Materi Teknik Persidangan

Oleh: Wage Wardana Incipit Vita Nova Cogito Ergo Sume

Pengertian Persidangan Persidangan didefinisikan sebagai pertemuan formal organisasi guna membahas masalah tertentu dalam upaya untuk menghasilkan keputusan yang dijadikan sebagai sebuah Ketetapan. - Mengikat Wajib dijalankan .

Pimpinan Sidang Komisi dipilih dari dan oleh anggota Komisi dalam Komisi tersebut e.Sidang Komisi a. Sidang Komisi diikuti oleh anggota masing-masing Komisi b.Jenis Persidangan 1). Sidang Komisi dipimpin oleh seorang pimpinan dibantu seorang Sekretaris Sidang Komisi d. Anggota masing-masing Komisi adalah peserta dan peninjau yang ditentukan oleh Sidang Pleno c. Sidang Komisi membahas materi-materi yang menjadi tugas dari Komisi yang bersangkutan .

Sidang Pleno dipandu oleh Steering Committee d.Sidang Pleno dipimpin oleh Presidium Sidang c.Sidang Pleno 2)Sidang Pleno a.Sidang Pleno membahas dan memutuskan segala sesuatu yang berhubungan dengan Permusyawaratan .Sidang Pleno diikuti oleh seluruh peserta dan peninjau Permusyawaratan b.

Aturan Pengetukan Palu 1 kali ketukan a. Menskors dan mencabut kembali skorsing sidang yang waktunya tidak terlalu lama sehingga peserta sidang tidak perlu meninggalkan tempat sidang. . d. Mencabut kembali / membatalkan ketukan terdahulu yang dianggap keliru. c. Mengesahkan keputusan/kesepakatan peserta sidang poin perpoin (keputusan sementara). b. Menerima dan menyerahkan pimpinan sidang. Memberi peringatan kepada peserta sidang agar tidak gaduh. e.

Lobying ialah suatu bentuk kompromi dalam menyelesaikan perbedaan pendapat dalam pengambilan keputusan .2 X Ketukan 2 kali ketukan : Untuk menskorsing atau mencabut skorsing dalam waktu yang cukup lama. makan. lobying. Skorsing ialah penundaan persidangan untuk sementara waktu. sholat. misalnya istirahat.

. Mengesahkan keputusan final /akhir hasil sidang. Membuka/menutup sidang atau acara resmi. b.3 X Ketukan a.

tok…….” Tok……. Mengalihkan pimpinan sidang “Dengan ini pimpinan sidang saya alihkan kepada pimpinan sidang berikutnya” tok. Menutup sidang “Dengan mengucap Alhamdulillahriabilalamin..tok 2. .tok 3.Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Persidangan 1.. Membuka sidang “Dengan mengucap Bismilahirahmanirahim. sidang pleno I saya nyatakan dibuka. “ tok…….tok……. sidang pleno I saya nyatakan ditutup.

Mengambil alih pimpinan sidang “Dengan ini pimpinan sidang saya ambil alih “ tok 5. Menskorsing sidang “Dengan ini sidang saya skorsing selama 15 menit” tok……….4.tok. 6.tok 7. “Peserta sidang harap tenang !” . Mencabut skorsing “Dengan ini skorsing 15 menit saya cabut dan saya nyatakan sidang dilanjutkan“ tok……. Memberi peringatan kepada peserta sidang Tok……….

Mempunyai sifat leadership.Syarat-syarat Presidium Sidang : a. Mampu mengontrol emosi sehingga tidak terpengaruh kondisi persidangan . Memiliki pengetahuan yang cukup tentang persidangan c. bijaksana dan bertanggung jawab b. Peka terhadap situasi dan cepat mengambil inisiatif dalam situasi kritis d.

Sopan dan hormat dalam kata dan perbuatan c. bijaksanan dan menghargai pendapat peserta . Simpatik. tegas dan disiplin b.Sikap Presidium Sidang : a. menarik. Adil.

Macam-macam Interupsi Interupsi Point of Order Interupsi Point of Information Interupsi Point of Clarification Interupsi Point of Explanation Interupsi Point of Personal Privilege .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful