1. Jelaskan istilah Ilmu Negara itu! Jawab : Istilah Ilmu Negara berasal dari Bahasa : a.

Belanda : “Staatsleer” (Staat = negara, dan leer = ilmu) b. Jerman : “Staatlehre” c. Inggris : “Theory of State”, “The General Theory of State”, “Political Science”, atau “Politics” (Ilmu Politik, Ilmu Negara) d. Perancis : “Theorie d’etat” Sedangkan orang yang pertama kali menggunakan istilah ilmu negara adalah seorang sarjana Jerman yang bernama George Jellinek, dalam bukunya yang berjudul “Allgemeine Staatlehre” (Ilmu Negara Umum). Karena ini, George Jellinek disebut sebagai “Bapak Ilmu Negara”

2. Apa perbedaan antar Ilmu Negara dengan Hukum Tata Negara? Jawab : Perbedaan antara Ilmu Negara dengan Hukum Tata Negara adalah: Ilmu Negara menyelidiki/membahas dalam teori-teori yang umum dengan mengesampingkan sifat-sifat khusus dari setiap negara-negara sedangkan Hukum Tata Negara (positif) menyelediki/membahas suatu sistem Hukum Tata Negara suatu negara secara khususnya.

3. Sebutkan Sifat Hakekat Negara minimal 3! Jawab :  Socrates Socrates menganggap polis identik dengan masyarakat dan masyarakat identik dengan negara.  Plato Negara adalah keinginan kerjasama antara manusia untuk memenuhi kepentingan mereka  Aristoteles Negara adalah gabungan keluarga sehingga menjadi kelompok yang besar. Kebahagiaan dalam negara akan tercapai bila terciptanya kebahagiaan individu.  F. Oppenheimer Negara merupakan suatu alat dari golongan yang kuat untuk melaksanakan suatu tertib masyarakat, golongan yang kuat tadi dilaksanakan kepada golongan yang lemah.  Leon Duguit Negara adalah kekuasaan orang-orang kuat memerintah orang-orang yang lemah.

Fase Genootshap Fase Reich (Rijk) Fase Staat Fase Democratische Natie 7. Mr. 2. 6. 3. 4. 3. 5. berarti mempelajari sifat hakekat dari suatu negara. Apakah arti dari Ilmu Negara? Jawab : Ilmu Negara berarti ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang negara. Sebutkan pengertian negara dalam arti khusus minimal 2! Jawab :  George Jillinek Negara merupakan organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu.4. Sebutkan Unsur Negara berdasarkan Konvensi Montevidio di Uruguay pada tahun 1933! Jawab : 1. Prof. R. Sifat hakekat dapat diketahui dengan membandingkan sesuatu itu dengan sesuatu yang lain dengan macam yang sama. Prof. 4. Djokosoetomo Negara merupakan suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada dibawah suatu pemerintahan yang sama. Kranenburg    . 2. Soenarko Negara merupakan organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai kedaulatan. Mr. Adanya rakyat Adanya wilayah Adanya pemerintah/penguasa Adanya kesanggupan dalam berhubungan dengan negara lain Mendapat pengakuan dari negara lain 5. Sebutkan 4 fase terjadinya negara! Jawab : 1.

Apa yang dimaksud dengan unsur konstitutif? Jelaskan Jawab : Unsur konstitutif adalah tiga unsur penting bagi suatu negara agar bisa menjadi sebuah negara. 10. Jelaskan arti negara secara Terminologi! Jawab : Negara diartikan dengan organsasi tertinggi di antara satu kelompok masyarakat yang mempunyai cita-cita untuk bersatu. Ilmu negara hanya membahas hal-hal yang mendasar dari negara sehingga bersifat abstrak.  Negara merupakan suatu organisasi yang timbul karena dari suatu golongan atau bangsanya sendiri. teoritis. dan universal. Perkembangan dan perjalanan negara e. G. Tujuan yang hendak dicapai atau diwujudkan oleh ngara. Usal Usul berdirinya negara b. dan f. Jenis atau bentuk-bentuk dari negara pada umumnya. Roger F. Soltau Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat. Lenyap dan munculnya negara c. 9. Sebutkan hal-hal yang dipelajari dalam Ilmu Negara! Jawab : Hal-hal yang diseldiki dan dipelajari dalam Ilmu Negara. hidup dalam daerah tertentu dan mempunyai pemerintahan yang berdaulat. Unsur-unsur negara d.F Hegel Negara ialah organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintetis dari kemerdekaan individu dan kemerdekaan universal.W. 8. yaitu : 1. Rakyat . antara lain : a.

Pemerintah Pemerintah adalah alat kelengkapan negara yang bertugas memimpin organisasi negara untuk mencapai tujuan negara. Wilayah Wilayah dalam sebuah negara merupakan unsur yang harus ada. Oleh karenanya. 2. pemerintah seringkali menjadi personifikasi sebuah negara .Setiap negara tidak mungkin bisa ada tanpa adanya warga atau rakyatnya. karena secara konkret rakyatlah yang memiliki kepentingan agar negara itu dapat berjalan baik.Unsur rakyat ini sangat penting dalam sebuah negara. karena tidak mungkin ada negara tanpa ada batas-batas teritoral yang jelas 3.