P. 1
KERANGKA ACUAN KERJA

KERANGKA ACUAN KERJA

|Views: 210|Likes:
Published by Fetrada Nady Satria

More info:

Published by: Fetrada Nady Satria on May 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/16/2015

pdf

text

original

RENCANA PENGEMBANGAN KAWASAN INDUSTRI ROTAN DESA TELUK WETAN KABUPATEN JEPARA ( Industrial Area of Rattan

)

KELOMPOK : 5 Ferdiansah Ramadhana ( 34839 ) Nasril Azmi ( 35249 ) Gigih Marang Kawitan ( 34867 ) Adigya Agung Permana ( 34800 )

PRODI PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA JURUSAN TEKNIK ARSITEKTUR DAN PERENCANAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GADJAH MADA 2011

Lokasi yang agak masuk kedalam memang tidak mudah untuk menemukan sentra kerajinan Rotan ini. Misalnya akan terbuka kesempatan untuk kebutuhan penyaluran. Kepekaan dan kemauan yang tinggi dari para pengrajin memanfaatkan kekayaan alam di sekitarnya telah membuka peluang usaha yang menguntungkan bagi mereka dan masyarakat luas. Di balik nama besar Kabupaten Jepara sebagai kota ukir. 2. Kerajinan berbahan rotan terkonsentrasi di Jepara bagian selatan. Kerajinan rotan dari jepara disebut-sebut memiliki kualifikasi baik dilihat dari konstruksi maupun kerapianya. Hal tersebut terbukti pada jenis dan desain produk – produk baru yang tercipta dari ide dan kreativitas para pengrajin yang telah mampu mau memanfaatkan keanekaragaman kekayaan alam yang tersedia di Jawa.1. Nilai produksinya mencapai nilai Rp 2 milyar pertahun. Bagaimana pengaruh dari pemusatan kawasan industri rotan di daerah teluk wetan terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar ? 6. 2. agen . transportasi sampai pemanfaatan sebagai sarana rekreasi dan kunjungan wisata. Terdapat 364 unit usaha berbahan rotan yang lebih melibatkan 2000 tenaga terampil. maka tidak berlebihan jika beberapa waktu yang lalu Jepara dicanangkan sebagai The World Carving Center. Keunikan yang dimaksud ialah adanya industri kerajinan berbahan rotan. Latar Belakang Pertumbuhan industri kecil dan dan kerajinan di Provinsi Jawa Tengah setiap tahun selalu mengalami perkembangan. Pertanyaan penelitian 1.464 tenaga kerja terlibat disektor industri yang memiliki 312 unit usaha ini. Bagaimana penunjang dari pengembangan kawasan industri rotan mulai dari sarana prasarana dan kelengkapan ruang hidup yang ada ? . Bagaimana perkembangan industri rotan saat ini ? 2. terdapat pula potensi keunikan yang dimiliki oleh daerah yang juga kaya dengan objek wisatanya. Faktor – faktor Apa saja yang menjadi hambatan selama ini ? 3. Apa saja strategi / inovasi yang sudah diterapkan mulai dari pengolahan serta pemasaran barang ? 4. Bagaimana pengaruh dari usaha pengolahan kerajinan rotan terhadap pertumbuhan ekonomi keluarga ? 5. Pusat Kerajinan Ukir Dunia.

Mampu menarik para pengunjung/wisatawan dengan wisata kerajinannya.3. Desa Teluk Wetan b. Lingkup Penelitian I. prilaku. Substansi . serta kegiatan masyarakat di desa Teluk Wetan. c. Kegiatan Kehidupan Pada substansi kegiatan kehidupan penulis menjelaskan tentang kegiatan ekonomi. seperti tempat/areal cakupan. Tujuan dan Sasaran Tujuan : 1. skala serta besaranya. sehingga dapat meningkatkan pendapatan pengrajin 2. Ruang Tampungan Pada substansi ruang tampungan penulis menjelaskan tentang keadaan lokasi tinjauan. Fokus analisis terhadap potensi kawasan. Dapat menambah pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jepara 3. sistem pelayanan dan keterkaitan dengan sektor dan ruang. Penduduk Pada substansi penduduk penulis menjelaskan tentang kehidupan. Dapat menyerap tenaga kerja dalam upaya mengurangi tingkat pengangguran 4. a. Memajukan sentra industri rotan dengan konsep perancangan dan program ruang yang khas bagi sebuah sentra kerajinan ukir rotan sehingga lebih mempunyai nilai jual untuk promosi dan pemasaran produk hasil kerajinan tersebut. 2. Menciptakan Kawasan sentra Industri Rotan yang berwawasan lingkungan ( EcoIndustrial Park ) Sasaran : 1.

bahkan sampai menembus pasar luar negeri. Salah satu upayanya seperti menghasilkan pelaku – pelaku usaha/industri . II. Bandungrejo. Kalipucang Wetan. Pengembangan Industri Pedesaan Pengembangan industri pedesaan merupakan upaya untuk menjadikan salah satu roda penggerak perekonomian pedesaan. Produknya : Kursi. Meja. dan Sidigede Potensi Desa Teluk Wetan merupakan desa pusat kerajinan anyaman rotan. . 5. dll. Brantak Sekarjati. Pendekatan Pengerjaan Metode Pengerjaan : 1. Letak Geografis Desa Teluk Wetan diapit oleh desa Manyargading. Korea Selanat. memfasilitasi para pelaku usaha dengan program – program yang direncanakan. Eropa. dll. Tata Kelola Pada substansi tata kelola penulis menjelaskan sistem penanganan pengelolaan ruang/kawasan yang ada di kawasan desa Teluk Wetan. dll. seperti : China . 17 Oktober 2011 – 23 Oktober 2011 Areal Desa Teluk Wetan berada di Kecamatan Welahan . Temporal Waktu Pelaksanaan Survey Lapangan :  III. Kabupaten Jepara . Teoritis a. Kerajinan rotan dari Desa Teluk Wetan ini dijual di dalam negeri.d.

Pengembangan Pariwisata yang dimaksud :    Pemeliharaan dan meningkatkan manfaat objek wisata local Pengembangan industri lokal Pelestarian dann pengembangan budaya local . d. Pengembangan pariwisata juga diharapkan menjadi salah satu sektor unggulan di pedesaan. Pengembangan potensi dan pemanfaatan teknologi tepat guna lahan dalam rangka menunjang industry kecil pedesaan  c. Contoh Program Pengembangan Ekonomi Kerakyatan :   Program Pemberdayaan Usaha Kesil Pedesaan dengan kegiatan berupa penyediaan kredit tanpa bunga Pengembangan dan pemberdayaan koprasi serta pengusaha mikro dan menengah melalui pembinaan pengusaha kecil. Pembangunan Infrastruktur Pembangunan infrastruktur daerah diupayakan dapat meningkatkan aksesbilitas dan mendukung mobilitas penduduk dalam melakukan kegiatan koleksi serta distribusi barang yang merupakan produk utaman masyarakat setempat.b. pengembangan industry kecil dan pembangunan sarana prasarana ekonomi desa. Pengembangan ekonomi pedesaan sejalan dnegan pengembangan ekonomi kerakyatan dimana dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan pendapatan masyarakat dan pengentasan kemiskianan di pedesaan. Pengembangan Pariwisata Pengembangan pariwisata daerah diarahkan pada upaya pelestarian nilai-nilai luhur warisan budaya local sebagai pendukung objek wisata daerah. Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Pengembangan ekonomi kerakyatan pada intinya adalah mengelola seluruh potensi ekonomi yang menguasai hajat hidup orang banyak dengan menerapkan prinsip atau asas ekonomi kerakyatan.

b. Penyempurna Pada eksistensi komponen ruang desa Teluk Wetan terkait pembahasan Penyempurna menerangkan tentang keberadaan kelengkapan ruang hidup seperti tempat peribadatan. c. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ( AMDAL ) Adanya analisi mengenai dampak lingkungan diharapkan dapat menjadi bahan dalam merencanakan pembangunan wilayah serta membantu dalam pengambilan keputusan tentang kelayakan lingkungan hidup dari rencana kegiatan. Marga Pada eksistensi komponen ruang desa Teluk Wetan terkait pembahasan marga menerangkan tentang keberadaan jaringan sarana dan prasarana. dll. d. pendidikan.e. Empiris a. Karya Pada eksistensi komponen ruang desa Teluk Wetan terkait pembahasan karya menerangkan tentang keberadaan tempat kerja dan lapangan pekerjaan. 2. Suka Pada eksistensi komponen ruang desa Teluk Wetan terkait pembahasan suka menerangkan tentang kebeeradaan unsur rekreasi / tempat wisata. .

Pendekatan Kerangka Pemikiran SENTRA KAWASAN INDUSTRI ROTAN STADIA INDUSTRIALISASI STADIA INDUSTRI ROTAN STADIA MARKETBEL SURPLUS STADIA SUBSISTEN Keterangan : 1.6. Stadia Subsisten sebagai subsidi pemerintah untuk kebutuhan hidup dan produksi. 2. Stadia Marketbel surplus sebagai surplus produksi dan juga demand barang sebagai pendapatan . investasi fasilitas / infrastruktur dasar. Stadia Industri sebagai demand barang dan juga sebagai eksport selain itu sebagai investasi pemerintah dalam penyediaan prasarana sistem industri . 3. modal dan investasi.

drainase. PROGRAM PEMBINAAN Industri Rotan Program Pembinaan Oleh Ditjen Perindustrian Pembinaan iklim usaha/industri Bantuan Usaha Sarana Pengembangan Industri Peningkatan Perangkat di Pusat Kemampuan Pelaksanaan Pembinaan Kerjasama antara instansi lembaga dalam negeri Sumber : Kuliah Perencanaan kawasan industri. pwk ugm . Stadia marketbel menjadi sebagai modal para investor dan Stadia Industri sebagai investasi pemerintah dalam penyediaan prasarana sistem industri. dll. Masyarakat setempat mengupayakan untuk bisa bekerjasama untuk mencipkan pembangunan sebuah kawasan dalam menciptakan perkembangan wilayah tersebut dengan cara tidak menaikan harga tanah yang menjadi proyek pemerintah dalam penentuan pembangunan kawasan sentra industri rotan dengan harapan mereka menjadi target dalam menjalankan pengembangan ekonomi kerakyatan. jaringan listrik.Implementasi di lapangan : Pada dasarnya dalam menciptakan kawasan sentra industri rotan memerlukan campur tangan dari berbagai belah pihak mulai pemerintah. masyarakat setempat maupun para pengusaha. Pemerintah berperan penting dalam menyediakan infrastruktur dengan adanya investasi fasilitas mulai dari pembangunan jalan.

dan masalah perkembangan kawasan permukiman yang berdekatan dengan lokasi industri. Untuk itu keberhasilan industri tergantung sejauh mana teknologi dapat diterapkan di lapangan terutama teknologi penanganan dan teknologi pengolahan. Tinjauan Pustaka Kawasan industri ialah suatu tempat pemusatan kegiatan industri yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang disediakan dan dikelola oleh perusahaan kawasan industri atau pemerintah. Hal ini berbeda dengan Zona Industri yang juga pemusatan industri tetapi tidak dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai. maka pemerintah melalui Keppres No. pada awalnya kawasan industri hanya dikembangkan oleh pemerintah melalui BUMN sebagai reaksi terhadap meningkatnya jumlah industri dengan dampak polusi lingkungan yang diakibatkannya.7. Hak atas tanah. IMB. Industri pedesaan merupakan usaha ekonomi pedesaan dalam merubah nilai tambah hasil usaha dan merupakan usaha dalam penerapan teknologi. Namun seiring dengan meningkatnya investasi baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Di Indonesia. IUT diajukan kepada BKPM dengan dilengkapi Ijin Lokasi. keterbatasan infrastruktur. Selanjutnya. Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) dan persetujuan Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) bagi perusahaan wajib Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL). Proses Perijinan Pembangunan Kawasan Industri . 53 tanggal 27 Oktober tahun 1989 mengijinkan usaha kawasan industry dikembangkan oleh pihak swasta. bagi suatu perusahaan industry untuk melaksanakan kegiatan produkssi di dalam kawasan industri diperlukan Ijin Usaha Tetap (IUT). Proses perijinan untuk kawasan industry sama seperti bidang usaha realestat lainnya masih rumit dan memakan waktu yang lama.

Pemasaran produk dari kerajinan rotan ini sudah sampai luar negeri diantaranya eropa. Masyrakat di desa Teluk wetan ramah khas kultur pedesaan. dan korea selatan. Di desa Teluk wetan terdapat 346 unit usaha berbahasn rotan yang melibarkan lebih dari 2000 tenaga terampil/pengrajin. . Nilai produksi untuk unit usaha pemasaran dalam negeri berkisar Rp 120 juta /bulan dan untuk unit usaha pemasaran luar negeri bisa mencapai Rp 2 miliar /tahun. Kemunculannya hampir sama dengan kerajinan ukir. produk dari kerajinan rotan ini berbentuk kursi. Kerajinan rotan di desa Teluk wetan sudah dari jaman dulu. jepara juga terkenal dengan potensi dan keunikan lain berupa kerajinan yang layak dan patut dibanggakan dan terus dikembangkan. meja. namun sebenarnya tidak dapat dikatakan sebagai kawasan industri . para pengrajin menemui berbagai keluhan mulai dari sarana dan prasaran yang ada untuk mendukung pertumbuhan indutsri rotan di desa Teluk wetan tersebut. saat ini pasar kerajinan rotan mulai merintis kembali untuk mengulang puncak kejayaan lagi. tempat tisu.8. namun pada saat krisis global permintaan mulai menurun terutama untuk pasar luar negeri . Nama kawasan indutri rotan mulai terkenal saat pemerintah mulai memberikan status pada desa Teluk wetan sebagai Sentra Kerajinan Anyaman Rotan. Selain terkenal sebagai kota ukir. Kawasan Industri Rotan desa teluk wetan ini tidak direncanakan. Namun. china. Namun. namun kerajinan ukir di kota jepara lebih populer dibanding dengan kerajinan rotan. Puncak kejayaan kerajian rotan di desa Teluk wetan yaitu pada tahun 1995-2005. Salah satunya adalah kerajinan berbahan rotan yang terletak di desa Teluk wetan. lebih tepatnya zona industri rotan . dll. tempat bunga. Pembahasan Desa Teluk wetan merupakan sentra kawasan kerajinan rotan dan bambu di Jepara.

Dulu bahan baku di dapat dari Kab. .Sewa Bangunan Siap Pakai Keterangan : Untuk penjelasan Final Rencana Kawasan akan diterangkan pada laporan akhir / Final Plan. Unit – unit usaha membangun shorum dan tempat produksi sesuai keingan mereka dengan melihat potensi tempat yang akan mereka jadikan tempat penjualan kerajinan atau produksinya. namun mulai pada tahun 2000 dihentikan dikarenakan adanya peringatan dari dinas BLH karena hutan di jepara sudah mencapai pada level kritis. b. Pengriman bahan baku melalui laut dan perjalanan darat. Jepara sendiri. dimana standar teknis mencakup : a. Harapan mereka untuk kedepannya pemerintah dapat merencanakan kawasan industri rotan desa teluk wetan lebih tertata dan memeberikan sarana – prasarana yang mendukung pertumbuhan usaha mereka. - Komposisi Penggunaan lahan Kapling Industri : 70% RTH : 10% Prasana sarana : 20 % Prasarana dan sarana Instalasi pengolahan limbah industri Tenaga Listrik Perumahan Tenaga Kerja Pola Sirkulasi Ukuran Kapling industri .Pembangunan Koprasi . Gambaranan Sementara Rencana Kawasan Industri Rota Desa Teluk Wetan Dalam merencanakan kawasan industri penulis bertumpu pada surat keputusan mentri perindustrian Nomor: 291/M/SK/10/1989.Bahan Baku : Rotan Produk : Hiasan Rumah Bahan baku untuk pembuatan anyaman kerajinan rotan di dapat dari sumatera dan Kalimantan. Perencanaan penataan kawasan industri di desa Teluk wetan masih belum dapat terealisasikan.

Jadwal Waktu Jadwal dan Waktu Mid Semester = 7 November 2011 Ujian Akhir Semester = 9 Januari 2012 11..9.ipb./kawasan-industri-mulyoharjo http://repository. Rencana Kegiatan RENCANA KEGIATAN KEGIATAN DISKUSI MEMBUAT TOR REVISI TOR SURVEY LAPANGAN ANTARA ( LAPORAN SEMENTARA ) MEMBUAT LAPORAN AKHIR Catatan : Waktu Survey Tanggal 17 Oktober 2011 – 23 Oktober 2011 ( Jadwal Survey Studio Analisis Wilayah ) 1 MINGGU KE 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 10. Daftar Pustaka kawasanjepara..id/handle/123456789/11510 .org/.com ocimulyoharjo.blogspot.ac.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->