Anggar

Anggar adalah seni budaya olahraga ketangkasan dengan senjata yang menekankan pada teknik kemampuan seperti memotong, menusuk ataumenangkis senjata lawan dengan menggunakan keterampilan dalam memanfaatkan kelincahan tangan. Dalam artian lebih spesifik, anggaran adalah satu satu cabang olahraga yang diajarkan di sekolah - sekolah Eropa pada masa lalu dalam melatih keahlian dalam menggunakan senjatatajam yang akhirnya menjadi salah satu olahraga resmi di Olimpiade. Etimologi kata "anggar" dalam bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Perancis "en garde", artinya dalam Bahasa Indonesia berarti "bersiap". Kata "en garde" digunakan sebelum permainan anggar dimulai, untuk memberi perintah "bersiap" kepada pemain. Dalam bahasa Perancis sendiri anggar disebut sebagai escrime. Walaupun kita menganggap anggar sebagai permainan yang menghibur, sebagai senjata, sebagai sarana pendidikan atau pun olahraga, ternyata anggar mempunyai perjalanan sejarah yang cukup panjang. Kemampuan teknis, catatan pencapaian yang cukup panjang, di luar hal - hal tersebut adalah nilai - nilai yang terkandung dalam permainan anggar sendiri hingga kini masih diajarkan melalui praktik olahraga itu sendiri. Jika sejarah mengenai anggar ditelusuri, kita akan mengacu pada penggunaan pedang. Sejak dahulu kala, pedang diciptakan sebagai alat untuk melindungi diri. Manusia menggunakan kekuatan dan ketangkasannya, memilih bahan dan alat, meningkatkan ketrampilannya dengan menggunakan kepandaiannya. Semua itu merupakan latar belakang permainan anggar. Anggar merupakan salah satu dari sedikit olahraga yang mengakui profesionalisme sebelum tahun 1980an. Bahkan pada peraturan - peraturan awal Olimpiade yang ditulis oleh Baron Pierre de Coubertin (presiden kedua dari International Olympic Committee), dengan jelas menyatakan bahwa pemain anggar profesional yang disebut dengan Masters diperbolehkan untuk ikut bertanding. Anggar dipertandingkan pada ajang Olimpiade untuk pertama kalinya pada tahun 1896. Merupakan salah satu dari sedikit cabang olahraga yang menjadi program tetap dalam pelaksanaanOlimpiade. [1]

Ujungnya datar dan berpegas dengan pelindung tangan besar. agak kaku. [1] Sasaran foil menurut standar internasional. beratnya 750-770 gram. epee dan sabre. pada pangkalnya tebal dan samping keujung kecil. beratny 500 gram (5 ons). beratnya 500 gram. Bagian bawah pedang untuk menangkis dan ujungnya untuk menusuk.Nomor-nomor dalam anggar Anggar yang dipertandingkan pada olimpiade memainkan tiga nomor. serta ujungnya untuk menusuk. . Dimainkan di arena seluas 14×1. Ujungnya untuk menusuk dan bagian bawah pedang untuk menangkis dan menekan.[2]  Degen (epée): Pedang berbentuk segitiga dan berparit. ujungnya datar atau bulat. seperti parang kecil. lentur dan ringan.[2]  Sabel (sabre): Pedang yang berbentuk segitiga dan sudutnya tidak tajam.5-2 cm di bawah dagu. tumpul dan berpegas. Sebuah tim akan terdiri dari 3 pemain dan masing .[2] Cara Bermain Tiga jenis senjata yang digunakan cabang anggar dalam ajang Olimpiade: foil. Bila ditusukkan dapat naik/turun. Bagian atas pedang untuk memarang dan bagian bawah untuk menangkis. Pelindungan penuh menutupi tangan sampai pangkal tangkai. semakin keatas semakin pipih dan ujungnya ditekuk hingga tidak meruncing. Dalam setiap pertandingan digunakan sistem eleminasi langsung. para pemain dihubungkan dengan sistem penilaian elektronik yang akan bereaksi jika terkena tusukan.masing akan berduel dengan anggota tim lawan. Dilengkapi dengan kabel dan kostum khusus. yang dinamakan berdasarkan senjatanya:  Floret (foil): Pedang yang berbentuk langsing. yaitu torso dan bagian bawah pelindung muka 1. Pelindung tangan yang terdapat pada floret lebih kecil dibandingkan dengan Degen dan Sabel.5 meter.

Line. menunjukkan jangkauan yang didapatkan pemain anggar dibandingkan dengan posisi en garde. Ditutupi linolium (gabus) dan dilengkapi peralatan elektronik untuk mengetahui terjadinya poin. panjangnya 12 meter dan lebarnya 2 meter. [2] Pakaian . Lapangan/Area Arena anggar biasanya dalam ruangan tertutup. yaitu pembagian posisi tubuh pemain anggar Posisi menyerang di sebelah kanan.

Pelanggaran pertama. Sarung Tangan. Baju Jaket terbuat dari bahan yang kuat dan berwarna putih. (6) masker. Pakaian terdiri dari:     Masker (Pelindung Muka). (2) sarung tangan.[2] Kelas dalam Anggar Putra:      épée perorangan épée tim foil perorangan sabre perorangan sabre tim Putri:   épée perorangan foil perorangan . Pelanggaran ketiga. Untuk pemain Epee atau Poil. (3) kabel badan.Pakaian dan peralatan anggar: (1) jaket. apabila melakukan pelanggaran yang ditentukan. wasit mengeluarkan kartu hitam. Pelanggaran kedua. atlet diskor dari pertandingan). (4) Épée. (5) celana. wasit mengeluarkan kartu kuning. (pelanggaran berat. wasit mengeluarkan kartu merah. dapat menjatuhkan sanksi (hukuman) pada atlet. baju pemain terbuat dari metal.[2] Wasit Setiap wasit yang memimpin pertandingan. (7) plastron (pelindung ketiak).

tidak ada informasi yang masuk tentang perkembangan olahraga anggar di Indonesia. Atmo Soewirjo. Mantiri.H. Sedangkan. permainan anggar untuk olahraga dipersilakan bagi para bintara. Mangangantung. banyak guru anggar yang berasal dari mantan instruktur militer Belanda yang menjadi instruktur di Akademi Militer Yogyakarta. KNIL mendirikan sekolah olahraga militer. Sengkey.   foil tim sabre perorangan sabre tim [1] Sejarah Masuknya Anggar ke Indonesia Anggar Pada zaman penjajahan Belanda di Indonesia. Dalam Pekan Olahraga Nasional pertama yang diselenggarakan pada tahun 1948 di Solo. Kemampuan bermain anggar untuk berkelahi diwajibkan bagi setiap tentara Hindia Belanda (KNIL) dengan menggunakan kelewang (pedang) atau sangkur. Sekolah olahraga militer tersebut didirikan guna untuk mendidik para guru anggar. Maryono. serta mahasiswa. Lembaga pendidikan militer tersebut didirikan di Bandung dan Magelang. perwira. Suratman. Warsimin. olahraga anggar mulai diperkenalkan serta dieksibisikan oleh para guru anggar mantan instruktur militer Belanda tersebut. dan guru olahraga lainnya. Tokoh-tokoh militer bangsa Indonesia yang mempunya keahlian bermain anggar pada waktu itu antara lain adalah Drh. Dalam masa perang kemerdekaan. .Singgih. Setu. Paimin Salekan. Mereka mengajarkan cara bermain anggar. Pada masa penjajahan Jepang. Soeparman. para tentara Kerajaan Belanda membawa serta olahraga anggar masuk ke Indonesia. yaitu untuk berkelahi dan olahraga. dan Soekarno. Pada saat itu terdapat dua macam tujuan permainan anggar. Kuron. baik untuk olahraga maupun berkelahi dengan menggunakan sangkur. guru renang. Untuk dapat meningkatkan kemampuan bermain anggar maupun olahraga lainnya. C. J.

Jakarta. Kasimin Atmosoewirjo mulai mengembangkan olahraga anggar di Jakarta bersama dengan puteranya yang bernama Suratmin. dan hanya mengoleksi dua medali perak dari nomor floret perorangan putri atas nama Fabiola Tirza Paulany Ratu dan tim degen putri. para guru anggar yang tersebar di tanah air mulai mengembangkan olahraga anggar dengan cara mendirikan perkumpulan-perkumpulan anggar di beberapa daerah. Bandung. anak. di SEA Games 2007 Thailand hanya kebagian satu medali perunggu untuk nomor tim floret putri setelah dalam semifinal kalah tipis dari Filipina 43-44 di Suranaree University of Technology Nakhon Ratchasima. Tenis meja .[3] Perkembangan Anggar di Indonesia  Cabang anggar Indonesia. Setelah penyerahan kedaulatan Indonesia oleh pihak Belanda. Perjuangan para guru anggar yang telah merintis olahraga anggar di tanah air selanjutnya dikembangkan oleh para penerus. Seperti di Sumatera Utara. pada 1-14 April. Aditya Baskara yang akan bermain di senjata floret putra kadet. Ia mengatakan atlet Kaltim yang dipanggil ialah Ima Safitri. Singgih. Di awal tahun 1950. namun pada akhirnya kurang berkembang. sedangkan dari DKI Jakarta ada Aditya Baskara.Hingga berakhirnya pertandingan cabang anggar.Selebihnya empat medali perunggu dihasilkan dari degen perorangan putra atas nama Agustinus Pieter Manuhutu. olahraga anggar mulai dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional kedua yang diselenggarakan pada tahun 1951 di Jakarta. Baik oleh murid. Jawa Timur. Sulawesi Utara. Indonesia tidak mampu meraih medali emas. didirikan oleh Kasimin Atmosoewirjo. Soekarno. sedangkan Ima Safi tri akan bermain di nomor senjata sabel kadet. dan di Sulawesi Selatan.Sementara itu medali emas direbut tim Singapura yang mengalahkan tim Filipina dengan 37-25 yang berhak atas medali perak. sehingga pada saat ini olahraga anggar dapat terus berkembang di berbagai provinsi di Indonesia. Di lingkungan akademi militer dan polisi juga sempat diajarkan cara bermain anggar. Dalam perkembangan selanjutnya. dan dua dari tim floret putra dan putri. permainan anggar mulai diajarkan di sekolah olahraga maupun perguruan tinggi olahraga. Rusia. Perkumpulan anggar di ibukota kita. dan Drh. degen perorangan putri Isnawaty Sir Idar. Selasa (11/12). Jawa Tengah. Setelah itu olahraga anggar selalu dipertandingkan dalam setiap Pekan Olahraga Nasional hingga sekarang.Setelah penyerahan kedaulatan Negara Republik Indonesia. maupun cucu. Jakarta.  Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) memanggil dua atlet nasional untuk mengikuti Kejuraan Dunia Anggar Kadet dan Junior 2010 di Baku.

Pemegang servis bebas menempatkan bola dari segala penjuru lapangan.7 gram. Peralatan Permainan Raket Raket terbuat dari lapisan kayu tipis yang pada permukaannya dilapisi karet khusus. Lapisan tipis ini bisa di tambahkan lapisan fiber glas.5 inchi (16. adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan.5 cm akan menghasilkan ketinggian pantulan pertama antara 24-26 cm.Tenis meja. nama resmi olahraga ini ialah "bola ping pong" (Tionghoa : 乒乓球. dan kemenangan diraih apabila mencapai 3 atau 4 kali kemenangan set. dan tanda bintang 3 inilah yang menunjukan kualitas tertinggi dari bola tersebut yang biasanya digunakan dalam turnamen-turnamen resmi. sebuah bola pingpong dan lapangan permainan yang berbentuk meja. [3] Meja lapangan Cara bermain Permainan tunggal     Setiap bola mati menghasilkan nilai satu. Induk Olahraga [1] tenis meja di Indonesia adalah PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) dan di dunia adalah ITTF (International Table Tennis Federation) yang anggotanya mencapai 215 negara dan PTMSI tercatat sebagai Anggota ITTF sejak tahun 1961.5 cm) dan lebar 6 inchi (15 cm). Pantulan bola yang baik apabila djatuhkan dari ketinggian 30. . Servis berganti pemain setiap mencapai poin kelipatan 2. karbon atau bahan lain sehingga bat menjadi ringan dan tahan getar. atau ping pong (sebuah merek dagang). Bola Bola tenis meja berdiameter 40 mm berat 2. Pada bola pingpong biasanaya ada tanda bintang dari bintang 1 hingga bintang 3. Biasanya berwarana putih atau orange dan terbuat dari bahan selluloid yang ringan. Pinyin : pīngpāng qiú). Ukuran panjangnya adalah 6. Permainan satu set berakhir apabila pemain mencapai nilai 11. Di Republik Rakyat Cina. Permainan ini menggunakan raket yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet yang biasa disebut bat.

18-16 Bat dan Bola Pingpong Permainan ganda       Setiap bola mati menghasilkan nilai satu. Servis bergantian setiap poin kelipatan 5. misal: 15-13. Pemain bergantian menerima bola dari lawan Pemegang servis hanya bisa menempatkan bola ke ruang kamar sebelah kanan lawan. Permainan satu set berakhir apabila pemain mencapai nilai 11. permainan berakhir jika selisih nilai adalah 2. permainan berakhir jika selisih nilai adalah 2. Apabila terjadi deuce. misal: 15-13. 18-16 Pegangan forehand Pegangan backhand . dan kemenangan diraih apabila mencapai 3 atau 4 kali kemenangan set. Apabila terjadi deuce.

Tenis adalah salah satu cabang olahraga Olimpiade dan dimainkan pada semua tingkat masyarakat di segala usia. Setiap pemain menggunakan raket untuk memukul bola karet.Tenis Tenis adalah olahraga yang biasanya dimainkan antara dua pemain atau antara dua pasangan masing-masing dua pemain. Tenis kemudian berkembang hingga dataran Inggris dan juga menyebar ke Spanyol. Karena pada saat itu dirasakan bahwa kontrol bola lebih terasa menggunakan tangan. Olahraga ini dapat dimainkan oleh siapa saja. Swiss dan Jerman. Inilah cikal bakal lahirnya sebuah raket tenis. termasuk orang-orang yang duduk di kursi roda. Pada abad 16-18 telah mulai banyak digandrungi terutama oleh kalangan Raja-raja dan para bangsawan dengan nama „Jeu de Palme‟ atau olah raga kepalan tangan. Belanda. Pada awal perkembangannya tenis dimainkan dengan memakai tangan atau sebuah tongkat yang dipukulkan bergantian menggunakan sebuah bola dari kayu yang padat. Itali. . Kata Tenis sendiri dipercaya berasal dari pemain Perancis yang sering menyebut kata „Tenez‟ yang artinya “Main!” pada saat akan memulai permainan dan hingga sekarang kata tersebut dipakai sebagai nama olahraga ini. maka media yang berkembang pada waktu itu adalah dengan menggunakan sarung tangan kulit yang kemudian berevolusi kembali dengan menambahkan gagang. Olahraga ini sangat berkembang di Perancis waktu itu. Terekam pada pahatan yang dibuat sekitar 1500 tahun sebelum masehi di dinding sebuah kuil di mesir yang menunjukan representasi dari permainan bola tenis. Inggris pada akhir abad ke-19 sebagai "tenis rumput" yang memiliki hubungan dekat ke berbagai lapangan / rumput game serta untuk permainan tenis kuno nyata. Sejarah tenis Orang Belanda di klub tenis Surabaya (1895-1910=-25) Tenis merupakan olahraga yang sudah sangat tua. Permainan ini kemudian meluas ke seluruh daratan eropa pada abad ke-8. Permainan tenis modern berasal dari Birmingham. Namun tenis mengalami kemunduran saat terjadinya revolusi Perancis dan berkuasanya Napoleon Bonaparte di Eropa. Bola pun berevolusi dari sebuah bola kayu padat menjadi bola dari kulit yang diisi oleh dedak kulit padi. Permainan ini kemudian berkembang lagi menjadi permainan bola dengan dipukulkan melintasi sebuah dinding penghalang.

Arthur Tompkins pada tahun 1872. Dalam buku "Book of Games And Sports". seorang pastur berbangsa Italia. Dua tahun setelah itu dibukalah kantornya di Jalan Worple. . Hasilnya klub ini sangat sukses menarik peminat terutama pada permainan Tenis tersebut hingga pada tahun 1877 mengganti namanya menjadi „All Engand Croquet and Lawn Tennis Club‟. permainan menggunakan bola dan raket sudah dimainkan sejak sebelum Masehi. Menggeliatnya permainan tenis ternyata mampu menggeser permainan Croquet sebagai olahraga musim panas. Menurut beberapa catatan sejarah. Karena pada waktu itu tenis populer dimainkan di halaman rumput.Pada abad 19 barulah tenis dimunculkan kembali oleh para bangsawan Inggris dengan membangun fasilitas-fasilitas country club atau lapangan tenis di rumahnya yang besar. Sementara itu. Turnamen tersebut diikuti oleh 20 peserta dengan penonton sekitar 200 orang dan ini merupakan cikal bakal turnamen Wimbledon yang merupakan salah satu turnamen grand slam tenis bergengsi di dunia. Tenis pada mulanya merupakan permainan masyarakat kelas atas. telah dimainkan untuk pertama kali di sebuah kawasan di Perancis. Sejarah ini berlanjut ketika lokasi klub yang bertempat di Wimbledon terjadi kenaikan sewa tanah yang memaksa klub untuk mendapatkan dana lebih dari biasanya. Tenis lapangan rumput yang terkenal di zaman Ratu Victoria lalu ditiru oleh golongan menengah. Sejak ditemukannya lawn tennis. Sejak itu perkembangan tenis terus meningkat ke negara-negara Eropa yang lain. yang diterbitkan dalam tahun1801. Klub tenis pertama yang didirikan adalah Leamington di Perancis oleh J. Ia menulis aturan umum bagi semua permainan yang menggunakan bola. All England Croquet Club. yaitu di Mesir dan Yunani.B. James Dwight dan F. orang mulai bereksperimen dengan memainkannya di permukaan lain seperti clay court (tanah liat) dan hard court (semen). Amerika Serikat mendirikan klub tenis yang pertama di Staten Island. klub ini juga bersedia memperuntukkan sebagian dari lahannya untuk permainan tenis dan badminton. yang menyerupai permainan tenis kini.R. Puncaknya terjadi pada tahun 1869 ketika salah satu klub croquet ternama di Inggris. Frederick Haynes. termasuk tenis. dan Dr. Perera. Sears. Pada tahun 1875. Pada masa ini juga mulai muncul bola dari karet vulkanisir yang pada waktu itu dianggap dapat mengurangi rusaknya rumput di lapangan tanpa mengurangi elastisitas dari bola itu sendiri. Permainan ini kemudian diperkenalkan ke Italia dan Inggris pada abad ke-13 dan mendapat sambutan hangat dalam waktu yang singkat. tenis disebut sebagai pelota atau lawn rackets. Pada abad ke-11 sejenis permainan yang disebut jeu de paume. All England Croquet Club pun telah didirikan pada tahun 1868. Banyak peminatnya ternyata di antara rakyat setempat terhadap permainan ini. Dr. tidak berhasil menarik banyak peminat dan mencoba untuk memasukan tenis sebagai olahraga lainnya. Oleh karena itu klub mengadakan turnamen tenis pertama di Wimbledon dengan membentuk sebuah panitia untuk mengadakan pertandingan dan membuat peraturan yang baku dalam permainan ini. disebut sebagai "tenis panjang". yang menjadikannya sebagai permainan biasa. Bola yang digunakan dibalut dengan benang berbulu sedangkan pemukulnya hanyalah tangan. Raket bersenar diperkenalkan pertama kali pada abad ke-15 oleh Antonio da Scalo. Harry Gem. Dalam tahun 1874 permainan tenis telah pertama kali dimainkan di Amerika Serikat oleh Dr. Sebutan Lawn Tennis berasal dari seorang Inggris bernama Arthur Balfour. Sehubungan dengan itu. peraturan permainan tenis lapangan rumput ditulis. Wimbledon. Majalah Inggris "Sporting Magazine" menamakan permainan ini sebagai 'tenis lapangan' (lawn tennis). maka terkenal dengan sebutan „Lawn Tennis‟ atau tenis lapangan rumput. Pada masa itu. Terdapat berbagai jenis permainan yang menggunakan raket yang dimainkan dewasa ini dan tenis merupakan salah satu permainan yang paling disukai.

permainan tenis di Amerika Serikat berkembang dengan pesat sekali. Lapangan Lapangan tenis Lapangan tenis dibagi dua oleh sebuah jaring yang di tengah-tengahnya tingginya persis 91.4 cm dan di pinggirnya 107 cm. Teknik bermain     Forehand: sebuah pukulan di mana telapak tangan yang memegang raket dihadapkan ke depan. Groundstroke: sebuah pukulan forehand atau backhand yang dilakukan setelah bola memantul sekali di lapanganmu. Backhand: sebuah pukulan di mana punggung tangan yang memegang raket dihadapkan ke depan. Sebuah bola yang dipukul di luar lapangan (meski tidak menyentuh garis) dikatakan telah keluar dan memberi lawan sebuah nilai. Kejuaraan tenis pertama bermula tahun 1877. Slice: pukulan forehand atau backhand dimana kepala raket dimiringkan sedikit dan dipukul dengan cara mengayunkan raket dari atas ke bawah.Bermula dari situlah. . Setiap paruh lapangan permainan dibagi menjadi tiga segi: sebuah segi belakang dan dua segi depan (untuk service). Lapangan dan beberapa seginya dipisahkan dengan gatis-garis putih yang merupakan bagian dari lapangan tempat bermain tenis. Dari sana lahir banyak pemain tenis tangguh yang menguasai percaturan tenis tingkat dunia.

55 m berada tepat di tengah lapangan. Volley: pukulan forehand atau backhand sebelum bola memantul di lapangan. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Dropshot: sebuah pukulan yang mengenai net lalu jatuh di daerah lawan. Passing shot: sebuah pukulan dimana bola melalui (bukan melintas di atas) musuh yang berada di dekat net (lihat lob). Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yg lunak. . bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau "shuttlecock") melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama. Lob: sebuah pukulan dimana bola dipukul tinggi ke jurusan sebelah belakang lawan. Mirip dengan tenis.      Spin: pukulan forehand atau backhand dimana raket dimiringkan sedikit atau banyak dimana jika mengenai bola akan mengalami perubahan arah (berputar). Smash: sebuah pukulan keras yang menghantam sebuah bola tanpa menyentuh tanah di atas kepala dan diarahkan ke lapangan sang lawan. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Bulu tangkis Bulu tangkis (sering disingkat bultang) atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih. Lapangan dan jaring Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar. Jaring setinggi 1. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning.

Dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan juga kok dari plastik. Kini. Kesukaan pribadi sang pemain memainkan peran yang kuat dalam seleksi senar. Namun.Lapangan bulu tangkis Perlengkapan  Raket Secara tradisional raket dibuat dari kayu.  Senar Mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulu tangkis adalah senar nya. Jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan. Keawetan secara umum bervariasi dengan kinerja. Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat. Kemudian aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan yang dipilih.  Sepatu . dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. hampir semua raketbulu tangkis profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit).  Kok Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis. dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. kaku. terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka. Kebanyakan senar berketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb. sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket.

Permainan berakhir bila salah satu pemain/pasangan telah meraih sejumlah poin tertentu. Sepatu bulu tangkis membutuhkan sol karetuntuk cengkraman yang baik. Memainkan bulu tangkis Area permainan Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi berseberangan pada kedua sisi jaring di lapangan bulu tangkis. dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat. sampai lawan tidak dapat mengembalikannya kembali. Pegangan pukul kasur/Amerika Cara pegangan ini adalah mula-mula raket diletakkan secara mendatar di atas lantai. Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis a. yaitu: 1. Permainan dimulai dengan salah satu pemain melakukan servis. sehingga bagian tangan antar ibu jari dan jaritelunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar. Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket. Setiap kali pemain/pasangan tidak dapat mengembalikan kok (karena menyangkut di jaring atau keluar lapangan) maka lawannya akan memperoleh poin.Karena percepatan sepanjang lapangan sangatlah penting. Pegangan backhand Pegangan ini dapat di peroleh dengan jalan memutar seperempat ke kanan dari pegangan forehead. bulu tangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan kaki. 4. Cara Memegang Raket Pegangan raket ada tiga macam. Area permainan berbeda untuk partai tunggal dan ganda. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dikatakan "keluar". dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik. 2. Kemudian ambil dan peganglah raket pada pegangannya. seperti yang diperlihatkan pada gambar. para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. 3. Pegangan forehand (pegangan dasar) Pegangan ini dapat di peroleh dengan cara mendirkan raket yang sisinya tegak dengan lantai Pegangan ini hampir sama dengan posisi tangan sedang bersalaman. melewati jaring ke wilayah lawan. Pegangan campuran .

Untuk partai ganda. Servis Area servis Servis dilakukan dari satu sisi lapangan (kiri atau kanan) menyilang menyeberangi jaring ke area lawan. yaitu: 1. Pukulan servis panjang c. Pukulan Lob Pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulutangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan. yaitu pukulan lob yang dilakukan dari bawah dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan di lambungkan tinggi ke belakang. Pukulan lob dapat dilakukan dengan dua cara. Overhead lob. Terdapat macam-macam teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis. Underhand lob. Posisi kanan untuk jumlah poin genap dan posisi kiri untuk jumlah poin ganjil. yaitu: a. beberapa peraturan berbeda diterapkan untuk perhitungan poin menggunakan sistem pindah bola dan sistem reli poin: . Partai tunggal dan ganda memiliki area servis yang berbeda seperti yang diilustrasikan pada gambar. Pukulan servis cambuk 2. Pukulan Servis Pukulan servis merupakan pukulan degan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dinyatakan "keluar" dan poin untuk penerima servis. Pukulan servis pendek b. Posisi kiri atau kanan tempat servis dilakukan ditentukan dari jumlah poin yang telah dikumpulkan oleh pemain yang akan melakukan servis. Pukulan servis mendatar d.b. sedangkan untuk set berikutnya dilakukan oleh pemenang dari set sebelumnya.b. Teknik Pukulan Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan pada permainan bulitangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke lapanagn lawan. yaiutu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang. Macam-macam pukulan servis. yaitu: a. Pada set pertama pemain/pasangan yang melakukan servis untuk pertama kali ditentukan dengan undian. Servis dari posisi kanan juga dilakukan saat jumlah poin masih nol.

Pemain yang sama akan terus melakukan servis sampai poin berikutnya diraih oleh lawan. Pemenang adalah pemain/pasangan yang telah memenangkan dua set. Jumlah poin genap atau ganjil menentukan posisi "orang pertama" saat melakukan servis. Pilihan ini berlaku untuk setiap set yang dimainkan. Saat pindah bola. Servis dilakukan oleh pemain yang posisinya sesuai dengan poin yang telah diraih oleh pasangan tersebut.  Sistem reli poin    Setiap pasangan hanya mendapat satu kali kesempatan servis.Sistem pindah bola    Sebelum pertandingan dimulai. . Setiap pasangan mempunyai dua kali kesempatan servis (masing-masing untuk tiap pemain) sebelum pindah bola. kemungkinan berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu tetapi juga disebut-sebut di India danRepublik Rakyat Cina. bukan oleh "orang pertama". pada kejuaraan resmi seluruh partai menggunakan sistem perhitungan 3x21 reli poin. kecuali servis pertama pada tiap-tiap awal set tidak mendapat kesempatan kedua. servis pertama selalu dilakukan oleh pemain yang berada di sebelah kanan. Sejarah Permainan Battledore and Shuttlecock pada tahun 1854 Olah raga yang dimainkan dengan kok dan raket. harus ditentukan salah seorang pemain dari tiap-tiap pasangan sebagai "orang pertama". Sistem perhitungan poin Sejak Mei 2006. tidak ada servis kedua.

Ini kemudian dengan segera menjadi permainan anakanak di wilayah setempat mereka. terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara. objeknya dimanipulasi dengan kaki. Indonesia dan Korea Selatan sama-sama memperoleh masing-masing dua medali emas tahun itu.sebuah permainan baru"). Jianzi yang melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket. Di Inggris sejak zaman pertengahan permainan anak-anak yang disebut Battledores dan Shuttlecocks sangat populer. Asosiasi bulu tangkis Inggris dibentuk pada 1893 dan kejuaraan internasional pertamanya berunjuk-gigi pertama kali pada 1899 dengan Kejuaraan All England. Skotlandia. India pada abad ke-19 saat mereka menambahkan jaring dan memainkannya secara bersaingan. dan Siam (sekarang Thailand) selagi mereka mengolonisasi Asia. Belanda. Selandia Baru. Spanyol. Wales.Nenek moyang terdininya diperkirakan ialah sebuah permainan Tionghoa. Denmark. Irlandia. Ini melukiskan permainan tersebut dimainkan di Gedung Badminton (Badminton House). Penduduk Inggris membawa permainan ini ke Jepang. dan Perancis sebagai anggota-anggota pelopornya. bulu tangkis menjadi sebuah olah raga populer di dunia. Kanada. Olah raga ini menjadi olah raga Olimpiade Musim Panas di Olimpiade Barcelona tahun 1992. Olah raga ini mendapatkan namanya yang sekarang pada 1860 dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt. seorang penyalur mainan Inggris. Olah raga kompetitif bulu tangkis diciptakan oleh petugas Tentara Britania di Pune. Alih-alih. Para tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris pada 1850-an. Oleh sebab kota Pune dikenal sebelumnya sebagai Poona. India bergabung sebagai afiliat pada tahun 1936. Induk organisasi International Badminton Federation (IBF) didirikan pada tahun 1934 dan membukukan Inggris. berjudul "Badminton Battledore . Inggris. usulan untuk mengubah nama International Badminton Federation menjadi Badminton World Federation (BWF) diterima dengan suara bulat oleh seluruh 206 delegasi yang hadir. . Rencengan peraturan yang pertama ditulis oleh Klub Badminton Bath pada 1877. dan di negara-negara Skandinavia. September 2006. permainan tersebut juga dikenali sebagai Poona pada masa itu. Pada IBF Extraordinary General Meeting di Madrid. Ini cukup populer untuk menjadi nuansa harian di jalanjalan London pada tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini. Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai dayung/tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya dari menyentuh tanah. estat Duke of Beaufort's di Gloucestershire. yang saat ini mendominasi olah raga ini. Republik Rakyat Cina. Objek/misi permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan.a new game" ("Battledore bulu tangkis .