5/30/12

RUKUN IMAN 4
Click to edit Master subtitle style

BERIMAN KEPADA PARA RASUL

nabi ialah seorang laki-laki yang diberi kabar (wahyu) oleh Allah berupa syari’at yang dahulu (sebelumnya). Jadi nabi adalah yang memberitakan dari Allah dan ia diberi kabar dari sisi-Nya. nabi berarti mengabarkan. ia mengajarkan kepada orang-orang di sekitarnya dari umatnya (penganut .5/30/12 DEFINISI NABI DAN RASUL Menurut bahasa. Maka nabi adalah makhluk yang termulia dan tertinggi derajat atau kedudukannya. Atau juga berarti tinggi dan naik. Menurut istilah.

(unta itu datang secara beriringan). Menurut istilah.5/30/12 DEFINISI NABI DAN RASUL Rasul secara bahasa ialah orang yang mengikuti berita-berita orang yang mengutusnya. baik orang yang tidak ia kenal maupun yang memusuhinya. . rasul ialah seorang laki-laki merdeka yang diberi wahyu oleh Allah SWT dengan membawa syari’at dan ia diperintahkan untuk menyampaikannya kepada umatnya.

Setiap rasul pasti nabi. Rasul membawa risalah kepada orang yang tidak mengerti tentang agama dan syariat Allah SWT.5/30/12 PERBEDAAN ANTARA NABI DAN RASUL v Kenabian (nubuwah) adalah syarat kerasulan (risalah). Maka tidak bisa menjadi rasul orang yang bukan nabi. atau kepada kaum yang telah mengubah syariat dan agama. v . untuk mengajari mereka atau mengembalikan mereka ke dalam syariat Allah. Kenabian lebih umum dari kerasulan. tetapi tidak setiap nabi adalah rasul.

.dusta) sifat kekurangan yang mustahil bagi manusia pilihan dan merupakan maksiat yang justru mereka peringatkan. Sedangkan kadzib (bohong.5/30/12 SIFAT-SIFAT DAN MUKJIZAT RASUL Para rasul adalah panutan dalam hal sifat dan akhlak mereka. tetapi diantaranya yang terpenting adalah: v Shidq (jujur dan benar) Tidaklah diragukan bahwa sifat shidq adalah inti risalah dakwah. Dan pembicaraan tentang sifat-sifat mereka panjang sekali. dengannya akan luruslah segala urusan dan berbuahlah amal perbuatan.

. sekaligus berbagai rintangan yang menghadangnya di jalan dakwah. juga sikap sabar mereka untuk memenangkan yang hak dan meninggikan kalimat Allah.5/30/12 SIFAT-SIFAT DAN MUKJIZAT RASUL v Sabar Allah telah mengisahkan kepada kita sebagian dari nabi-nabi-Nya.

Melalui tangan para nabi dan rasul telah terjadi mukjizat-mukjizat yang memaksa akal sehat untuk tunduk dan mempercayai apa yang dibawa oleh para rasul. baik itu karena diminta oleh kaumnya maupun tidak.5/30/12 SIFAT-SIFAT DAN MUKJIZAT RASUL Mukjizat rasul didefinisikan sebagai segala sesuatu yang luar biasa yang terjadi melalui tangan-tangan para nabi Allah dan rasul-Nya dalam bentuk sesuatu yang membuat manusia tidak bisa mendatangkan semisalnya. .

sehingga tidak membutuhkan lagi perlindungan makhluk lain.5/30/12 SIFAT-SIFAT DAN MUKJIZAT RASUL Mukjizat-mukjizat dari bentuk: v tersebut tidak lepas Ilmu. Kecukupan. seperti pemberitahuan tentang hal-hal ghaib yang sudah terjadi ataupun yang akan terjadi. v v Allah telah mencukupi rasul-Nya dengan perlindungan. . Kemampuan dan kekuatan.

Siapa yang mengingkari seorang dari mereka maka ia telah kufur kepada semuanya.5/30/12 BERIMAN KEPADA RASUL Beriman kepada rasul artinya membenarkan dengan seyakin-yakinnya bahwa Allah mengutus seorang rasul pada setiap umat untuk mengajak mereka beribadah kepada Allah semata. tanpa menyekutukan-Nya dan untuk kufur kepada sesembahan selain-Nya. . Iman pada rasul adalah wajib. dan berarti pula telah kufur kepada Tuhan yang mengutus mereka. yaitu Allah SWT.

Muhammad SAW. dan telah menyempurnakan nikmat bagi kita. juga telah ridha Islam sebagai agama kita. penutup para nabi dan rasul. sebagai pemberi kabar gembira dan ancaman. yang menyeru kepada Allah dengan seizin-Nya dan sebagai lampu yang menerangi. melalui tangan Rasul yang diutus sebagai rahmat bagi semesta alam.BERIMAN KEPADA NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI NABI DAN RASUL Allah telah menyempurnakan agama ini untuk kita. Beliau adalah Rasul Allah untuk bangsa jin dan manusia. 5/30/12 .