Pronas Pemantapan Mutu Eks Hematologi Pnpmeh

PROGRAM NASIONAL PEMANTAPAN MUTU EKSTERNAL HEMATOLOGI (PNPME-H

)
PENDAHULUAN
Peningkatan mutu hasil pemeriksaan laboratorium diupayakan dengan melaksanakan program-program : - pemantapan mutu internal (internal quality control) dan pemantapan mutu eksternal (external quality assessment) - pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tenaga-teknis laboratorium. Program Nasional Pemantapan Mutu Eksternal Hematologi (PNPME-H) adalah program pemantapan mutu eksternal yang diselenggarakan oleh Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik, Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

PRINSIP DASAR
Prinsip dasar PNPME-H adalah sebagai berikut : 1. Kepada laboratorium peserta dikirimkan bahan kontrol. Laboratorium peserta melakukan pemeriksaan bahan kontrol tersebut dengan kondisi rutin, serta menggunakan prosedur dan metode yang sama sebagaimana dilakukan pada pemeriksaan sehari-hari untuk parameter yang diminta. 2. Hasil pemeriksaan laboratorium peserta dikirimkan kepada penyelenggara dengan menggunakan formulir khusus pada waktu yang ditetapkan. 3. Evaluasi hasil pemeriksaan laboratorium peserta dilakukan dengan membandingkannya terhadap nilai target peserta (nilai rata-rata seluruh peserta secara kolektif dalam kelompok metode pemeriksaan yang sama). 4. Sebagai umpan balik, peserta akan menerima hasil evaluasi berupa print out komputer yang berisikan informasi tentang : - nilai target - hasil pemeriksaan peserta dibandingkan terhadap nilai target peserta.

PESERTA
Semua laboratorium kesehatan pemerintah dan swasta diwajibkan mengikuti program ini.

SASARAN
D. Untuk mendapatkan mutu hasil pemeriksaan laboratorium yang baik, khususnya dalam bidang hematologi. E. Agar terjadi harmonisasi hasil pemeriksaan laboratorium di seluruh Indonesia,

H dilakukan dengan melengkapi persyaratan serta mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan kepada Sekretariat Pelaksana dengan alamat : Pengurus Pusat ILKI Jl. PROSEDUR PELAKSANAAN 1. Sahardjo No. 021. Penyelenggara akan mengirim kepada setiap peserta 2 macam botol bahan kontrol dalam bentuk darah beserta petunjuk pelaksanaan PNPME-H. 830 . Jl. Dit.8º C). kode alat yang digunakan dan kode pemeriksa. Dr. 835 – 2903 Fax. nomor kode peserta. 2. Bina Pelayanan Patologi dan Toksikologi Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik Ditjen Bina Pelayanan Medik. beserta kode metode pemeriksaan untuk tiap parameter.3527 Setiap laboratorium peserta diberi nomor kode oleh Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik. untuk : . Departemen Kesehatan R. Penggunaan nomor kode ini adalah untuk menjamin kerahasiaan hasil evaluasi setiap laboratorium peserta. Peserta harus menyimpan bahan kontrol dalam lemari es (2º . HR Rasuna Said Blok X 5 Kav. Jl. Pelaksanaan PNPME-H tahun 2009 diselenggarakan 1 siklus dalam 1 tahun. Alamat penyelenggara : Sub. yaitu pada tanggal 30 November 2009. 42 C-D. Hasil pemeriksaan Hasil pemeriksaan laboratorium peserta ditulis dalam kolom lembar hasil yang tersedia. 4-9 Lt. Lembar pertama hasil yang telah diisi. dan 1 kali pemeriksaan. Manggarai Jakarta 12970 Telp.bahan kontrol 1 (label warna Merah) . V/C Ruang 517Jakarta 12950 .I. Parameter Kadar Hemoglobin Hitung Lekosit Hitung Eritrosit Nilai Hematokrit Hitung Trombosit 4. lembar jawaban rangkap 2 dan amplop hasil. 021.khususnya dalam bidang hematologi. Pemeriksaan dillakukan pada hari yang telah ditetapkan penyelenggara. dikirim kepada penyelenggara dan lembar kedua untuk arsip peserta.bahan kontrol 2 (label warna Hijau) 3. Pendaftaran Pendaftaran peserta PNPME .

00 1.H PENYELENGGARA LABORATORIUM PESERTA PENGIRIMAN BAHAN KONTROL DAN LEMBAR HASIL PEMERIKSAAN BAHAN KONTROL .id 5. Cara penilaian Penilaian peserta dilakukan dengan membandingkan hasil pemeriksaan peserta terhadap nilai target berupa nilai rata-rata peserta. Penilaian diberikan dalam bentuk Index Deviasi (ID). ID terhadap nilai target peserta (IDp).01 – 3. Standard Deviasi peserta Evaluasi Hasil evaluasi berupa print out dikirim kepada masing – masing peserta. Apabila ada nilai yang menyimpang dari nilai target. hitung eritrosit = 4 %. yaitu ID yang dalam perhitungannya menggunakan nilai target peserta dan SD peserta. hitung lekosit = 10%. nilai hematokrit = 4 % dan hitung trombosit = 20% Xp . CV untuk kadar Hb = 3%.co. SDp = Penilaian : Indeks Deviasi 0 – 1. Email : patologi_toksikologi@yahoo.00 Kriteria Baik Cukup Kurang Buruk Indeks Deviasi terhadap nilai target peserta Hasil pemeriksaan peserta Nilai rata-rata peserta. X p = 3. SKEMA PELAKSANAAN PNPME .Telp. maka perlu dilakukan usaha untuk memperbaikinya.Tp IDp = _________ SD p Keterangan : 1. ID diperoleh dari selisih hasil pemeriksaan peserta terhadap nilai target dalam satuan Standard Deviation (SD). Dari hasil evaluasi tersebut peserta dapat menilai hasil pemeriksaannya dengan membandingkan terhadap nilai target.00 2. ID p = 2. SD peserta (SDp) adalah perkalian nilai target peserta dengan Koefisien Variasi (CV).01 – 2. (021) 5221706.00 > 3. T p = 4.

P E N E N T U A N N I L A I T A R G E T PENGUMPULAN HASIL PEMERIKSAAN PESERTA PENGIRIMAN LEMBAR HASIL PEMERIKSAAN EVALUASI HASIL PEMERIKSAAN DENGAN KOMPUTER PENGIRIMAN HASIL EVALUASI MEMPERBAIKI KEMUNGKINAN KESALAHAN YANG ADA DEPARTEMEN KESEHATAN RI DIREKTORAT JENDERAL BINA PELAYANAN MEDIK DIREKTORAT BINA PELAYANAN PENUNJANG MEDIK 2008 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful