RESUME ILMU KESEHATAN MASYARAKAT STRUKTUR DAN KOMPOSISI PENDUDUK

Disusun oleh :

JANE HASVITA SARI P07131011015

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES MATARAM JURUSAN GIZI 2012

Struktur dan Komposisi Penduduk Komposisi penduduk adalah susunan atau tata susun penduduk suatu negara atau suatu wilayah berdasarkan kriteria tertentu. sehingga jumlah penduduk akan terus meningkat untuk beberapa tahun yang akan datang. Komposisi penduduk menurut umur ini berpengaruh terhadap struktur penduduk/ susunan penduduk berdasarkan umur pada suatu negara atau wilayah. Struktur penduduk dewasa. Mengendalikan dan memantau pemanfaatan sumber daya alam agar dapat hidup berkelanjutan a. Menata sarana dan prasarana kehidupan bermasyarakat. 1. Setiap penduduk memiliki usia dan jenis kelamin yang berbeda sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang berbeda pula. Struktur penduduk muda. 2. Ada tiga jenis struktur penduduk. dan berbangsa sesuai dengan perkembangan penduduk. yaitu : golongan usia muda usia 0-14 tahun golongan usia dewasa usia 14-64 tahun golongan usia tua usia 65 tahun ke atas. Dengan demikian jumlah penduduk akan tetap di masa mendatang. 2. bernegara. 3. . yaitu susunan penduduk yang sebagian besar terdiri dari penduduk usia dewasa. Hal ini disebabkan oleh adanya tingkat kelahiran yang tinggi dan tingkat kematian yang rendah. Komposisi penduduk dapat dikaji dengan tujuan sebagai berikut. yaitu susunan penduduk yang sebagian besar terdiri dari penduduk usia muda. yaitu : 1. Komposisi penduduk menurut umur Komposisi penduduk menurut umur adalah pengelompokan penduduk berdasarkan golongan umur. Hal ini disebabkan oleh karena adanya tingkat kelahiran yang rendah dan tingkat kematian yang rendah pula.

dan Perguruan Tinggi. pedagang. Komposisi penduduk menurut tempat tinggal Tempat tinggal yang sering digunakan dalam komposisi ini adalah tempat tinggal penduduk di desa dan di kota. Struktur penduduk tua. d. Komposisi penduduk menurut pendidikan Berdasarkan tingkat atau jenjang pendidikan yang telah ditamatkan penduduk dapat dikelompokkan dalam tingkat SD. yaitu susunan penduduk yang sebagian besar terdiri dari penduduk usia tua karena adanya tingkat kelahiran yang rendah dan tingkat kematian yang tinggi. SLTP. Pekerjaan-pekerjaan tersebut antara lain pegawai negeri sipil. c. Katolik. . Komposisi penduduk menurut pekerjaan Penduduk dapat dikelompokkan berdasarkan pekerjaan yang dilakukan oleh tiap-tiap orang. TNI.3. Ciri khas negara agraris seperti Indonesia adalah sebagian besar penduduk tinggal di desa. buruh. Hindu dan Budha. Protestan. Komposisi ini akan berpengaruh terhadap tingkat kelahiran. e. Perbandingan jumlah laki-laki dan perempuan merupakan indikator yang menandai komposisi penduduk menurut jenis kelamin pada suatu wilayah atau negara. Pengelompokkan ini dapat digunakan untuk menentukan besarnya tingkat pendidikan penduduk. maka tingkat kelahiran akan tinggi. pengusaha dan sopir. Komposisi penduduk menurut jenis kelamin Komposisi penduduk menurut jenis kelamin didasarkan atas kelompok pria dan wanita. Jika sebagian besar penduduknya terdiri dari perempuan kelompok usia subur (15-44 tahun). Keadaan ini mengakibatkan jumlah penduduk akan terus menurun di masa mendatang. Komposisi Penduduk menurut Agama Pengelompokkan ini berdasarkan kepada agama yang dianut penduduk yaitu Islam. POLRI. b. petani. SLTA. f.

a. Tahun 2007 Piramida Kontraktif. Piramida Kontraktif adalah piramida penduduk yang menunjukkan jumlah penduduk pada kelompok usia muda yang rendah. yaitu: Piramida penduduk Muda. Piramida Stasioner adalah piramida penduduk yang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang mencolok antara jumlah penduduk perkelompok umur.Dewasa.Berdasarkan komposisi penduduknya. piramida penduduk dibedakan menjadi 3 macam. dan Tua. karena jumlah kelahiran yang sangat rendah. c. Piramida Ekspansif adalah piramida penduduk yang menunjukkan sebagian besar penduduk berada pada kelompok usia muda. Tahun 2050 Piramida Stasioner . karena angka kelahiran berada dalam tingkat sedang. b. Keterangan : Tahun 1950 Piramida Ekspansif.

Bentuk piramida ini menggambarkan tingkat kelahiran mengalami penurunan yang tajam dan tingkat kematian yang sangat rendah. Piramida penduduk Indonesia tahun 1990. tetapi tingkat fertilitas masih tinggi. Terjadi pada negara Kenya. Bentuk piramida ini menggambarkan angka kelahiran dan tingkat kelahiran yang rendah.1) Piramida penduduk bentuk kerucut atau limas. Bentuk piramida ini menggambarkan pertumbuhan penduduk yang cepat karena terjadi penurunan tingkat kelahiran bayi dan anak-anak. . Terjadi pada negara German. 2) Piramida penduduk bentuk pucuk granat. Terjadi pada negara Inggris (United States) 3) Piramida penduduk bentuk kepala nisan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful