Keselamatan Kerja di Laboratorium Fisika

Mengenal Alat-alat Laboratorium
A. Mengenal Alat-alat Laboratorium Laboratorium adalah suatu tempat dimana guru, siswa, peneliti melakukan percobaan. Laboratorium IPA dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu :

1. Laboratorium Fisika 2. Laboratorium Biologi 3. Laboratorium Kimia
Untuk menghindari kecelakaan di dalam laboratorium maka perlu adanya aturan dan persiapan teknik kerja serta pengenalan terhadap alat dan bahan-bahan laboratorium. Berikut ini adalah beberapa alat dan bahan yang sering digunakan dalam laboratorium IPA. Berikut ini adalah beberapa alat yang ada di laboratorium Fisika 1. Boiling Tube Manfaat alat:  Untuk memanaskan/mendidihkan zat kimia dalam jumlah sedikit

Cara menggunakannya:  Jepit dengan penjepit kayu saat digunakan untuk memanaskan cairan Jangan arahkan ujung yang terbuka ke muka saat dipanaskan

Resiko yang mungkin:   2. Power Supply Manfaat alat:  Sebagai sumber tegangan dan sumber arus listrik Tersiram air panas saat proses mendidih terjadi Kena pecahan

Cara menggunakannya:  Gunakan sandal kering/sepatu saat menghubungkan stop kontak

Resiko yang mungkin:  Tersengat listrik saat menyambungkan ke sumber

Matikan apinya dengan menutup api dengan tutupnya saat masih menyala Resiko yang mungkin:  4. Termometer Manfaat alat:  Mengukur temperatur Kulit terbakar jika bersentuhan saat masih panas Cara menggunakannya:    Pegang ujung atas jika menggunakan Masukkan/tempelkan ujung bawah ke dalam zat yang akan diukur Jangan digunakan untuk mengaduk karena bagian bawah yang berisi cairan dindingnya tipis Resiko yang mungkin: . Hindarkan kontak langsung dengan Kulit Resiko yang mungkin:  5.PLN 3. Bunsen Burner Manfaat alat:  Digunakan untuk memanaskan zat Cara menggunakannya:    Buka tutup sumbunya Nyalakan dengan korek api. Evaporating Dish Manfaat alat:  Untuk memisahkan zat padat yang terlarut dalam solusi di atas bunsen burner Kebakaran Cara menggunakannya:     Taruh di atas tripot Nyalakan pembakar spiritus di bawahnya Pegang dengan penjepit jika mengangkatnya.

Lensa/Cermin Manfaat alat:  Untuk pembiasan dan pemantulan cahaya Rusak karena penggunaan diluar batas ukur Pecah karena bahan terbuat dari plastik Cara menggunakannya:   Jepit alat ini pada meja optik dengan penjepit Tempatkan dalam wadah khusus. Resiko yang mungkin:  Mudah pecah 8.  6. Galvanometer Pecah Merkuri merupakan zat yang beracun Manfaat alat:  Mengukur tegangan listrik Cara menggunakannya:    Hindari penggunaan melebihi batas ukur Jangan salah dalam menghubungkan kutubkutubnya Hindarkan benturan dan terjatuh Resiko yang mungkin:   7. Resiko yang mungkin: . Magnet Manfaat alat:  Untuk percobaan induksi listrik Cara menggunakannya:   Jangan dipanaskan dan dipukul-pukul Saat menyimpan. kutub-kutubnya harus saling terbalik satu sama lain.

Pecah Cara menggunakannya:   Tahan tabung destilasi dengan penjepit pada statif Letakkan tripot dibawahnya . Liebig Condenser Manfaat alat:  Untuk mengembunkan uap dalam proses destilasi Percikan air panas saat cairan dalam tabung mendidih Cara menggunakannya:   Sambungkan dengan tabung destilasi Alirkan air dari lubang bawah dan keluarkan dari atas Resiko yang mungkin:  3. Hilang kemagnetannya Mengenal Alat-alat Laboratorium Kimia Alat-alat lain yang selalu digunakan dalam proses pemisahan campuran 1. Test Tube Manfaat alat:  Untuk melakukan pemanasan atau melakukan reaksi kimia dalam jumlah kecil Cara menggunakannya:   Jepit dengan penjepit kayu saat digunakan untuk memanaskan cairan Jangan arahkan ujung yang terbuka ke muka saat dipanaskan Resiko yang mungkin:  2. Distiling Flask Manfaat alat:  Untuk memisahkan zat cair dari larutan padatan maupun larutan cair dalam proses distilasi.

Mikroskop Manfaat: Melihat benda-benda kecil Cara menggunakan dan memindahkan:  Memindahkan mikroskop dengan memegang badan mikroskop dengan tangan kanan dan menyangga dasarnya dengan tangan kiri.  Letakkan pembakar spiritus dibawah tripot Tutup tabung dengan karet yang ada termometernya Resiko yang mungkin:  Pecah Alat –alat yang berhubungan dengan praktikum di laboratorium biologi seperti 1.  Cara mencari fokus dimulai dengan menjauhkan lensa dari preparat bukan mendekatkan lensa ke preparat .

tutup kantongnya dan bawa semua peralatan di dalam kantong . Alat-alat bedah Manfaat: Untuk melakukan praktik pembedahan hewan Cara menggunakan dan memindahkan:  Masukkan semua peralatan dalam kantong.2.

barometer aneroid: mengukur tekanan udara luar/ tinggi tempat di atas permukaan laut 2.Resiko: Dapat menimbulkan luka goresan atau tertusuk. barometer air raksa: mengukur tekanan udara luar/ tinggi tempat di atas permukaan laut 3.ALAT LABORATORIUM (UJIAN PRAKTIK FISIKA) 1. manometer air raksa terbuka: mengukur tekanan udara di ruang tertutup . ALAT .

neraca ohaus: mengukur massa benda 6. dinamometer/ neraca pegas: mengukur gaya/ berat .4. manometer air raksa tertutup: mengukur tekanan udara di ruang tertutup 5.

sonometer: mengukur frekuensi suatu nada 8. termometer: mengukur suhu suatu benda 10. termoskop: mengetahui adanya pancaran kalor .7. garpu tala: menyamakan frekuensi suatu nada 9.

11. termoskop diferensial (menggunakan kubus leslei): mengetahui adanya pancaran dan penyerapan kalor 12. gelas berpancuran: mengukur volume benda yang tidak beraturan . gelas ukur: mengukur volume benda yang tidak beraturan 13.

14. tegangan. dan hambatan 16. avometer: mengukur kuat arus. voltmeter: mengukur tegangan 15. rheostat: mengukur hambatan .

statif: alat bantu bereksperimen 18. transformator: menaik .17.bunyi 20. dalam. jangka sorong: mengukur diameter luar. dan kedalaman .turunkan tegangan 19. bel listrik: mengubah energi gerak .

21. mikrometer sekrup: mengukur ketebalan 22. waterpass: mengukur supaya tingginya sama 085384743194 23. slinki: membangkitkan gelombang transfersal dan gelombang longitudinal .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful