P. 1
konfirmasi

konfirmasi

|Views: 308|Likes:
Published by Yunni Saragih

More info:

Published by: Yunni Saragih on May 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/21/2014

pdf

text

original

Se ar ch

:
Pen elus ura n Lan juta n

Home

Bahan Belajar

Komunitas

Info

FAQ

Sample Slide

Link Terkait

Daftar Isi Kompeten

Materi Pokok » Sekolah Menengah Kejuruan » Kelas X » Bisnis

Konfirmasi Keputusan Pelanggan

Fax . e.Telepon .Menghadap langsung dengan calon pelanggan Karenanya jika dilihat dari segi bahasa tubuh dalam proses negosiasi ada konfimasi dan diskonfirmasi. 1.si Materi Menan yakan Keputu san Pengam bilan Keputu san Melaku kan Konfir masi Simulasi Latihan Tes Tim Seluruhn ya About Telah di download : 9 kali Telah di lihat : 7014 kali Materi Pokok Rating       Melakukan Konfirmasi Melakukan Konfirmasi Pengertian konfirmasi keputusan pelanggan Konfirmasi keputusan pelanggan adalah upaya yang dilakukan pengusaha atau penjual untuk menguatkan dan memastikan tentang keputusan pembelian atau pembatalan pembelian dari calon pelanggan. langsung dari calon pembeli yang diterima penjual saat terjadinya negoisasi. dukunga atau memperkuat penjual. sehingga penjual harus menanyakan kembali baik melalui : . d. Konfirmasi adalah untuk melakukan peneguhan sedangkan diskonfirmasi untuk penggagalan. Konfirmasi. c. 1 2 3 4 5 Comment Comment : . Positive feeling yaitu konfirmasi dengan penungkapan perasaan positif terhadap produk yang ditawarkan yang disampaikan calon pembeli terhadap penjual saat terjadinya negoisasi Clarifying response adalah konfirmasi dengan respons calon pembeli yang meminta keterangan lebih lanjut dari penjual mengenai produk yang ditawarkan. antara lain dapat dilihat dari : a. Konfirmasi keputusan pelanggan sebenarnya dapat diketahui langsung saat terjadinya ngosiasi yang diperhatikan dari bahasa tubuh calon pelanggan. Supportive response adalah konfirmasi dengan respons calon pembeli mengungkapkan pengertian. Direct acknowledgement yaitu konfirmasi dengan pengakuan b. Tetapi konfirmasi juga membutuhkan waktu bila calon pelanggan menangguhkan negoisasi sementara waktu. Agreeing response adalah konfirmasi dengan respons calon pembeli yang memperteguh kesetujuannya terhadap produk yang ditawarkan.Surat .

diskonfirmasi dengan respons yang disampaikan calon pembeli antara perkataan dan pesan/ pernyataan nonverbal bertentangan. yaitu diskonfirmasi dengan respons interupsi atau calon pembeli memotong pembicaraan dan mengambil alih pembicaraan sebelum penjual selesai berbicara. yaitu diskonfirmasi dengan respons tidak ada kaitan dari calon pembeli Interrupting response. Proses Diskonfirmasi Komunikasi verbal dan komunikasi non verbal Komunikasi verbal dapat diartikan sebagai komunikasi yang menggunakan bahasa lisan maupun tertulis. Tangential response. memberikan komentar menggunakan kata ganti orang ketiga Impervious response. Diskonfirmasi. tidak menghiraukan pihak penjual sama sekali atau tidaknya memberikan sambutan verbal maupun non verbal Irrelevant response. g. f. tidak lengkap dan seenaknya. Incongruous response. Incoherent response. yaitu diskonfirmasi dengan respons kosong. e. antara lain dapat diketahui dari a. rancu. Impersonal response.0 Lihat/Beri Komentar Materi Terkait Belum ada materi yang terkait Proses Konfirmasi 1. d. yaitu diskonfirmasi ( pemutusan atau penggagalan ) dengan response sekilas b. Komunikasi non verbal dapat diartikan sebagai komunikasi . yaitu diskonfirmasi dengan respons calon pembeli berbicara dengan kalimat-kalimat yang kacau. yaitu diskonfirmasi dengan respons c.

atau penampilan. Menunjukkan sikap tidak senang atau antipati terhadap orang lain . mimik wajah. simpati. Saat melakukan konfirmasi kepada calon pembeli selain dapat dilakukan komunikasi verbal juga dapat dilakukan komuniksi non verbal. Menunjukkan rasa senang. Berikut adalah beberapa contoh komunikasi non verbal ( bahasa tubuh ) : 1. Menunjukkan sedang berpikir 2. ekspresi wajah. Bahasa tubuh di sini dapat berupa gerakan anggota tubuh. setuju atau penghormatan 3.yang tidak menggunakan bahasa lisan maupun tertulis melainkan menggunakan bahasa tubuh ( body language ).

 memperlihatkan produk yang baik  memperagakan produk dengan menarik  mempersilahkan calon pelanggan memegang produk  memperlihatkan kelebihan dan fungsi produk  gerakan tangan ikut berbicara sepenuhnya Tutup Penjual harus mengetahui seberapa besar tingkat kemantapan calon pelanggan untuk membeli produk karena itu penjual harus mampu . Menunjukkan sikap menolak atau keheranan 5. Menunjukkan sikap setuju atau menerima tawaran pihak lain SOP (Standard Operating Procedure) perusahaan untuk melakukan konfirmasi keputusan kepada calon pelanggan. Butuh    c.4. nenebak kebutuhan calon pelanggan berdasarkan profil pelanggan nengajukan pertanyaan dan diarahkan pada produk yang dijual pertanyaan-pertanyaan yang dapat mempercepat pengambilan keputusan diajukan kepada calon pelanggan. b. Demo d. Sapa     berikan sapaan melalui kontak mata yang bersahabat berikan sapaan melalui gerakan tubuh dengan sikap hormat dan tangan terbuka senyuman yang tulus melalui ucapan kalimat “ Selamat pagi/ Selamat siang/ Selamat malam “. SOP perusahaan untuk melakukan konfirmasi keputusan calon pelanggan langkahlangkahnya adalah sbb : a.

internet Copyright © 2010 Edukasi. teleks 4.memotivasi calon pelanggan tsb kerah transaksi. Beberapa sarana komunikasi untuk melakukan konfirmasi kepada calon pelanggan antara lain : 1. e. Tanya Konfirmasi dilakukan kembali untuk mempertegas jadi atau tidaknya calon pelanggan melakukan pembelian. All rights reserved. faksimili 5. .net. telepon 3. surat 2. e-mail (Electronic Mail) 6.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->