Bab

01
A. B. C. D. E. F. G. MATERI Sejarah Internet Perangkat Untuk Mengakses Internet Koneksi Internet Melalui ISP Fasilitas-fasilitas Dalam Internet Istilah-istilah Dalam Internet Perbedaan Antara Internet dan Local Host Latihan Soal

I

nternet adalah suatu jaringan yang menghubungkan jaringan-jaringan, pc,wan di seluruh dunia. Internet atau International Network tidak ada yang menguasai dan tidak ada yang memiliki. Setiap orang yang terhubung ke internet merupakan pengelola dan perpanjangan internet. Internet adalah jaringan heterogen yang tidak bersifat komersial, artinya internet terdiri atas berjuta-juta jaringan di seluruh dunia yang terdiri atas berbagai sistem operasi, program, dan untuk mengakses informasi yang ada di internet tidak diperlukan biaya. Setiap orang yang terhubung ke internet bisa mengakses semua informasi di internet secara gratis. Misalnya mengambil file games, musik, software dan lain-lain GRATIS. Hanya memang untuk menghubung ke internet kita memerlukan suatu titik penghubung yang menghubungkan kita dengan internet. Kepada titik penghubung inilah kita mengeluarkan biaya sebagai balas jasa atas "kebaikannya" menghubungkan kita dengan internet.

A. Sejarah Internet
Asal mula internet bermula ketika negara Rusia pada tahun 1957 (kala itu bernama USSR, Union of Soviet Socialist Republics) meluncurkan satelit buatan bernama Sputnik. Amerika Serikat menyadari akan kemungkinan Rusia untuk mengirimkan rudal nuklir dari satelite tersebut. Karenanya Amerika membentuk ARPA (Advance Research Projects Agency) untuk membuat sebuah teknologi dalam menangkal kemungkinan serangan rudal dari rusia. Pada tahun 1962 the RAND Corporation ditugaskan oleh U.S. Air Force untuk membuat sebuah teknologi baru dalam komunikasi, konsep teknologi komunikasi ini adalah pesan harus dibuat dalam bentuk paket digital, masingmasing paket tersebut haruslah dapat dikirimkan secara mandiri, jika paket pesan gagal dikirimkan ke tujuannya, maka pengirim harus tahu akan hal ini, paket pesan harus bisa di kirimkan kembali ke tujuan yang lain. Tahun 1972 ARPANET berubah nama menjadi DARPA (Devence Advance Research Projects Agency)

Mengenal Internet dan LAN
dan tahun 1975 berubah lagi menjadi DARPANET karena saat itu DARPA juga difungsikan untuk publik sebagai bisnis jaringan. Tahun 1983 peneliti dari Winconsin membuat DNS (domain name system) agar dapat dengan mudah mengingat alamat komputer daripada mengingat alamat Internet Protocol (IP) yang digunakan untuk penamaan alamat komputer. Dengan teknologi DNS ini, maka untuk pertama kalinya sebuah komputer dengan alamat Internet Protocol (IP) 144.163.21.141 diubah menjadi my.cool.unix.box dan dapat diakses oleh pengguna internet lainnya. Tahun 1984, ARPANET terpecah menjadi dua jaringan, yaitu DARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer), akan tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dapat dilakukan. Pada mulanya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tapi lama-kelamaan disebut sebagai Internet saja. Di tahun yang sama lahir National Science Foundation Network (NSFNET), yang menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat super komputer. Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan konsorsiumkonsorsium riset. NSFNET mulai menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset utama di Amerika. Pada bulan Maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan. Pada saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Australia, negara-negara Skandinavia, Inggris, Perancis, jerman, Kanada dan Jepang segera bergabung. Pada saat ini Internet terdiri atas lebih dari 15.000 jaringan yang mengelilingi dunia (70 negara di 7 benua). Sekitar 25 juta orang dapat saling mengirimkan pesan melalui Internet dan jaringan-jaringan lain terhubung dengannya. Pemakaiannya sudah bukan murni untuk riset saja, tetapi mencakup kegiatan sosial, komersial (melalui jaringan antar komersial bernama CIX), budaya dan lain-lain.

B. Perangkat Untuk Mengakses Internet
1. Perangkat Keras (Hardware)
Peralatan yang diperlukan untuk menghubung ke intener minimal adalah : Saluran telepon, Modem, Seperangkat komputer yang mendukung protokol TCP/IP

Untuk menghubungkan komputer ke internet diperlukan beberapa perangkat keras, tahukah anda apa saja yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet amati Gambar 1.1 berikut :

Gambar 1.1 Perangkat keras untuk menghubunkan keintrenet

2

Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF

Mengenal Internet dan LAN
1.1 Komputer Komputer merupakan perangkat keras yang mutlak untuk melakukan akses internet. a. Komputer minimal menggunakan processor 80486 DX b. Hardisk, perfungsi sebagai media penyimpanan c. VGA (Video Grafics Array)untuk menampilkan data pada monitor d. RAM (Random Acces Memory) Memory bersifat sementara, yang bisa digunakan kurang lebih 32 MB (MegaByte). e. Monitor alat output berfungsi untuk menampilkan proses kerja dari komputer. 1.2 Modem Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal. 1.3 Kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair)

1.5 Konektor RJ 45 digunakan sebagai penghubung kabel UTP Kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair)

1.6 Kabel koaksial, digunakan untuk sebagai peredam sinyal agar tidak mengembalikan dan tidak mengganggu sinyal aslinya. 1.7 Wireles adapter digunakan sebagai pengendali peripheral yang terpasang tanpa menggunakan kabel. Wireles Internal
Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF

Wireles External

3

Me. Kebanyakan kartu jaringan adalah kartu internal. slackware. Router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasarkan alamat tujuan dan alamat asal.8 Switching digunakan untuk menghubungkan jalur komunikasi data segmen jaringan ke jaringan tertentu. suse. menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Chatting Gaim X-chat Kopete Ksirc dll 7. debian. Browser Internet Explorer Netscape Navigator dll 4. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang bias disebut PCMCIA slot. hampir sama dengan bridges namun memiliki kemampuan yang lebih baik. Jika mengunakan system oprasi windows anda bisa gunakan windows 98.1 Sistem Oprasi Linux 1. Yaitu kartu jaringan yang dipasang pada slot ekspansi di dalam komputer MAC. XP dan Vista. 2.9 Router adalah berfungsi mengartikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Jika anda mengunakan system oprasi Linux bisa mengunakan beberapa distro antara lain redhat. FTP (File Tranfer GFTP Sistem Oprasi Windows 2. Perangkat Lunak (Software) Kebutuhan software sangat ditentukan oleh kebutuhan hardware yang digunakan. Browser Mozila Firefox Opera Konqueror dll 3.Mengenal Internet dan LAN 1. 2000. dan kartu jaringan Token Ring. Chatting ICQ mIRC Yahoo Messenger MSN dll 8. mandriva. E-mail K-mail Tunderberd Evolution dll 5. ubuntu blankOn dan masih banyak lagi distro-distro yang bisa digunakan. Berikut ini beberapa software aplikasi untuk internet antara lain : Tabel 1. Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah kartu jaringan Ethernet. FTP (File Gotzila Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF 4 . LocalTalk konektor.10 Network Interface Card (NIC) atau Kartu Jaringan adalah kartu jaringan NIC merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar computer. 1. E-mail Outlook Expres Netscape Mail Internet Mail dll 6. 1.

3 Gambar 1. Koneksi Internet Melalui Internet Service Provider [ISP] C ara lain untuk menghubung ke internet adalah melalui jasa penyedia akses ke internet yang disebut Internet Services Provider atau biasa disebut provider saja. Berikut ini cara menghubungkan internet melalui ISP telkomnet@instan 1. a. Cara Menghubungkan Internet Melalui ISP (telkomnet@instan) Menggunakan Sistem Oprasi Linux Mandriva. Klik Kmenu pada taskbar lalu pilih System>Configuration>Comfigure Your Computer seperti seperti Gambar 1. seperti Gambar 1.2 b.Mengenal Internet dan LAN Protocol) SFTP dll Tranfer Protocol) WSFTP dll C. Melalui hubungan ini kita dapat mengakses semua fasilitas di internet .3 Setting telkomnet@instan menggunakan Linux Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 5 . Anda pilih Network dan Internet.

4 d. Kemudian anda pilih setup network interface Pilih ikon set up a new network Gambar 1. Pilih Manual Choice kemudian Next Gambar 1. Pilih Analog Telephone Modem kemudian Next seperti Gambar 1.Mengenal Internet dan LAN c.5 e.6 6 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF . Pilih Analog modem telephone. Kemudian anda pilih Manual chice.

jika external ttyS0/COM1 kemudian Next seperti Gambar 1. jika external anda pilih ttysS0?COM1 Pilih /dev/modem jika modem komputer anda internal. Kemudian anda pilih /dev/modem jika modem computer anda internal.7 g. Pilih provider ISP dengan setingan unlisted-edit manually kemudian Next seperti Gambar 1. untuk memilih manual anda cari unlisted-edit manually.8 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 7 .Mengenal Internet dan LAN f. Langkah selanjutnya anda pilih provider.

Pilih Automatic untuk IP addres telkom kemudian Next untuk melanjutkan (Lihat Gambar 1.Mengenal Internet dan LAN h.9) i.9) Isian Account telkom Gambar 1. Phone Number : 080989999 Password : telkom.10) Untuk mencari IP secara otomatis (Gambar 1.9) Pilih Automatic untuk IP Parameter kemudian Next untuk melanjutkan (Lihat Gambar 1. Isikan Connection Name : telkomnet@instan.10) 8 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF . Confirm Password : telkom kemudian Next untuk melanjutkan (Lihat Gambar 1.

12) Untuk gateway secara otomatis (Lihat Gambar 1.11 Untuk mencari DNS secara otomatis (Gambar 1. Pilih Automatic untuk DNS kemudian Next untuk melanjutkan (Lihat Gambar 1.Mengenal Internet dan LAN j. Pilih Automatic untuk Gateway kemudian Next untuk melanjutkan (Lihat Gambar 1.11) k.12) Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 9 .

13 m.14) Pertanyaan anda pilih Yes (Lihat Gambar 1.12) Tampilan Connection Control Gambar 1.14) 10 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF . Pilih Connection Control kemudian Next untuk melanjutkan (Lihat Gambar 1. Pilih Yes untuk connect ke internet kemudian Next untuk melanjutkan (Lihat Gambar 1.Mengenal Internet dan LAN l.

15 b. Pilih ikon Connection Gambar 1. a. Klik start pada taskbar lalu pilih control panel seperti Gambar 1.Mengenal Internet dan LAN 2.16 Network seperti Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 11 . Cara Menghubungkan Internet Melalui ISP (telkomnet@instan) Menggunakan Sistem Oprasi Windows XP.

Klik New Connection Wizard sehingga akan muncul jendela kemudian klik Next seperti Gambar 1.18) e. Pilih tombol Next.19) 12 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF . kemudian pilih Connect to the internet (Lihat Gambar 1. kemudian pilih Set Up My Connection Manually (Lihat Gambar 1. Pilih tombol Next.17 d.Mengenal Internet dan LAN c.

22) Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 13 .Mengenal Internet dan LAN f.21) h Isikan pada Text Box Phoen Number untuk telkomnet@instant. 080989999 kemudian tekan tombol Next untuk melanjutkan (Lihat Gambar 1.20) g. kemudian pilih Connect Using a Dial-Up Modem (Lihat Gambar 1. Isikan pada Text Box nama ISP telkomnet@instant. Pilih tombol Next. kemudian tekan tombol Next untuk melanjutkan (Lihat Gambar 1.

Password : telkom.com http:// adalah protocol (bahasa komunikasi) yang digunakan. kemudian klik Finish untuk mengakhiri jendela dialog New Connection Wizard (Lihat Gambar 1. Dengan email kita bisa mengirimkan/menerima surat darimanapun. Tampilan complete setelah anda melakukan pengisian koneksi ke telkom.23) j. Fasilitas-fasilitas dalam Internet 1. politik. adalah server internet yang saat ini sangat berkembang pesat. kemanapun dan kapanpun.microsoft. E-mail (Electronik Mail) Jasa yang tersedia di internet yang sangat bermanfaat dan sudah dikenal luas adalah email (surat elektronik). WWW atau biasa disebut dengan Web begitu saja. kebudayaan dan lain-lain.24) D.Mengenal Internet dan LAN i. Word Wide Web (WWW) Server WWW ini menyediakan berbagai informasi untuk kita mulai dari games. Confirm Password : telkom kemudian Next untuk melanjutkan (Lihat Gambar 1. 2. Contoh : http://www. Bandingkan 14 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF . Kita bisa mengirim surat ke mana saja dan menerima balasannya hanya dalam waktu beberapa menit. www adalah server yang menyediakan informasi microsoft adalah nama perusahaan com adalah jenis domain dari perusahaan microsoft tersebut. sosial. ekonomi. Dan canggihnya semua dalam waktu yang sangat singkat dan tanpa biaya. Isikan User Name : telkomnet@instan.

dan masih banyak lagi. video.id. @ artinya terdapat 'di'. Mailcity. faisalvisual adalah nama user.com adalah perusahaan yang menyediakan email gratis. Contoh : ftp://ftp. Eudoramail. Dengan memanfaatkan server ini kita dapat mengambil file-file film. Telnet (Komputer jarak jauh) Protokol telnet digunakan untuk mengakses suatu komputer yang terhubung ke internet dari jarak jauh. FTP (File Transfer Protocol) Server ini menyediakan berbagai file yang dapat kita ambil (download) secara gratis. Ghoper Merupakan fasilitas untuk memudahkan pencarian. CHATTING (Obrolan via internet) Chatting digunakan untuk "ngobrol-ngobrol" antar pemakai internet yang saat itu konek ke internet dan "berbicara" pada saluran yang sama. penarikan.co. Yang paling Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 15 . 4. Untuk dapat melakukan chatting. 3. kita memerlukan suatu program/software yang saat ini tersedia bermacam-macam software di pasaran. Dengan telnet kita bisa membuka suatu komputer yang berada di wilayah lain seakan-akan kita berada di depan komputer itu. dan pengambilan informasi dari serveryang mendukung protocol gopher. dalam hal mengobrol ini. sedangkan yahoo.id adalah jaringan tempat berada komputer yang akan kita buka lab6 adalah komputer yang akan dibuka dari jarak jauh. Perlu diingat. Contoh penulisan telnet adalah : telnet:cybernet.com. informasi yang ada tidak bisa dipercaya. Contoh email gratis adalah : Yahoo.com ftp:// adalah protocol yang digunakan untuk mentransfer file (untuk server ftp gunakan protokol ftp://) ftp adalah server di mana informasi/file tersebut berada ibm adalah perusahaan yang menyediakan informasi com adalah domain/jenis dari perusahaan microsoft.lab6 telnet adalah protokol yang digunakan cybernet. dengan chatting kita bisa ngobrol tentang apa saja. Sebelum kita dapat menerima dan mengirim email. games dan lain-lain dari internet secara gratis. Hotmail. 5.ibm. Untuk menggunakan telnet kita harus tahu password yang digunakan oleh komputer yang akan kita buka tersebut. Berbeda dengan news group. Bimamail. Kita bisa mendapatkan keanggotan email secara gratis ke berbagai perusahaan yang menyediakan jasa email. 6.co. Contoh alamat email (Email address) adalah : faisalvisual@yahoo. maka kita harus memiliki email-account dulu.Mengenal Internet dan LAN dengan pengiriman surat secara konvensional. bahkan membicarakan hal-hal yang tidak ada artinyapun boleh.

arts. Contoh cara penulisannya adalah : news:rec.Mengenal Internet dan LAN umum digunakan adalah mIRC (Internet Relay Chat . 9. misalnya yang saat ini sedang berkembang adalah fasilitas melakukan pembicaraan telepon melalui internet dengan pulsa lokal. Kelompok-kelompok tersebut antara lain : soc : kelompok diskusi tentang hal-hal yang bersifat sosial sci : kelompok diskusi tentang sain /ilmu pengetahuan reg : kelompok diskusi tentang keagamaan/religi agr : kelompok diskusi untuk bidang pertanian comp : kelompok diskusi tentang berbagai hal mengenai komputer. 8. 7. Informasi yang dapat anda peroleh melalui fasilitas tersebut antara lain teks. Misalnya berbicara tentang pertanian. News Group dikelompokkan dalam group-group tertentu menurut topiknya.books news adalah protokol yang digunakan rec adalah kelompok rekreasi/hiburan arts adalah sub kelompok kesenian books adalah sub kelompok buku-buku Jadi kelompok diskusi di atas adalah news group untuk membicarakan tentang buku-buku kesenian yang termasuk dalam group rekreasi. MSN dll. Di samping fasilitas-fasilitas internet yang telah disebutkan di atas. Jadi meskipun kita melakukan pembicaraan SLI/SLJJ. NEWS (News Group/UseNet) Protokol news digunakan untuk melakukan diskusi antar pemakai internet di seluruh dunia. alt : kelompok diskusi untuk berbagai bidang/ biasanya untuk percobaan. masih terdapat fasilitas-fasilitas yang lain. gambar. Tentuk saja untuk ini diperlukan tambahan peralatan selain yang diperlukan untuk koneksi ke internet. animasi. dll Perlu diingat setiap orang hanya boleh berdiskusi dikelompok yang sudah ditetapkan. Milis/Mailiing List Merupakan fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan email. kita hanya membayar pulsa lokal. suara. Topik-topik yang dibicarakan juga harus topik yang ilmiah. film dll 16 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF . HTTP (Hyper Text Transfer protocol) Http merupakan fasilitas basis dari WWW.Obrolan Via Internet)Yahoo Massanger. hanya boleh dikelompok pertanian. dengan fasilitas ini anda dapat menakses informasi dari situs-situs web yang ditulis dengan bahasa HTML.

system yang digunakan oleh ISP yang secara otomatismemberikan alamat IP baru pada pengguna yang melakukan login Jenis komunikasi antar computer dengan menggunakan saluran telepon dan modem Memutuskan hubungan computer dengan jaringan Internet Sekumpulan computer dengan periferalnya yang terdapat dalam jaringan dan tertata secara teratur menurut prosedur tertentu (alamat IP) Menyalin file atau program dari situs Internet ke media penyimpan lain seperti disket.dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik.Mengenal Internet dan LAN E.pertukaran barang.aplikasi.flashdisk.dan harddisk Digital subscriber line.surat yang dikirim melalui Internet dengan menggunakan alamat e-mail cyberspace cybercrime cyberlaw DCHP Dial up disconnect domain download DSL e-commerce e-government e-mail Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 17 .merupakan kumpulan perintah yang dibentuk dari berbagai sumber yang disusun menurut urutan tertentu sehingga mampu mengatasi konflik style Istilah lain dunia maya di Internet Kejahatan yang terjadi di Internet Istilah hukum yang berlaku di dunia maya/Internet Dynamic Host Configuration Protocol.dan pertukaran informasi Istilah mengenai kegiatan pemerintahan yang menggunakan media teknologi dan informasi Electronic mail.minimal terdiri dari username dan password Menjelajah dengan mengikuti link di halaman web Hubungan komunikasi antar pengguna computer dalam Internet secara online yang umumnya berupa teks Kompuetr dalam jaringan yang menggunakan sumber daya yang disediakan server Informasi tentang client dari computer server yang disimpan ke kompuetr client Menghubungkan computer ke jaringan Inetrnet Seseorang yang membuat program untuk menembus system keamanan atau system computer secara illegal Cara agar pesan dapat dikirim dengan aman melalui sandi yang berupa kode tertentu Cascading Style Sheet.merupakan kumpulan teknologi.merupakan teknologi yang mampu menyediakan bandwith cukup tinggi ke rumah-rumah atau perusahaan dengan menggukan media kabel telepon Electronic commerce. Istilah-istilah dalam Internet Istilah account browser chatting client cookie connect cracker cryptographi CSS Keterangan Data tentang seseorang.

yaitu jaringan computer international Internet Relay Chat.namun juga suara dan video Interconnection network. minimal terdiri dari user name dan password Prose keluar dari system jaringan Program untu kmenerima.yaitu bahasa pemrograman untuk membuat web Hypertext Transfer Protocol. dan mengirimkan eDivisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF Firewire Flames Flatrate freeware FTP Game online gateway Gopher guestbook Hacker Hang Hoak homepage hypertext HTML HTTP hyperlink hypermedia internet IRC ISP Login Logout Mailer 18 .dan membaca pesan dari pengunjung lain Seseorang yang ahli dalam bidang penguasaan computer Menggantung.macet e-mail yang berasal dari sumber yang tidak jelas dan biasanya isinya tidak benar Lokasi di Internet yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses documen web Teks yang kaitannya dengan dokumen lain Hypertext mark up language.yaitu program layanan untuk chatting di Internet Internet service provider.Mengenal Internet dan LAN e-payment encription Firewall Pembayaran melalui media Internet Program penyandi pesan agar tidak dapat dibaca orang lain yang tidak mempunyai program pembukanya Kombinasi hardware dan software yang berfungsi untuk memisahkan sebuah jaringan menjadi dua atau lebih untuk menjaga keamanan data Kabel penghubung video ke computer Pesan pesan di Internet yang menghina atau membuat penerima e-mail marah Tarif Internet borongan atau tanpa argometer Software yang dapat diperoleh secara gratis File Transfer Protocol.menulis.yaitu protocol standar untuk kegiatan lalu lintas file (upload maupun download) antara dua computer yang terhubung dengan jaringan internet Game computer yang dapat dimainkan oleh multi pemain melalui Ineternet Sebuah mekanisme yang menyediakan akses ke sebuah system lain yang terhubung ke dalam sebuah network Protocol publikasi informasi berbasis karakter yang menggunakan menu untuk mengakses teks Fasilitas interaktif dalam halaman Web yang memungkinkan pengunjungnya menulis pesan. membaca.yaitu perusahaan atau badan usaha penyedia layanan internet Proses masuk ke system jaringan.yaitu protocol untuk bertukar informasi di Internet Teks yang akan membawa ke tampilan dokumen lain Media yang tidak hanya memuat teks saja.

Uniform Resource Locator. cara penamaan alamt file diinternet Wireless Aplication Protocol.Mengenal Internet dan LAN mail seperti Microsoft Outlok Alamat e-mail yang digunakan secara bersama-sama dalam suatu kelompok untuk saling bertukar informasi Modulator demodulator yaitu alat yang digunakan untuk mentransmisikan data dari computer ke computer lain dalam suatu jaringan melalui internet Kelompok diskusi internet Seorang atau organisasi pengguna internet Komputer yang sedang tidak terhubung kejaringan internet Komputer yang terhubung dalam jaringan internet Program tambahan untuk browser Post Office Protocol. Program komputer untuk membaca halaman web dan menjelajahi internet. yaitu protokol Yng beroprasi dalam bagian yang berbeda. Halaman web Website yang menyediakan berbagai informasi dan fasilitas bagi pengunjungnya Mailing list Modem Newsgroup Netter Offline Online Plug-in POP Proxy server Server Soft copy Spam Spider Surfing Shareware TCP/IP Update Upload URL WAP Web browser Web hosting Web page Web portal F. Perbedaan Internet dengan Localhost/LAN 1. Memperbaharui program. yaiyu protokol yang digunakan pada handphone atau PDA untuk mengakses internet dengan format teks. Perusahaan penyedia layanan dan penyimpanan web bagi perseorangan atau perusahaan. biasanya untuk program anti virus Mengirim file dari computer local kekomputer system jaringan internet. yaitu protocol yang digunakan untuk mengambil e-mail di internet Server yang menjembatani komputer-komputer dalam suatu jaringan agar terhubung dengan internet. Pengertian Local Host / LAN Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 19 . Komputer yang digunakan untukmelayani komputer client Salinan dokumen dalam bentuk file Pesan tidak diinginkan yang masuk kealamt e-mail Istilah yang digunakan untuk mesin diinternet Menjelajahi dunia maya(internet) Software yang diberikan secara gratis yang biasanya hanya berlaku dalam periode tertentu Transmission control protocol / internet protocol.

5.Mengenal Internet dan LAN Komputer yang kita punya dirumah dapat dihubungkan dengan komputer lainnya sehingga membentuk sebuah jaringan. komputer juga dapat dihubungkan dengan saluran telekomunikasi untuk mendapatkan informasi yang lebih luas. b. Metode Pengkabelan pada kabel UTP dan STP terdapat 8 buah serat kabel yaitu : 1. anda mengklik ikon network neighbourhood di desktop jika ingin mengkomunikasikan setiap komputer. driver kartu jaringan dipasang dengan software yang sesuai dengan kartu jaringan tersebut. siapkan kabel UTP dan potonglah sesuai dengan jarak dan jumlah komputer yang ingin dibuat jaringan. setelah itu. Hubunkan kabel dari setiap komputer yang ada dengan hub/switch sehingga membentuk sebuah jaringan. Salah satu saluran telekomunikasi yang mudah diperolah adalah telepon. Selanjutnya. Orange Orange putih Coklat Coklat putih Biru Biru putih Hijau Hijai Putih 20 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF . anda memerlukan peralatan tambahan yang disebut modem. 2. 2. Siapkan kartu jaringan dengan port RJ45 dan pasanglah di komputer melalui slot PCI. 7. 4. maka minimal anda harus menyediakan dua buah komputer serta peralatan pendukung lainnya. Siapkan hub/swith dengan port RJ45 d. Selain itu. Apabila anda hanya ingin membuat saluran komunikasi antar komputer yang biasa disebut dengan LAN (Local Area Network). Cara yang mudah untuk dipraktekan adalah dengan menggunakan topologi star. Langkah-langkah untuk membuat jaringan tersebut adalah sebagi berikut. 3. 8. c. 6. a. e. Agar dapat menghubungkan komputer kesaluran telekomunikasi tersebut.

Mengenal Internet dan LAN a. Type straight Konektor 1 1 1 Konektor 2 Orange 2 2 Orange Orange-putih 3 3 Orange-putih Hiaju 4 4 Hijau Hijau-putih 5 5 Hijau-putih Biru 6 6 Biru Biru-putih 7 7 Biru-putih Coklat Coklat-putih 8 8 Coklat Coklat-putih Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 21 .

Type Crosover Konektor 1 1 1 Konektor 2 Orange 2 2 Orange Orange-putih 3 3 Orange-putih Hiaju 4 4 Hijau Hijau-putih 5 5 Hijau-putih Biru 6 6 Biru Biru-putih 7 7 Biru-putih Coklat Coklat-putih 8 8 Coklat Coklat-putih 3. seperti Gambar 1. Mengatur Konfigurasi Jaringan Menggunakan SIsitem Oprasi Linux Mandriva. jika sudah terbuka pilih Network & Internet.Mengenal Internet dan LAN b. Anda buka MCC (Mandriva Control Center).25 22 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF . a.

Kemudian anda klik setup a new network interface.27 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 23 .25 b.Mengenal Internet dan LAN Tampilan MCC (Mandriva Control Center) Gambar 1. Langkah selanjutnya memilih kartu jaringan anda pilih ethernet.27 Pilihan konfigurasi Gambar 1.26 Tampilan ikon set up network interface Gambar 1.26 c. seperti Gambar 1. seperti Gambar 1.

seperti Gambar 1. ` Memilih paket ethernet Gambar 1. kemudian klik Next.28.29 24 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF . seperti Gambar 1.29. Netmask. Gateway. DNS server2. Membuat IP addres Gambar 1. DNS server 1. selanjutnya anda memilih paket ethernet anda jika sudah terdapat paketnya maka akan otomatis muncul dibawahnya. Kemudian isikan kotak isian nomor IP addres.28 e.Mengenal Internet dan LAN d. Setelah anda memilih konfigurasi ethernet.

seperti Gambar 1. Langkah selanjutnya Connection control anda pilih dengan memberikan tanda “”. Kemudian anda pilih option “Yes” untuk memulai koneksi. Tampilan connection control Gambar 1.30 g.30.31.31 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 25 .Mengenal Internet dan LAN f. seperti Gambar 1. Memulai koneksi Gambar 1.

Control Panel pada windows Gambar 1.32. kemudian pilih ikon internet connection seperti Gambar 1. Mengatur Konfigurasi Jaringan Menggunakan SIsitem Oprasi Widows XP A nda dapat melakukan pada saat mengistal system oprasi windows tetapi jika belum anda harus mengulang konfigurasi jaringan. Tampilan berhasil melakukan konfigurasi jaringan Gambar 1.Mengenal Internet dan LAN h. Langkah pertama anda buka control panel. Jika konfigurasi dinyatakan berhasil maka seperti Gambar 1.32 3.33 26 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF . a.33.

Mengenal Internet dan LAN b.35. jika belum terinstal maka anda harus mencari paket Ethernet computer anda.35 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 27 . selanjutnya anda klik Next. Deteksi hardware jaringan Gambar 1. Kemudian jika jenis ethernet sudah terinstal maka secara otomatis akan muncul. lihat seperti Gambar 1.34. seperti Gambar 1. Langkah-langkah konfigurasi jaringan Gambar 1. Kemudian akan mucnul Welcome to the Network Setup Wizard.34 c.

37 28 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF .Mengenal Internet dan LAN d. kemudian klik next. Kotak network setup wizard Gambar 1. Kotak network setup wizard Gambar 1.36. Klik this computer belongs to a network that does not have an internet connection.36 e. Klik other. kemudian klik next. seperti Gambar 1. seperti Gambar 1.37.

39 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 29 . seperti Gambar 1.38.39.38 g. Kotak isian deskripsi & nama komputer Gambar 1. kemudian klik next. seperti Gambar 1. Kotak isian Workgroup Gambar 1. Tuliskan deskripsi komputer missal “zalokeh” dan nama komputer missal “kelasxii” pada kotak isian yang tersedia.Mengenal Internet dan LAN f. Tuliskan nama workgroup jaringan anda missal “alpen” kemudian klik next.

jika tidak maka pilih turn off file and file sharing. Proses konfigurasi jaringan.Mengenal Internet dan LAN h. Proses Konfigurasi Gambar 1. apakah printer anda untuk berbagi atau tidak.40 i. seperti Gambar 1.41.40. seperti Gambar 1. Jika anda menggunakan printer. Kotak isian deskripsi & nama komputer Gambar 1.41 30 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF .

anda akan diminta untuk membuat Network Wizard Setup yang berguna untuk mengatur konfigurasi jaringan pada Windows Non XP. Klik network connection. Anda dapat menggunakan disket tersebut untuk melakukan konfigurasi jaringan komputer lain yang menggunakan system oprasi Windows 95 atau 98. seperti Gambar 1. Setelah itu.Mengenal Internet dan LAN j. 4. ControlPanel Gambar 1.43. Klik start > control panel b. masukan disket. Kemudian anda pilih Create a Network Setup Disk kemudian Next Kotak network setup wizard Gambar 1. Klik finish untuk megakhiri. kemudian tekan next tunggu beberapa saat hingga selesai. Mengatur Alamat IP Langkah-langkah untuk menatur alamat IP (Internet Protocol) antara lain adalah : a.42 k. c. kemudian klik Yes untuk me-restart computer anda.43 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 31 . Klik network and internet connection. l.

kemudian klik kanan dan pili Properties. Pada menu general.Mengenal Internet dan LAN d.44 e. Kotak dialog LAN Properties Gambar 1. seperti Gambar 1. Klik kanan pada Local Area Network Gambar 1. seperti Gambar 1.45 32 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF .45. Klik ikon Local Area Network. klik internet protocol (TCP/IP) kemudian klik tombol properties.44.

Untuk memudahkan kita dalam membaca dan mengingat suatu alamat IP. IP addres adalah sekelompok bilangan biner 32 bit yang dibagi menjadi 4 bagian yang masing-masing bagian itu terdiri dari 8 bit (sering disebut IPV4). Misal : Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 33 .Mengenal Internet dan LAN f. kemudian klik OK.46. seperti Gambar 1. maka umumnya penamaan yang digunakan adalah berdasarkan bilangan decimal.46 IP Addres digunakan untuk mengidentifikasi interface jaringan pada host dari suatu mesin. Anda pilih use the following IP addres. kemudian isikan kotak isian nomor IP addres dan Subnet Mask. Kotak dialog Internet Protocol TCP/IP Gambar 1.

0.000000001 192 168 10 1 Alamat IP dibagi menjadi kelas-kelas yang masing-masing mempunyai kapasitas jumlah IP yang berbeda-beda.168.0. Pada table dibawah ditampilkan kelas-kelas pengalmatan IP.10.50 .0 s/d C 110xxxxx.255.10101000.168.777.0 <-kelas C) menjadi blok-blok yang masing-masing blok minimal terdiri dari 48 host.0.10. yang artinya harus dilakukan proses subnetting dalam jaringan tersebut.255.0)  Kelas C subnet : 11111111.10.152 . Pada tabel tersebut x adalah NetID dan y adalah HostID.10.0 ingin membagi menjadi 5 jaringan kecil (masing-masing 48 host).11111111.00000000.10.255.0.168. 192.224 digunakan oleh jaringan 1 digunakan oleh jaringan 2 digunakan oleh jaringan 3 digunakan oleh jaringan 4 digunakan oleh jaringan 5 34 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF .0) Missal suatu jaringan dengan IP jaringan 192.00000000 (255.10.10.11111111.1 Subnetting/subnet mask A 0xxxxxxx.192.532 254 Subnetting adalah pembagian suatu kelompok alamat IP menjadi bagian-bagian yang lebih kecil lagi.192.255.yyyyyyyy 16.0)  Kelas B subnet : 11111111.0000000.0 192.255.00000000 (255.192.yyyyyyyy 223. Seperti kita telah ketahui bahwa tiap-tiap kelas C mempunyai 255 IP maka perhitungannya adalah sebagai berikut : 255/5=51 Masing-masing subnet mempunyai 49 alamat IP (masing-masing diambil 2 untuk IP broadcast dan IP network).0.255 128.101 .168.0.168.153 192.00000000 (255.10.255.255.51 192.0 s/d 127.255 192.11111111.0 s/d B 10xxxxxx.204 .168.168.10.yyyyyyyy 191.168. Kelas Format Kisaran Jumlah IP 0.00000000.0.yyyyyyyy. Tujuan dalam melakukan subnetting ini adalah :  Membagi suatu kelas jaringan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil  Menempatkan suatu host.255.192.192.168.10.Mengenal Internet dan LAN 11000000.10.0. apakah berada dalam satu jaringan atau tidak  Kelas A subnet : 111111111. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membagi IP jaringan tersebut (192.10.168.00001010.255 Tabel 1.yyyyyyyy.168.yyyyyyyy. Berikut adalah pengelompokan dari jaringanjaringan tersebut.214 65.203 .0.168.102 192.

maka anda mengkonfigurasikannya dengan langkahlangkah sebagi berikut : Klik start Klik printer and faxes Apabila komputer anda telah terhubung dengan printer. Nilai 8 bit tertinggi dari subnetting Kelas C adalah : 255 = 11111111 00110011 ------------(negasi) 11001100 (8 bit terakhir dari subnet kelas C)=204 maka IP subnetmasknya : 255. kemudian klik next sampai selesai. Menginstal Printer Jaringan diwindows XP Agar printer anda dapat dipakai dikomputer yang lain melalui jaringan tidak usah repot-repot pindah printer.204 5. pada kotak dialog printer and faxes akan terlihat ikon printer dari jaringan tersebut. Untuk pembagian 51 host : 51 = 00110011 (biner). anda klik kanan ikon printer kemudian klik sharing. 6. Mengkases File Melalui LAN Untuk mengatur sharing folder atau drive. Apabila anda ingin menggunakan printer pada computer lain. anda tunggu sampai komputer selesai menginstall printer yang diinginkan dari komputer asal.Mengenal Internet dan LAN Subneting diperlukan agar host pada satu jaringan tidak dapat mengkases host pada jaringan lain secara langsung.255. Buka windows explorer Klik kanan pada folder atau drive yang akan di sharing Pilih menu sharing and security Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 35 .255. maka klik add printer kemudian pilih next Cari printer yang diinginkan melalui tombol browse. setelah itu. Setelah selesai. anda dapat lakukan langkah-langkah sebagai berikut.

namun jika anda tidak mengijinkan biarkan kosong.48 ::Meangakses komputer lain melalui localhost tidak semuanya dapat dibuka. di ubah itu semua tergantung di izinkannya pemilik komputer rersebut:: 36 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF . di copy. jika anda mengijinkan orang lain untuk menyimpan atau menghapus file di folder tersebut. Setelah melakukan pengaturan sharing folder atau drive. maka anda beri tanda check list pada Allow network users to change my files. beri tanda check list dikotak share this folder on the network. anda dapat mengkases komputer lain dengan cara :  Buka windows explorer  Klik my network places  Klik entrie network  Klik Microsoft windows network  Klik nama workgroup  Klik nama komputer yang ingin diakses  Klik folder yang ingin dibuka  Pilih file yang ingin digunakan Kotak dialog sharing folder Gambar 1.47  Pada kotak dialog Network Sharing and Security.Mengenal Internet dan LAN Sharing folder Gambar 1.

internet explorer e. ARPA d. modem b. Union b. disconnect c.Mengenal Internet dan LAN G.. www b. kecuali . NFSnet e. Program aplikasi untuk browsing internet yang populer saat ini dalam sistem operasi linux adalah . e-mail c. sebagai media komunikasi 5. mozila firefox b. USnet 2. msn d. IRC 4.. google c. a. hub d. sign out d. Berikut beberapa manfaat dari internet. Dibawah ini adalah perangkat-perangkat terhubungnya ke internet. sebagai media promosi b. a. a. Memutuskan hubungan komputer dengan jaringan internet disebut …. offline b. sebagai media dakwah c. sebagai media teknologi e. ftp d. Karenanya Amerika membentuk …. a.. Pilihan Ganda 1.. ethernet card c. kabel data e. kecuali….. satu unit komputer 3. http 6. Fasilitas internet yang digunakan untuk transfer file dari komputer lokal ke komputer server adalah …... Latihan Soal I. Amerika Serikat menyadari akan kemungkinan Rusia untuk mengirimkan rudal nuklir dari satelite tersebut. Internet c. online e. irc e. a. a. sebagai media hiburan d. sign up Divisi Pendidikan Sekolah-LP3T-NF 37 .

cracker b. csp d. a. word wide web b.. e-mail e. Buatkan skema metode pengkabelandengan metode crosover ! 5. a. a. Sebutkan program-program aplikasi untuk Internet dalam Sistim Operasi Windows dan Sistem Operasi Linux ! 2. cybercrime c. mailing list II. connect d.Mengenal Internet dan LAN 7. on-line 10. download 3. chatting d. HTML b. Kenapa suatu jaringan dibutuhkan IP Addres. trubleshooting 8. Jelaskan yang dimaksud dengan ISP dan jelaskan langkah-langkah untuk menghubungkan komputer dengan ISP (telkomnet@instan) menggunakan Linux ! 4. pcp e. e-mail c. surfing e. group d. a. Essay 1. hacker b. isp b. Yang bukan termasuk fasilitas-fasilitas di internet adalah …. Jelaskan istilah-istilah dibawah ini a. domain e. Merupakan fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan e-mail adalah . netter c. Istilah bagi pengguna Internet disebut …. dial up d.. chatting c. telkom 9. Perusahan yang menawarkan jasa pelayanan untuk menghubungkan internet adalah …. FTP e. tsp c.. Jelaskan ! 38 Divisi Pendidikan Sekolah-LP3TNF .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful