TEKNIK PENULISAN KUTIPAN DAN PENULISAN DAFTAR PUSTAKA DALAM KARANGAN ILMIAH

MAKALAH
Disusun untuk Memenuhi Tugas Diskusi Kelompok pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia Semester Satu yang diampu oleh Drs. H. M. Nur Fawzan Ahmad, M. A.

DISUSUN OLEH :
1. Alsio Rahmad Alamsyah 2. Erzan Miftah Faridi 3. Rahmawati Ita Pratiwi 4. Adib Adipraditya 5. Amalia Rachma Yanti 24010311120002 24010311120004 24010311120012 24010311130043 24010311130047

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA (R1) JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2011

KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga penyusun berhasil menyelesaikan makalah ini yang Alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “Teknik Penulisan Daftar Pustaka dan Kutipan dalam Karangan Ilmiah”. Penyusunan makalah ini merupakan salah satu bentuk persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia di Universitas Diponegoro. Makalah ini berisikan informasi tentang pedoman penulisan daftar pustaka dan kutipan. Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu penyusun harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, penyusun sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

Semarang, 17 Oktober 2011

Penyusun

.......................................................................................... Pengertian Daftar Pustaka ......................................... 3 A.................. Unsur – unsur Daftar Pustaka .......................................................................................................................................................................................................... Macam-macam Kutipan ............................................ 1 DAFTAR ISI....................................... 9 G... 3 BAB II PEMBAHASAN ........................................................ 9 F..................... BAB III PENUTUP ....... 7 E................. 6 D........................................................ 3 B....................................................................... 2 BAB I PENDAHULUAN ............................................................... Tujuan ...................................... 5 A............. Cara Penulisan Sumber Kutipan dari Berbagai Sumber ........................................................... Latar Belakang .......................................................................................................................... Cara Penulisan Daftar Pustaka ....................................... 12 Daftar Pustaka ............................................................................................................... Cara Menempatkan Sumber Kutipan .............................................. 13 ............................................... 5 B................................ Pengertian Mengutip dan Fungsinya ............................................................. 12 Kesimpulan .... 5 C........DAFTAR ISI KATAPENGANTAR .......... Rumusan Masalah ..................................................... Penulisan Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber ...... 9 H.............................................. 3 C.......................................................................................

Apa yang dimaksud dengan mengutip dan apa fungsinya? b. Apa saja macam-macam kutipan? c.penyusun perlu menjelaskan kaidah . Bagaimana cara mengutip tulisan dari berbagai sumber? e. misalnya dari buku ataupun website. Untuk menulis sumber – sumber tersebut kita wajib memperhatikan tata cara penulisan kutipan dan daftar pustaka dari sumber yang kita dapat. Untuk menjelaskan kutipan dan fungsinya . Rumusan Masalah a. Apa pengertian daftar pustaka ? f. Bagaimana cara menempatkan sumber kutipan? d. biasanya kita sering menggunakan beberapa referensi dari berbagai sumber. Dari pengamatan yang ada. Untuk itu kami sebagai penyusun mencoba memaparkan persoalan tersebut. B. karena semakin berbobot referensi yg digunakan berarti menunjukkan semakin bernilai dan berbobot makalah tersebut.kaidah mengutip dan menulis daftar pustaka. masih banyak mahasiswa yang masih salah dalam menulis daftar pustaka dan kutipan.BAB I PENDAHULUAN A. Bagaimana cara penulisan daftar pustaka? g. Bagaimana cara penulisan daftar pustaka dari berbagai sumber? C. Daftar pustaka dan kutipan dalam tulisan merupakan hal yang tidak boleh ditiadakan. Tujuan makalah: a. Tak menutup kemungkinan kita juga mengkutip pernyataan dari berbagai sumber. Latar Belakang Dalam membuat sebuah makalah. kita harus menuliskan sumber dari referensi yang kita gunakan. Demi menghindari kesalahan dalam menulis daftar pustaka dan kutipan. Apa saja unsur – unsur dari daftar pustaka ? h. Dan jika suatu makalah tidak mencantumkan daftar pustaka ataupun kutipan biasanya dianggap tidak lengkap dan bernilai rendah. Oleh karena itu.

Untuk menjelskan pengertian daftar pustaka. Untuk menjelaskan cara penulisan daftar pustaka dari berbagai sumber. f. e. Untuk menjelaskan unsur.unsur daftar pustaka. Untuk memberitahu cara mengutip tulisan yng benar dari berbagai sumber. Untuk menjelaskan cara penyusunan daftar pustaka dengan benar. Untuk memberitahu cara menempatkan sumber kutipan dalam tulisan. . d. h. c.b. Untuk menjelaskan macam-macam kutipan. g.

Kutipan Langsung (Direct Quotation) Kutipan langsung adalah kutipan yang dilakukan persis seperti sumber aslinya. Mengutip itu berbeda dengan plagiat. B. yaitu: 1. namanya mengutip. yakni singkatan dari sicut (latin) yang berarti: memang demikianlah asalnya (tercetak) . kutipan dipergunakan untuk memperjelas dan menegaskan isi uraian atau untuk membuktikan apa yang dituliskan” (Mokhamad Irman 2009:1. kata-kata yang digunakan sama seperti bahan aslinya. Kalau ternyata terdapat kesalahan dalam teks yang dikutip. Oleh karena itu. penting sekali bagi kita menyertakan sumber kutipan agar kita tidak dianggap sebagai plagiat. Macam-macam kutipan Pada umumnya kutipan dapat dibedakan menjadi 2 macam. dan ucapan seorang terkenal. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Namun. mengutip adalah mengambil perkataan atau kalimat dari buku atau yang lainnya. untuk mengutip rumus atau model matematika .kali melakukan kesalahan ketika mengutip. Disini plagiat yang dimaksudkan yaitu mengambil karangan atau pendapat orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan atau pendapat sendiri. Pengertian Mengutip dan Fungsinya “Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat dari seorang ahli.BAB II PEMBAHASAN A. lalu diberi tanda [sic!]. Hal yang perlu dihindari ialah kutipan yang tidak mengandung makna apa-apa dalam tulisan kita. Kutipan langsung biasanya digunakan untuk hal-hal sebagai berikut: a. penulis. jangan sekali . ”Fungsi utama kutipan adalah menegaskan isi uraian atau membuktikan kebenaran yang diajukan oleh penulis berdasarkan bukti-bukti yang diperoleh dari literatur. bahkan pengalaman empiris” (Endah Setyowati dan Umi Proboyekti 2007:1) .4D). Dalam penulisan karya ilmiah. menurut Endah Setyowati dan Umi Proboyekti (2007:1) penulis dapat memberikan catatan khusus langsung pada teks dengan tanda kurung. pendapat seseorang atau pakar.

dan lebar jorokkan kedalam dan kalimat pertama adalah tujuh ketukan huruf dari garis tepi yang baru.b. Moeliono mengemukakan. Kalau kutipan itu perlu dihilangkan beberapa kata atau bagian dari kalimat. dan keringkasan. sedangkan baris kedua dan seterusnya dimulai sesudah dua ketukan huruf dari garis tepi kiri. Contoh: Mengenai kalimat efektif Anton M. Kutipan tersebuut diberi tempat sendiri. diketik dengan satu spasi. Kutipan langsung dibagi menjadi 2. Berkenaan dengan kemampuan mengingat. untuk mengutip beberapa definisi yang dinyatakan dalam kata-kata yang sudah pasti. pemusatan perhatian. untuk mengutip peribahasa. dalam alinea baru yang berdiri sendiri. yaitu: a. dan kata-kata mutiara. Kutipan Langsung Pendek (Short Direct Quotation) Kutipan langsung pendek adalah kutipan langsung yang panjangnya tidak melebihi lima baris ketikan. Kutipan Langsung Panjang (Long Direct Quotation) Kutipan langsung panjang adalah kutipan langsung yang panjangnya lebih dari lima baris ketikkan. serta tidak ditulis antara tanda petik. c. surat perintah. Soedarso (2001:74) menyatakan sebagai berikut: "Daya ingatan kita umumnya hanya mampu mengingat 50% dari apa yang kita baca satu jam berselang dan dalam dua hari berikutnya tinggal 30% . maka pada awal kalimat diberi titik tiga buah. untuk memgutip beberapa pernyataan ilmiah yang jika dinyatakan dalam bentuk lain dikhawatirkan akan kehilangan maknanya. untuk mengutip peraturan-peraturanhukum. karyadrama. Contoh: Inti dari belajar dan membaca adalah mengambil hal yang penting untuk selalu diingat. e. "Kalimat yang efektif dapat dikenal karena ciri-cirinya yang ber¬ikut: keutuhan." b. d. perpautan. surat keputudsan. puisi. Kutipan yang demikian dimasukkan dalam teks dengan memberikan tanda petik diantara bahan yang dikutip.

Kutipan ini merupakan suatu ketikan pokok-pokok pikiran atau ringkasan kesimpulan menurut jalan pikirasn dan bahasa pengutip sendiri. Kutipan tidak langsung dibedekkan mennjadi dua. Penalaran induktif merupakan proses penalaran untuk menarik suatu prinsip/sikap yang berlaku umum atau suatu kesimpulan yang bersifat khusus berdasarkan atas fakta-fakta khusus. dan teknikteknik yang lain dimaksudkan untuk mengingatkan daya ingat terhadap apa yang dibaca. Generalisasi . Kutipan tidak langsung pendek(short indirect quotation) Kutipan tidak langsung pendek adalah kutipan tidak langsung yang terdiri dari satu alinea atau kurang. Penalaran induktif mungkin merupakan generalisasi. Ia menyimpulkan bahwa pemberian pengalaman- pengalaman belajar yang terarah mempengaruhi struktur pemikiran anak. b. melainkan langsung dimasukkan dalam kalimat atau alinea. Di Indonesia perielitian perkembangan kognitif dengan menggunakan perangkat tugas dari teori Piaget dan perangkat tugas dari Bruner. Kutipan Tidak Langsung (Indirect Quotation atau paraphrase) Kutipan tidak langsung adalah kutipan yang tidak persis sama seperti bahan aslinya. Contoh: Bagaimana wujud penalaran ilmiah itu di dalam pelaksanaannya?Berikut ini dikemukakan penjelasan Shurter dan Pierce. Teknik-teknik membaca seperti dalam prabaca. SQ3R. Contoh: Muass(1975) mengadakan penelitian untuk menjawab masalah apakah perkembangan pemikiran operasional formal tidak dapat dipercepat melalui pengajaran seperti yang mula-mula dikemukakan Piaget. pernah dilakukan oleh tim penelitian dari Universitas Kristen Satya Wacana dengan menggunakan 144 orang sampel dari Salatiga. Dari penelitiannya. Kutipan ini tidak dituliskkan diantara tanda petik. yaitu: a. Kutipan tidak langsung panjang(long indirect quotation) Kutipan tidak langsung panjang adalah kutipan tidak langsung yang terdiri lebih dari satu alinea. analogi atau hubungan kausal." 2.saja.

pembangunan perpustakaan harus mengiringi pembinaan dan pengembangan budaya . Cara Menempatkan Sumber Kutipan Ada tiga cara menempatkan sumber kutipan dalam tulisan. sedangkan jarak baris antara garis pemisah atau footnote adalah dua spasi. Jarak baris dalam footnote adalah satu spasi.adalah proses penalaran berdasarkan pengamatan atas sejumlah gejala dengan sifat-sifat tertentu untuk menarik kesimpulan mengenai semua atau sebagian dari gejala serupa itu. dan halaman yang dikutip. yaitu: 1. Sumber kutipan ini dituliskan di antara tanda kurung dengan menyebutkan nama pengarang. yaitu cara menempatkan sumber kutipan dibelakang bahan yang dikutip. Di dalam kehidupan sehari-hari bentuk inilah vang lebih banyak dipergunakan. sedangkan jarak antara footnote satu dengan footnote lain dalam tiap halaman adalah dua spasi. Antara bagian teks dengan footnote dipisahkan dengan garis lurus sepanjang dua inci dan jarak baris antara garis pemisah dengan teks adalah satu setengah spasi. Di dalam analogi. Bentuk penalaran deduktif lainnva ialah entimem. Penalaran deduktif adalah penalaran untuk menarik kesimpulan yang bersifat individual/ khusus dari suatu prinsip atau sikap yang berlaku umum. Penalaran itu mencakup bentuk silogisme. 1984: 41). C. yaitu bentuk silogisme yang dihilangkan salah satu premisnya. Hubungan kausal adalah hubungan ketergantungan antara gejalagejala yang mengikuti pola sebab-akibat. tahun penerbitan.” (Sternber. 2. yaitu bentuk penalaran deduktif formal untuk menarik kesimpulan dari premis mayor dan premis minor. inferensi tentang kebenaran suatu gejala khusus ditarik berdasarkan kebe¬naran gejala khusus yang bersamaan.indensi untuk footnote seperti indensi alines bsru dalam teks. Contoh: “ In Piaget’s Theory. Cara menempatkan sumber kutipan di kaki halaman. cara ini lazim dfisebut footnote (catatan kaki) dan cara ini lebih banyak dianut dalam penulisan skripsi. Cara ringkas. Kesimpulan di dalam silogisme selalu harus lebih khusus dari premis-premisnya. Children’s Intelectual Functioning Is Represented In Terms Of Symbolic Logic. Contoh: Jika perpustakaan merupakan representasi dan kelanjutan dari budaya baca dan tulis.

kata Taufik. Di dalam kejawen (aliran kebatinan) eling3 menjadi inti pokok ajaran yang selalu ditekankan. Informasi penerbitan diapit tanda kurung dengan urutan nama kota(diikuti titik dua). nama penulis ditulis sesuai dengan nama pengarang pada buku dan diikuti koma. tetapi penyadaran akan hakikat hidup manusia sebagai makhluk Tuhan. Judul buku dicetak miring. seperti ketika pendidikan belum tersebar luas. D. dan karsa sebagai buah kebudayaan. tetapi tidak mengerti apa yang dibacanya. pernah dimuat dalam Harian Kompas 15 November 2000. nam pengarang pertama diikuti singkatan dkk(dan kawankawan) atau et. Akan sangat sia-sia dan absurd bila penyelenggaraan perpustakaan tanpa didahului atau dibarengi dengan pembinaan minat baca1. Judul buku yang diikuti informasi(sub judul. Akibatnya apa yang terkandung di dalam ajaran Alquran tidak membekas dan tidak berdampak apa-apa dalam perilaku kehidupannya. 1 Disampaikan oleh Taufik Adnan Amal pada Pelatihan Pustakawan MI dan MTs. Jika pengarang lebuh dari tiga pengarang. Jika satu sampai tiga pengarang. tetapi masyarakat mampu mengetahui secara luas dan mendalam cipta. kata eling tidak hanya bermakna 'ingat'. 2 Banyak umat Islam di Indonesia yang hanya lancar dan rajin membaca Alquran. 3 Dalam ajaran kebatinan.cara penulisan sumber kutipan dari berbagai sumber : 1.baca dan tulis. . Hal yang diungkapkan itu. d. Buku Cara penulisan: a. edisi). tidak disisipi koma atau titik.al(et alli). penerbit(diikuti koma) dan tahun. rasa. setelah kurung tutup diberi koma. Cara Penulisan Sumber Kutipan dari Berbagai Sumber Berikut ini adalah cara . Masyarakat membaca yang patut dipahami adalah masyarakat yang tidak sekadar mampu membaca bahan bacaan2. b. tanggal 2 Oktober 2008 di Bandar Lampung. c. jilid.

serta tahun diapit tanda kurung). Organisasi Atau Badan-Badan Yang Terkemuka. data tentang penerbitan. Atau h). (tempat. Contoh : 3. argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain. Lembaga. bagian (jika ada. Contoh : Menurut Gorys Keraf dalam bukunya Argumentasi dan Narasi (1983:3). nama jurnal (dicetak miring). bulan. juduk artikel (diikuti tanda petik). 5. nomor halaman. Dapat diikuti kata halaman(disingkat hlm atau h ) dan dapat juga. Penerbitan Pemerintah. agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara. judul penerbitan (diberi garis bawah). 4. nomor halaman (bisa disingkat hlm. judul berita atau karangan. bulan dan tahun penerbitan). nomor volume:nomor halaman. Terjemahan Cara penulisan: . kolom (jika ada). 2. Surat kabar Cara penulisan: Macam tulisan atau nama pengarang (jika ada). nomor halaman angka arab dan diakhiri dengan titik. nama surat kabar. nomor halaman.e. data tentang penerbitan (tanggal. Cara penulisan: Nama lembaga. Artikel dalam jurnal Cara penuilisan: Nama pengarang.

Karena itu.). (nama kota. 5. Semakin berbobot referensi yang digunakan berarti menunjukkan semakin bernilai dan berbobot karangan tersebut. Tulis tajuk daftar pustaka dengan menggunakan huruf kapital di bagian tengah atas. 51/1998. Gunakan alinea menggantung atau menonjol. harus berupa yang diambil dari sumber yang dapat dipertangungjawabkan secara berbobot dan ilmiah. sedangkan jarak antar sumber bacaan yang satu dengan yang lainnya adalah satu setengah spasi. Jarak spasi setiap baris dalam satu sumber adalah satu spasi. 2010:195). Pengertian Daftar Pustaka Daftar pustaka ( bibliografi ) adalah daftar yang berisi judul buku-buku. No. artikelartikel dan bahan-bahan penerbitan lainnya. Gelar tidak dicantumkan. nama majalah dicetak miring (koma diletakkan sebelum tanda petik terakhir) nomor dan tanggal penerbitan. Bahan yang tidak digunakan atau tidak dikutip dalam teks karangan atau sebaliknya. Contoh : Bobo. . Majalah Cara penulisan: Nama pengarang.penerbit. yang mempunyai pertalian dengan sebuah atau sebagian karangan yang disertainya (Kuntarto. 2. judul asli buku atau judul terjemahan. kejujuran dan objektivitas dalam memasukkan kutipan adalah tanggung jawab penulis. F.Nama asli pengarang. E. nomor halaman. Majalah Mingguan Anak-Anak. atau nama lembaga yang menerbitkan sumber bacaan. tahun). penerjemah (bisa disingkat terj. 6. Jakarta. nomor halaman. Urutkan susunan daftar pustaka berdasarkan urutan abjad nama belakang penulis. bukan berdasarkan urutana angka atau huruf. judul artikel (diapit tanda petik). 3. Cara Penulisan Daftar Pustaka 1. 4. Bahan-bahan yang layak dimasukkan ke dalam daftar pustaka.

Ende: Nusa Indah. b. Zaenal dkk. Eksposisi dan deskripsi. d. Apabila penulis memiliki nama tiga unsur cara penulisannya sebagai berikut : Romeo Andromeda Primakusuma menjadi Primakusuma. dan seterusnya di belakang tahun terbit.G. Andromeda Romeo. c. Jika mengambil dari surat kabar. Contoh : Keraf. Tahun a. Diksi dan Gaya Bahasa. Gorys. __________. 1981. Bukan Primkusuma. (c). Romeo. b. Romeo Andromeda. 2. penulisan nama pertama tetap dibalik dan nama kedua ditulis seperti asli. cara penulisannya sebagai berikut : Arifin. cukup tulis nama media asalnya. Ende:Nusa Indah. Zaenal dan Romeo Andromeda Jadi. e. ( dan kawan – kawan ) di belakang nama penulis pertama : Arifin. majalah. atau tabloid yang tidak mencantumkan nama penulisnya. Cara penulisannya dengan dibalik. misalnya : Romeo Andromeda menjadi Andromeda. Gorys. Jika nama penulisnya lebih dari 3. tulislah dkk. Penulisan tahun terbit dicantumkan setelah nama penulis dan diakhiri tanda titik. maka tulislah huruf (a). Diksi dan Gaya Bahasa. 1981a. . Ende: Nusa Indah. Penulis a. Apabila ada beberapa sumber dengan nama pengarang dan tahun yang sama. (b). Unsur – unsur daftar pustaka : 1. Jika nama penulisnya dua atau tiga orang. Contoh : Keraf. 1981b.

Ende: Nusa Indah. . 4. 1981. laporan tugas akhir. antologi. Kota terbit dan Nama penerbit. Menilai dan Membaca Satra. Contoh : Mulyana.id/sapardi. d. Jakarta: Gramedia. A. Tanpa Tahun. Contoh : Hariwijaya. Judul a.web. Adang. “ Ke Manakah Perkembangan Satra Kita?” dalam http://www. susun dengan tahun yang terdahulu dan ikuti dengan sumber bacaan yang tahun terbitnya terakhir. Penulisan kota terbit dan nama penerbit berada di paling akhir dan ditulis secara berurutan dengan tanda hubung titik dua. Jakarta: Universitas Indonesia. 2003. _________. dan website imternet menggunakan huruf miring jika memakai komputer dan menggunakan huruf tegak garis bawah jika ditulis menggunakan mesin ketik. dan disertasi ditulis dengan menggunakan tanda petik (“…”). 1988. b. 2002. Cara penulisan judul buku. 3. majalah.bahasasastra. Jakarta: Pustaka Jaya. Contoh : Teeuw. skripsi. tesis. makalah. Satra dan Ilmu Satra.Keraf. Surabaya: Atiek Jaya. Cara penulisan judul artikel. Perempuan Biasa. Satra Indonesia Modern II. Jika kita mengambil beberapa sumber bacaan dari pengarang yang sama dengan tahun yang berbeda – beda. a.c. Contoh : .Damono. tulislah frase tanpa tahun dan akhiri dengan tanda titik. Gorys. Diksi dan Gaya Bahasa. Sapardi Djoko. Jakarta: Pustaka Jaya. “Potret Remaja Perkotaan dalam Lupus: Sebuah Kajian Sosiologi Sastra”Tesis. ________. Jika sebuah sumber bacaan tidak mencantumkan tahun terbit. 1989.asp diakses 12 Desember 2011. . surat kabar. 1983.

Contoh: Komputek. Penulisan Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber: 1. Antara unsur pertama dan kedua diberi sela dua ketukan. edisi 187. Majalah. Contoh: .3..Contoh : Teeuw. Buletin Untuk artikel yang dimuat dalam majalah atau pun buletin cara menyusun daftar pustakanya seperti berikut: Untuk artikel yang dimuat dalam majalah atau pun buletin cara menyusun daftar pustakanya (1) Nama penulis/pengarang (2) Judul artikel di antara tanda kutip (". Minggu ke-III Oktober 2000:05. Antara unsur kedua dan ketiga juga diberi jarak dua ketukan. A. Tema : “Kunci Sukss Berjualan di Internet” 3. Analisis Kebudayaan Depdikbud tahun IV-No. “Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah Dilihat Dari Segi Sosiopolitikolinguistik”. Menilai dan Membaca Satra. J. nomor halaman yang dicantumkan dalam catatan kaki tidak dicantumkan pada daftar pustaka. Surat Kabar Tulisan seperti editorial.. 1983. Jakarta: Gramedia.. Karya yang Tidak Diterbitkan Unsur-unsur pokok dari karya yang tidak diterbitkan untuk daftar pustaka ialah: (1) nama penulis (2) judul tulisan (3) untuk apa tulisan itu ditujukan (4) lembaga yang menerima tulisan (5) tahun diajukannya karya. pojok... dan berita. digarisbawahi (4) Nomor majalah jika ada (5) Tanggal dan tahun penerbitan Contoh: Parera.. 1983/1984 2.D. H. ") (3) Nama majalah.. Tetapi antara unsur-unsur selanjutnya hanya diberi jarak satu ketukkan sela.

Lebak. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan. KBM. 5. Contoh : Kuntarto. Kesesuaian TIK. Bandung. tahun buku terjemahan. dan Evaluasi Mahasiswa PPL Universitas Lampung. Rozawick. nama institusi. Makalah disajikan dalam Seminar Kesehatan.Sabarti Akhadiah. 1999. diakses tanggal. 1983. Jakarta. Pustaka dari Internet : Penulis. Contoh : Ary. Fakultas Ilmu Pendi¬dikan. (diterjemahkan oleh : nama penerjemah). volume (jika ada). nama fakultas/ program pasca sarjana. kota seminar. Pustaka dalam bentuk artikel dalam seminar ilmiah : Penulis. judul artikel. tahun. 10-11 September 1999. Surabaya: Usaha Nasional. Donald L. Disertasi. Pemda Kabupaten Lebak. 1967. . "Perbandingan Fonologi Bahasa Bangka dengan Bahasa Indonesia. edisi (jika ada). HIV di Kalangan Remaja. dan kota. Pengantar Penelitian Pendidikan. judul buku terjemahan (harus ditulis miring). universitas. nama proyek penelitian." Tesis Sarjana. tahun. tahun. Lokasi Sekolah. Arif Furchan (pen). Buku Terjemahan : Penulis asli. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 1982. dan kota. Contoh : Solihin. Sakura Hatamarrasjid. 6. 8. judul laporan penelitian. Pustaka dalam bentuk Laporan penelitian : Peneliti.C. Jacobs. 4. Judul prosiding Seminar (harus ditulis miring). Lampung: FKIP Universitas Lampung. Fakultas Pasca Sarjana. judul skripsi. Skripsi/tesis/Disertasi (harus ditulis miring). 7. nama penerbit terjemahan dan kota penerbit terjemahan. judul artikel. tahun. 1992. “Pengaruh Materi Pengajaran Bahasa Indonesia. dan tanggal seminar. Skripsi tidak diterbitkan. nama laporan penelitian (harus ditulis miring). alamat website (harus ditulis miring). Bambang. dan Jenis Kelamin terhadap Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa SMP”. Pustaka dalam bentuk Skripsi/tesis/disertasi : Penulis. “Tanpa tahun”. dan A.

Contoh : Damono.id/sapardi. “ Ke Manakah Perkembangan Satra Kita?” dalam http://www.web. . 2002.bahasasastra.asp diakses 12 Desember 2011. Sapardi Djoko.

Akan tetapi daftar pustaka itu berbeda dengan sumber kutipan. Semua sumber kutipan harus dimasukkan pada daftar pustaka 3.BAB III PENUTUP Kesimpulan Dari penjelasan yang telah dijelaskan tadi. 4.fungsi kutipan yaitu sebagai catatan acuan dan sebagai catatan kaki. dapat ditarik kesimpulan bahwa: Mengutip adalah mengambil perkataan atau kalimat dari buku atau lainnya disertai sumber kutipannya. 2. . Perbedaannya yaitu: 1. karena semua sumber kutipan yang terdapat pada cartatan acuan dan atatan kaki harus dimasukkan dalam daftar pustaka. Pada daftar pustaka tidak mencantumkan nomor halaman. Sumber kutipan juga ada kaitannya dengan daftar pustaka. Pada daftar pustaka nama pengarang dibalik dan tidak mencantumkan gelar pengarang. Penulisan daftar pustaka berada pada lampiran terakhir sebuah tulisan.

Setyowati. . 2007. Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir. Dalam http://www.1_Mokhamad_ Irman#D.org/mw/Menulis_laporan_sederhana_12. ”Menulis Laporan Sederhana”. Catatan Perut Dan Catatan Akhir (Endnote). Jakarta: Mitra Wacana Media.DAFTAR PUSTAKA Kuntarto. 2009. 2010._Teknik_Pengutipan_Kutipan diakses 16 Desember 2011. Endah dan Umi Proboyekti. Mokhamad. Kutipan. Niknik M. Irman.crayonpedia.

d. 1983: 3). 2. Diawah ini yang merupakan kutipan langsung adalah…. Disatukan dengan teks b.2009. Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain. Musyrif.Sriwijaya Pos. PT.Suwardi. Argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis (Keraf.2002. agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara (Keraf.Rineke cipta. Seperti dikatakan oleh Gorys Keraf (1983:3) bahwa argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis. 1983:3) d. c. santoso. Samsat Akan Meluncurkan Drive Thru. a. 24 November 2009..SPSS Parametik strategic .Sriwijaya Pos. Jakarta. Argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis1).2009. Pada akhir kutipan dituliskan databuku yang diletakkan dalam kurung atau dengan menuliskan nomor rujukan catatan kaki. c.” ) c. 24 November 2009.Kiat meningkatkan kreatifitas kerja d. Musyrif. b. Penulisan daftar pustaka yang benar adalah a. 3. b. Elex Media Komputindo.2000.SOAL 1.Samsat Akan Meluncurkan Drive Thru. Pada awal kutipan dituliskan databuku yang diletakkan dalam kurung atau dengan menuliskan nomor rujukan catatan kaki. Cara penulisan yang salah dalam kutipan yang kurang atau sama dengan 4 baris adalah a. Ditulis dalam tanda kutip ( “……. Suwardi. Siagian.

Kuntarto. Berikut ini penulisan daftar pustaka yang benar adalah. Kuntarto. d. c. Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir.. Jakarta: balai pustaka. 2010.B.B. Kuntarto. Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir. H. Niknik M. Yassin. Niknik M. Soal Uraian : 1. Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir.B. 1982. Jakarta: Mitra Wacana Media. Niknik M. Gema Tanah Air Prosa dan Puisi I. 1982. 2010.. Jakarta: Balai Pustaka. Yassin. b.. Yassin. H. a. d. Jakarta: Balai Pustaka. Niknik M. Perhatikan identitas buku berikut! Pengarang : Niknik M. c. GEMA TANAH AIR PROSA DAN PUISI I. Kuntarto. 2010. Jakarta: Balai Pustaka. Gema Tanah Air Prosa dan Puisi I. Penulis daftar pustaka biasanya menggunakan format “Nama-Tahun-JudulKota-Penerbit”. 5. b. Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir.4. H. Jakarta: Mitra Wacana Media.B. Kuntarto Judul Buku : Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir Penerbit : Mitra Wacana Media Kota tempat terbit : Jakarta Tahun terbit : 2010 Penulisan daftar pustaka yang tepat berdasarkan identitas buku tersebut adalah . Gema Tanah Air Prosa dan Puisi I.. . 2010. 1982. . Jakarta: Mitra Wacana Media. 1982. H. Jakarta: Mitra Wacana Media. Yassin. a. Jelaskan cara penulisan daftar pustaka yang lebih dari satu/dua orang penulis ! .

.

Indianapolis: McGraw-Hill Education.. Dittman.Bentley..A. A 4.. (2008). J. B. tahun pembuatan atau cetakan buku tersebut dengan diawali [tanda kurung buka dan kurung tutup/ ( )] setelah itu beri (tanda titik).B. yaitu penulisan tempat penerbitan/cetakan setelah itu beri (tanda titik dua : ) dan terakhir kelima.C. nah jika tiga penulis gunakan tanda dan (&) pada nama terakhir begitupula jika penulisnya hanya dua orang saja. Bandung: Penerbit Informatika. Ketiga. D 5. Pertama tulis nama belakang dari penulis yang pertama setelah nama belakang beri (tanda koma) lalu tulis nama depan jika nama depan berupa singkatan tulis saja singkatan itu setelah nama pertama selesai beri (tanda titik) lalu beri (tanda koma) untuk nama kedua / ketiga ditulis sama seperti nama sali alis tidak ada perubahan. C 3. . Untuk gelar akademik tidak ditulis dalam penulisan daftar pustaka. A Uraian 1. setelah penulisan nama selesai. Sarapung.JAWABAN 1.L.D. W. Kedua. L. & Handaya. Systems Analysis and Design Methods. judul buku atau karangan setelah itu beri (tanda koma) dan ditulis dengan huruf miring ok. Nah ini contohnya Seperti dibawah ini: * Suteja. keempat. Penulisan daftar pustaka yang lebih dari satu/dua orang penulis dalam buku yang sama. D 2. nama perusahaan penerbit buku atau tulisan tersebut dan diakhiri (tanda titik) ok. J. Memasuki Dunia ELearning. K.T. Setelah penulisan nama kedua selesai. yang berubah penulisannya hanya orang pertama sedangkan orang kedua dan ketiga tetap. (2004).R. * Whitten.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful