P. 1
isbd

isbd

|Views: 9|Likes:
Published by Dwi Cahyani

More info:

Published by: Dwi Cahyani on May 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2013

pdf

text

original

1.

Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mcngenai kehidupan yang dicita-citakan. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan. 2. Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.[ 3. Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. 4. definisi seni yang sejatinya adalah segala hal indah yang dirasakan oleh jiwa manusia dan diungkapkan melalui sebuah karya dengan berbagai media. 5. anthropologi, yaitu sebuah ilmu yang mempelajari tentang segala aspek dari manusia, yang terdiri dari aspek fisik dan nonfisik berupa warna kulit, bentuk rambut, bentuk mata, kebudayaan, aspek politik, dan berbagai pengetahuan tentang corak kehidupan lainnya yang bermanfaat 6. Kepribadian adalah organisasi sikap-sikap yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap perilaku. 7. Ilmu sosial dasar ( ISD ) adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah – masalah sosial yang timbul dan berkembang, 8. Hukum[4] adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan.[5] dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana, hukum pidana yang berupayakan cara negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum menyediakan kerangka kerja bagi penciptaan hukum, perlindungan hak asasi manusia dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan di mana mereka yang akan dipilih. 9. Sejarah yaitu kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan manusia, yakni menyangkut perubahan yang nyata di dalam kehidupan manusia. 10. Psikologi adalah ilmu pikiran jiwa serta prilaku manusia 11. Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. 12. (berdasarkan pendapat diatas dapat saya simpulkan bahwa interaksi social merupan suatu proses komunikasi yang terjadi pada saat bertemunya orang-perorangan,orang dengan kwlompok dan kelompo dengan kelompok yang dapat menghasilkan suatu pergaulan dalam hidup) 13. berdasarkan pendapat diatas,dapat saya simpulkan bahwa individu merupakan mahluk yang tidak dapat dibagi dan tidak dapat dipisahkan dari jiwa dan aganya dimana individu sangat berperan dalam pergaulan hidup atau lingkup social)

14. Hukum : segala peraturan tertulis dan tidak tertulis yang mempunyai sanksi yang tegas
terhadap pelanggarnya.

15. Drs. C.S.T. Kansil, SH
Hukum itu mengadakan ketata-tertiban dalam pergaulan manusia, sebagai keamanan dan ketertiban terpelihara.

logos: ilmu) dan ilmu budaya yang merupakan salah satu cabang dari ilmu sosial. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang artinya manusia. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi. mengkaji masalah kemanusiaan dan budaya. SH dan Woerjono Sastropranoto. yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat. SH Hukum itu ialah peraturan-peraturan yang bersifat memaksa. Aristoteles Hukum hanya sebagai kumpulan peraturan yang tidak hanya mengikat masyarakat tetapi juga hakim. Agar manusia menjadi humanus. Istilah ISBD dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. 18.C. berbudaya dan halus. Secara umum dapat dikatakan ilmu sosial dan budaya dasar merupakan pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsepkonsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah sosial manusia dan kebudayaan. lebih berbudaya dan lebih halus.16. lebih berbudaya dan lebih halus. sedangkan ilmu budaya adalah ilmu yang termasuk dalam pengetahuan budaya. .T. pelanggaran-pelanggaran yang dikenai tindakan-tindakan hukum tertentu. J. yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar adalah cabang ilmu pengetahuan yang merupakan integrasi dari dua ilmu lainnya. Plato Hukum merupakan peraturan-peraturan yang teratur dan tersusun baik yang mengikat masyarakat. mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri. Pengertian lebih lanjut tentang ilmu sosial adalah cabang ilmu pengetahuan yang menggunakan berbagai disiplin ilmu untuk menanggapi masalah-masalah sosial. 17. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi. yaitu ilmu sosial yang juga merupakan sosiologi (sosio:sosial. Simorangkir.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->