P. 1
Olahraga Jantung Sehat

Olahraga Jantung Sehat

|Views: 242|Likes:
Published by Kevin Restu Perdana

More info:

Published by: Kevin Restu Perdana on May 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/08/2015

pdf

text

original

Olahraga Jantung Sehat

Pada saat ini banyak timbul pertanyaan apakah olahraga jantung sehat itu. Sesuai dengan misinya yang sudah dikembangkan sejak tahun 78 maka olahraga jantung sehat adalah olahraga yang mempunyai tujuan untuk menyehatkan jantung. Olahraga ini berintikan olahraga erobik yakni olahraga yang banyak menghirup oksigen. Di samping olahraga wajib maka olahraga itu harus mempunyai prinsip: Murah, Mudah, Meriah, Massal, Manfaat dan Aman (5 M dan 1 A) Mudah dan meriah, olahraga ini harus dapat dilakukan setiap orang tanpa harus mempunyai keterampilan khusus yaitu jalan kaki joging, lari. Olahraga tersebut dapat dilakukan bersamasama secara massal dan tentu saja meriah. Disebut mudah, karena untuk berjalan, joging atau lari tidak diperlukan keterampilan khusus dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Disebut manfaat karena olahraga sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan memperbesar pembuluh darah. Memberikan kelenturan otot dan sendi dapat menghilangkan kekakuan otot dan sendi tersebut dapat dihilangkan dengan memberikan Senam Jantung Sehat dan senam-senam lainnya yang sesuai. Menambah kekuatan otot-otot pada tangan dan kaki. Dengan demikian maka olahraga Jantung Sehat adalah olahraga yang berintikan erobik ditambah dengan olahraga yang dapat memberikan kelenturan, kekuatan dan peningkatan otot-otot secara mudah, murah, meriah, massal dan manfaat serta aman. Dimana letaknya? Kepada setiap anggota diharuskan memeriksa kesehatannya. Sewaktu latihan harus melakukan pengukuran denyut nadi atau denyut jantung, nadi sebelum latihan, nadi sesudah pemanasan, nadi sesudah program inti dan nadi sesudah pendinginan. Pengamanan berbentuk sederhana hanya menghitung denyut nadi tetapi kegunaannya sangat bermanfaat. Dosis yang diberikan disesuaikan dengan umur. Rumus yang mudah yakni rumus 200 yaitu 200 dikurangi umur. Itulah nadi maksimal yang boleh dilakukan sewaktu melaksanakan latihan. Dari gambaran tersebut olahraga jantung sehat dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Manfaat Olahraga Jalan kaki Olahraga jalan kaki yang merupakan olahraga wajib jantung sehat semakin banyak diminati tidak hanya di kota-kota besar, dan kota-kota kecilpun akan kelihatan hal yang serupa, bahkan sampai ke desa-desa. Orang tua maupun muda, pria maupun wanita, tiap pagi kalau tak hujan, bisa kita lihat bersama menyelusuri jalan-jalan sekitarnya. Jenis olahraga ini memang tidak perlu diragukan manfaatnya jika dikaitkan dengan anjuran pemerintah untuk "Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat", mungkin olahraga inilah yang paling sesuai. Untuk mendorong agar anda lebih serius lagi berlatih olahraga jalan kaki ini, kami mengungkapkan sebagian dari keuntungan dan manfaat yang diperoleh: Pertama, Setelah kita berlatih olahraga jalan kaki ini secara bertahap, teratur, dan cukup lama, maka jumlah dan besarnya pembuluh-pembuluh darah kita menjadi lebih efisien.

Selamat Berlatih Olahraga Jantung Sehat!!! (Sumber: Buletin YJI) http://kristiawarman. serta akan lebih tahan terhadap kemungkinan serangan penyakit jantung. sehingga kemungkinan tersumbatnya pembuluhpembuluh darah yang menuju otot jantung akan berkurang. Ini akan membuat hidup kita lebih nikmat karena stres pasti muncul dalam kehidupan rutin manusia. Kadar Lemak Dengan menjalankan olahraga ini. yaitu memompa darah lebih banyak dengan denyutan lebih jarang. gerak jalan dapat menurunkan kadar lemak dalam darah. sikap permulaaan.Kedua. kadar gula darah juga akan turun sehingga mengurangi kemungkinan perubahan gula darah menjadi trigliserida atau lemak. dijelaskan dengan rinci seperti jenis latihan. dan akan lebih terasa pedihnya jika jasmani kita tidak aktif dan produktif. Dengan melakukan olahraga ini secara teratur. bahkan ke tingkat Kecamatan baik yang berada di jalur dinas maupun swasta. Hal ini disebabkan karena banyak buku petunjuk serta pelatih dan beberapa klub senam jantung sehat yang tersebar di seluruh pelosok daerah. hingga dapat mengurangi kemungkinan pecahnya pembuluh-pembuluh itu jika tekanan darah naik. Jantung kita akan mendapat keuntungan karena juga bekerja lebih efisien. Seperti tercantum dalam buku petunjuk pelaksanaan olahraga senam jantung sehat seri III. tujuan gerakan. mengedarkan. Kedelapan. gerak jalan dapat mengurangi kegemukan dan tekanan darah tinggi. olahraga ini juga mengurangi terjadinya penggumpalan darah.com/2010/04/olahraga-jantung-sehat.html Pada saat ini banyak timbul pertanyaan apakah olahraga jantung sehat itu. Keenam. Keempat. misalnya kolesterol dan trigliserida. Sesuai dengan misinya yang sudah dikembangkan sejak tahun 78 maka olahraga jantung sehat adalah olahraga yang mempunyai tujuan untuk menyehatkan jantung. Pada dasarnya olahraga ini berintikan olahraga erobik yakni olahraga yang banyak menghirup oksigen. otot-otot dan peredaran darah kita akan lebih sempurna mengambil. sehingga bahaya pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah dapat dikurangi. Ketiga. serta pelaksanaannya. Olahraga ini akan menaikkan elastisitas pembuluh-pembuluh darah. keuntungan kelima yang akan kita peroleh adalah bertambah kuatnya ketahanan kita terhadap stress. Kesembilan. Ketujuh. Di samping olahraga wajib maka olahraga itu harus . dan menggunakan oksigen. tanpa tahun:1-26). sampai pada sikap akhir untuk menghadapi gerakan berikutnya (SJS Seri III.blogspot. Selain itu olahraga senam jantung sehat adalah olahraga yang tidak terdapat banyak kendala dalam pelaksanaannya.

Meriah. Kapasitas Aerobic Program latihan disesuaikan dengan kemampuan aerobic perorangan. Rumus yang mudah yakni rumus 200 yaitu 200 dikurangi umur. Menambah kekuatan otot-otot pada tangan dan kaki. program olahraga jantung sehat dalam pelaksanaan latihannya haruslah disusun berdasarkan beberapa komponen. Dosis yang diberikan disesuaikan dengan umur. e. Disebut mudah. 2) program kondisi. olahraga ini harus dapat dilakukan setiap orang tanpa harus mempunyai keterampilan khusus yaitu jalan kaki joging. Mudah. lari. karena untuk berjalan. d. Secara singkat program latihyan mengikuti pola: 1) program awal. Massal. Dosis Latihan Olah karena kemampuan setiap orang tidak sama. Itulah nadi maksimal yang boleh dilakukan sewaktu melaksanakan latihan. Olahraga tersebut dapat dilakukan bersama-sama secara massal dan tentu saja meriah. kekuatan dan peningkatan otot-otot secara mudah. Disebut manfaat karena 17 olahraga sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan memperbesar pembuluh darah. yaitu sebagai berikut: a. Dari gambaran tersebut olahraga jantung sehat dapat dilakukan oleh siapa saja. maka program latihan haruslah direncanakan bertahap. massal dan manfaat serta aman. maka dosis perorangan harus sesuai dengan kemampuannya. Hal ini dikarenakan kemampuan individual dari masingmasing tingkatan umur tidaklah sama. dimana saja dan kapan saja. tetapi tetap memberi manfaat. Mudah dan meriah. joging atau lari tidak diperlukan keterampilan khusus dan dapat dilakukan oleh siapa saja. . Program Berencana Oleh karena olahraga Senam Jantung Sehat mempunyai target sasaran. Adalah wajib mengukur kemampuan aerobic sebelum melakukan program latihan. Umur Dalam pelaksanaan latihan Senam Jantung Sehat harus dilakukan pengelompok18 kan menurut umur. b. artinya tidak membahayakan. Dengan demikian maka olahraga Jantung Sehat adalah olahraga yang berintikan erobik ditambah dengan olahraga yang dapat memberikan kelenturan. serta diberikan pada daerah AMAN. meriah. c. Jenis Kelamin Program latihan untuk pria dan wanita haruslah berbeda. murah. Memberikan kelenturan otot dan sendi dapat menghilangkan kekakuan otot dan sendi tersebut dapat dihilangkan dengan memberikan Senam Jantung Sehat dan senam-senam lainnya yang sesuai. yang akhirnya mencapai taraf pemneliharaan. Manfaat dan Aman (5 M dan 1A). dan 3) program pemeliharaan. Pengamanan berbentuk sederhana hanya menghitung denyut nadi tetapi kegunaannya sangat bermanfaat.mempunyai prinsip: Murah.

preventif dan rehabilitatif Klub Senam Jantung Sehat yayasan jantung Sehat Indonesia untuk anggota Klub Jantung Sehat ataupun masyarakat umum lainnya. 2. Koordinasi gerak (coordination) f. telapak tangan menghadap ke dalam. 22 Dalam menyusun Senam Jantung Sehat telaha dimasukkan prinsip latihan. tegak lurus dengan lantai. Kelenturan (flexibility) e. Pada akhir gerakan Senam Jantung Sehat. Berdoa . mulai dari telinga. Latihan Inti .memmberikan efek optimal. agar dosis latihan/denyut jantung latihan tercapai.Lamanya 4 menit 30 detik 2. II. jari-jari tangan rapat di samping badan serta tangan tidak dikepal. ujung jari terbuka selebar kepalan tangan 5 (lima) titik. Pandangan lurus ke depan dan kedua lengan lurus di samping badan. kedua tumit rapat. III maupun IV adalah melalui tahapan latihan sebagai berikut: 1. yaitu sebagai beriakut: a. Penyusunan gerakan Senam Jantung Sehat didasarkan pada prinsip dasar olahraga yang berguna untuk pembinaan kesehatan jantung dan kesegaran jasmani yang mencakup bebarapa komponen. Siap untuk olahraga. . Latihan peregangan / pemanasan . Ketahanan otot (muscle endurance) d.Lamanya 12 menit c. Latihan pendinginan / penenangan.12 Petunjuk Pelaksanaan Senam Jantung Sehat Olahraga Jantung Sehat khususnya Senam Jantung Sehat adalah salah satu upaya kegiatan promotif. sengaja ada pemcuan denyut jantung dengan menambah beban latihan. Peningkatan ketahanan jantung dan alat peredaran darah serta pernafasan/paru (cardiorespiratory endurance) b. Kelincahan (agility) g.Ketukan musik 145 ketukan / menit . serta mampu mengoreksi sikap dan gerak yang salah. Keseimbangan (balance) Sedangkan prinsip dasar pelaksanaan gerak dari Senam Jantung Sehat baik itu seri I. Sikap Sempurna Sikap sempurna adalah berdiri tegak. Kekuatan otot (strength) 23 c. bahu. lutut dan mata kaki merupakan satu garis lurus. yaitu: a.1.Lamanya 6 menit b. Akhirnya akan mampu meningkatkan kecepatan gerak sehingga tercapai gerakan yang berkualitas. pinggul.Ketukan musik 120 ketukan / menit .Ketukan musik 130 ketukan / menit .

Menghitung Denyut Nadi Menghitung denyut nadi dilakukan dengan cara jari telunjuk dan jari tangan 24 kanan meraba nadi radialis lengan kiri (pergelangan tangan kiri) selam 10 (sepuluh) detik dan jumlahnya dikalikan 6.1. 1995:85). Ada beberapa macam cara penghitungan denyut nadi. jantung yang besarnya kurang lebih sebesar kepalan tangan. hal ini disebabkan olahraga senam jantung sehat dalam pelaksanaannya banyak melakukan aktivitas yang bersifat aerobic. tetapi jantung juga tidak benar-benar sempurna seperti mobil. maka olahraga senam jantung sehat ini juga banyak berpengaruh terhadap paru. karena perawatan yang memadai juga diperlukan agar jantung dapat berfungsi dengan baik (Sadoso Sumosardjuna. 2. Pusatkan pikiran dan perasaan dalam suasana gembira. Denyut nadi istirahat. Sepanjang hidup.Optimal = (nadi maksimal . dan kerja jantung. Jantung merupakan organ tubuh yang mengatur kardiovaskuler. biasanya tidak melebihi 120 kali per menit 3. dengana sikap dua pergelangan tangan satu jengkal di depan dada menghadap ke dalam. Setelah aba— aba ―berdoa mulai‖ tundukkan kepala dan setelah aba-aba‖ berdoa selesai‖ kepala kembali tegak. berarti nadi satu menit.Maksimal = (200 – umur) per menit. Meskipun begitu menakjubkan. Pengaruh yang nyata dari olahraga ini. dan pembuluh-pembuluh darah kecil (arteriale). Senam jantung sehat yang dilakukan dengan takaran yang cukup dapat mempengaruhi organ tubuh. Denyut nadi pemanasan. biasanya tidak melebihi 100 kali per menit 2. Namun belum banyak yang tahu dengan berolahraga jantung dapat menjadi kuat.13 Pengaruh Olahraga Senam Jantung Sehat Dewasa ini banyak orang berolahraga dengan tujuan agar jantungnya tetap baik. semoga olahraga yang segera dilakukan memberi manfaat kekuatan dan kesehatan lahir dan batin. Denyut nadi latihan: . 3. yaitu daya tahan tubuh menjadi semakin baik. 25 Cara perawatan jantung di antaranya dengan olahraga senam jantung sehat dengan teratur dan dengan takaran yang sesuai dengan kemampuannya. kurang lebih terdiri dari 11.Minimal = (3/4 x nadi maksimal) per menit .000 km pembuluh darah balik (vena) dan pembuluh darah nadi (arteri). yaitu: 1. . berfungsi sebagai penghisap dan pemompa darah ke bagian-bagian tubuh yang diperlukan.10) per menit .Berdoa dilakukan menurut agama dan kepercayaannya masing-masing. Karena bersifat aerobic ini pula.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->