P. 1
PresentationAgama

PresentationAgama

|Views: 119|Likes:
Published by Sifra Zipora

More info:

Published by: Sifra Zipora on May 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/31/2012

pdf

text

original

Sengsara, Wafat, dan Kebangkitan Yesus sebagai Dasar Iman Gereja

mewartakan kebangkitan Yesus. meneladan semangat pengorbanan Yesus demi kebahagiaan sesama. kebangkitan Yesus. dan kenaikan Yesus ke surga. kisah sengsara dan kematianNya.DASAR TEORI • Sengsara dan kebangkitan Yesus bagi orang Katolik merupakan dasar iman. makna sengsara dan wafat-Nya. yang akan kita bahas pada presentasi kami hari ini. Oleh karena itu ada baiknya bila kita mengetahui dan memahami tentang alasan Yesus dijatuhi hukuman mati. makna kebangkitan Yesus. .

. dan disalibkan. mereka bersekongkol membunuh Yesus. Perayaan Paskah Perayaan Paskah merupakan pesta bangsa Israel untuk memperingati peristiwa pembebasan bangsa Israel dari Mesir. Yesus dan murid-murid-Nya juga pergi ke Yerusalem. Kematian Yesus dilatarbelakangi oleh beberapa hal. Dalam rangka perayaan Paskah Yahudi. Dalam situasi paskah Yahudi inilah Yesus ditangkap.ALASAN YESUS DIJATUHI HUKUMAN MATI • Kematian Yesus sering dikaitkan dengan usaha terselubung dari beberapa pemimpin di Israel waktu itu. dan penyaliban-Nya. diadili. pengadilan. menjelang penangkapan. yaitu sebagai berikut : 1. yang karena kepentingan kekuasaan.

Pemberontakan terhadap Pemerintahan Roma Biasanya. misalnya munculnya orang-orang Zelot yang memberontak. sebab biasanya setelah orang yang diakui mesias muncul. dan dapat mendorong orang untuk memberontak. selalu disusul pemberontakan. Karena itu. Pilatus sungguh mengetahui bahwa Yesus berbeda dengan orangorang yang dianggap Mesias yang sebelum-sebelumnya. Munculnya mesias-mesias ini selalu diwaspadai oleh Pemerintah Roma. 3. Pewartaan Yesus tentang Kerajaan Allah dan pernyataan diri-Nya sebagai Mesias dapat menumbuhkan harapan bangsa Yahudi akan datangnya Mesias. ia berusaha membebaskan Yesus. selalu ada usaha untuk melawan pemerintahan Romawi. bahkan ia sampai menawarkan pilihan membebaskan antara Yesus atau Barabas. dalam setiap perayaan Paskah tentara Roma selalu siap siaga untuk menghadapi segala kemungkinan yang tidak diinginkan. Pada zaman Yesus.2. . Dalam hal ini. pasukan Romawi diperalat oleh para pemuka agama untuk menangkap Yesus dengan tuduhan akan memberontak. Munculnya Mesias-Mesias palsu Pada masa kehidupan Yesus. telah muncul beberapa orang yang diyakini oleh orang-orang Yahudi sebagai Mesias.

suku yang agamanya tidak kokoh. . makan dengan tangan najis. Perubahan agama dianggap dapat menimbulkan murka Allah. Hal-hal yang membuat Yesus tidak disukai oleh ahli Taurat. menyatakan semua makanan halal. dan imam-imam kepala serta tua-tua Yahudi antara lain : – Bergaul dengan sampah masyarakat – Melanggar hukum taurat. Ditambah lagi. – Membela wanita pezinah.KELOMPOK YANG TERLIBAT DAN MENGINGINKAN KEMATIAN YESUS • Para Petinggi Agama Yahudi Warta dan tindakan Yesus memang membaharui agama Yahudi. imam Farisi. dan para pemuka agama tidak menyukai hal ini karena mereka beranggapan bahwa hanya agama yang menjamin kelangsungan bangsa. Yesus berasal dari Nazaret. menyentuh orang kusta. berbicaara dengan perempuan kafir – Mengusir para pedagang di Bait Allah – Dianggap mengubah kitab suci karena menyatakan bahwa perceraian itu dilarang.

. ”Adalah lebih berguna jika satu orang mati untuk seluruh bangsa” (Yoh 18:14). Kayafas sebagai imam besar berkata. seperti yang dilakukan orang-orang Zelot. dan mayat orang yang terhukum harus segera dikuburkan karena dianggap mengotori dan menajiskan tanah yang diberikan Allah. dimana menurut keyakinan orang Yahudi. jadi mati di kayu salib itu lebih dari sekedar mencabut nyawa. • Akhirnya diputuskanlah dengan suara bulat untuk menghukum mati Yesus. orang yang dibuang oleh Allah sendiri. Karena itu para pemuka agama Yahudi menghadapkan Yesus pada Pilatus. karena tindakan Yesus dan murid-murid-Nya mengusir pedagang dan penukar uang di bait Allah membuat mereka mencurigai Yesus. Yesus pun dihukum mati di kayu salib. Para pemuka agama Yahudi juga memperalat pasukan Romawi dengan menuduh Yesus sebagai orang yang mau memberontak. Pasukan Romawi tidak terlalu berkeberatan untuk menghukum mati Yesus. orang yang mati di kayu salib adalah orang yang terkutuk. Karena mereka tidak memiliki wewenang menghukum mati.• Para petinggi pemerintahan Pewartaan Yesus tentang Kerajaan Allah dan pernyataan diriNya sebagai Mesias dianggap dapat menumbuhkan pemberontakan. maka mereka membawa Yesus kepada Ponsius Pilatus.

Yesus memperlihatkan bahwa Ia telah mengetahui rencana mereka (Luk 22 : 48).Sengsara dan Kematian Yesus • Diceritakan dalam keempat kitab Injil : Matius. Tetapi para murid tertidur 3x. dijawab oleh Bapa dengam mengirim seorang malaikat untuk memberi kekuatan kepada – Nya. Bantuan Ilahi itu menyebabkan Yesus kuat saat mengalami agonia (rasa nyeri) untuk melukiskan betapa amat tegang Yesus waktu itu. karena Lukas memperlihatkan segi kemanusiaan Yesus. Ada seorang yang menyerang hamba imam besar sehingga putus telinganya. Namun oleh Yesus orang itu disembuhkan. yang dibagi dalam 4 episode: – Episode 1 Penangkapan Yesus di Taman Getsemani / Bukit Zaitun (Luk 22 : 39 – 50) • Dimulai dengan Yesus pergi ke Bukit Zaitun / Taman Getsemani. Lukas. Yesus menjauhkan diri dari para murid (kira – kira sepelempar batu jaraknya) dan menyuruh mereka berdoa. . Yohanes • Kami memilih kisah sengsara menurut Injil Lukas. karena mengalami dukacita (Luk 22 : 45) • Yesus berlutut dan berdoa kepada Bapa – Nya (dimulai dan ditutup dengan penyerahan keinginan – Nya kepada kehendak Bapa. mendekati Yesus dan mencium – Nya. Markus. • Kemudian Yudas datang dengan rombongan. Doa – Nya.

malam itu Yesus tidak diadili di Mahkamah Agama. tetapi juga pandangan mata Yesus selama Petrus menyangkal – Nya. lalu diajukan sejumlah pertanyaan mengenai identitas – Nya sebagai Mesias dan Anak Allah oleh tua – tua. Di sana Petrus menyangkal Yesus 3 kali. • Paginya Yesus dihadapkan ke Mahkamah Agama. tetapi di rumah Imam Besar. dan imam – imam . Yesus digiring ke rumah Imam Besar.• Episode 2 Petrus Menyangkal Yesus. Menurut Lukas. ahli – ahli Taurat. Petrus menanbis dengan sedih bukan hanya karena teringat akan ramalan Yesus. Yesus di Hadapan Mahkamah Agama (Luk 22 : 54 – 71) • Setelah ditangkap.

Yesus dikirim ke Herodes. kendati pun Pilatus tidak mendapati kesalahan pada Yesus.• Episode 3 Yesus di Hadapan Pilatus dan Herodes (Luk 23 : 1 – 25) • Pilatus memutuskan untuk membebaskan Yesus. sementara Barnabas adalah seorang pemberontak seiring desakan orang Yahudi. Herodes pada akhirnya membenarkan keputusan Pilatus bahwa . Raja Galilea yang berada di Yerusalem selama hari raya setelah mengetahui ia adalah seorang Galiles.

• Lukas hendak menekankan bahwa Penyaliban Yesus merupakan kesempatan Allah memberikan pengampunan dan rahmat .• Episode 4 Yesus Disalibkan. dan seorang penjahat yang disalibkan. sebuah kita yang telah ditakdirkan akan runtuh dan diinjak bangsa – bangsa yang tidak mengenal Allah (Luk 21: 20 – 24) • Perkataan pertama yang diucapkan Yesus di salib adalah: “Ya Bapa. Kemudian Yusuf dari Arimatea meminta mayat Yesus. ampunilah mereka. sekelompok orang – orang Yahudi (bukan murid Yesus. serdadu – serdadu. dan agar diadakan upacar penguburan yang layak. Sejumlah besar orang Yahudi yang mengikuti Yesus ke Kalvari dan menyaksikan apa yang terjadi tergerak hatinya untuk bertobat. • Saat – saat terakhir hidup Yesus. Mereka adalah penduduk sebuah kota yang telah membunuh nabi – nabi dan menolak semua tawaran rahmat Yesus. sementara Yesus tidak bersalah. • Setelah wafat Yesus. Perkataan – Nya yang terakhir adalah : “Ya Bapa. dan Dimakamkan (Luk 23 : 26 – 56) • Saat Yesus menuju ke Kalvari. Namun penjahat yang lain mengakui hukuman yang diterimanya setimpal. Wafat. sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat” (Luk 23 : 34) • Ada tiga kelompok yang mengejek Yesus : pemimpin – pemimpin. tabir Bait Allah terbelah. kegelapan meliputi seluruh daerah itu. ke dalam tangan – Mu Kuserahkan nyawa – Ku” (Luk 23 : 46). dan disapa Yesus sebagai putri – putri Yerusalem) tersentuh haitnya oleh penderitaan dan kematian – Nya.

wafat Yesus adalah tanda solidaritasNya terhadap manusia • Keempat.Makna Sengsara dan Wafat Yesus • Makna sengsara dan wafat Yesus bagi kita dapat dijelaskan dengan beberapa hal sebagai berikut : • Pertama. wafat Yesus menunjukan tanda kasih Allah . kematian Yesus adalah konsekuensi dari pewartaan-Nya tentang Kerajaan Allah • Kedua. wafat Yesus sebagai tanda ketaatan dan kesetiaan-Nya kepada Bapa • Ketiga.

Kebangkitan Yesus .

makam yang kosong tidak menimbulkan kepercayaan wanita-wanita yang menyaksikaannya. artinya dukacita dan . Makam itu terbuka. Bagi orang yang sudah percaya kepada Kristus. sebaliknya mereka ketakutan lalu melarikan diri dan tidak mengatakan apa-apa. makam kosong tidak sama dengan kebangkitan. • Tetapi. Makam kosong pada dsarnya ambivalen (kebimbangan) dan tidak berkata apa-apa tentang bagaimana dan karena apa kosong. makam kosong merupakan sebuah tanda bahwa ada yang lebih bermakna daripada sekadar itu. Memang.Kubur Kosong • Cerita-cerita tentang kubur kosong tidak dimaksudkan untuk membuktikan kebangkitan Yesus. Makam kosong juga berarti. jangan mencari Dia (Kristus) yang hidup di antara orang mati (Luk 24:5). Hal yang hendak ditandakan dengan makam kosong adalah kebangkitan Kristus sebagai misteri penyelamat. Menurut Markus 16:8.

Yesus dikenal dan diakui sebagai Sang Kristusdan Tuhan. bahwa sesuatu yang biasanya tidak kelihatan. 3. penglihatan para murid yang “melihat Tuhan” setelah kebangkitan-Nya itu bukanlah kebangkitan biasa. Ia sendiri yang memprakrsai penampakan itu.Penampakan-penampakan Yesus • Jika kita perhatikan lebih seksama. berbagai cerita penampakan Yesus yang bangkit selalu meliputi 3 unsur pokok yang penting bagi kita . Unsur inilah yang 2. kini dijadikan keliahatan. isitilah ini digunakan untuk menunjukan 2 hal: pertama. kedua. Unsur Pengakuan. Unsur Praksara.yaitu : 1. Pengakuan iman ini dinyatakan dengan ungkapam : ”Yesus bangkit dari antara orang matipada hari ketiga” (luk 24:46) Unsur Kesaksian. Yesus “menampakan diri” atau “memperlihatkan diri”. . inisiatif selalu datang dari Yesus. Dia yang menampakan diri-Nya itu diakui sebagai tak lain dan tak bukan adalah Yesus dari Nazaret. Dia hidup melampaui wafat-Nya. Para rasul menerima tugas dari Tuhan untuk memaklumkan ketuhanan-Nya.

• Isi dari penampakan itu sebenarnya : 1. Yesus membuat para murid mengenlan-Nya melalui tanda “memecah-mecahkan roti” c. Pertama. bisa dilhat dari segi identitasnya. Kedua. Melalui sabda-Nya. Yesus hadir di tengah- . a. Melalui Roh Kudus-Nya. bahwa tubuh Yesus yang menampakan diri tidak bertubuh alamiah melainkan bertubuh mulia atau rohaniah • Beberapa contoh tentang bentuk-bentuk kehadiran Yesus yang permanen itu disajikan oleh cerita-cerita Paskah. Yesus hadir di tengah-tengah kita. bahwa Dia yang menampakan diri kepada para murid itu tidak lain adalah Yesus dari Nazaret yang adalah Tuhan (1Kor 9:1) dan Anak Allah (Gal 1:16) 2. sebagaimana dijelaskan dalam cerita kedua murid dalam perjalanan ke Emaus (Luk 24:13-35) b. Melalui tanda. Sejal bangkit dari alam maut .

bahwa Yesus sungguh telah bagkit. . lantas 500 saudara sekaligus. kemudian semua rasul. Paulus menyebutkan orang-orang yang memberi kesaksian tentang kebangkitan Yesus. Paulus bermaksud membuktikan makna kebangkitan Yesus bagi iman kita. kemudian 12 murid.Makna Kenbangkitan Yesus bagi Gereja • Paulus dalam suratnya yang pertama kepada jemaat di Korintus 15:1-23 menyatakan. dan akhirnya Paulus sendiri. karena mereka telah melihat Yesus sesdudah kebangkitan-Nya. • Dalam suratnya itu. lalu Yakobus. Adapun yang disebut Paulus adalah: pertama-tama Petrus. Semua kebenaran. Paulus mau mengemukaakan bukti sejarah yang menyakinkan. Kebangkitan Yesus yang mengesahkan dan melegemitasi apa yang telah dilaukan dan di ajarkan-Nya.

• Kisah kenaikan Yesus ke surga untuk mengungkapkan iman kita akan peninggian Yesus atau pemuliaan Yesus. • Kenaikan Kristus ke surga mengaambarkan langkah yang jelas dari kodrat Yesus yang masuk dalam kemuliaan Allah di surga. Tujuan kisah kenaikan Yesus ke surga adalah menekankan bahwa dengan kenaikan-Nya ke surga Yesus hidup alam kemuliaan Ilahi. Sesduah Yesus berbicarakepada mereka. terangkatlah ia ke surga. dari aman Ia akan datang kembali untuk sementara tersembunyi bagi Kenaikan Yesus ke Surga . sekaligus juga berarti bahwa selanjutnya Ia tidak lagi terlihat oleh para murid justru karena meninggalkan para murid. lalu duduk di sebelah kana Allah Bapa (Mrk 16:9).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->