Bagaimana dan seperti apa?

Baksil TBC tersebut dapat terhirup oleh orang lain yang berada di sekitar penderita. 1 orang penderita TBC dapat menularkan penyakitknya pada 10 – 15 orang disekitarnya. Gejala respiratorik (saluran napas) Gejala sistemik 3. b. Baksil TBC dapat menular pada orang-orang yang secara tak sengaja menghirupnya. Cara Penularan Beberapa proses terjadinya penularan penyakit TBC antara lain : a. batuk.1. Tanda dan Gejala TBC a. Pengertian TBC TBC adalah suatu penyakit yang menular yang disebabkan oleh kuman atau baksil TBC. Jika seorang penderita TBC berbicara. TBC menyerang paru-paru tetapi dapat juga menyerang bagian tubuh lainnya. Dalam waktu 1 tahun. d. c. 2. meludah. atau bersin maka kumankuman TBC yang berada di dalam paru-parunya akan menyebar ke udara. b. .

d. Timbun tampungan dahak anda yang jauh dari keramaian. Apabila anda batuk. b. Isoniazid. . c. Pirazinamid dan Etambutol. Gunakan tempat seperti tempolong atau kaleng yang tertutup. Tb biasanya diobati sedikitnya selama 6 bulan. tutuplah mulut anda agar keluarga dan orang lain disekitar anda tidak tertular. Jangan meludah disembarang tempat. dan isi air sabun atau lisol untuk menampung dahak anda.4. Pengobatan Tb dapat diobati dengan 4 macam obat : Rifamisin. Cara yang aman untuk mencegah penularan dahak anda ke orang lain adalah sebagai berikut : 1) 2) Buanglah tampungan dahak anda ke lubang WC. Pencegahan TBC a. 5.

b. 3) Minum obat tidak teratur / tidak sesuai dengan petunjuk yang diberikan.6. Obat 1) Panduan obat tidak adekuat. c. 4) Jangka waktupengobatan kurang dari semestinya. 3) Malas berobat. . alkoholisme. seperti demam. 2) Dosis obat tidak cukup. Penyakit 1) Lesi Paru yang sakit terlalu luas / sakit berat. 2) Merasa sudah sembuh. 3) Ada gangguan imunologis. 5) Terjadi resistensi obat. Kegagalan Pengobatan Sebab-sebab kegagalan pengobatan : a. Drop out 1) Kekurangan biaya pengobatan. dll. 2) Ada penyakit lain yang menyertai.