P. 1
Tutorial masking Photoshop

Tutorial masking Photoshop

|Views: 344|Likes:
Published by Rafnov Henda

More info:

Published by: Rafnov Henda on May 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2012

pdf

text

original

tutorial Photoshop - Cara Menggabungkan Dua Foto Menjadi satu

Aziscs1 , Posted in Photoshop , Tutorial , 0 Comments www.aziscs1.com - Sekarang saya bagikan kepada Sobat aziscs1 tutorialmengenai cara menggabungkan 2 buah foto dengan teknik masking dan gradient Tutorial gw bikin sedemikian rupa supaya dapat dimengerti bagi pemula Tutorial menggunakan Photoshop CS2 dgn OS Windows Semoga bermanfaat. File yang digunakan terdiri dari 2 buah file foto yaitu kota.jpgdan laut.jpg (1600×1200 pixel). File: kota.jpg

File : laut.jpg

Baerikut

langkah

langkah

dalam

menggabungkan

dua

foto

menjadi

satu :

Buka file laut.jpg dan file kota.jpg. Kedua file hanya memiliki 1 layer yaitu layer Background (lihat gambar).

Aktifkan file kota.jpg pada layer kerja dengan cara meng-klik layar kerja filekota.jpg atau klik menu Window dan klik pada nama file kota.jpg (lihat gambar berikut) :

Arahkan dan klik kanan mouse pada Layer Backround dan klik Duplicate Layer.

Akan muncul pop up window seperti berikut. Di bawah menu Destination, pilih Document : laut.jpg. Otomatis Layer pada file kota.jpg akan ter-copy ke file laut.jpg.

Sekarang pada file atau layar kerja laut.jpg terdapat 2 buah layer, yaitu layer Background dan layer Background copy.

Ganti nama layer untuk memudahkan. Klik ganda pada layer Background, akan muncul pop up window New Layer. Ganti nama layer (Name) dengan laut dan klik OK.

Klik ganda pada Layer Background copy, dan ganti nama layer menjadi kota.

Sekarang kita memiliki 2 buah layer dengan nama laut dan kota. Klik pada layer kota untuk memastikan layer kota dalam keadaan aktif.

Klik thumbnail Add Layer Mask dibagian bawah window Layer untuk menambahkan Layer Mask pada layer kota.

Sekarang pada layer kota terdapat thumbnail layer mask.

Pada Toolbar Menu, pilih Move Tool. Kemudian geser layer kota ke bawah. Caranya klik pada layar kerja dan drag(geser) ke arah bawah (layer kota harus dalam keadaan aktif).

Hasilnya seperti gbr berikut :

Pada Toolbar Menu, pilih Gradient Tool.

Pada Tool Gradient di sebelah kiri atas, pilih Linear Gradient, kemudian pilih jenis Gradient Foreground to Transparent (Lihat gambar berikut)

Sambil menekan tombol Shift, klik dan drag pada layar kerja untuk memberikan efek gradient. (lihat gambar berikut)

Untuk membuat penggabungan gambar menjadi lebih nyata anda dapat menggunakan tool Brush dan Eraser dengan Opacity dan Flow sebesar 40%. Selanjutnya menyeragamkan tone kedua gambar dan untuk menambahkan suasana dramatis dengan menggunakan Photo Filter. Klik ikon Create new fill or adjustment layer di bagian bawah window layer dan pilih Hue/Saturation

Pada pop up window Hue/Saturation, geser Saturation menjadi +50 (atau sesuai selera)

Klik OK. Klik kembali ikon Create new fill or adjustment layer dan pilih Photo Filter.

Kemudian pada pop up window Photo Filter, pilih Deep Emerald (atau sesuai selera).

Ulangi sekali lagi dan pilih Filter Sephia. Tekan Shift+Ctrl+N untuk membuat layer baru. Klik OK. Pada window Swatch pilih warna Darker Blue

Pilih menu Edit –> Fill (atau tekan Shift+F5) kemudian pilih Use : Foreground Color. Klik OK. Pada layer yang baru dibuat akan terisi warna Darker Blue.

Rubah blending mode Layer darker blue tadi ke Overlay mode.

Akan menghasilkan gambar sbb:

Kurangi opacity menjadi 30%.

Hasilnya akan menjadi seperti ini :

Tambahkan layer baru lagi (Shift+Ctrl+N) Pilih Rectangular Marquee Tool

Buat bidang seleksi spt gbr berikut :

Klik menu Select->Inverse (atau tekan Shift+Ctrl+I)

Klik menu Edit -> Fill , pilih Foreground Colour dan OK. Hasilnya sbb :

Kemudian pilih menu Filter->Blur->Gaussian Blur.

Isi Radius 100 pixel dan klik OK. Rubah Blending mode menjadi Multiply mode. Kemudian klik kanan pada layer tersebut, Klik Duplicate Layer dan OK. Kemudian rubah blending mode layer hasil duplicate ke Color Burn mode. Hasil Akhir :

Contoh foto lain hasil dari Teknik penggabungan foto seperti terlihat pada gambar di bawah.

Menggabungkan 2 foto yang terpisah
DIPOSKAN OLEH MURYAN AWALUDIN ON 11:34:00

Setiap orang terkadang menginginkan untuk bisa selalu dekat dengan yang di sayanginya tetapi tidak bisa, paling tidak bisa foto bersama untuk kenangan bagi setiap orang , akan tetapi anda tidak usah kecewa, karena walau kita tidak bisa foto bersama tetapi kita bisa menggabungkan foto kita dengan yang disayangi atau dicintai ataupun disukai…….mau coba!!!!!! Dengan program photoshop pun kita bisa mengolah dan meng otak-atik agar bisa seperti foto bersama.

1. Kita masukan foto kita dan pasangan yang kita sayangi kedalam computer kita dengan cara kita scan ataupun melalui media hand phone dll. Kalau sudah kita buka program photoshop dan File-->New file atau dengan menekan Ctrl+N untuk membuka area kerja kita dan akan muncul jendela New File kemudian kita atur seperti gambar dibawah ini : 2. kemudian kita buka foto dengan cara File-->Open atau dengan menekan Ctrl+O untuk mengambil foto yang akan kita gabungkan menjadi satu. Misalnya seperti gambar dibawah ini : 3. Langkah berikutnya kita akan seleksi foto 1 dan foto 2 untuk dipotong dan dimasukan kedalam area kerja kita. 4. Kemudian kita seleksi atau kita potong dengan menggunakan Polygonal lasso Tool ( ) dengan memainkan atau men-klik pada mouse untuk setiap potongan. Jika sudah melakukan seleksi pada gambar maka akan muncul garis seleksi kemudian kita Ctrl+C untuk meng-Copy dan Ctrl+V untuk menduplikatnya maka akan muncul layer 1 pada gambar, begitu juga dengan foto 2 lakukan sama seperti pada pemotongan pada foto 1. 5. Kalau kedua foto sudah kita seleksi atau sudah kita potong dengan menggunakan Polygonal Lasso Tool ,kemudian kita drag ke area kerja kita untuk langkah penggabungan 2 foto, apabila ketika foto kita drag terlalu besar atau kecil kita bisa atur menggunakan Transform ( Ctrl+T ) untuk meng-Edit fotonya. Kita drag kedua foto dengan menggunakan move Tool . 6. Kita atur kedua foto sehingga menjadi seperti foto bersama dengan menggunakan Move tool .

7. Menambahkan Background pada foto dengan cara pada jendela layer pilih layer background kemudian kita pilih Gradient Tool dan kita drag kedalam area kerja .Selanjutnya kita bisa kreasikan background sendiri menurut selera anda…. Downloads

Kelebihan adobe photoshop untuk image processing salah satunya adalah mempunyai “layer”. Layer ibarat lembar transparan yang bisa ditumpuk.Lembar transparan tadi bisa dibolak-balik urutannya sesuai yang kita inginkan. Layer bisa diisi dengan gambar maupun text dan bisa kita beri nama sesuai gambar/text yang ada sehingga memudahkan kita dalam pengeditan gambar. Untuk menggabungkan 2 gambar atau lebih kita menggunakan fasilitas layer yang ada pada adobe photoshop.

Menggabungkan 2 Gambar Menjadi Kombinasi Gambar Baru
Open Image, sebagai sampel kita ambil artis yang lagi naik daun, sandra dewi yang juga diisukan bugil, tapi ternyata hasil rekayasa dengan adobe photoshop

Copy Layer gambar sandra dewi, ada 2 cara untuk meng-copy layer. 1. 2. Pada menu Layer, klik Layer “Background”, Klik kanan – Klik Duplicate Layer. Drag/Tarik Layer “Baground” ke Icon “Create New Layer”

Ganti Nama layer dengan Dobel klik pada Nama Layer kemudian ganti nama layer dengan Sandra 1 & Sandra 2 seperti pada gambar di atas Langkah selanjutnya, Pastikan Layer yang Terpilih pada Layer Sandra 1

Edit – Free Transform (Ctrl T) Edit – Transform – Flip Horisontal (Membalik Wajah Sandra Dewi) Klik Aply untuk konfirmasi selanjutnya Sehingga Tampilan Layer menjadi seperti di bawah ini :

Pastikan layer pada sandra 1, pada pilihan Opacity turunkan/geser ke kiri menjadi 50% sehingga tampilan 2 gambar menjadi seperti berikut :

Geser Layer Sandra 1, dengan menggunakan move tool Pastikan Tool yang aktif adalah Move Tool (V)

Dengan menggunakan Move tool geser layer Sandra 1 ke kiri dan Layer Sandra 2 ke kanan sehingga tampilan gambar sebagai berikut :

Langkah selanjutnya, Klik pada menu tab Channel, Pilih Layer Red Channel, seperti tampilan di bawah

Tampilan gambar Sandra sebagai berikut :

Langkah selanjutnya klik icon “Load Channel as Selection”, kemudian pada tab “Layers” klik icon “Add Layer Mask” seperti gambar berikut

Untuk tampilan gambar “Load Channel as Selection gambar sandra seperti berikut :

Kemudian klik tab Layer, kembalikan Opacity Layer Sandra menjadi 100%. Langkah kita selanjutnya adalalah membuang bagian gambar layer yang tidak diperlukan, sehingga gambar kelihatan menjadi satu kesatuan.

Langkah-langkahnya :
Pada Layer Sandra 1 terdapat 2 gambar, jika cursor mouse diarahkan diatas kedua gambar tersebut muncul tulisan “Layer Thumbnail” dan “Layer Mask Thumbnail”. Kita pastikan bahwa gambar Sandra 1 Layer Mask Thumbnail yang aktif.

Kemudian dengan menggunakan Brush Tool, sapukan Brush Tool di area gambar, sesuaikan sapuan mana gambar yang di buang dan mana gambar yang harus di tampilkan, untuk memakai dan membuang gambar, anda bisa switch Tool “Switch Foreground and Background Color (x)”, anda bisa coba-coba sendiri

jika salah anda tinggal undo, atau anda klik tab “Hystory”

Hasil akhirnya penggabungan dua gambar adalah sebagai berikut : Sandra Dewi sedang bercermin, anda bisa kembangkan lagi untuk hasil yang lain dengan menggunakan teknik seperti langkah-langkah diatas

selamat Mencoba

Dengan komputer seadanya yang Lemot dan koneksi internet yang lemot juga..saya bikin tutorial ini . Terus terang biasanya saya buat tutorial itu di kantor ( Luar jam kerja Tentunya ) dengan komputer yang cepetnya lumayan mantep.. makanya saya males bikin tutorial kalo dirumah.. abis lemot sih.. .. Loh kok malah curhat ? *!^$!^!^(

Tutorial ini by request yang diminta seorang temen (pengunjung web ilmuphotoshop.com ini juga). Gambar yang dikirim : Gambar Pertamax :

Gambar kedua :

hasilnya mau kayak gini :

Cara buat nya : buka kedua gambar yang masih mentah di atas .. Kita edit gambar pengantennya : Seleksi yang warna putih nya dengan Magic wand Tool kan ada seleksi yang masuk ke dalem tuh.. kita seleksi ulang dalem nya ( yang kena seleksi ) dengan direct selection tool. sambil menekan tombol ALT.. sekarang tampilannya seperti ini :

Klik Select > Feather untuk memperhalus seleksi.

lalu klik Select > inverse sehingga sekarang yang terseleksi adalah gambar orang nya. Kita drag (tarik sambil menekan mouse) gambar orang ke gambar bunga..

Nanti hasilnya gini :

Sekarang atur deh foto nya.. lalu klik kanan Blending OPTION layer 1 atau layer gambar orang , lalu setting seperti ini:

Sekarang Klik Eraser tool lalu Klik kanan di layar gambar maka keluar

Hardness nya yang gede yaa , sekitar 300 -600 an. Hapus bagian bawah dan samping layer 1

Hasilnya :

Selamat Mencobaa… Fiuuuhhh…

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->