Tugas Sejarah

Dampak Positif dan Negatif dari Globalisasi

1. 2. 3. 4. 5.

Annisa Destriana P. Jasmine Rembulan Ni Made Adinda M. R. Bagus Triaji Veni Destiany U. XII IPA 5

Dampak Positif Globalisasi  Bidang Ekonomi 1. produksi dalam berbagai bidang akan beragam diakibatkan munculnya inovasi yang baru. 2. Tersedianyaberbagaimacamkebutuhanhidup Dengan kemajuan diberbagai bidang kehidupan akibat globalisasi. Tingkat kehidupan yang lebih baik Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. .

Semakin meningkatnya kegiatan pariwisata. 4. Semakin mudah mengakses modal investasi dari luar negeri Apabila investasinya bersifat langsung. akan dapat membuka lapangan kerja di bidang pariwisata sekaligus menjadi ajang promosi produk Indonesia.3. Hal ini bisa mengatasi kelangkaan modal di Indonesia. misalnya dengan pendirian pabrik di Indonesia maka akan membuka lapangan kerja. Dengan meningkatnya kegiatan pariwisata. Terbukanya pasar internasional Dengan munculnya globalisasi akan membuka batas-batas dunia sehingga tiap Negara akan mengadakan kerjasama sehingga terciptalah suatu pasar internasional. 5. .

Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan Dengan adanya globalisasi. seakan-akan tidak ada lagi pembatasan negara. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi . Bidang Sosial dan Budaya 1. 3. Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semula irasional menjadi rasional. 2. karena masyarakat dapat dengan bebas mengakses informasi dengan menggunakan internet. Perubahan Tata Nilai dan Sikap.

.Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju. Wawasan masyarakat yang lebih luas Dengan mudah mengakses suatu informasi. maka wawasan masyarakat akan lebih luas dan berbobot. Terjalin hubungan antara Negara Globalisasi akan menjalinkan huunan antar Negara.  Bidang Politik 1. Sehingga Negara-negara tersebut akan bekerja sama untuk membangun kerjasama internasional. 4.

2. Rakyat semakin berpikir secara demokrasi Dengan adanya system informasi yang luas. rakyat akan semakin berpikir maju dan kritis terhadap system pemerintahannya. 2.  Bidang Hankam 1. Inovasi baru tentang system pertahanan suatu Negara Informasi yang luas akan memungkinkan dari setiap Negara untuk mempelajari system pertahanan dari egara lain. Terciptanya keamanan dan kedamaian internasional . Misalnya Amerika yang sudah memiliki peralatan-peralatan pertahanan yang canggih dapat dijadika contoh Indonesia untuk ikut menerapkannya.

Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial. maka tiap Negara akan menjaga kedaulatan dari antar Negara sehingga tercipta kedamaian dan keamanan internasional. Kesenjangan Sosial Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. Dampak Negatif Globalisasi  Bidang Ekonomi 1.Karena adanya hubungan bilateral/multilateral antar Negara. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada. Perilakukonsumtif Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. . 2.

produk-produk dalam negeri seolah terasingkan dan tak banyak diminati.  Bidang Sosial dan Budaya 1. 4. Hal ini mengakibatkan omset penjualan menurun dan tidak adanya pemasukan sehingga terjadi kebangkrutan. Hal ini diakibatkan anggapan bahwa produk Indonesia yang tidak zaman lagi dengan era yang ada saat ini. Perusahaan-perusahaan dalam negeri mengalami gulung tikar Dengan tidak dilirik lagi produk-produk buatan Indonesia. menyebabkan perusahaanperusahaan Indonesia jalan ditempat dalam memproduksi barangnya.3. Hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri Dengan berjamurnya produk-produk luar di Indonesia. Sikap Individualistik .

belum lagi. Bagi mereka yang wanita penyuka wanita dengan bangga menyebut diri mereka lesbiah. begitu santai dengan pergaulan yang jelas . begitu juga dengan mereka para pria yang menyukai pria dengan santainya mereka mengaku homoseksual. celana pendek. atau baju . keanehan lainnya mereka yang hidup seenaknya ini. dan lain-lain. 2. Gaya Hidup Kebarat-baratan Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Pelanggaran Adat Istiadat .baju yang terlihat pas yang dikenakan di tempat – tempat umum yang mennyebabkan sebagian masyarakat menjadi risi untuk melihatnya. rok mini. misalnya.Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitasnya. dan gaya hidup hura hura yang tidak semestinya. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial. sex bebas. 3. pergaulan bebas dengan kehidupan malam. kehidupan bebas remaja. yang akhirnya malah menjadi performance yang kurang sopan dikalangan masyarakat.jelas lain dari yang lain yaitu penyuka sesame jenis. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua. Modernisasi dan perkembangan jaman yang semakin pesat ini membuat gaya hidup dan pergaulan remaja Indonesia mengalami westernisasi atau gaya yang kebarat – baratan dengan tempat dan moment yang kadang tidak sesuai.

Dengan banyaknya informasi yang masuk.  Bidang Politik 1. . 4. maka adanya ketertarikan Negara lain untuk menerapkan peraturan tersebut padahal belum tentu sesuai dengan Negara yang bersangkutan. Apabila di suatu egara peraturan itu berhasil diterapkan. Meningkatnyamengkonsumsi fast food Dengan menjamurnya restoran-restoran fast food di Indonesia. Pemerintah meniru peraturan yang belaku di Negara lain Keberadaan suatu peratuan di suatu Negara adalah sangat penting. menyebabkan rakyat lebih condong meniru sehingga melupakan adat istiadatnya. menyebabkan masyarakat lebih banyak mengkonsumsi makanan tersebut padahal member efek negative bagi tubuh. Hingga akhirnya timbullah pelanggaran adat istiadat di suatu daerah.

tetapi untuk Negara yang taraf ekonominya belum tinggi akan sangat tertinggal untuk dapat memiliki alatalat tersebut. Ketertinggalan Negara-negara berkembang Ketertinggalan Negara berkembang dalam koleksi alat-alat pertahanannya memiliki alat pertahanan yang maju membutuhkan biaya yang cukup mahal. .2.  Bidang Hankam 1. Timbulnya praktek KKN dalam pemerintahan KKN akan muncul dalam suatu pemerintahan karena muncul pola hidup konsumtif di kalangan pejabat sehingga menghalalkan berbagai cara untuk dapat memenuhi keinginannya tersebut.