Collaboration Diagram Studi Kasus : Pemesanan Kamar Hotel Diagram Collaboration juga merupakan diagram interaction.

Diagram membawa informasi yang sama dengan diagram Sequence, tetapi lebih memusatkan atau memfokuskan pada kegiatan obyek dari waktu pesan itu dikirimkan.

Kotak kegiatan obyek diberi label dengan nama kelas atau obyek (atau keduanya). Nama kelas dibatasi dengan colons /titik dua ( : ). Setiap pesan pada diagram Collaboration mempunyai angka yang terurut. Pesan yang tingkatannya tertinggi adalah angka 1. Pesan yang berada pada tingkat yang sama memiliki prefix yang sama, namun suffix berbeda bergantung pada posisinya; hanya untuk angka 1, 2, dan seterusnya. Sumber https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=0CDc QFjAB&url=http%3A%2F%2Ffenni.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F 11789%2FUnified%2BModeling%2BLanguage.pdf&ei=EQh_T_m0A8nlrAf8lszWBQ&u sg=AFQjCNHBnMnTvmEAtb8pgMVLduAoaCQbiA&sig2=KlQD3QpSiqCi8S25hj7_Iw Activity Diagram

dan petugas mengecek kartu tersebut dan mengecek buku yang ingin di pinjam oleh anggota tersebut jika anggota tersebut memenuhi syarat-syarat untuk meminjam buku maka anggota berhak menerima buku tersebut dan jika tidak memenuhi syarat-syaratnya maka anggota tidak menerima buku yang akan dipinjam. kemudian petugas mengecek validasi data dan cek buku maksudnya mengecek tanggal berakhirnya buku tersebut di kembalikan. jika melewati batas waktu yang ditentukan maka anggota tersebut harus membayar denda dan denda tersebut ditentikan oleh petugas. kemudoan kartu tersebut diserahkan kepasa petugas. Anggota menerima jumlah denda yang sudah ditentukan oleh petugas dan .Studi Kasus : Persewaan Buku Untuk diagram peminjaman anggota harus membawa kartu jika ia ingin meminjam buku. Pada table pengembalian buku anggota harus membawa kartu untuk diserahkan kepada petugas.

Jika anggota tersebut tidak terlambat mengembalikan buku maka anggota tersebut tidak dikenai denda. Sumber http://saiiamilla. Packages dibuat untuk :  Menggambarkan high level overview kebutuhan system  Menggambarkan high level overview design  Memecah sebuah diagram yang mempunyai banyak bubbles . dapat dilakukan pengelompokan kelas-kelas berupa packag e (paketpaket).wordpress.jumlahnya tergantung validasi data yang diterima petugas. Package adalah kumpulan elemenelemen logika UML.com/2010/04/19/contoh-activity-diagram/ Object Diagram Studi Kasus : Sistem Informasi Universitas Untuk mengatur pengorganisasian diagram Class yang kompleks .

id/ .web.ac. Mengorganisasikan source code programming Sumber http://riah-ukurginting.ugm.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful