P. 1
GAMBAR LAPANGAN TAKRAW

GAMBAR LAPANGAN TAKRAW

5.0

|Views: 4,305|Likes:

More info:

Published by: Ferdinan Liber Lumbantobing on May 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/22/2013

pdf

text

original

GAMBAR-GAMBAR SEPAK TAKRAW

Ukuran lapangan sepak takraw Panjang = 13,42 meter dan lebar = 6,10 meter Garis batas : garis (lines) diberi tanda dengan menggunakan tali, kayu atau ditandai kapur yang lebarnya + 5 cm Lingkaran tengah : Di tengah sebuah lapangan ada lingkaran yaitu tempat melakukan sepakan permulaan (service). Garis menengah lingkaran 61 cm. Garis seperempat lingkaran : Pada penjuru tengah kedua lapangan terdapat garis seperempat lingkaran tempat melambungkan bola kepada pemain yang melakukan sepakan permulaan (service) dengna jari-jari 90 cm.

Tiang dan Jaring (net) Sepak Takraw Tiang : Dua buah tiang didirikan di tengah-tengah kedua garis samping di sebelah luar dengan jarak 30,5 cm dari samping. Tinggi tiang 5 kaki 1 inchi (1,55 m). Jaring (net) : Jaring dibuat dari bahan yang biasa untuk itu (benang kasar/tali) atau dengan nylon dengan ukuran lubang-lubangnya 4-5 cm. Lebar jaring 72 cm dan

garis (lines).panjangnya tidak lebih dari 6. Pemain yang di sebelah kiri dinamakan APIT KIRI dan yang di sebelah kanan dinamakan APIT KANAN. Tiap-tiap regu akan bertukar pada set ke-2 dan pada set ke-3 (rubber set) pertukaran tempat dilakukan setelah diperoleh 8 angka oleh satu pihak. Peraturan Pemain Sepak Takraw a. Memeriksa lapangan.71 m. seorang di kiri dan seorang di kanan. Pada pinggir atas. Tinggi jaring 1.Ketiga-tiganya berada di dalam lapangan .Tidak membelakangi regu yang melakukan service 2. Memberikan petunjuk secara singkat kepada penjaga garis (lines man). c. d. Bola Sepak Takraw Bola dibuat dari rotan yang selapis. wasit terlebih dahulu hendaklah : a. Terdiri dari 9 sampai dengan 11 anyaman dan mempunyai 12 lubang. Mengawasi regu yang menerima service . Petunjuk untuk wasit Sepak Takraw Wasit dapat meningkatkan mutu dari permainan sepaktakraw ini jika ia memimpin dengan penuh semangat dan disiplin. c. bawah dan samping dibuat pita selebar + 5 cm yang diperkuat oelh tali yan g diikatkan pada kedua ring. b. Wasit hendaklah : 1. Sebelum permainan dimulai. Satu orang dari tiga pemain ini berdiri di belakang yang dinamakan "TEKONG". Memperkenalkan regu yang akan bermain dan pemain-pemainnya. e. Mulai permainan : Sebelum angka 0-0 diumumkan. Lingkaran bola 41 sampai 43 cm. Permainan ini dimainkan oleh dua regu yang masing-masing pihak terdiri dari 3 (tiga) orang. Istirahat bisa diberikan selama 5 menit sebelum games (set) terakhir dimulai e. jaring (net). Dua orang lagi ialah pemain depan. bola dan keadannya.55 m dari tanah/lantai. dianyam bentuk bulat seperti bola. Menetapkan regu mana yang pertama melakukan service (sepakan permulaan) d. Mengawasi regu yang melakukan sepakan permulaan (service) . b. Mengumumkan regu yang pertama melakukan sepakan permulaan (service) f.Ketiga-tiganya berada di dalam lapangan .

.16.Tempat pemain tidak bertukar .APIT tidak mengangkat kakinya sewaktu melambungkan bola atau Tekong sewaktu melakukanTendangan Awal Sepak Takraw . melakukan gerakan-gerakan menghadang atau berjalan-jalan (service) * Memegang tiang jaring atau bangku wasit * Masuk ke lapangan lawan *Menahan kawannya dari menyentuh jaring. wasit melakukan undian dengan mempergunakan uang logam (toss of coin) untuk memilih bola atau tempat.Angka 14. .Tidak menginjak garis manapun juga (walaupun seorang) . .. kecuali Tekong sebelah kakinya (kanan/kiri) di dalam lingkaran. bola akhir ..Menyerukan perkataan berikut jika regu yang melakukan service mati * Kandas : pindah bola * Keluar (out) : atau pindah * Menyerukan perkataan "Batal" jika kedua regu (walaupun seorang dalam permainan) * Mengapit atau menahan bola * Meningjak garis tengah * Menyentuh jaring * Memainkan bola lebih dari tiga kali berturut-turut * Bola kena tangan (bawah bahu hingga jari) * Menggertak.Menyepak bola sepakan permulaan .Mengumumkan kemenangan sesuatu regu .Menang WO.. * Angka 13 sama tambahan angka 5 * Angka 14 sama tambahan angka . Pakaian Pemain Sepak Takraw Pemain-pemain harus berpakaian olahraga dengan teratur dan memakai sepatu karet Undian (Toss) Sebelum suatu permainan dimulai.Game terakhir. Tukar tempat (angka 8 pertama) ..17.Kedua kaki pemain apit kanan/apit kiri dalam seperempat lingkaran. Wasit dan penjaga garis (lines man) Permainan di pimpin oleh seorang wasit dan seorang pembantu wasit (wasit II) dengan dibantu oleh 6 orang penjaga garis yang duduk di 4 penjuru lapangan. tiang jaring bahu wasit atau garis tengah * Mengumumkan angka sebelum service dilakukan * Mengumumkan perkataan berikut ini jika terjadi tambahan angka (menanyakan kepada regu yang menunggu angka 13 atau 14).

Jika pada waktu service bola menyentuh jaring dan masuk ke dalam lapangan lawan di anggap sah.Aturan Awal Permainan Sepak Takraw Regu yang memilih bola yang pertama memulai permainan selanjutnya pemenang game (set) pertama memulai permainan set kedua.Tekong tidak meletakan sebelah kakinya dalam lingkaran sewaktu melakukan service .Bola ke luar lapangan . Kesalahan. jatuh di luar lapangan .Apit kiri/Apit kanan mengangkat kaki sewaktu melambungkan bola atau tekong sewaktu sepakan permulaan (service) .Tidak dapat membuat points .Tekong tidak menyepak bola pada lambungan pertama . Tekong (Server) itu hendaklah sebelah kakinya berada dalam lingkaran b. Regu yang menerima service boleh berdiri di mana saja di dalam lapangannya e. Pemain yang seorang lagi haruslah berada di dalam lingkaran penjuru lainnya d. menggertak.Berada di luar lapangan . mengejek dengan tujuan mengganggu pihak lawan Mati bagi regu yang melakukan service : .Kedua kaki pelambung bola dan pemain depan lainnya (Apit kiri/Apit kanan) tidak berada di dalam garis seperempat lingkaran . Untuk regu yang melakukan service : . Cara-cara melakukan sepakan permulaan (service) a.Berjalan. pelanggaran (faults) dan Angka Mati dalam Sepak Takraw Kesalahan pelanggaran (Faults) Sepak Takraw : a.Menginjak garis (walaupun seorang) . Untuk regu yang menerima service : .Bola menyangkut jaring dan tidak masuk ke lapangan lawan .Berada di luar lingkaran . kecuali tekong sebelah kakinya (kiri/kanan) berada di dalam lingkaran .Bola menyentuh jaring dan tidak masuk lapangan lawan. Pelambung bola haruslah berdiri dalam lingkaran penjuru di bagian tengah lapangan c.Tempat pemain-pemain bertukar b.

Memasuki lapangan lawan . wasit meneruskan pertandingan setelah berunding dengan regu yang menerima service untuk ditambah 5 angka 13 sama dan 3 angka untuk 14 sama (seperti dalam permainan bulutangkis) . Kejuaraan paling bergengsi dalam cabang ini adalah King's Cup World Championships. tiang jaring.1511) dan dikenal sebagai Sepak Raga dalam bahasa Melayu. Kedua regu dalam permainan : .Memegang jaring atau tiang jaring . Bola terbuat dari anyaman rotan dan pemain berdiri membentuk lingkaran.Bola jatuh di dalam lapangan sendiri atau di luar lapangan .Bola menyentuh jaring dan tidak masuk lapangan lawan . bangku wasit Angka Mati (Point) Sepak Takraw . dan pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan.Menginjak garis tengah .c. Pemenang games (set) ke-3 adalah pemenang pertandingan itu. Thailand.Jika kedua regu mendapat 13 atau 14 angka sama. yang terakhir diadakan di Bangkok. . dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis.Mengepit bola .Memainkan bola lebih dari 3 kali berturu-turut .Angka kemenangan untuk satu adalah 15 point .Bola mengenai tangan atau lengan . Sepak takraw adalah jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli.Menahan kawan dari menyentuh jaring.Jika kedua regu sama-sama memenangi satu game maka diteruskan dengan game terakhir (rubber set). Permainan ini berasal dari zaman Kesultanan Melaka (1402 .

Raja Ahmad kemudiannya diangkat menjadi Sultan di Pahang. Peraturannya sama dengan bola voli dengan perbedaan: 1. pemain atau tim hanya boleh menyentuh bola 3 kali berturutturut 3. pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan 2. posisi pemain bertahan tidak diputar . dan di Thailand takraw.Catatan sejarah terawal tentang sepak raga terdapat dalam sejarah Melayu.1477). Di Filipina permainan ini disebut sipa. Ketika pemerintahan Sultan Mansur Shah Ibni Almarhum Sultan Muzzaffar Shah (1459 . seorang puteranya bernama Raja Ahmad telah dibuang negeri karana membunuh anak Bendahara akibat persengketaan ketika bermain sepak raga. bergelar Sultan Muhammad Shah I Ibni Almarhum Sultan Mansur Shah. Pada tahun 1940-an hal ini berubah dengan menggunakan jaring dan peraturan angka. di Burma chinlone. di Laos kator.

Mikroskop cahaya sendiri dibagi lagi menjadi dua kelompok besar. Berdasarkan kegiatan pengamatannya. mikroskop dibagi menjadi dua. Mikroskop monokuler merupakan mikroskop yang hanya memiliki 1 lensa okuler dan binokuler memiliki 2 lensa okuler. adalah mikroskop optis. yaitu berdasarkan kegiatan pengamatan dan kerumitan kegiatan pengamatan yang dilakukan. mikroskop cahaya dibedakan menjadi mikroskop diseksi untuk mengamati bagian permukaan dan mikroskop monokuler dan binokuler untuk mengamati bagian dalam sel. Berdasarkan kerumitan kegiatan pengamatan . Berdasarkan sumber cahayanya.GAMBAR-GAMBAR ALAT OPTIK Mikroskop Penemu : Zacharias Janssen Keterangan : Jenis paling umum dari mikroskop. dan yang pertama diciptakan. yaitu. mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Mikroskop ini merupakan alat optik yang terdiri dari satu atau lebih lensa yang memproduksi gambar yang diperbesar dari sebuah benda yang ditaruh di bidang fokal dari lensa tersebut.

panjang tubulus atau jarak(t) lensa objektif terhadap lensa okuler dan yang ketiga adalah jarak pandang mata normal(sn). Jika seseorang yang menggunakan mikroskop cahaya meletakkan huruf A di bawah mikroskop. diantaranya titik fokus kedua lensa( objektif f1 dan okuler f2. mikroskop dibagi menjadi 2 bagian. penjepit kaca objek. terbalik. Pada mikroskop elektron bayangan akhir mempunyai sifat yang sama seperti gambar benda nyata. sejajar. yang terdiri dari kaki dan lengan mikroskop. dan lensa okuler. Pembesaran Tujuan mikroskop cahaya dan elektron adalah menghasilkan bayangan dari benda yang dimikroskop lebih besar. yaitu mikroskop sederhana (yang umumnya digunakan pelajar) dan mikroskop riset (mikroskop dark-field. yang terdiri dari kondensor. fluoresens. pemutar halus dan kasar.yang dilakukan. . dan diperbesar. terbalik. fase kontras. dan konfokal). Pembesaran ini tergantung pada berbgai faktor. Rumus: Sifat bayangan Baik lensa objektif maupun lensa okuler keduanya merupakan lensa cembung. Secara garis besar lensa objektif menghasilkan suatu bayangan sementara yang mempunyai sifat semu. lalu yang menentukan sifat bayangan akhir selanjutnya adalah lensa okuler. lensa objektif. maka yang ia lihat adalah huruf A yang terbalik dan diperbesar. Nomarski DIC. yaitu:   Bagian optik. diafragma. meja objek. bayangan akhir mempunyai sifat yang sama seperti bayangan sementara. Bagian non-optik. dan sumber cahaya. semu. dan diperbesar terhadap posisi benda mula-mula. Pada mikroskop cahaya. dan lebih lagi diperbesar. Struktur mikroskop Ada dua bagian utama yang umumnya menyusun mikroskop.

Biasanya kacamata itu terbuat dari lensa yang berbentuk oval sangat besar dan terbuat dari kristal batu serta bingkai dari tempurung kura-kura. walaupun tidak diketahui dengan pasti apakah Nero memiliki Sejarah kacamata pertama kali dimulai dari Nero. kacamata juga sudah menjadi pelengkap gaya serta menjadi alat bantu khusus untuk menikmati hiburan seperti kacamata khusus tiga dimensi. bangsa Cina menggunakan dua kawat yang diberi pemberat serta dicantolkan ke telinga mereka atau lensanya diikatkan ke topi atau menggunakan kait yang dicantolkan ke pelipis mereka. [2] Penemuan Kacamata Bangsa Cina mungkin yang pertama kali menggunakan kacamata seperti kacamata yang lazim digunakan sekarang ini. [2] . Bagi bangsa Cina waktu itu. yang berkuasa pada masalah dengan penglihatannya. kacamata hanya digunakan sebagai jimat keberuntungan atau alat untuk membuat mereka terlihat lebih keren dan berwibawa sehingga kadang mereka hanya mengenakan bingkai kacamatanya saja tanpa lensa. Nero selalu menggunakan batu permata cekung untuk membaca hingga menonton pertunjukan. Sejarah Pendahuluan Tahun 54 sampai 68 Masehi. seorang kaisar Roma.KACAMATA Penemu :Antony Van Leuwenhook KETERANGAN Kacamata adalah lensa tipis untuk mata guna menormalkan dan mempertajam penglihatan (ada yang berangka dan ada yang tidak) [1] Sekarang selain menjadi alat bantu penglihatan. Supaya dapat memegang kacanya.

[4] . Abbas Ibn Firnas menemukan cara untuk memproduksi lensa yang amat jernih. namun orang percaya bahwa tukang kaca lah yang menjadi penggagas hal ini. seorang ilmuwan Amerika. Pada akhir abad ke tiga belas.Perkembangan Kacamata mulai dikenal di Eropa pada abad ke 13. Walau tidak diketahui secara pasti. Kacamata Abad 16 di Jerman Kacamata pertama yang dipergunakan oleh orang Eropa hanyalah kaca pembesar yang dipegang dengan satu tangan. Kacamata yang dikenakan masih menyerupai dengan kacamata bangsa Cina yakni terbuat dari kristal batu atau batu transparan. Hal ini juga disebutkan oleh Marco Polo dalam bukunya tersebut. gagangnya pun dihilangkan dan digantikan dengan pita atau tali agar bias diikatkan ke kepala. orang menggunakan kacamata per. yakni kacamata yang dijepit dengan alat sejenis peniti ke atas hidung. Akhirnya. munculah ide untuk menggunakan kawat bengkok yang dikeraskan supaya menjadi gagang di telinga. Hal ini berdasarkan hasil penelitian ilmuan dan sejarawan Inggris yang bernama Sir Joseph Needham. Lalu. berhasil menemukan kacamata bifokal yaitu kacamata yang dapat dipergunakan untuk melihat baik untuk jarak jauh maupun jarak dekat. lama kelamaan. Lensa ini ada dibentuk dan diasah menjadi batu bulat yang dapat digunakan untuk membaca sehingga terkenal dengan istilah batu membaca. Lensa yang digunakan untuk mengoreksi penglihatan konon digunakan oleh Abbas Ibn Firnas [3] pada abad ke sembilan. Untuk beberapa waktu. orang Eropa menggunakan kacamata untuk membantu penglihatan mereka. Penelitiannya menunjukan bahwa kacamata ditemukan 1000 tahun lalu di Cina dan tersebar ke seluruh dunia pada zaman kedatangan Marco Polo pada tahun 1270. Namun berbeda dengan bangsa Cina. akhirnya ditemukan bahwa penggunaan kaca sebagai lensa jauh lebih baik daripada menggunakan batu transparan. Benjamin Franklin. Setelah itu barulah digunakan lensa kaca ganda yang diberikan gagang supaya bias dicantolkan ke telinga. [2] Penyempurnaan Kacamata Pada tahun 1784.

nyata. atau lainnya dapat terbakar ketika diletakkan di bawah lup tersebut.KACA PEMBESAR (LUP) KETERANGAN Lup atau kaca pembesar adalah sebuah lensa cembung yang mempunyai titik fokus yang dekat dengan lensanya. oleh karena itu titik fokusnya adalah besaran yang perlu diketahui (lihat juga dibawah). Bayangan yang dihasilkan bersifat tegak. Dalam hal ini cahaya dikumpulkan di sebuah titik yang disebut titik fokus atau titik api yang sifatnya maya atau semu bukan nyata atau di belakang lensa tersebut. Apabila cahaya mencapai tingkat energi yang tinggi maka kertas. Dalam penggunaan sehari-hari jarak titik fokus dari sebuah lup dapat ditentukan dengan percobaan sederhana cahaya dapat dikumpulkan di satu titik yang berjarak tertentu dari lensa lup. Menghitung jarak titik fokus suatu Lup Titik fokus suatu lup menentukan perbesaran yang dihasilkan. serpih kayu. Lup ditemukan oleh seorang dari Arab bernama Abu Ali al-Hasan Ibn AlHaitham. Metode lain yang lebih nyata untuk menentukan jarak titik fokus atau disebut juga Autoklimasi dapat menggunakan:    persamaan gambar Newtonschen (juga dapat diturunkan dari persamaan lensa) Metode Bessel Metode Abbe . Benda yang akan diperbesar terletak di dalam titik fokus lup itu atau jarak benda ke lensa lup tersebut lebih kecil dibandingkan jarak titik fokus lup ke lensa lup tersebut. dan diperbesar.

kamera merupakan suatu peranti untuk membentuk dan merekam suatu bayangan potret pada lembaran film. Nama ini didapat dari camera obscura.Pembesaran       V Perbesaran angular Sudut pandang tanpa Lup Sudut pandang dengan Lup s0 Jarak pandang normal O Besar objek f Titik fokus KAMERA KETERANGAN Penemu : -Edwin Land -Louis Jacques Monde da Guere Kamera adalah alat paling populer dalam aktivitas fotografi. sistem lensa membentuk gambar pada sebuah lempeng yang peka cahaya. Dalam dunia fotografi. mekanisme awal untuk memproyeksikan tampilan di mana suatu ruangan berfungsi seperti cara kerja kamera fotografis yang modern. pancaran elektron itu diperlakukan secara elektronik. bahasa Latin untuk "ruang gelap". Selanjutnya. Lempeng ini akan memancarkan elektron ke lempeng sasaran bila terkena cahaya. Pada kamera televisi. . Dikenal banyak jenis kamera potret. kecuali tidak ada cara pada waktu itu untuk mencatat tampilan gambarnya selain secara manual mengikuti jejaknya.

Untuk film 35 milimeter. atau sejumlah lensa yang tersusun dalam suatu silinder logam. Makin rendah angka f ini. Focal lenght memengaruhi besar komposisi gambar yang mampu dihasilkan. dikenal juga lensa sudut lebar (wide lens). lensa 35 milimeter akan disebut lensa sudut lebar. dengan mengubah kedudukan relatif unsur-unsur lensa tersebut. makin besar bukaannya atau makin kecil tingkat penghalangannya. Lensa sudut lebar mempunyai jarak fokus yang lebih kecil daripada lensa biasa. berupa sebuah lensa tunggal yang terbuat dari plastik atau kaca. lebih dikenal dengan istilah zoom. Untuk kamera SLR. lensa dilengkapi dengan pengatur bukaan diafragma yang mengatur banyaknya cahaya yang masuk sesuai keinginan fotografer. Bukaan relatif diatur oleh suatu diafragma. dan lensa variabel (variable lens. Lensa akan memfokuskan cahaya sehingga dihasilkan bayangan sesuai ukuran film. sedangkan lensa 135 milimeter akan disebut lensa telefoto. . atau oleh kalangan awam disebut dengan istilah lensa zoom. lensa sudut kecil (tele lens).Komponen kamera Sebuah kamera minimal terdiri atas:     Kotak yang kedap cahaya (badan kamera) Sistem lensa Pemantik potret (shutter) Pemutar film Sistem lensa Sistem lensa dipasang pada lubang depan kotak. atau bukaan relatifnya. Dalam masyarakat umum. Bukaan ini diatur oleh jendela diafragma. Lensa dikelompokkan sesuai panjang focal length (jarak antara kedua lensa). Tingkat penghalangan cahaya dinyatakan dengan angka f. Namun sebutan itu bergantung pada lebarnya film yang digunakan. Jenis lensa cepat ataupun lensa lambat ditentukan oleh rentang nilai F yang dapat digunakan. Lensa variabel dapat diubah-ubah jarak fokusnya. Disamping lensa biasa.

Lensa kadang dapat dipertukarkan. Beberapa kamera. yang menjadi populer karena keserbagunaan dan kecepatannya saat memotret. antara lain: 1. 3. dan kamera itu dapat memuat gulungan film untuk 36 singkapan. agar banyaknya cahaya yang mengenai film cukup tepat sehingga diperoleh bayangan atau gambar yang memuaskan.Pemantik Potret Tombol pemantik potret atau shutter dipasang di belakang lensa atau di antara lensa. bahkan kadang lebih. Pemindai komposisi pemotretan (range finder) yang menunjukkan apa saja yang akan terpotret serta apakah objek utama akan terfokuskan 4. sesuai perkembangan teknologi). Jenis film Pembagian film berdasarkan ukuran:   Small format (35mm) Medium format (100-120mm) . Mekanisme fokus yang dapat mengubah-ubah jarak antara lensa dan film. lightmeter untuk membantu menetapkan kecepatan pemetik potret dan atau besarnya bukaan. silver halida yang telah terekspos cahaya dengan ukuran yang tepat akan menghitam. terutama jenis kamera poket biasanya tidak memiliki salah satu dari bagian-bagian tersebut. Butiran silver halida yang menempel pada pita ini sangat sensitif terhadap cahaya. karena kamera ini berukuran kecil. Mekanisme memutar film gulungan agar bagian-bagian film itu bergantian dapat disingkapkan pada objek 2. Kamera film Jenis kamera film yang digunakan adalah dari jenis 35 milimeter. Saat proses cuci film. Waktu ini ialah singkatnya pemetik potret itu membuka. kompak dan tidak mencolok. Kebanyakan kamera SLR mempunyai mekanisme pengatur waktu untuk memungkinkan mengubah-ubah lama bukaan shutter. Beberapa masyarakat awam menganggap kemampuan kamera sebanding dengan besarnya nilai maksimum shutter speed yang bisa digunakan. sehingga memungkinkan berkas cahaya mengenai film. sedangkan yang kurang atau sama sekali tidak terekspos akan tanggal dan larut bersama cairan pengembang (developer). Bagian lain Bagian lain sebuah kamera. Jenis kamera berdasarkan media penangkap cahaya Kamera film menggunakan pita seluloid (atau sejenisnya.

Si pemotret dapat dengan mudah menangkap suatu objek tanpa harus susah-susah membidiknya melalui jendela pandang karena kamera digital sebagian besar memang tidak memilikinya. Large format Angka di atas berarti ukuran diagonal film yang digunakan. sehingga apa yang terlihat oleh pemotret dalam jendela pandang adalah juga apa yang akan di tangkap pada film. Kamera instan Istilah instan adalah dimilikinya mekanisme automatik pada kamera. lebar diafragma dan kecepatan pemetik potret secara otomatis telah diatur. kamera digital menggunakan internal memory ataupun external memory yang menggunakan memory card. Pembagian film berdasarkan jenis bahan dan kesensitifannya:        Film hitam putih Film warna Film positif Film negatif Film daylight Film tungsten Film infra merah (sensitif terhadap panas yang dipantulkan permukaan objek) Kamera polaroid Kamera jenis ini memakai lembaran polaroid yang langsung memberikan gambar positif sehingga pemotret tidak perlu melakukan proses cuci cetak film. Kamera digital Kamera jenis ini merupakan kamera yang dapat bekerja tanpa menggunakan film. Sebagai media penyimpanan. Jenis kamera berdasarkan mekanisme kerja Kamera single lens reflect Kamera ini memiliki cermin datar dengan singkap 45 derajat di belakang lensa. . Umumnya kamera ini digunakan setinggi pinggang ketika dipotretkan. Sebagai gantinya. sehingga berdasar pengukur cahaya (lightmeter atau fotometer). kamera digital menggunakan sebuah layar LCD yang terpasang di belakang kamera. Setiap jenis ukuran film haru menggunakan kamera yang berbeda pula. Lebar layar LCD pada setiap kamera digital berbeda-beda.

dan lainnya). lensa kamera. Fotografer ahli biasanya akan lebih memilih viewfinder dengan kualitas baik dan mampu memberikan gambaran tepat seperti apa yang akan tercetak. Teleskop merupakan alat paling penting dalam pengamatan astronomi. Teropong / Teleskop Keterangan Penemu : Galileo Galilei Teleskop atau teropong adalah instrumen pengamatan yang berfungsi mengumpulkan radiasi elektromagnetik dan sekaligus membentuk citra dari benda yang diamati[1]. dan kini teleskop meliput seluruh spektrum elektromagnetik setelah makin majunya penjelajahan angkasa setelah tahun 1960. dan juga kecerahannya. Meinel. kemudian berkembang ke panjang gelombang radio setelah tahun 1945. atau keker. Newton. binokular. Teleskop memperbesar ukuran sudut benda.Pembagian kamera berdasarkan teknologi viewfinder Viewfinder memainkan peranan penting dalam penyusunan komposisi fotografi. Pada awalnya teleskop dibuat hanya dalam rentang panjang gelombang tampak saja (seperti yang dibuat oleh Galileo. Foucault. monokular. Penemuan atau prediksi akan adanya pembawa informasi lain (gelombang gravitasi dan neutrino) membuka spekulasi untuk membangun sistem deteksi bentuk energi . Galileo diakui menjadi yang pertama dalam menggunakan teleskop untuk maksud astronomis. Jenis teleskop (biasanya optik) yang dipakai untuk maksud bukan astronomis antara lain adalah transit. Hale.

Perkembangan teleskop juga diimbangi pula dengan perkembangan perhitungan gerak benda-benda langit dan hubungan satu dengan yang lain melalui Johannes Kepler (1571-1630) dengan Hukum Kepler. Dengan dua teori perhitungan inilah yang memungkinkan pencarian dan perhitungan benda-benda langit selanjutnya. ia bisa melihat berbagai perubahan bentuk penampakan Venus. Sir Isaac Newton (16421727) dengan hukum gravitasi. Galileo Galilei (1564-1642) dengan teleskop refraktornya mampu menjadikan mata manusia "lebih tajam" dalam mengamati benda langit yang tidak bisa diamati melalui mata bugil. Periskop Keterangan Penemu : Morgan Robertson . satelit Saturnus. Kini sudah umum untuk menyebut teleskop gelombang gravitasi atau pun teleskop partikel berenergi tinggi. Karena teleskop Galileo bisa mengamati lebih tajam. Dan puncaknya. Sejarah Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pengamatan pada lima abad lalu membawa manusia untuk memahami benda-benda langit terbebas dari selubung mitologi. Teleskop Galileo terus disempurnakan oleh ilmuwan lain seperti Christian Huygens (1629-1695) yang menemukan Titan. seperti Venus Sabit atau Venus Purnama sebagai akibat perubahan posisi Venus terhadap Matahari.tersebut dengan peranan yang sama dengan teleskop klasik. yang berada hampir 2 kali jarak orbit BumiYupiter.

Periskop sederhana sering digunakan sebagai alat untuk melihat ketika dihalangi kerumunan orang.dapat diproyeksikan pada layar. Periskop yang canggih biasa ditemukan pada kendaraan tempur lapis baja dan kapal selam.Periskop merupakan alat optik untuk mengamati suatu objek dari posisi tersembunyi. Gambar/tulisan dengan spidol pada plastik tembus cahaya .atau seminar.rapat. . OHP biasanya digunakan sebagai alat bantu mengajar. Periskop sederhana dapat dibuat dengan menggunakan tabung yang diberikan cermin paralel yang saling berhadapan dengan sudut 45° pada setiap sisinya. Overhead projector (OHP) Keterangan Penemu : Thomas Alva Edison Overhead Projector digunakan pada gambar tembus cahaya .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->