KD II-3.

1

KEBUTUHAN DAN KELANGKAAN BARANG DAN JASA
Oleh : Henny Dwi Jayanti, S.Pd

Tujuan Pembelajaran     Mampu menjelaskan pengertian. dan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan Mampu menganalisis ketersediaan barang dan jasa Mampu mengidentifikasi kelangkaan sesuai faktor-faktor penyebabnya Mampu menjelaskan pengertian biaya peluang . jenis-jenis.

Apa yang dimaksud Kebutuhan?   Kebutuhan adalah keinginan terhadap barang atau jasa yang harus dipenuhi dan jika tidak dipenuhi akan menimbulkan dampak negatif. .bahkan dapat mengakibatkan kematian. hal itu dapat dikatakan sebagai kebutuhan karena jika tidak minum obat dapat menimbulkan akibat negatif. Misalnya penyakitnya dapat bertambah parah. Contoh : minum obat bagi orang yang sedang sakit merupakan kebutuhan.

Contoh: makan bagi orang yang lapar. kebutuhan seseorang dengan orang yang lain tidak sama. kebutuhan yang berhubungan dengan kesehatan jiwa. jembatan. kebutuhan yang pemenuhan dapat ditunda karena tidak mendesak. Contoh: olah raga Kebutuhan rohani.rumah mewah. Misalnya jalan. Kebutuhan jasmani. Contoh: emas.contoh: makanan. minuman. Contoh : menabung Kebutuhan individu.  Kebutuhan berdasarkan SIFAT    Kebutuhan berdasarkan WAKTU    Kebutuhan berdasarkan SUBJEK   . Contoh: ibadah. mobil mewah. Contoh: komputer Kebutuhan tersier. muncul setelah kebutuhan primer terpenuhi. Misalnya seorang guru ekonomi membutuhkan buku pelajaran ekonomi.Jenis-Jenis Kebutuhan  Kebutuhan berdasarkan INTENSITAS    Kebutuhan primer kebutuhan utama atau kebutuhan pertama yang harus dipenuhi oleh manusia. kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani atau fisik. tempat ibadah. Kebutuhan umum.merupakan kebutuhan yang ketiga setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi atau kebutuhan yang berhubungan dengan kemewahan. Kebutuhan sekunder. pakaian. Kebutuhan sekarang. berhubungan dengan fasilitas yang dimanfaatkan secara bersama oleh anggota masyarakat. hal tersebut disesuaikan dengan tugas atau pekerjaan mereka. kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga tidak dapat ditunda-tunda. perumahan serta kesehatan. Kebutuhan akan datang.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan :     Peradaban Lingkungan Adat Istiadat Agama .

Setiap hari manusia membutuhkan dua alat pemuas kebutuhan tersebut. Barang adalah alat pemuas kebutuhan yang berwujud misalnya nasi untuk memenuhi kebutuhan pangan.adapun jasa adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak berwujud misalnya jasa dokter untuk memenuhi kebutuhan kesehatan. Walaupun sama-sama sebagai alat pemuas kebutuhan kedua alat pemuas kebutuhan tersebut memiliki pengertian yang berbeda.Benda Pemuas Kebutuhan  Alat pemuas kebutuhan manusia terdiri atas barang dan jasa. .

nasi dengan singkong. biji besi.  Barang ekonomi adalah barang yang untuk memperolehnya memerlukan sejumlah pengorbanan tertentu. benang. mobil. Barang menurut cara PEMAKAIAN  Barang komplementer adalah barang pemuas kebutuhan yang akan bermanfaat jika digunakan bersama-sama dengan barang lain.  Barang setengah jadi adalah barang hasil pengolahan bahan mentah. Contoh. matahari. sepatu.  Barang jadi adalah barang siap dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh sepeda motor tidak akan dapat berjalan jika tidak ada bahan bakar. Contoh. . untuk memperoleh buku kita harus membeli. Contoh. tetapi belum merupakan produk akhir dan masih akan diolah.  Barang subtitusi adalah barang pemuas kebutuhan yang pemakaiannya dapat menggantikan barang lain. pasir.contoh. Barang menurut BENTUKNYA  Barang tetap adalah barang yang secara wujud fisik tetap bentuknya dan tidak bergerak atau berpindah. Contoh. Contoh. pabrik. udara. Contoh. gedung.Jenis Benda Pemuas Kebutuhan     Barang menurut cara MEMPEROLEH  Barang bebas adalah barang yang tersedia dalam jumlah banyak. batu bara.baju.contoh.  Barang bergerak adalah barang yang secara wujud fisik tetap bentuknya tetapi dapat berpindah tempat. Barang menurut cara PENGERJAAN  Barang mentah adalah barang yang belum mengalami proses produksi.

KELANGKAAN   Alat pemenuhan kebutuhan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan Untuk mendapatkan alat pemuas kebutuhan memerlukan pengorbanan yang lain .

Faktor penyebab kelangkaan:     Kebutuhan manusia terus meningkat. Persediaan sumber daya alam terbatas Kemampuan manusia untuk mengolah sumber daya alam terbatas. . sedangkan sumber daya alam yang baru belum ditemukan Sebagian manusia mempunyai sifat serakah. akibatnya persediaan sumber daya alam cepat berkurang.

baik berupa barang maupun jasa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. .Sumber daya Ekonomi  Sumber daya ekonomi merupakan segala macam alat.

Jenis Sumber Daya    Sumber daya alam Sumber daya manusia Sumber daya modal .

Namun baik biaya eksplisit maupun biaya implisit harus diperhitungkan dalam melakuan keputusan-keputusan ekonomi.Biaya Peluang (Opportunity Cost)  Biaya peluang adalah nilai barang atau jasa yang dikorbankan karena memiih alternatif kegiatan. Konsep biaya peluang adalah sebuah peringatan bahwa jumlah nominal yang dikeluarkan tidak selalu merupakan biaya yang sesungguhnya. sedangkan biaya peluang merupakan BIAYA IMPLISIT.   Contoh : jika Pemerintah memutuskan untuk membangun jalan raya melalui taman kota. akan tetapi hal tersebut akan mengorbankan masyarakat yang harus merelakan kesenangannya untuk menikmati indahnya taman atau menghilangkan penat sambil bercengkerama dengan kerabat atau keluarganya di taman tersebut. . Dan kedua biaya disebut dengan biaya sesungguhnya (genuine cost). biaya tanah yang diperlukan untuk membangun jalan raya mungkin akan terlihat murah dalam hal anggaran atau biaya yang dikeluarkan. Biaya yang benar-benar dikeluarkan disebut dengan BIAYA EKSPLISIT.

.

Sekian dan Terimakasih Wassalam .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful