakan sebagai media yang mempunyai potensi yang sangat besar dalam membantu proses pembelajaran. memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual. interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar. akan tetapi juga dengan melihat penjelasan yang berupa animasi. Secara umum media mempunyai kegunaan: 1. 3. memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis. Dalam rangka ingin mengembangkan keterampilan rekan guru dalam pembuatan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. membangkitkan motivasi dan memancing kreatifitas peserta didik. waktu tenaga dan daya indra. Hasil penelitian ini antara lain menyebutkan bahwa setelah lebih dari tiga hari pada umumnya manusia dapat mengingat pesan yang disampaikan melalui tulisan sebesar 10 %. mempersamakan pengalaman & menimbulkan persepsi yang sama. mendengar.

Waktu dan tempat pelaksanaan  Sesuai kesepakatan * diharapkan pelaksanaan pada hari Sabtu dan Minggu (diluar hari belajar efektif sekolah). Powerpoint : • Membuat Master Layout • Membuat Presentasi Belajar Interaktif • Menyisipkan Movie. Bentuk dan Tema Kegiatan Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk “Workshop Sehari” dengan tema “Pengembangan Model Pembelajaran berbasis ICT. Tujuan 1. (internet online diperlukan) 2) 3) 4) E. animasi teks dan efek transisi antar video • Menambahkan backsound pada video • Membuat video sederhana dalam format VCD atau DVD • Merubah format media ajar berbasis Powerpoint (ppt) menjadi Audio Visual agar dapat ditampilkan melalui DVD player dan TV set. download dan upload materi KBM. Paket pelatihan 1) PAKET 1: „Pengenalan dan optimalisasi penggunaan Ms. dan gambar. • Memotong beberapa bagian dari film dari VCD yang diinginkan. video.B. • Menggabungkan kembali bagian dari film yang telah dipotong. D. PAKET 3: Membuat soal interaktif bebentuk PG. ICT-BASED LEARNING MEDIA DESIGN TEAM 3 . • Menambahkan title. 2. 3. (internet online diperlukan) PAKET 4: Pembuatan dan optimalisasi Blog. teka-teki silang atau menjodohkan dan dapat dipublikasikan melalui internet. Mengembangkan kompetensi guru dalam mendesain media pembelajaran berbasis ICT Menambah wawasan guru-guru dalam memanfaatkan teknologi informasi (TI) Mengembangkan keterampilan guru-guru dalam membuat media pembelajaran berbasis ICT C. Flash dan Sound/Music • Membuat Animasi dengan Custom Animation • Membuat Slide Student Activity • Membuat Slide Quiz / soal-soal interaktif • Setup Show dan Package to CD PAKET 2: Video editing.

G. Atas perhatian nya kami ucapkan terima kasih. S. (min.id Blog : http://hermiyanto. SS Director Contact person: Iin Hermiyanto.. 20 peserta) (Tiap peserta akan mendapatkan CD tutorial (berisi software yang dibutuhkan dan bahan praktek) dan sertifikat pelatihan.multiply.com/ School website: www. ICT-BASED LEARNING MEDIA DESIGN TEAM SMP AN-NISAA Budi Arfan.com ICT-BASED LEARNING MEDIA DESIGN TEAM 4 .sekolah-annisaa.000.co./ peserta.Pd (Public Relation Officer) Phone: 0815 101 44 779 Email: hermiyanto_i@yahoo. Biaya Biaya pelatihan untuk salah satu paket tersebut di atas adalah: Rp. 250. Penutup Demikian penawaran ini kami ajukan.F.

Menambahkan catatan b. Menyisipkan chart h. Mengenal Ms. Mencetak Slide a. Manjalankan presentasi secara otomatis 7. Membuat presentasi dari blank slide b. Membuat Presentasi a. Membuat presentasi menggunakan template 3. Menambah dengan slide b. Menyisipkan clip art d. PowerPoint 2007 a. Bekerja dengan theme c.powerpoint 2007 b. Mewarnai slide d. Bekerja dengan teks a. Office clipboard 6. mengganti dan mengubah teks b. Penyajian Presentasi a. Memasukkan narasi g. Navigasi presentasi c. Mengaktifkan dan menyembunyikan ribbon 2. Menyisipkan audio dan video f. Bekerja Dengan Slide a. Kategori ribbon e. Word art 4. Menyisipkan smart art g. Hyperlink dan action button e. Menyisipkan photo album e. Menyisipkan gambar c. Menjalankan presentasi b. Ribbon dan bagian-bagiannya d. Membuka dan menutup Ms. Menyisipkan object 5. Format dan efek teks c. Mengganti tampilan Ms. Slide layout b. Header dan footer i.Lampiran Materi: 1. Print preview ICT-BASED LEARNING MEDIA DESIGN TEAM 5 . Menyisipkan shapes f. Menambah.Powerpoint 2007 c. Koreksi otomatis d. Format Slide dan Presentasi a.

Efek animasi slide b. Pergantian slide d. Presentasi anak panah ICT-BASED LEARNING MEDIA DESIGN TEAM 6 . Membuat Presentasi Menjadi Menarik a. Pencetakkan d. Mencetak dengan word 2007 8. Penanganan File Presentasi a. Memberi password c. Presentasi ala OHP f. Distribusi file dengan CD 9. Efek transisi antar slide c. Presentasi bermenu e.c. Menyimpan file b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful