P. 1
Wilayah, Kawasan Dan Daerah

Wilayah, Kawasan Dan Daerah

|Views: 1,853|Likes:

More info:

Published by: Rahajeng Kusumaningtyas on May 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2014

pdf

text

original

WILAYAH WILAYAH adalah ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait yang batas dan

sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif dan/atau aspek fungsional. Berikut ini merupakan konsep wilayah menurut beberapa ahli: 1. R. E. Dickinson Wilayah adalah daerah tertentu yang terdapat sekelompok kondisi fisik yang telah memungkinkan terciptanya tipe-tipe ekonomi tertentu. 2. W. I. G. Joerg Wilayah adalah suatu area yang memiliki kondisi fisik sama/homogen 3. A. J. Herbertson Wilayah adalah satuan kompleks dari tanah, air, udara, tumbuhan hewan, dan manusia yang dipandang dari hubungan mereka yang khsusus yang secara bersama-sama membentuk suatu cirri tertentu di permukaan bumi. 4. Fanneman Wilayah adalah area yang mempunyai karakteristik kenampakan permukaan yang sama dan kenampakan ini sangat berbeda dengan knampakan-kenampakan lain di daerah sekitarnya. 5. Taylor Wilayah dapat didefinisikan sebagai suatu satuan area di permukaan bumi yang dapat dibedakan dengan area lain melalui sifat-sifat seragam yang terlihat padanya.

Krakteristik wilayah dapat dilihat dari berbagai aspek. Diantaranya dilihat dari aspek fisik, aspek nonfisik, aspek kebudayaan, dan aspek alamiah yang membuat wilayah tersebut memilik keseragaman (homogenitas). Pembagian wilayah berdasarkan aspek fisik diantaranya adalah wilayah permukiman, wilayah perkebunan, dan wilayah pertambangan.

wilayah sedang. dan wilayah agraris. 4. stepa. wilayah dataran tinggi. 2. Berdasarkan persearan vegetasi dan faunanya : wilayah atau bioma hutan hujan tropis. antara lain wilayah desa perdesaan dan perkotaan. gurun. wilayah alluvial. 3. wilayah subtropics. sabana. hutan musim. dan lain-lain. dan wilayah pegunungan.Ada beberapa contoh perwilayahan yang dilihat berdasarkan aspek alamiah. Berdasarkan keadaan iklim : wilayah tropis. Berdasarkan ketinggian dan relief di permukaan bumi : wilayah pantai. yaitu : 1. taiga dan tundra. Adapun contoh wilayah berdasarkan aspek kebudayaannya. wilayah terra rosa. wilayah kutub. wilayah industri. . Berdasarkan jenis tanah : wilayah kapur. wilayah datarn rendah.

pengertian kawasan adalah wilayah yang memiliki fungsi utama lindung atau budi daya. 3. dan sumber daya buatan. Kawasan agropolitan adalah kawasan yang terdiri atas satu atau lebih pusat kegiatan pada wilayah perdesaan sebagai sistem produksi pertanian dan pengelolaan sumber daya alam tertentu yang ditunjukkan oleh adanya keterkaitan fungsional dan hierarki keruangan satuan sistem permukiman dan sistem agrobisnis. Berdasarkan Undang-undang Repulik Indonesia Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang. Kawasan perdesaan adalah wilayah yang mempunyai kegiatan utama pertanian. pelayanan sosial. Kawasan perkotaan adalah wilayah yang mempunyai kegiatan utama bukan pertanian dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat permukiman perkotaan. sumber daya manusia. termasuk pengelolaan sumber daya alam dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat permukiman perdesaan. Dalam undang-undang ini disebutkan 10 macam kawasan. Kawasan budi daya adalah wilayah yang ditetapkan dengan fungsi utama untuk dibudidayakan atas dasar kondisi dan potensi sumber daya alam. Kawasan lindung adalah wilayah yang ditetapkan dengan fungsi utama melindungi kelestarian lingkungan hidup yang mencakup sumber daya alam dan sumber daya buatan.KAWASAN KAWASAN adalah sebuah tempat yang mempunyai ciri serta mempunyai kekhususan untuk menampung kegiatan manusia berdasarkan kebutuhannya dan setiap tempat yang mempunyai ciri dan identitas itu akan lebih mudah untuk dicari ataupun ditempati untuk lebih melancarkan segala hal yang berhubungan dengan kegiatannya. 4. 2. 5. dan kegiatan ekonomi. pemusatan dan distribusi pelayanan jasa pemerintahan. yaitu : 1. pelayanan jasa pemerintahan. pelayanan sosial. 6. Kawasan metropolitan adalah kawasan perkotaan yang terdiri atas sebuah kawasan perkotaan yang berdiri sendiri atau kawasan perkotaan inti dengan kawasan perkotaan di sekitarnya yang saling . dan kegiatan ekonomi.

Kawasan megapolitan adalah kawasan yang terbentuk dari 2 (dua) atau lebih kawasan metropolitan yang memiliki hubungan fungsional dan membentuk sebuah sistem. dan/atau lingkungan. termasuk wilayah yang telah ditetapkan sebagai warisan dunia. Kawasan strategis provinsi adalah wilayah yang penataan ruangnya diprioritaskan karena mempunyai pengaruh sangat penting dalam lingkup provinsi terhadap ekonomi. Kawasan strategis nasional adalah wilayah yang penataan ruangnya diprioritaskan karena mempunyai pengaruh sangat penting secara nasional terhadap kedaulatan negara. 8. 7. sosial. budaya. budaya. sosial. 10. . pertahanandan keamanan negara.000 (satu juta) jiwa. 9.memiliki keterkaitan fungsional yang dihubungkan dengan sistem jaringan prasarana wilayah yang terintegrasi dengan jumlah penduduk secara keseluruhan sekurang-kurangnya 1.000. budaya. ekonomi. sosial. dan/atau lingkungan. Kawasan strategis kabupaten/kota adalah wilayah yang penataan ruangnya diprioritaskan karena mempunyai pengaruh sangat penting dalam lingkup kabupaten/kota terhadap ekonomi. dan/atau lingkungan.

Daerah provinsi itu dibagi lagi atas daerah kabupaten dan daerah kota. Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi. . yang berwenang mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.DAERAH Daerah adalah kesatuan masyarakat hokum yang mempunyai batas tertentu.

wordpress. Grasindo .com/2008/10/23/kawasan-lingkungan/ www. Jakarta : PT. Amir . Anggota Ikapi. http://id.org/wiki/Pemerintah_daerah_di_Indonesia http://mirabiela. 2007.com .wikipedia.google. Geografi .DAFTAR PUSTAKA Khosim.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->