BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah Teknologi informasi telah membuka mata dunia akan sebuah dunia baru, interaksi baru, market place baru, dan sebuah jaringan bisnis dunia yang tanpa batas. Disadari betul bahwa perkembangan teknologi yang disebut internet, telah mengubah pola interaksi masyarakat, yaitu; interaksi bisnis, ekonomi, sosial, dan budaya. Internet telah memberikan kontribusi yang demikian besar bagi masyarakat, perusahaan / industri maupun pemerintah. Hadirnya Internet telah menunjang efektifitas dan efisiensi operasional perusahaan, terutama peranannya sebagai sarana komunikasi, publikasi, serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh sebuah badan usaha dan bentuk badan usaha atau lembaga lainya. Perkembangan tersebut telah menumbuhkan peningkatan jumlah perusahaan penyedia jasa layanan internet / ISP (Internet Service Provider). Sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa layanan internet ini, PT. Infokom Elektrindo memerlukan sarana untuk memonitor kondisi jaringan pelanggan-pelanggannya. Untuk itu dibutuhkan Web Monitoring guna memonitor trafik dan kondisi jaringan pelanggan yang bisa diakses dari manapun. Oleh karena itu, penulis mencoba merancang sebuah “Web Monitoring Jaringan Internet PT.Infokom Elektrindo Menggunakan Sistem Operasi Linux”.

1

1.2 Masalah dan Batasan Masalah Untuk memperjelas pembahasan masalah, batasan masalah yang penulis ambil menitik beratkan pada pembuatan Web Monitoring Jaringan Internet berbasiskan Sistem Operasi Linux. Web Monitoring ini digunakan sebagai media untuk memonitor kondisi trafik dan status koneksi jaringan Internet PT.Infokom Elektrindo.

1.3 Tujuan Penulisan Tujuan dari penulisan ini adalah: Untuk mempermudah monitoring jaringan internet yang digunakan oleh pelanggan PT.Infokom Elektrindo.

1.4 Metode Penelitian  Studi Literatur : Metode yang penulis gunakan dengan cara mengambil teori-teori pendukung yang dapat menunjang penulisan penelitian ini. Teori-teori pendukung penulis dapatkan dari buku-buku yang terkait maupun melalui pencarian di Internet.  Observasi Lapangan: Untuk memperoleh data-data, penulis melakukan inventory pelanggan-pelanggan yang menggunakan akses jaringan Internet melalui PT.Infokom Elektrindo dan jenis koneksi yang digunakannya

1.5 Sistematika Penulisan

2

Untuk memperoleh gambaran yang sistematis, penulisan penelitian ini dibagi menjadi 4 bab, yaitu : Bab I : Pendahuluan Berisi tentang Latar Belakang Masalah, Masalah dan Batasan Masalah, Tujuan Penulisan dan Metode Penelitian. Bab II : Landasan Teori Menerangkan tentang landasan teori yang dikemukakan berupa pengertian web, definisi jaringan, pengertian internet, definisi sistem operasi, dan tentang sekilas linux. Bab III : Analisa Pembahasan Masalah Analisa berisi tentang gambaran umum PT.Infokom Elektrindo, struktur organisasi PT.Infokom Elektrindo, Topologi Jaringan PT.Infokom Elektrindo, perancangan web monitoring yang

diusulkan dan implementasi web monitoring dalam penanganan gangguan jaringan internet. Bab IV : Penutup Berisi kesimpulan dan Saran

BAB II LANDASAN TEORI

3

Dokumen Hypertext juga merupakan sumber yang dapat dieksekusi. Jika klien HTTP adalah browser web. sumber yang disebutkan dalam definisi di atas utamanya terdiri atas dokumen HTML (Hypertext Markup Language).2002. h:85) Prinsip world wide web dapat digambarkan sebagai berikut : Retrive/ Execute Collection of Resources Client Server Gambar 1. (Riza Taufan. 4 . ditransfer dan di eksekusi secara remote darimana saja dalam Internet melalui server HTTP (HyperText Transfer Protocol) oleh klien HTTP menggunakan HTTP sebagai protocol transfer utama. Prinsip World Wide Web Klien HTTP yang disebutkan dalam definisi diatas dapat berupa browser web atau aplikasi lain yang di desain sendiri dan menggunakan HTTP sebagai protokol transfer utama. Ketika dokumen HTML ini ditransfer melalui Internet.Pengertian Web Web atau yang lebih dikenal sebagai WWW ( World Wide Web) adalah kumpulan semua sumber atau informasi yang dihubungkan dengan hyperlinks yang dapat diakses. dokumen tersebut akan di encode dalam format MIME (Multipurpose Internet Mail Extensions).

h:2) 5 .1997.1997. Model ini cocok untuk jaringan kecil. (Suryadi MT. (Suryadi MT. Windows for Workgroup menggunakan model ini. Istilah “host” secara umum diartikan sebagai komputer yang terkoneksi ke jaringan yang dapat memberikan layanan jaringan (network service). Selain yang bukan komputer juga dapat menjadi node sepanjang mereka berkomunikasi melalui jaringan dengan mengirim dan menerima data terhadap nodenode yang lain. FDDI (Fiber Distributed Data Interface. (Suryadi MT. Medium yang banyak digunakan adalah Ethernet. h:2) Satu komputer yang terkoneksi ke jaringan menjadi satu node dari jaringan tersebut.Definisi Jaringan Definisi Jaringan adalah suatu set perangkat keras dan lunak di dalam suatu sistem yang memiliki suatu aturan tertentu yang mengatur seluruh aktiuitas dan perilaku anggota-anggotanya dalam melakukan segala aktivitasnya. 1997. Ada 2 Model Jaringan yang biasa digunakan dalam Internet : Model Peer to Peer Menurut model ini. setiap host dapat menawarkan layanan ke peer lain dan juga mengambil layanan dari peer lain. medium yang menggunakan serat optik) dan Apple's LocalTalk. termasuk juga Token Ring. h:2) Data yang dikirimkan dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan dibawa oleh medium jaringan.

Jaringan Sederhana dan Kecil menggunakan model client/server Pengertian Internet Internet mulai berkembang pada tahun 1969. Gambar 2. server menggunakan aplikasi jaringan yang disebut server program.Model Client / Server Model ini memisahkan secara jelas. mana yang dapat memberikan layanan jaringan (server) dan mana yang hanya menerima layanan (client). dan lain-lain kepada komputer lain yang terkoneksi ke jaringan yang berfungsi sebagai client. (Suryadi MT.1997. modem. h:3) Untuk dapat saling berkomunikasi antara server dan client (dan di antara mereka). Beberapa komputer di setup sebagai server yang memberikan segala sumber daya (resource) dari jaringan. saluran. seperti printer. sementara client menggunakan client program untuk berkomunikasi dengan server program pada server. Istilah “internet” mungkin berasal dari kata “internetworking” yang digunakan untuk menunjukkan usaha 6 .

Komponen komputer lainnya ialah "perangkat keras". (Suryadi MT. Berbeda dengan perangkat keras. "perangkat lunak aplikasi". 1997. "Perangkat keras" merupakan penyedia sumber daya untuk komputasi. “Internet adalah jaringan komputer di dunia dari berbagai macam sistem yang terkoneksi satu sama lain dan dapat melewatkan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang menggunakan protokol standar. perangkat lunak merupakan benda abstrak yang hanya dapat dilihat dari sudut apa yang dilakukannya 7 . Internetworking berarti network dari network. Definisi Sistem Operasi Sistem operasi merupakan salah satu komponen utama dari sebuah "sistem komputer". Perangkat lunak merupakan sarana yang memberitahukan perangkat keras apa yang harus dikerjakannya. dan "para pengguna". Pendek kata. Protokol ini dikenal dengan sebutan TCP/IP yang merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol. h:21) Internet berawal dari eksperimen Pentagon (Departemen Pertahanan Amerika Serikat) untuk maksud militer dan terus dikembangkan dan diperluas ke lingkungan lembaga-lembaga riset dan perguruan tinggi sampai sekarang. h:21) Pada tahun 1980-an istilah internet secara resmi mulai dikenal serta mulai didefinisikannya protocol network yang mengatur semua yang berkaitan dengan internet. termasuk di dalamnya network system yang berbeda pula.menghubungkan komputer dari sistem yang berbeda-beda. 1997. Perangkat keras merupakan benda konkret yang dapat dilihat dan disentuh. (Suryadi MT. sehingga jaringan-jaringan yang ada di dunia ini dapat berkomunikasi satu sama lain”.

istilah "pengguna komputer" yang dimaksud di sini dapat berupa manusia. Linus Benedict Torvalds. Perangkat lunak dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu "sistem operasi" dan "program aplikasi". apalagi tentunya bukan merupakan bagian dari para pengguna komputer. yang diberi nama Linux. sistem operasi didefinisikan sebagai sebuah program yang mengatur perangkat keras komputer. Linux yang diumumkan oleh Linus 8 . serta bertindak sebagai penghubung antara para pengguna dengan perangkat keras. dan juga bukan merupakan bagian dari perangkat lunak aplikasi komputer. Sekilas Tentang Linux Pada tanggal 5 Oktober 1991.terhadap perangkat keras. Minix ini dikembangkan oleh Andy Tanenbaum. Program aplikasi merupakan perangkat lunak yang menentukan bagaimana sumber daya digunakan untuk menyelesaikan masalah para pengguna. seorang mahasiswa University of Helsinki di Finlandia. sebuah sistem operasi bukan merupakan bagian dari perangkat keras komputer. Dengan demikian.minix) bahwa dia telah berhasil menciptakan sebuah sistem operasi mirip UNIX yang sangat sederhana. Terakhir. dengan menyediakan landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya. program aplikasi lain. atau pun komputer lain. Linux tersebut dikembangkan dari sistem operasi mirip UNIX lainnya yang juga sangat sedeihana bemama Minix. Secara lebih rinci. Sistem operasi bertugas untuk mengendalikan (kontrol) serta mengkoordinasikan pengunaan perangkat keras untuk berbagai program aplikasi untuk bermacam-macam pengguna.os. mengumumkan pada sebuah newsgroup (comp.

02 tersebut kemudian dikembangkan ke versi 0. akan 9 .u. S. dan sebagainya. Trinwc. 2. Beberapa distribusi Linux yang terkenal antara lain RedHat Linux.tersebut adalah Linux versi 0. lalu lompat ke versi 0.2003. banyak perusahaan ataupun perorangan yang mengambil kernel Linux. Ini mengindikasikan bahwa peluncuran Linux versi 1. lalu membundelnya dengan software gratis ataupun software komersial lainnya membentuk distribusi Linux.02.5.95. Caldera OpenLinux.10. Sampai saat ini. Linux versi 0.h:1) Web server hingga saat ini merupakan server yang dapat dikatakan sebagai tulang punggung bagi semua pengguna Internet. Ketika semakin banyak programmer di seluruh dunia membantu pengembangan Linux.0 sudah dekat.0. Kemudian pada bulan Maret 1992.2. resmi diluncurkan Linux versi 1.1 Web Server Web Server merupakan suatu server Internet yang menggunakan protocol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) untuk melayani semua proses pentransferan data. Debian Linux. (Andry SyahPutra. yang dapat menjalankan GNU Bourne Again Shell (bash) dan juga GNU C Compiler (GCC). Web server bukan hanya dapat melayani jenis data dalam bentuk text.S.14 pada RedHat Linux versi 6. Slackware Linux. Hal ini dikarenakan.2.E Linux. Saat ini. Dalam pembuatan web monitoring ini terdapat beberapa paket program yang harus di instal untuk memfungsikan Linux sebagai web server monitoring.03. kemel Linux stabil yang digunakan antara lain kernel Linux versi 2. kemudian diluncurkan Linux versi 0.

Program ini dapat membangkitkan file-file HTML berisi data trafik dilengkapi gambar grafik format PNG dari trafik yang lewat pada suatu jaringan. 2. Grafik ini ditampilkan dalam bentuk web sehingga bisa dipantau melalui browser.5.5.2 MRTG MRTG kepanjangan dari Multi Router Traffic Grapher merupakan program aplikasi yang berfungi untuk mengamati beban trafik jaringan.tetapi juga dapat menampilkan format-format data dalam bentuk gambar.3 Smokeping Paket program smokeping ditulis dalam bahasa pemrograman Perl. (Rusmanto.h:24) MRTG berisi script-script Perl dan program C yang memanfaatkan protocol SNMP dalam memonitor lalu lintas dan membuat log trafik. 2. Dasar awalnya Smokeping menggunakan metode ping untuk memeriksa sutau koneksi jaringan. terdiri dari suatu daemon yang memproses pengumpulan data dan suatu catatan yang mempresentasikan data di atas web. 10 . Smokeping ini mencatat dan menampilkan dalam satu grafik. suara dan juga dapat berinteraksi dalam dunia wireless Internet dengan menjadikannya sebagai sebuah Wireless Access Protocol (WAP) gateway dan sebagainya.2003. kemudian membangkitkan grafik yang bagiu. baik gambar 2D maupun 3D.

BAB III ANALISA PEMBAHASAN MASALAH 11 .

Selain jasa Telekomunikasi dengan menggunakan InfokomElektrindo memberikan jasa telekomunikasi menggunakan Wireless yang bekerja pada frekuensi 2.yang memerlukan layanan akses internet. PT.1.1 Analisa Masalah 3. PT. PT. SmartCom.3.8 sebagai kantor Operasional dan NOC (Network Operation Control). Berbekal modal kuat dibidang telekomunikasi (Transmisi) yang diperlukan untuk mentransmisikan data.InfokomElektrindo lebih mudah merambah ke berbagai perusahaan-perusahaan.1 Gambaran Umum Perusahaan PT. PT. InfokomElektrindo didirikan pada tanggal 1 Mei 1998 sebagai perusahaan yang bergerak di sektor jasa Telekomunikasi dan Information Technology (IT). 12 . Gd.4 GHz. Seiring berkembangnya kebutuhan pasar.17-19 Lt. InfokomElektrindo mulai melirik jasa di bidang IT (Information Technology) dengan menitikberatkan sebagai perusahaan penyedia layanan internet yang lebih dikenal sebagai ISP (Internet Service Provider) dan Jaringan Data (Networking). InfokomElektrindo berkantor di Menara Kebon Sirih No.Cyber Lt. Awal pertama berdiri PT.4 Jl. InfokomElektrindo hanya menggeluti bisnis Telekomunikasi Satelit yang dikenal dengan nama VSAT (Very Small Aperthure Terminal) dengan brand produk VSAT.Kuningan Barat No.26 Jakarta Pusat sebagai kantor representative.

2. 5. 3. Jawa Barat. 4.Gema Lapik Blok C Kav 2 Lemah Abang Bekasi.2 Struktur Organisasi Perusahaan 13 .dan memiliki kantor di Kawasan Industri Karyadeka Jl. Depo Pekanbaru. seperti : 1. Jambi dan Bangka Belitung. melayani area seluruh Kalimantan. 6. InfokomElektrindo mempunyai fasilitas depo yang berada di berbagai kota di Indonesia. Saat ini fasilitas depodepo yang ada tersebar di enam kita utama yang melayani area tertentu. Depo Surabaya. Sumatera Selatan. Untuk lebih cepat dalam menangani permasalahan pelanggan baik berupa instalasi maupun maintenance. Jawa Barat sebagai pusat control VSAT.1. melayani area Jabotabek. Lampung. Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. melayani area Sumatera Utara dan Aceh. melayani area Sulawesi. melayani area Bali. Depo Balikpapan. Batam dan Riau Kepulauan. Depo Jakarta. melayani area Jawa Timur dan Jawa Tengah Depo Medan. PT. Depo Makassar. 7. melayani area Riau. Maluku dan Papua. Depo Denpasar. 3.

Sumarsono* IT SERVICES DIVISION Chief Executive Temi Efendi* VAS SERVICES DIVISION Chief Executive Supeno Lembang CORPORATE SERVICES DIVISION Sr. Struktur Organisasi Departemen Operation & Maintenance Telco 14 . Sumarsono VPD : Temi Efendi ADMINISTRATION Ony Nuroh Niwati BUSINESS DEVELOPMENT Vice President Yusuf R.Infokom Elektrindo Sedang Struktur Organisasi yang membawahi Network Operation Center. Struktur Organisasi PT. Vice President Budi Sumartono PORTFOLIO MANAGEMENT DIVISION Sr. Prawirasoetisna MARKETING Vice President Vacant TELCO SERVICES DIVISION Chief Executive Susilo H. Divisi yang memonitor Jaringan Internet adalah sebagai berikut : OPERATION & MAINTENANCE TELCO Sr.PT. Vice President Temi Efendi* Gambar 3. Vice President Agus Hadi Yunanto NOC Group Manager Dwika Sudrajat VPN O&M Manager Sutanto VSAT & WIRELESS O& M Manager Husin Djau* NETWORK O & M Manager Wijanarko* HUB O & M Manager Sartono* ENGINEERING O&M Manager Rony Jusman* Gambar 4. InfokomElektrindo memiliki struktur organisasi sebagai berikut : BOARD OF DIRECTORS PD : Susilo .

Untuk itu dibutuhkan link BackBone sebagai link utama untuk dapat mengaksesnya.Infokom Elektrindo Sebelum penulis memulai dalam pembahasan masalah.Dalam tugasnya sehari-hari divisi NOC bekerja sama dengan divisi-divisi lainnya yang masih tergabung dalam Departemen Operation dan Maintenance Telco. Sedang dalam pendistribusian ke setiap user bisa menggunakan link sewa berupa Leased Line. Tetapi jaringan TCP/IP dalam prakteknya tidak membutuhkan "dedicated server" dan tidak melarang suatu sistem yang bertindak sebagai client harus selalu berfungsi sebagai client. Bisa saja satu komputer mainframe yang menjalankan client program mengakses layanan yang disediakan oleh sebuah PC yang menjalankan server program. Wireless maupun VSAT (Komunikasi Satelit) 15 .Infokom Elektrindo. Client atau Server yang diakses oleh pengguna Internet bisa berada dalam jaringan local di dalam negeri. Jadi jaringan TCP/IP menggunakan model client/server dalam pengertian yang luas.1. Jaringan Internet atau Jaringan TCP/IP biasanya menggunakan model client/server. maupun di luar negeri. ada baiknya penulis menguraikan Topologi Jaringan Internet PT. 3.3 Topologi Jaringan Internet PT.

yaitu link ke lokal backbone.4 Ghz. Ki Komunikasi. Topologi Jaringan Internet PT.Ethernet LAN KEBON SIRIH CIKARANG Gambar 5.1. Hasta Jasa.1. 3.Wireless . Menara Kebun Sirih dan kantor pusat di Cikarang. Hotlet Atlet Century.3.Infokom Elektrindo 3.Link BackBone IIX Link BackBone IM2 Link BackBone WSM Customer TD M . dan lain-lain.Wireless . Beberapa pelanggan yang menggunakan jasa ini adalah TPI.3.Wireless .1 Link Backbone PT.VSAT .Ethernet LAN CYBER Customer TD D M TD M TDM Customer . yang terkoneksi ke Indonesia Internet Exchange (IIX) dengan kecepatan 100 Mbps dan link ke backbone internasional dengan 2 koneksi.Infokom Elektrindo memiliki 2 akses internet backbone. Republika. yaitu 4 Mb (Upstream dan Downstream) ke IM2 dan 5 Mbps (UpStream dan DownStream) ke Websatmedia Singapura. Link Wireless yang digunakan memilik frekuensi 2. yaitu gedung Cyber. 16 .2 Link Wireless Link Wireless diperuntukkan bagi pelanggan yang berlokasi di sekitar Jakarta dan dapat diakses melalui 3 kantor.VSAT .

SMU Lokon. dimana tidak ada akses kabel Telkom maupun link terrestrial. yaitu Bandwidth dan Troughput.Jawa. Bps itu sendiri kependekan dari bit per second. dan lain-lain. Pupuk Iskandar Muda. Analogi bandwidth di Internet adalah satu pipa air yang mempunyai diameter tertentu. Dan di dalam dunia internet diameter pipa tersebutlah yang dinamakan bandwidth atau lebar-nya kanal. akan mengalir packet data yang ukuran kecepatannya dihitung dengan satuan bps. Pemda Papua. Cepat atau lambatnya pemindahan data akan tergantung dari besar kecilnya pipa (yang diwakili oleh satuan bit per second). Hal ini sebenarnya dipengaruhi oleh 2 faktor. yaitu kemampuan satu bit (binary digit) packet data untuk bergerak dari satu titik ke titik lain dalam satu detik. Bandwidth berkaitan dengan bps.1. Bila pipanya (bandwith) kecil maka packet data yang bisa melaluinya juga berukuran lebih kecil.3 Link VSAT Link Internet yang menggunakan transmisi VSAT (Komunikasi Satelit) lebih banyak digunakan oleh pelanggan di luar P.1.3.3. Dengan 17 . Bandwidth adalah konsep pengukuran yang sangat penting dalam jaringan. 3. Finnantara. yaitu berapa cepat pemindahan data (bit)dalam satuan per detik.4 Permasalahan Dalam Jaringan Internet Permasalahan umum yang sering timbul dalam Jaringan Internet adalah lambatnya koneksi. Di dalam pipa. Beberapa pelanggan yang menggunakan akses ini antara lain Pemda Natuna.

sehingga memudahkan dalam mengakses ke semua jaringan pelanggan.1 Perancangan Web Monitoring Yang Diusulkan Perancangan Web Monitoring yang penulis usulkan adalah berada dalam satu jaringan LAN di tempat NOC berada.packet data yang lebih kecil ukurannya. prosesnya akan lebih lama. Untuk itulah konsep Throughput muncul. 3.2. jika embernya kecil.2 Pembahasan Masalah 3. S i Switch Wireless Customer Wireless Customer VSAT S i Web Monitor Core Switch S i Switch VSAT Backbone Internet Router Backbone Firewall Gambar 6. Topologi Web Monitoring 18 . Konsep bandwidth tidak cukup untuk menjelaskan kecepatan jaringan dan apa yang terjadi di jaringan. maka proses pemindahan data akan lebih lama. karena analogi memindahkan air dari satu bak ke bak lain dengan menggunakan ember. Throughput adalah bandwidth aktual yang terukur pada suatu ukuran waktu tertentu dalam suatu hari menggunakan rute internet yang spesifik ketika sedang mendownload suatu file.

Atau dapat digunakan direktori-direktori lain sesuai dengan keinginan pengguna. instalasi Apache dengan format file rpm./configure –prefix=/usr/local/http Direktori /usr/local/http diatas adalah direktori tempat apache tersebut terinstall.i386.19-5.3.19.Sebelum Web Monitoring di buat.3. Instalasi Apache Ada 2 (dua) cara yang dapat dilakukan untuk menginstall apache.19 root@monitor apache-1.gz.rpm Setelah proses installasi selesai. Bentuk ini adalah bentuk standard yang telah termuat dalam paket RedHat Linux. instalasi Apache dengan format file tar.gz root@monitor/tmp# cd apache-1. secara otomatis system akan meletakkan hasil installasi pada direktori /etc/httpd.3. Untuk menginstallnya. 19 . Untuk menginstallnya dapat menggunakan perintah sebagai berikut: root@monitor/# rpm -ivh apache-1.gz /tmp root@monitor/# cd /tmp root@monitor/tmp# tar –zxvf apache-1.3.3. Dalam format yang kedua ini adalah apache dipaketkan dalam bentuk source code-nya.tar. terlebih dahulu didalam Web Server Linux harus di instal paket-paket software yang diperlukan. Dan kedua.tar.19# . yaitu: Pertama.19. file tersebut perlu di ekstrak terlebih dahulu dengan menggunakan perintah sebagai berikut: root@monitor/# cp apache-1.

gz –C /usr/local/src/ Lakukan proses kompilasi dan instalasi seperti ini : root@monitor/# cd /usr/local/src/mrtg-2. terlebih dahulu harus dipasang SNMP Agen pada peralatan yang akan dimonitor.9.2.2 Instalasi SNMP Agen Pada Cisco Sebelum melakukan konfigurasi MRTG. Selanjutnya mengisi dengan baris perintah seperti berikut: Snmp-server community IERO Artinya adalah penulis membuat SNMP yang bernama IERO pada peralatan router atau switch./configure –prefix=/usr/local/mrtg-2 root@monitor/mrtg-2. dengan cara sebagai berikut : root@monitor/# tar zxvf mrtg-2. Langkah yang dilakukan adalah masuk ke console router/switch Cisco.9.3.3.9.29/ root@monitor/mrtg-2. 20 . dengan cara telnet maupun melalui console port.2.29.29# .9. sesuai dengan keinginan.tar.Instalasi dan Konfigurasi MRTG 3.29# make install 3.1 Instalasi MRTG Setelah paket MRTG di download melalui situs yang penulis sebutkan sebelumnya. Dalam hal ini penulis memasang SNMP Agen diperalatan Cisco (Router dan Switch).9. setelah itu masuk ke mode privelege (enable) dan aktifkan config terminal. maka langkah selanjutnya adalah ekstrak ke direktori mana saja.29# make root@monitor/mrtg-2.

/indexmaker /etc/mrtg/mrtg.5 diatas berarti SNMP community bernama IERO yang terdapat di dalam peralatan switch yang memiliki IP Address 202.html 21 .2.cfg di direktori /etc/mrtg/ .5.cfg.growright’ \ -output /etc/mrtg/mrtg. kemudian menjalankan script cfgmaker dengan command. sebelumnya dibuat satu direktori untuk meletakkan mrtg.3. File html ini dapat dibuat secara otomatis dengan menggunakan script indexmaker.cfg > /var/www/html/mrtg/index.cfg secara otomatis berdasarkan device yang dipantau. yaitu direktori /etc/mrtg/ cd /usr/local/mrtg-2/bin LANG=C .198.147./cfgmaker –global ‘Workdir : /var/www/html/mrtg’ \ -global ‘Options[_]: bits.cfg IERO@202.198.147.5 Setelah dijalankan akan dihasilkan sebuah file mrtg. Untuk menjalankan MRTG. IERO@202.198.3. Pertama masuk ke direktori /usr/local/mrtg-2/bin. harus dibuat sebuah file html yang akan diakses melalui web untuk melihat trafik. Script ini yang akan membangkitkan file mrtg. Untuk membuatnya tidak perlu dilakukan secara manual. Masih didalam direktori yang sama.cfg yang berisi daftar device jaringan yang akan dipantau.3 Konfigurasi MRTG Konfigurasi MRTG dapat dilakukan dengan membuat suatu file bernama mrtg. karena pada paket MRTG terdapat script cfgmaker. jalankan command : . Berikut ini akan diberikan contoh penggunaan dari script cfgmaker.147.

cfg Ketika perintah ini dieksekusi pertama kali. Agar script tersebut dapat berjalan tiap interval tertentu. Error ini wajar saja dan akan hilang setelah perintah tersebut dijalankan beberapa kali.cfg untuk membangkitkan file-file grafik. Tampilan MRTG Isi grafik tampilan tersebut adalah garis horisontal waktu yang berjalan dalam satuan jam dan garis vertikal menandakan berapa besar trafik yang keluar dalam satuan bits per second (bps). 22 . Kemudian dijalankan probing terhadap file mrtg. maka harus dimasukkan perintah MRTG pada crontab. Adapun baris perintah yang dimasukkan didalam crontab yang berada di direktori /etc/crontab sebagai berikut: 0-59/5 * * * * root /usr/bin/mrtg /etc/mrtg/mrtg. dengan perintah : .Dan dihasilkan sebuah file index./mrtg /etc/mrtg/mrtg.html di dalam direktori /var/www/html/mrtg.cfg Gambar 7. misalnya setiap 5 menit. akan terdapat error yang melaporkan hilangnya file-file log tertentu.

23 .ethz. Warna hijau adalah besarnya paket trafik yang masuk ke dalam jaringan Internet PT. langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi Smokeping. sedang warna biru adalah besarnya paket trafik yang keluar dari jaringan Internet PT. Instalasi dan Konfigurasi Smokeping Sebelum melakukan instalasi dan konfigurasi Smokeping. Tampilan MRTG setelah dijalankan selama 2 hari Gambar tersebut merupakan tampilan MRTG yang dihasilkan setelah dijalankan selama lebih kurang 2 hari.ch/~oetiker/webtools/ Setelah semua paket software tersebut terinstal. ada beberapa paket software yang harus di instal.Gambar 8. InfokomElektrindo. antara lain:    RRD Tool Fping SpeedyCGI Paket software ini dapat di download secara gratis melalui website: http://people. InfokomElektrindo.ee.

tsmokeping langsung bisajalanharus ditambahkanbaris perintah dalam file tup star menu file : 24 . Ping merupakan standar proses pemeriksaan dalam sebuah jaringan.InfokomElektrindo dalam satuan waktu detik (seconds). Hasil dari Instalasi Smokeping akan menghasilkan tampilan sebagai berikut : Gambar 9. dan di rubah nama filenya saja. Tampilan Smokeping setelah di jalankan Berikut penjelasandarigambargrafiktampilanyang dihasi .Paket software Smokeping hanya perlu diekstrak. Garis merah berarti hasil proses ping tersebut. Dan supaya setiapkaliPC restar . ini lkan Garis Horisonta menandakan waktu yang berjalan dalam satuan jam dan garis l vert l ika menandakanhasil replypingyang menujujaringanInternet pelan ggan PT. Langkah-langkah instalasi dan mengkonfigurasi Smokeping dapat dilihat dalam bagian Lampiran.

Tampilan top. Gambar 10. perlu dibuat sebuah file index. berisi menu Link BackBone dan daftar pelanggan yang hendak di monitor.htm dan left1.Html Untuk memudahkan dalam mengakses web monitoring ini.htm. Bagian atas (top.local Membuat File Index.# echo '/usr/local/smokeping/bin/smokeping' >> /etc/rc. Penulis memilih membuat file yang dibagi menjadi 3 bagian atau frame.html) berisi Logo perusahaan. File ini berada didalam direktori /var/www/html/. alamat perusahaan dan Pilihan menu network status dan network trafik.html (file root).htm Bagian kiri left. 25 .

htm Gambar 12. Tampilan file left. Tampilan File left1.Gambar 11.htm 26 .

htm).html 27 . Tampilan Index.html yang penulis buat : Gambar 13. Berikut ini gambaran keseluruhan file index.htm dan left1.Sedang bagian kanan (right.html) merupakan output dari pilihan menu yang berada di bagian kiri (left.

Implementasi Web Monitoring 28 . berikut ini langkah-langkahnya : Gambar 14.3 Monitoring Jaringan Internet menggunakan Web Monitoring 3.3.1 Implementasi Penggunaan Web Monitoring Untuk memudahkan langkah-langkah dalam melakukan monitoring jaringan Internet.3.

 Cek pada Kolom Status Network. dan pilih salah satu pelanggan yang hendak di monitor. akan terlihat grafik warna hijau dan warna biru dengan peak level yang berbeda-beda.198.  Cek pada Network Trafik. Kondisi normal manakala. 3. yang artinya link transmisi normal. terdapat grafik warna hijau panjang. Tampilan Network Status Pelanggan Finnantara 29 .121 Gambar 15.3.2 Monitor Link Network Status Pelanggan Berikut ini salah satu contoh Link Network Status Pelanggan Finnantara yang memiliki IP Address 202.147.

3. Tampilan Network Trafik Pelanggan Finnantara 30 .3.3 Monitor Link Network Trafik Pelanggan Berikut ini salah satu contoh Link Network Trafik Pelanggan Finnantara Gambar 16.

Output dari web monitoring ini Divisi Network Operation Center (NOC) PT. maka semakin padat dan lambat pula trafik/lalulintas jalan tersebut. InfokomElektrindo perlu membuat sebuah Web Monitoring Jaringan Internet. yaitu dengan menggunakan Web Monitoring Jaringan 31 . InfokomElektrindo dapat menjawab pertanyaan seputar kondisi trafik jaringan Internet yang didistribusikan kepada para pelanggannya. Semakin banyaknya kendaraan yang melalui jalan. Web ini difungsikan sebagai peralatan yang memonitor status dan kondisi trafik Internet.1 Kesimpulan Dari uraian bab per bab terlihat bahwa dalam sebuah jaringan Internet bisa diibaratkan sebuah pipa ataupun jalan raya yang dilalui oleh lalu lintas kendaraan. Sedang trafik yang lewat adalah perumpamaan paket data yang melalui jaringan Internet. Oleh karena itu dibutuhkan monitoring yang tepat yang bisa memantau kondisi jaringan Internet.InfokomElektrindo. 4. sehingga kepadatan yang terjadi bisa di awasi. PT.BAB IV PENUTUP 4. bahwa dalam sebuah perusahaan penyedia jaringan Internet.2 Saran-saran Penulis memberikan sedikit saran yang mungkin berguna bagi PT. Kemudian dapat pula disimpulkan disini.

32 . Infokom Elektrindo khususnya divisi Network Operation Center (NOC) dalam memonitor jaringan Internet tersebut.Internet yang dibuat oleh penulis akan memudahkan menelusuri permasalahan yang terjadi dalam Jaringan Internet. Dan penulis berharap dari rancangan yang penulis buat dapat membantu PT.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful