P. 1
Pengertian Perubahan sosial

Pengertian Perubahan sosial

|Views: 223|Likes:
Published by Deddy Narta

More info:

Published by: Deddy Narta on May 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/20/2014

pdf

text

original

1

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang Perubahan Sosial
Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Di dalam kehidupan masyarakat, terkadang setiap masyarakat yang ada dimuka bumi ini dalam hidupnya dapat mengalami apa yang dinamakan dengan perubahan sosial. Perubahan sosial tersebut dapat diketahui bila dilakukan perbandingan-

perbandingan dengan menelaah suatu masyarakat pada masa tertentu dengan keadaan masyarakat pada waktu yang lampau. Proses perubahan sosial ini terjadi secara terus-menerus dan perubahan yang terjadi antara masyarakat yang satu dengan masyarakat lainnya tidak selalu sama. Perubahan sosial yang terjadi dalam suatu masyarakat bisa terjadi lebih cepat atau tidak terlalu menonjol tetapi memiliki pengaruh luas maupun terbatas. Perubahan sosial juga merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Perubahan sosial dapat terjadi karena beberapa faktor seperti komunikasi, cara dan pola pikir masyarakat. Perubahan sosial ini dapat terjadi karena beberapa faktor dari dalam dan dari luar. Perubahan sosial juga dapat terhambat oleh beberapa faktor. Terkadang perkembangan IPTEK yang lambat; sifat masyarakat yang sangat tradisional; prasangka negatif terhadap hal-hal yang baru dapat mempengaruhi masyarakat untuk melakukan perubahan sosial.. Seperti yang kita ketahui, bahwa untuk mencapai perubahan yang terjadi pada masyarakat harus disebabkan oleh beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi. Karena perubahan yang terjadi di dalam masyarakat saling berkaitan dengan hal yang kompleks.

.

1

kepercayaan. dari satu pihak ke pihak lainnya sehingga dicapai kata kesepahaman. Kingley Davis. Prof. sikap dan pola prilaku di antara kelompokkelompok dalam masyarakat. keyakinan dsb. maupun perubahan pada lembaga kemasyarakatannya. ataupun karena terjadinya perubahan dari fakltor lingkungan karena berubahnya komposisi penduduk. Soerjono Soekanto: Perubahan sosial disebabkan oleh faktor intern dalam masyarakat itu dan faktor ekstern. mengartikan perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.2 BAB II PEMBAHASAN 1. serta berubahnya sistem hubungan sosial. gagasan.Menurut Alvin Betrand: awal dari proses perubahan sosial adalah komunikasi yaitu penyampaian ide. 1. Mac Iver mengemukakan bahwa perubahan-perubahan sosial sebagai perubahan- perubahan dalam hubungan sosial(social relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan masyarakat. Pengertian Perubahan sosial Beberapa sosiolog memberikan definisi mengenai perubahan sosial. 5. yang mempengaruhi system sosialnya. nilai. 3. termasuk didalamnya nilai-nilai. 2. Menurut David Mc Clelland: dorongan untuk perubahan adalah adanya hasrat meraih prestasi ( need for achievement) yang melanda masyarakat 4. 2 . keadaan geografis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial adalah perubahanperubahan yang terjadi pada masyarakat yang mencakup perubahan dalam aspek-aspek struktur dari suatu masyarakat. Selo Soemardjan merumuskannya sebagai segala perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan didalam suatu masyarakat.

c. dan kondisi baru yang tumbuh seiring pertumbuhan masyarakat. Perubahan secara revolusi dapat direncanakan terlebih dahulu ataupun tidak direncanakan. Perubahan sosial yang berlangsung lama disebut dengan evolusi. Contohnya proses industrialisasi pada masyarakat yang masih agraris sehingga akan membawa pengaruh seperti hubungan kerja. Perubahan sosial yang kecil adalah perubahan yang terjadi pada unsur-unsur struktur sosial yang tidak membawa akibat langsung pada masyarakat. Harus ada momentum dimana merupakan suatu keadaan dan faktor sudah sangat tepat untuk memulai suatu gerakan. Adanya seorang pemimpin atau sekelompok orang yang dianggap mampu memimpin masyarakat tersebut. Perubahan yang cepat dan perubahan yang lambat. Perubahan ini terjadi karena usaha-usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan kepentingan-kepentingan. b. Suatu revolusi dapat terjadi bila: Harus ada keinginan umum untuk mengadakan suatu perubahan. yaitu: a. keadaan-keadaan. Kecepatan berlangsungnya perubahan ini adalah relative karena ada suatu revolusi yang berlangsung lama. Bentuk Perubahan Sosial Perubahan sosial dapat dibedakan dalam beberapa bentuk. Perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat disebut revolusi. Contohnya potongan rambut. Pemimpin tersebut mampu menunjukkan suatu tujuan pada masyarakat.3 2. Perubahan yang Besar dan Perubahan yang kecil Perubahan sosial yang besar adalah perubahan yang akan membawa pengaruh yang besar pada masyarakat. Perubahan sosial yang berlangsung lama merupakan serangkaian perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat. Perubahan sosial yang terjadi lambat biasanya terjadi tanpa adanya rencana. sistem kepemilikan klasifikasi masyarakat. Perubahan yang Direncanakan dan yang Tidak Direncanakan 3 . tanah. yang tidak membawa pengaruh terjadinya perubahan pada masyarakat secara keseluruhan.

Faktor yang berasal dari dalam meliputi: a. orang akan mengenal hak milik atas tanah. Penemuan baru yang dapat mengakibatkan perubahan dibedakan yaitu Discovery adalah penemuan unsur kebudayaan yang baru baik berupa alat. 3. Contohnya. diluar pengawasan masyarakat dan dapat menimbulkan akibat-akibat sosial yang tidak diharapkan masyarakat. Penemuan-penemuan Baru Adanya proses sosial dan kebudayaan yang besar yang terjadi dalam jangka waktu tidak terlalu lama yang disebut dengan inovasi. b. Bertambah dan berkurangnya penduduk Pertambahan penduduk yang sangat cepat akan mengakibatkan perubahan dalam struktur masyarakat. sistem bagi hasil yang sebelumnya orang tidak mengenal. menerima dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pihak yang menginginkan perubahan disebut agen pembaharu (agent of change) yaitu seseorang atau sekelompok orang yang mendapatkan kepercayaan dari masyarakat yang memimpin masyarakat dalam merubah sistem sosial yang ada.4 Perubahan yang direncanakan adalah perubahan yang terjadi didalam masyarakat yang telah direncanakan oleh pihak-pihak yang menginginkan perubahan. Perubahan sosial yang tidak direncanakan adalah terjadinya perubahan-perubahan yang tidak direncanakan atau dikehendaki. Berkurangnya penduduk akan mempengaruhi lembaga masyarakat karena berakibat terjadinya kekosongan didalam pembagian kerja ataupun stratifikasi sosial masyarakat. Discovery dapat berubah menjadi Invention ketika masyarakat mengakui. ataupun gagasan yang diciptakan oleh individu. Pertentangan (konflik) masyarakat 4 . Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial Faktor-faktor penyebab perubahan sosial berasal dari dalam dan luar masyarakat. c. Contohnya musim kemarau berkepanjangan mengakibatkan sulit untuk memperoleh penghasilan yang cukup sehingga banyak anggota masyarakat yang terjerumus ke tindakan kriminal.

4.5 Pertentangan dapat terjadi antara individu dengan kelompok ataupun kelompok dengan kelompok. Faktor Pendorong Proses Perubahan Sosial Menurut Soerjono Soekanto. Lingkungan alam fisik yang ada disekitar manusia Bencana alam dapat mengakibatkan masyarakat tersebut pindah ke tempat yang lain. Proses penerimaan pengaruh kebudayaan asing disebut akulturasi. Kontak dengan kebudayaan lain Akibat proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari individu kepada individu lain atau disebut difusi. c. Proses perubahan pada masyarakat dapat diakibatkan oleh faktor-faktor pendorong. Terjadinya perang Perang antar suku ataupun negara berakibat munculnya perubahan-perubahan pada suku atau negara yang kalah. seperti: a. Setiap kebudayaan akan mempengaruhi masyarakat lainnya tetapi juga dapat menerima pengaruh kebudayaan dari masyarakat yang lain pula. dimana mampu memperkaya dan menambah unsur-unsur kebudayaan yang menghasilkan perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan. Perpindahan ini menyebabkan masyarakat harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru tersebut sehingga berubah pula lembaga sosial yang ada. maka manusia mampu 5 . Pengaruh kebudayaan asing Perubahan kebudayaan asing mempengaruhi terjadinya perubahan-perubahan pada masyarakat yang kena pengaruhnya. Terjadinya pemberontakan atau revolusi Pemberontakan atau revolusi dapat membawa perubahan terhadap tata cara yang berlaku pada lembaga-lembaga kemasyarakatan karena kebijaksanaan atau ide yang berbeda. b. d. meliputi: a. Faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan sosial yang berasal dari luar masyarakat.

Faktor Penghalang proses Perubahan Sosial Beberapa faktor-faktor yang menghalangi prose perubahan sosial antara lain: a. Sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan-keinginan untuk maju Dengan menghargai hasil karya seseorang maka dapat dijadikan sebagai faktor pendorong bagi terjadinya penemuan-penemuan baru. ideologi. Sistem pendidikan formal yang maju Sistem pendidikan formal yang maju dapat membantu setiap manusia untuk menilai apakah kebudayaan masyarakatnya dapat memenuhi kebutuhan zaman atau tidak. b. Adanya penduduk yang heterogen Penduduk yang memiliki latar belakang kelompok-kelompok sosial yang berbeda-beda seperti. Toleransi terhadap perbuatan-perbuatan yang menyimpang Toleransi terhadap perbuatan menyimpang akan menjadikan kebiasaaan yang terus-menerus dilakukan masyarakat. 6 . g. Adanya orientasi ke masa depan Apa yang dilakukan harus diorientasikan pada perubahan di masa yang akan datang agar muncul perubahan dalam sistem sosial yang ada. Jika kita hidup dalam keterasingan atau ditindas oleh masyarakat lain. Ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu Ketidak puasan dalam masyarakat yang berlangsung dalam waktu panjang akan menyebabkan revolusi dalam kehidupan masyarakat. Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat Ilmu pengetahuan semakin hari semakin banyak hal-hal baru yang didapat.6 menghimpun penemuan baru yang dapat diterima masyarakat dan disebar luaskan kepada semua masyarakat hingga semua masyarakat dapat manfaatnya. ras yang berbeda dapat menimbulkan konflik. d. Namun terjadinya konflik dapat menjadi pendorong agar terjadinya perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat. c. f. 5. kemungkinan perkembangan ilmu pengetahuan akan terlambat. e. Misalnya pemberian nobel. yang dapat mendorong agar melahirkan karya-karya yang belum pernah dibuat dan dapat membawa manfaat bagi masyarakat lainnya.

7 . dapat membuat masyarakat tidak mengetahui terjadinya perkembangan-perkembangan yang ada pada masyarakat lainnya. c. d. Sikap masyarakat yang tradisional Tanpa disadari masih banyak masyarakat yang membanggakan dan mempertahankan tradisitradisi lama dari suatu masyarakat yang dapat menyebabkan terhambatnya proses perubahan sosial.7 b. Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain Kehidupan masyarakat yang terasing. Adanya prasangka buruk terhadap hal-hal baru Hal ini dapat terjadi bila suatu kelompok masyarakat pernah mengalami hal yang pahit dari suatu masyarakat lain. e. Masyarakat terkadang mempertahankan adat karena dianggap telah membawa akibatakibat yang baik bagi pendahulu-pendahulunya. Adat atau kebiasaan Pola perilaku yang sudah menjadi adat bagi suatu masyarakat akan selalu dijalankan dengan baik.

Faktor-faktor yang mendorong terjadinya perubahan sosial dalam masyarakat: Kontak dengan kebudayaan lain Sistem pendidikan formal yang maju Sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan-keinginan untuk maju Toleransi terhadap perbuatan-perbuatan yang menyimpang Ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu Adanya orientasi ke masa depan Adanya penduduk yang heterogen 8 . 2. maupun perubahan pada lembaga kemasyarakatannya. Faktor yang berasal dari luar masyarakat: Lingkungan alam fisik yang ada disekitar manusia Terjadinya perang Pengaruh kebudayaan asing 3. ataupun karena terjadinya perubahan dari fakltor lingkungan karena berubahnya komposisi penduduk. Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial terdiri dari 2 faktor yaitu: a. Faktor yang berasal dari dalam masyarakat: Bertambah dan berkurangnya penduduk Penemuan-penemuan Baru Pertentangan (konflik) masyarakat Terjadinya pemberontakan atau revolusi b. serta berubahnya sistem hubungan sosial. Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat yang mencakup perubahan dalam aspek-aspek struktur dari suatu masyarakat. keadaan geografis.8 BAB III PENUTUP Kesimpulan 1.

scribd.gunadarma. www.id/docmodul/pengantar_sosiologi_dan_ilmu_sosial_das ar/bab7_perubahan_sosial 2. http://elearning.com/doc/6592742/Perubahan-Sosial 3.9 DAFTAR PUSTAKA 1.ac.wordpress.com/2010/01/03/definisi-perubahan-sosial-dan-tipetipe-perubahan-sosial/ 9 . http://prasetyowidi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->