EPIDEMIOLOGI KESEHATAN INDONESIA

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Sendika N (0310) Hana W.S (0510001) Dita L (0510049) Pippy Y (0510119) Steffi G (0510129) Ratu A (0510134) Ditha Eka S (0510153)

diatas. penduduk. menimpa. yaitu: epipermukaan.• Epidemiologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari 3 kata dasar. secara etimologis. populasi. manusia ologi ilmu tentang Menurut asal katanya. epidemiologi berarti ilmu mengenai kejadian yang menimpa penduduk. atau tentang demos orang. .

kondisi. defek. kegiatan. ilmu perilaku. yaitu: • Untuk menjelaskan etiologi satu penyakit atau sekelompok penyakit. atau kematian melalui analisis terhadap data medis dan epidemiologi dengan menggunakan manajemen informasi sekaligus informasi yang berasal dari setiap bidang atau disiplin ilmu yang tepat. dan untuk pengembangan langkah – langkah dan kegiatan kesehatan masyarakat yang diperlukan.Menurut Lilienfield. sindrom. yang kesemuanya itu akan digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan langkah – langkah. termasuk ilmu sosial atau perilaku • Untuk menentukan apakah data epidemiologi yang ada memang konsisten dengan hipotesis yang diajukan dan dengan ilmu pengetahuan. gangguan. dan ilmu biomedis yang terbaru • Untuk memberikan dasar bagi pengembangan langkah – langkah pengendalian dan prosedur pencegahan bagi kelompok dan populasi yang beresiko. dan program intervensi . ketidakmampuan. ada tiga tujuan umum studi epidemiologi.

Peranan epidemiologi dalam kesehatan masyarakat. • Mengembangkan metodologi dalam menganalisis penyakit serta cara mengatasinya. diantaranya adalah: • Mencari / mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi timbulnya gangguan kesehatan atau penyakit dalam suatu masyarakat tertentu dalam usaha mencari data untuk penanggulangan serta cara pencegahannya. baik penyakit perorangan ( tetapi dianalisis dalam kelompok ) maupun kejadian luar biasa ( KLB ) / wabah dalam masyarakat. • Menyiapkan data / informasi untuk keperluan program kesehatan dengan menilai status kesehatan dalam masyarakat serta memberikan gambaran tentang kelompok penduduk yang terancam. • Membantu menilai beberapa hasil program kesehatan. .

struktur klg. JK. karena dari keterangan yang diperoleh akan dapat diketahui : 1. besarnya keluarga .Keterangan Tentang Faktor Penyebab Timbulnya Masalah Kesehatan Di Suatu Daerah.  Tempat Penyebaran masalah kesehatan menurut tempat terjadinya masalah kesehatan tersebut amat penting. Golongan etnik. Jumlah dan Jenis Masalah Kesehatan yang Ditemukan Suatu Daerah. Kelas Sosial.Metode – metode epidemiologi • Epidemiologi Deskriptif  Orang Umur. paritas. .Hal – Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan Di Suatu Daerah 3. Penghasilan. Pekerjaan. 2. status perkawinan.

yaitu : 1. . Penyebaran pada Satu Wilayah (Setempat / Lokal ) 2.Secara umum dapat dibedaan menjadi 5 macam. Penyebaran Beberapa Negara (Regional) 5. Penyebaran Banyak Negara (Internasional). Penyebaran Satu Negara (Nasional) 4. Penyebaran Beberapa Wilayah 3.

Lama Terjangkitnya Suatu Penyakit . Kecepatan Perjalanan Penyakit 2.WAKTU Manfaat : 1.

Patogenesis b). Virulensi c). Antigen d). Sifat Penyakit yang Ditemukan: a). Infektifitas .Faktor – faktor yang mempengaruhi penyebaran masalah kesehatan menurut waktu antara lain: 1.

Keadaan Tempat Terjangkitnya Penyakit 3. Keadaan Pelayanan yang Tersedia . Keadaan Penduduk 4.2.

Penyebaran masalah kesehatan menurut Waktu. Penyebaran Satu Saat : a) . dapat dibedakan menjadi 4 macam. Penyebaran Sekular . Point – Source Epidemic b) . Penyebaran Siklik 4. yaitu : 1. Contagious Diseases Epidemic 2. Penyebaran Satu Kurun Waktu 3.

• Epidemiologi Analitik Pendekatan ini dipergunakan untuk menguji data serta informasi yang diperoleh dari epidemiologi deskriptif. Studi tentang epidemiologi : .Studi kohort .Studi riwayat kasus .

.• Epidemiologi Eksperimen Studi ini dilakukan dengan mengadakan eksperimen kepada kelompok subjek. kemudian dibandingkan dengan kelompok kontrol.