P. 1
Proposal Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Proposal Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak

|Views: 267|Likes:

More info:

Published by: Afriyani Desty Saputri on May 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/30/2015

pdf

text

original

PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang Kekerasan terhadap anak-anak menjadi isu yabg paling up to date saat ini.

Jumlah kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) sangat memprihatinkan kita. Berita tentang kekerasan dalam rumah tangga terhadap anak seakan tidak pernah usai menyisakan agenda permasalahan yang harus segera dicarikan jalan keluarnya. Kekerasan terhadap anak-anak tidak mungkin disebabkan oleh berbagai faktor pribadi, keluarga, sosial, ekonomi dan budaya. Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) bukanlah persoalan domestic (privat) yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) merupakan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dan kejahatan terhadap martabat kemanusian serta bentuk dekriminasi yang harus dihapuskan. Menurut Kalyana Mitra aktifis anak, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) adalah perubahan fisik dan kata-kata yang terjadi ditempat dimana seseorang seharusnya bisa merasa aman yaitu rumah.1 Pengaruh kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) berakibat sangat buruk dan merusak korbannya sebagaimana pusat penelitian komunikasi dan informasi anak-anak (1999), menjelaskan bahwa akibat perlakuan kejam, korban (KDRT) kebanyakan bercirikan antara lain : 1. 2. 3.
1

Menderita ketengan atau stress tingkat tinggi Menderita kecemasan, depresi dan sakit kejiwaan tingkat tinggi Berkemungkinan untuk bunuh diri

Zul akli, penerapan pidana terhadap anak pelaku tindak pidana, Unimal press, lhokseumawe-NAD, 2008, Hlm 1

4. 7. diancam dengan pidana paling lama 15 (lima belas) tahun dan paling singkat 3 (tiga) tahun dan denda paling banyak Rp. memaksa. sehingga terjadilah sebuah topic yang akan penulis angkat menjadi judul proposal penulis. OP Cit. pasal 82 menentukan bahwa setiap orang yang dengan sengaja melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan. Kekerasan seksual terhadap anak merupakan upaya dalam bentuk paksaan untuk melakukan hubungan seksual yang dilakukan oleh orang lain terhadap anak-anak.000.00 (tiga ratus juta rupiah) dan paling sedikit Rp.000.2 Dalam pasal 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yaitu. serangkaian kebohongan. 60. 8. 6. penelitian ini diawali dari fenomena KDRT di uteuen reutoh. atau membujuk anak untuk melakukan atau membiarkan dilakukan perbuatan cabul. karena masih banyak sekali anak-anak serta keluarga yang mengalami KDRT yang belum mengerti langkah-langkah yang harus diambil pada waktu mengalami KDRT dan pasca KDRT.00 (enam puluh juta rupiah). 300. Permasalah kekerasan seksual dilakukan oleh anak perlu segera ditanggulangi dan diselesaikan yang mana menjadi tanggung jawab pemerintah 2 Zul Akli.000. 2 . Resiko keguguran dua kali lebih tinggi dibandingkan yang bukan korban kekerasan 5. Hlm. Kemampuan menghadapi dan menyelesaikan masalah lebih rendah Lebih terpencil secara sosial Lebih berkemungkinan bertindak kejam terhadap orang lain Lebih sensitive atau mudah terserang penyakit karena stress.000. melakukan tipu muslihat. dimana sebuah keluarga yang kami teliti sering terjadi kekerasan dalam rumah tangga yang mengakibatkan keluarga ini kurang harmonis dala membina hidup berumah tangga. sehingga memutuskan niat saya untuk meneliti kondisi tersebut. Dari penjelasan diatas kiranya hal menarik tersebut perlu dicermati lebih lanjut.

3 Zul Akli. 2.dan lembaga Negara lainnya. Bagaiaman perang orang tua dalam perlindungan anak-anak dari tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Desa Uteuen Reutoh ? 2. hlm. maka peneliti merumuskan masalah yang lebih spesifik. tetapi juga membutuhkan peran serta yang aktif dari orang tua dan seluruh lapisan masyarakat.2 Rumusan Masalah Setelah diketahui variabel-variabel penelitiannya dan kedudukan serta hubungan masing-masing variabel.3 Fokus Penelitian Untuk memperjelas ruang lingkup permasalah dalam penelitan ini diperlukan fokus penelitian sebagai bahan kajian sehingga akan memperoleh suatu penjelasan data yang tepat dan akurat terhadap aspek-aspek yang harus diungkapkan. yaitu : 1. Op Cit. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Mengapa kekerasan dalam rumah tangga masih terjadi. Peran orang tua sebagai perlindungan anak yang baik dan benar dalam keluarga.3 1. Untuk menyederhanakan masalah penelitian yang masih umum tersebut. 2 . untuk pemenuhan hak dan pemberian perlindungan bagi anak. Penyelesaian permasalah tersebut harus selalu mengacu pada Undang-Undang yang telah ditentukan untuk perkara anak yang melakukan tindak pidana yaitu Undang-Undang Nomor 3 tahun1997 tentang Pengadilan Anak. Apa saja motif dan faktor yang menyebabkan dalam perlindungan anak-anak dari tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Desa Uteuen Reutoh ? 1.

3. Anak dijadikan objek pencarian nafkah untuk keluarga. .

Kecamatan Kota Juang.4 Tujuan Penelitian 1. makna dan manfaat baik kaitannya dengan pengembangan ilmu pengetahuan yang sedang dicermati maupun manfaat untuk kepentingan praktis hasil penelitian ini sekurang-kurangnya memilki manfaat sebagai berikut : a. b. . Bentuk-bentuk kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Desa Uteuen Reutoh. Tujuan Penelitian Tujuan penelitan ini adalah untuk memberikan gambaran serta memperoleh data empiris tentang kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Kecamatan Kota Juang. b. dan dampak akibat KDRT.1. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi wacana dan memberikan informasi pada masyarakat tentang KDRT yang terjadi dimasyarakat khususnya Desa Uteuen Reutoh. Kegunaan penelitian Setiap hasil penelitian tentu punya arti. serta fisik maupun psikis 4 Sedangkan secara rinci bertujuan untuk memperoleh informasi dan mendeskripsikan tentang : a. Apa saja motif dan faktor yang menyebabkan dalam perlindungan anak-anak dari tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Desa Uteuen Reutoh ? 2. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang dampak fisik dan psikis KDRT yang dialami anak-anak.

Manfaat praktis Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan dorongan atau masukan yang baik bagi orang tua untuk melindungi anak-anak yang benar dan baik.1.5 Manfaat Penelitian Hasil penelitian di harapkan mempunyai manfaat sebagai berikut : 1. Manfaat Tioritis Penelitian yang dilaksanakan ini diharapkan dapat memperbaiki nasib anak di Desa Uteuen Reutoh. 2. .

Surabaya 1980. 2008. Politik. Penerapan Pidana Terhadap Anak Pelaku Tindak Pidana (Menurut Undang-Undang No 3 Tahun 1997 Tentang Pengadilan Anak) - Zaini Badudu.Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. 1985. Jakarta. SH. Sugandhi Kita. 1993 . kriminologi (pengantar tentang sebab-sebab kejahatan). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Sinar Grafika. Siti Rahayu. Soesilo. . MH.DAFTAR PUSTAKA - Zul Akli. Pustaka Sinar Harapan Jakarta. (hlm 106-107) - R. Tinjauan Tentang Peradilan Anak Di Indonesia. 2001 R. - Agung Wahyono & Ny. Undang-Undang Hukum Pidana dan Penjelasan Usaha Nasional. Bogor.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->