P. 1
Estetika

Estetika

|Views: 17|Likes:
Published by Krissian Windra

More info:

Published by: Krissian Windra on May 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/17/2013

pdf

text

original

Nama NIM Mata Kuliah

: Krisian Windra Lasmana : 3201007043 : Estetika Bentuk

ARTIKEL
A. Estetika Seni (Art) yang pada umumnya mempunyai arti teknik, pertukangan, keterampilan. Bahasa Yunani Kuno biasa disebut Techne. Di Eropa pada pertengahan abad-17, dibedakan antara keindahan umum (termasuk alam) dan keindahan karya seni atau benda seni. Dari sinilah muncul istilah fine arts atau high arts. Pada jaman itu seni disebut sebagai artefact yang dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu, pertama benda-benda yang berguna tetapi tidak indah, benda-benda yang berguna dan indah, dan bendabenda yang indah tetapi tidak ada kegunaan praktisnya. Pada Tahun 1750, istilah estetika diperkenalkan oleh filsuf bernama A.G. Baumgarten (17141762). Estetika diambil dari bahasa yunani kuno, aisthethon, yang berarti “kemampuan melihat melalui penginderaan”. Baumgarten menamakan seni sebagai pengetahuan yang sensoris. Tujuan estetika adalah keindahan, dan tujuan logika adalah kebenaran.

B. Eksplorasi Bentuk Menurut Y.B. Mangunwijaya, Guna dan Citra, dua kata tersebut adalah dua lingkungan masalah yang perlu diperhatikan dalam merancang rumah dan bangunan. Guna yang dimaksud adalah masalah manfaat yang diperoleh dan pelayanan yang dihasilkannya dari bangunan. Citra adalah gambaran yang dihasilkan dari bentuk dan kegunaan lebih kepada sisi perasaan dan spiritual.

POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK KLIPING ESTETIKA BENTUK DI SUSUN OLEH : NAMA NIM KELAS MATA KULIAH : KRISIAN WINDRA. ST JURUSAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN PRODI TEKNIK ARSITEKTUR . L : 3201007043 : 1B : ESTETIKA BENTUK DOSEN JULIUS JUDHI.

Bangunan ini sangat unik dan menarik. .Bangunan ini memiliki keunikan khususnya pada kubahnya yang terbuat dari emas. dan seni arsitekturnya yang menarik. dikarenakan bentuknya yang merupakan perbesaran dari alat-alat musik.

. dan juga tempatnya dibangun.Bangunan ini mempunyai keunikan dan keindahan dari segi bentuknya.

.Bangunan ini memiliki daya tarik dari bangunannya yang megah serta fungsinya sebagai landasan helikopter.

. dan letaknya yang strategis.Bangunan ini memiliki keindahan dan keunikan yang tinggi. bangunannya yang megah. dari segi bentuknya.

. Sehingga sangat menari dilihat. dan juga bentuknya yang elegan.Bangunan ini memiliki keindahan dari cahayanya yang tampak pada malam hari.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->