P. 1
Contoh Proposal PTK

Contoh Proposal PTK

|Views: 101|Likes:
Published by pegasus.agus

More info:

Published by: pegasus.agus on May 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2012

pdf

text

original

Contoh Proposal PTK A.

Judul: Peningkatan Motivasi Belajar Matematika dengan Penerapan Pendekatan Kuantum pada Siswa Kelas X-3 SMA Negeri1 Yogyakarta B. Pendahuluan 1. Latar Belakang Masalah • Matematika merupakan pelajaran pokok di sekolah, selain

• •
• • • • •

bahasa Indonesia Matematika merupakan salah satu mapel yang di-UN-kan Tujuan utama pelajaran matematika di sekolah adalah agar siswa ... Oleh karena itu, sudah semestinya siswa memiliki motivasi belajar matematika yang tinggi Namun demikian, selama ini pelajaran matematika diwedheni Siswa benci dengan matematik, sehingga motivasi belajar matematika mereka rendah Guru bingung: bagaimana saya mengajarkan matematika pada situasi sekarang ini? Salah satu model pembelajaran matematika yang modern, aktual, dan menarik adalah pendekatan kuantum. Pendekatan ini, Insya Allah, dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa yang mampet. Penelitian ini akan berupaya meningkatkan motivasi belajar matematika melalui penerapan pendekatan kuantum

2. Perumusan Masalah Sesuai dengan uraian pada latar belakang masalah di atas, rumusan masalah PTK ini adalah bagaimanakah upaya peningkatan motivasi belajar Matematika melalui penerapan pendekatan kuantum pada siswa Kelas X-3 SMA Negeri1 Yogyakarta? 3. Tujuan Penelitian Sesuai dengan rumusan masalah di atas, tujuan PTK ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika melalui penerapan pendekatan kuantum pada siswa Kelas X-3 SMA Negeri1 Yogyakarta.

. Menurut Walgito (1998) motivasi instrinsik berupa . dan (2) motivasi ekstrinsik. dengan tingginya motivasi belajar itu. Usaha untuk Meningkatkan Motivasi Melajar Matematika 2. Motivasi Belajar Matematika a.4. yang dimaksud dengan motivasi belajar matematika adalah . Sementara itu.. Kajian Teori dan Hipotesis Tindakan 1. Hipotesis Tindakan . Bagi Sekolah Bagi sekolah. c..dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. c. b.. terhadap pelajaran matematika di sekolah. C... Siapa tahu. tukang kebun. Manfaat Hasil Penelitian a. Berdasarkan kutipan di atas. Bagi Guru Diharapkan hasil penelitian ini dapat menambah kemampuan guru dalam mengajarkan Matematika di sekolah. Pengertian/Konsep Pendekatan Kuantum b. Jenis Motivasi Belajar Matematika Dalam teori psikologibelajar dikenal ada dua jenis motivasi belajar.. Sarwono (2000) menyebut bahwa motivasi belajar adalah .. kepala sekolah. b. diharapkan prestasi sekolah akan semakin meningkat dan layak mendapatkan penghargaan yang setimpal.. serta orang tua siswa dan komite sekolah akan semakin tinggi. Melalui cara dan strategi yang diterapkan.. Pada gilirannya. Kedua jenis motivasi itu adalah (1) motivasi intrinsik. guru akan memiliki pengalaman yang baru.. dalam penelitian ini.. dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar adalah . mudah-mudahan semangat kerja segenap warga sekolah baik guru.. Bagi Siswa Diharapkan hasil penelitian ini dapat membangkitkan motivasi belajar Matematika siswa. Pendekatan Kuantum a. Langkah-langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Kuantum 3.. Dengan demikian. Dengan suasana belajar yang menyenangkan itu. Konsep Motivasi Belajar Matematika Menurut Sukirin (1996) motivasi belajar dalah keadaan jiwa seseorang terkait dengan kehendak untuk belajar.. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Kuantum c. hasil penelitian ini diharapkan dapat menumbuhkan suasana belajar yang menyenangkan. siswa.

Setting Penelitian Penelitian ini akan dilaksanakan pada semester dua tahun ajaran 2009/2010. Direncanakan PTK ini akan berlangsung di SMA Negeri 1 Yogyakarta. dan evaluasi pembelajaran. Setelah diketahui keadaan motivasi belajar itu.. Selain itu ada 2 siswa yang orangtuanya memiliki profesi sebagai buruh. Kedua intrumen digunakan untuk mengungkap sejauhmana keadaan motivasi belajar siswa. peneliti dan kolabolator menyiapkan perangkat pelajaran yang berupa RPP serta keperluan lainnya seperti media. Implementasi Tindakan Adapun tindakan yang akan diterapkan pada PTK ini adalah penerapan pendekatan Kuantum dalam pembelajaran matematika. (5) Nah. Pd. tindakan itu direncanakan akan dilakukan sebanyak 5 kali tatap muka dengan jadwal sbb. seorang dosen di Universitas Negeri Yogyakarta. Adapun alternatif tindakan itu adalah penerapan pendekatan Kuantum pada pembelajaran matematika.. Perencanaan Pada tahap ini. b.: (1) Guru menyiapkan materi dan kegiatan pembelajaran (2) . M. 2. diharapkan motivasi belajar matematika siswa meningkat.. Adapun kolabolator PTK ini adalah kepala sekolah.: . yakni Drs. PTK ini dilakukan oleh peneliti dan sejumlah kolabolator.. Sebagian besar orang tua siswa adalah pegawai yakni ada 13 PNS.. (3) . dan seorang nara sumber. Prosedur Penelitian a. D.. Langkah-langkah pembelajaran matematika dengan pendekatan kuantum dapat dideskripsikan sbb. Jumlah itu terdiri dari 20 perempuan dan 12 laki-laki. 17 pegawai swasta. teman sejawat yakni seorang guru....Sesuai dengan uraian pada kajian teori di atas. peneliti dan kolabolator akan mendiskusikan untuk memilih alternatif tindakan yang harus dilakukan. (4) . Adapun yang menjadi subjek PTK ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Abdul Muluk. materi. akan dilakukan kegiatan pemberian angket dan wawancara tentang motivasi belajar pada para siswa. Metode Penelitian 1. Selain itu. hipotesis tindakan PTK ini adalah jika pendekatan Kuantum diterapkan pada pembelajaran Matematika.

S. 5. sebagai kolabolator. . Beliau seorang guru lulusan S1 program studi pendidikan Matematika UNY. 2. 4. dan hasil belajar siswa serta kegiatan guru dalam mengajar menjadi bahan untuk diobservasi. Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada PTK ini adalah pedoman observasi. Teknik Analisis Data Teknik analisis data yang digunakan dalam PTK ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. d. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data-data yang berupa proses kegiatan pembelajaran. dan angket. dilakukanlah kegiatan observasi dan monitoring ini. dan angket. Jadi. perilaku. catatan lapangan. 4. Observasi dan Monitoring Kegiatan observasi dan monitoring akan dilakukan ketika implementasi tindakan dilakukan. data-data dari observasi. Jadi.No. Berdasarkan analisis inilah peneliti dan kolabolator akan menyimpulkan: apakah tindakan yang diterapkan sudah atau belum berhasil. jurnal. jurnal. Sementara itu. dan angket akan dianalisis untuk disimpulkan. Adapun yang melakukan kegiatan observasi dan monitoring ini adalah peneliti sendiri dan teman sejawat. Adapaun bahan yang dianalisis adalah data-data hasil observasi dan monitoring. teknik analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis skor motivasi belajar matematika siswa antara sebelum dan sesudah implementasi tindakan dilakukan. catatan lapangan. Hari/Tanggal Senin/ 17-12010 Kompetensi Dasar Siswa dapat menjumlahkan bilangan pecahan Materi Pokok Bilangan pecahan c. Alat yang digunakan untuk kegiatan observasi dan monitoring PTK ini adalah pedoman observasi. 3. ketika tatap muka pembelajaran matematika dengan penerapan pendekatan Kuantum itu terjadi. guru. 1. catatan lapangan. sikap. Guru yang dijadikan kolabolator adalah Bapak Samidi. Dengan demikian. 3. Adapun yang menjadi bahan observasi adalah kegiatan pembelajaran matematika dengan pendekatan Kuantum di kelas.Pd. Analisis dan Refleksi Kegiatan analisis dan refleksi akan dilakukan oleh peneliti dan kolabolator setelah implementasi tindakan dilakukan.

Nama b.5. Analisis Data : Mei 2009 e. Kriteria Keberhasilan Adapun kriteria keberhasilan PTK ini adalah jika terjadi peningkatan perilaku dan sikap serta skor angket motivasi belajar siswa. Penyusunan proposal : Desember 2009 b. Jadwal Penelitian dan Personalia Penelitian Adapun jadwal PTK ini adalah sbb. Implementasi Tindakan dan Observasi : Februari-April 2010 d. a. 6. NIP c. Penyusunan laporan : Juni 2009 Personalia Penelitian: a. Penyiapan perangkat pembelajaran : Januari 2010 c. Pangkat/Golongan d. Unit Kerja .

ci. Metode Penelitian IV. Kajian Teori dan Hipotesis Tindakan III. lalu dilanjutkan pembahasan) V. Hasil Penelitian dan Pembahasan (deskripsikan tahapan per siklus.Laporan PTK I.ac. Pendahuluan II.co. Kesimpulan dan Rencana Tindak Lanjut Kastam Syamsi: HP: 081328303496 Rumah: 0274-4395714 E-mail: kastam@uny.id kastam_jogja@yahoo.id .id copeuny@yahoo.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->