P. 1
glbb

glbb

|Views: 673|Likes:
Published by Akmal Nizar

More info:

Published by: Akmal Nizar on May 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2013

pdf

text

original

Wong168's Blog

Info « Rangkaian Seri dan Paralel Pengelompokkan Mahluk Hidup »

Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Gerak Lurus Beraturan (GLB) adalah gerak lurus pada arah mendatar dengan kocepatan v tetap (percepatan a = 0), sehingga jarakyang ditempuh S hanya ditentukan oleh kecepatan yang tetap dalam waktu tertentu. Pada umumnya GLB didasari oleh Hukum Newton I ( S F = 0 ). S = X = v . t ; a = Dv/Dt = dv/dt = 0 v = DS/Dt = ds/dt = tetap Tanda D (selisih) menyatakan nilai rata-rata. Tanda d (diferensial) menyatakan nilai sesaat. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah gerak lurus pada arah mendatar dengan kecepatan v yang berubah setiap saat karena adanya percepatan yang tetap. Dengan kata lain benda yang melakukan gerak dari keadaan diam atau mulai dengan kecepatan awal akan berubah kecepatannya karena ada percepatan (a= +) atau perlambatan (a= -). Pada umumnya GLBB didasari oleh Hukum Newton II ( S F = m . a ).

vt = v0 + a.t vt2 = v02 + 2 a S S = v0 t + 1/2 a t2

vt = kecepatan sesaat benda v0 = kecepatan awal benda S = jarak yang ditempuh benda f(t) = fungsi dari waktu t

v = ds/dt = f (t) a = dv/dt = tetap

Syarat : Jika dua benda bergerak dan saling bertemu maka jarak yang ditempuh kedua benda adalah sama. Sumber: http://www.adipedia.com/2011/04/gerak-lurus-beraturan-glb-dan-gerak.html

Share this:
 

Share

Like this:
Suka Be the first to like this post.
Masukan ini dipos pada April 20, 2011 5:57 am dan disimpan pada Pendidikan . Anda dapat mengikuti semua aliran respons RSS 2.0 dari masukan ini Anda dapat memberikan tanggapan, atau trackback dari situs anda.

Satu Tanggapan to “Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)”
1. Alfiah Dara Lubis Berkata
Oktober 25, 2011 pada 9:50 pm

kurang lengkap, tulisannya seharusnya, satu persatu ditampilkan, dan ada penjelasan juga jangan lupa sama ada contohnya.ok:) Balas

Tinggalkan Balasan
guest

Enter your comment here...

Fill in your details below or click an icon to log in:
  

Email (wajib) (Belum diterbitkan) Nama (wajib) Situs web

Please log in to WordPress.com to post a comment to your blog.

You are commenting using your Twitter account. ( Log Out / Ubah )

You are commenting using your Facebook account. ( Log Out / Ubah ) Batal Connecting to %s Beritahu saya balasan komentar lewat surat elektronik. Beritahu saya tulisan baru lewat surat elektronik.
Kirim Komentar

24672

0

1319974135 1

Blog pada WordPress.com. Theme: Black-LetterHead by Ulysses Ronquillo. Ikuti

Follow Wong168's Blog
Get every new post delivered to your Inbox. Bergabunglah dengan 87 pengikut lainnya.
Masukkan a

subscribe

7337118

http://w ong168.w

loggedout-follow

9137825662

/2011/04/20/gera

Daftar!

Powered by WordPress.com

Gudang Ilmu Fisika Gratis
   

Home Tentang Kontak Download

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
  

Tuesday Aug 12,2008 10:21 AM By san In Kinematika

Suatu benda dikatakan melakukan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) jika percepatannya selalu konstan. Percepatan merupakan besaran vektor (besaran yang mempunyai besar dan arah). Percepatan konstan berarti besar dan arah percepatan selalu konstan setiap saat. Walaupun besar percepatan suatu benda selalu konstan tetapi jika arah percepatan selalu berubah maka percepatan benda tidak konstan. Demikian juga sebaliknya jika arah percepatan suatu benda selalu konstan tetapi besar percepatan selalu berubah maka percepatan benda tidak konstan.

Karena arah percepatan benda selalu konstan maka benda pasti bergerak pada lintasan lurus. Arah percepatan konstan = arah kecepatan konstan = arah gerakan benda konstan = arah gerakan benda tidak berubah = benda bergerak lurus.Besar percepatan konstan bisa berarti kelajuan bertambah secara konstan atau kelajuan berkurang secara konstan. Ketika kelajuan benda berkurang secara konstan, kadang kita menyebutnya sebagai perlambatan konstan. Untuk gerakan satu dimensi (gerakan pada lintasan lurus), kata percepatan digunakan ketika arah kecepatan = arah percepatan, sedangkan kata perlambatan digunakan ketika arah kecepatan dan percepatan berlawanan.

Contoh 1 : Besar percepatan konstan (kelajuan benda bertambah secara konstan) Misalnya mula-mula mobil diam. Setelah 1 detik, mobil bergerak dengan kelajuan 2 m/s. Setelah 2 detik mobil bergerak dengan kelajuan 4 m/s. Setelah 3 detik mobil bergerak dengan kelajuan 6 m/s. Setelah 4 detik mobil bergerak dengan kelajuan 8 m/s. Dan seterusnya… Tampak bahwa setiap detik kelajuan mobil bertambah 2 m/s. Kita bisa mengatakan bahwa mobil mengalami percepatan konstan sebesar 2 m/s per sekon = 2 m/s2. Contoh 2 : Besar perlambatan konstan (kelajuan benda berkurang secara konstan)

Misalnya mula-mula benda bergerak dengan kelajuan 10 km/jam. Setelah 1 detik, benda bergerak dengan kelajuan 8 km/jam. Setelah 2 detik benda bergerak dengan kelajuan 6 km/jam. Setelah 3 detik benda bergerak dengan kelajuan 4 km/jam. Setelah 4 detik benda bergerak dengan kelajuan 2 km/jam. Setelah 5 detik benda berhenti. Tampak bahwa setiap detik kelajuan benda berkurang 2 km/jam. Kita bisa mengatakan bahwa benda mengalami perlambatan konstan sebesar 2 km/jam per sekon. Perhatikan bahwa ketika dikatakan percepatan, maka yang dimaksudkan adalah percepatan sesaat. Demikian juga sebaliknya, ketika dikatakan percepatan sesaat, maka yang dimaksudkan

adalah percepatan. Nah, dalam gerak lurus berubah beraturan (GLBB), percepatan benda selalu konstan setiap saat, karenanya percepatan benda sama dengan percepatan rata-ratanya. Jadi besar percepatan = besar percepatan rata-rata. Demikian juga, arah percepatan = arah percepatan ratarata. Dalam kehidupan sehari-hari sangat sulit ditemukan benda yang melakukan gerak lurus berubah beraturan, di mana perubahan kecepatannya terjadi secara teratur, baik ketika hendak bergerak dari keadaan diam maupun ketika hendak berhenti. walaupun demikian, banyak situasi praktis terjadi ketika percepatan konstan/tetap atau mendekati konstan, yaitu jika percepatan tidak berubah terhadap waktu (ingat bahwa yang dimaksudkan di sini adalah percepatan tetap, bukan kecepatan).

Penurunan Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Rumus dalam fisika sangat membantu kita dalam menjelaskan konsep fisika secara singkat dan praktis. Jadi cobalah untuk mencintai rumus, he2…. Dalam fisika, anda tidak boleh menghafal rumus. Pahami saja konsepnya, maka anda akan mengetahui dan memahami cara penurunan rumus tersebut. Hafal rumus akan membuat kita cepat lupa dan sulit menyelesaikan soal yang bervariasi…. Sekarang kita coba menurunkan rumus-rumus dalam Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Pahami perlahan-lahan ya…. Pada penjelasan di atas, telah disebutkan bahwa dalam GLBB, percepatan benda tetap atau konstan alias tidak berubah. (kalau di GLB, yang tetap adalah kecepatan). Nah, kalau percepatan benda tersebut tetap sejak awal benda tersebut bergerak, maka kita bisa mengatakan bahwa percepatan sesaat dan percepatan rata-ratanya sama. Bisa ya ? ingat bahwa percepatan benda tersebut tetap setiap saat, dengan demikian percepatan sesaatnya tetap. Percepatan rata-rata sama dengan percepatan sesaat karena baik percepatan awal maupun percepatan akhirnya sama, di mana selisih antara percepatan awal dan akhir sama dengan nol. Jika sudah paham, sekarang kita mulai menurunkan rumus-rumus alias persamaan-persamaan. Pada pembahasan mengenai percepatan, kita telah menurunkan persamaan alias rumus percepatan rata-rata, di mana < ![endif]-->

t0 adalah waktu awal ketika benda hendak bergerak, t adalah waktu akhir. Karena pada saat t0 benda belum bergerak maka kita bisa mengatakan t0 (waktu awal) = 0. Nah sekarang persamaan berubah menjadi :

< ![endif]--> < ![endif]--> Satu masalah umum dalam GLBB adalah menentukan kecepatan sebuah benda pada waktu tertentu, jika diketahui percepatannya (sekali lagi ingat bahwa percepatan tetap). Untuk itu, persamaan percepatan yang kita turunkan di atas dapat digunakan untuk menyatakan persamaan yang menghubungkan kecepatan pada waktu tertentu (vt), kecepatan awal (v0) dan percepatan (a). sekarang kita obok2 persamaan di atas…. Jika dibalik akan menjadi

Ini adalah salah satu persamaan penting dalam GLBB, untuk menentukan kecepatan benda pada waktu tertentu apabila percepatannya diketahui. Jangan dihafal, pahami saja cara penurunannya dan rajin latihan soal biar semakin diingat…. Selanjutnya, mari kita kembangkan persamaan di atas (persamaan I GLBB) untuk mencari persamaan yang digunakan untuk menghitung posisi benda setelah waktu t ketika benda tersebut mengalami percepatan tetap. Pada pembahasan mengenai kecepatan, kita telah menurunkan persamaan kecepataan rata-rata

Untuk mencari nilai x, persamaan di atas kita tulis ulang menjadi : < ![endif]--> Karena pada GLBB kecepatan rata-rata bertambah secara beraturan, maka kecepatan rata-rata akan berada di tengah-tengah antara kecepatan awal dan kecepatan akhir :

< ![endif]-->

Persamaan ini berlaku untuk percepatan konstan dan tidak berlaku untuk gerak yang percepatannya tidak konstan. Kita tulis kembali persamaan a :

< ![endif]-->

Persamaan ini digunakan untuk menentukan posisi suatu benda yang bergerak dengan percepatan tetap. Jika benda mulai bergerak pada titik acuan = 0 (atau x0 = 0), maka persamaan 2 dapat ditulis menjadi < ![endif]--> x = vot + ½ at2 Sekarang kita turunkan persamaan/rumus yang dapat digunakan apabila t (waktu) tidak diketahui. Kita tulis lagi persamaan a : < ![endif]-->

< ![endif]--> Terdapat empat persamaan yang menghubungkan posisi, kecepatan, percepatan dan waktu, jika percepatan (a) konstan, antara lain : < ![endif]-->

Persamaan di atas tidak berlaku jika percepatan tidak konstan.

Contoh soal 1 : Sebuah mobil sedang bergerak dengan kecepatan 20 m/s ke utara mengalami percepatan tetap 4 m/s2 selama 2,5 sekon. Tentukan kecepatan akhirnya Panduan jawaban :

Pada soal, yang diketahui adalah kecepatan awal (v0) = 20 m/s, percepatan (a) = 4 m/s dan waktu tempuh (t) = 2,5 sekon. Karena yang diketahui adalah kecepatan awal, percepatan dan waktu tempuh dan yang ditanyakan adalah kecepatan akhir, maka kita menggunakan persamaan/rumus

Contoh soal 2 : Sebuah pesawat terbang mulai bergerak dan dipercepat oleh mesinnya 2 m/s2 selama 30,0 s sebelum tinggal landas. Berapa panjang lintasan yang dilalui pesawat selama itu ? < ![endif]--> Panduan Jawaban Yang diketahui adalah percepatan (a) = 2 m/s2 dan waktu tempuh 30,0 s. wah gawat, yang diketahui Cuma dua…. Bingung, tolooooooooooooooooong dong ding dong… pake rumus yang mana, PAKE RUMUS GAWAT DARURAT. He2…… Santai saja. Kalau ada soal seperti itu, kamu harus pake logika juga. Ada satu hal yang tersembunyi, yaitu kecepatan awal (v0). Sebelum bergerak, pesawat itu pasti diam. Berarti v0 = 0. Yang ditanyakan pada soal itu adalah panjang lintasan yang dilalui pesawat. Tulis dulu persamaannya (hal ini membantu kita untuk mengecek apa saja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan soal tersebut) s = so + vot + ½ at2 < ![endif]--> Pada soal di atas, S0 = 0, karena pesawat bergerak dari titik acuan nol. Karena semua telah diketahui maka kita langsung menghitung panjang lintasan yang ditempuh pesawat : s = 0 + (0)(30 s) + ½ (2 m/s2)(30 s)2 s = … LanjuTkaN!

< ![endif]--> s = 900 m.

Contoh soal 3 : Sebuah mobil bergerak pada lintasan lurus dengan kecepatan 60 km/jam. karena ada rintangan, sopir menginjak pedal rem sehingga mobil mendapat perlambatan (percepatan yang nilainya negatif) 8 m/s2. berapa jarak yang masih ditempuh mobil setelah pengereman dilakukan ? Panduan jawaban : Untuk menyelesaikan soal ini dibutuhkan ketelitian dan logika. Perhatikan bahwa yang ditanyakan adalah jarak yang masih ditempuh setelah pengereman dilakukan. Ini berarti setelah pengereman, mobil tersebut berhenti. dengan demikian kecepatan akhir mobil (vt) = 0. karena kita menghitung jarak setelah pengereman, maka kecepatan awal (v0) mobil = 60 km/jam (dikonversi terlebih dahulu menjadi m/s, 60 km/jam = 16,67 m/s ). perlambatan (percepatan yang bernilai negatif) yang dialami mobil = -8 m/s2. karena yang diketahui adalah vt, vo dan a, sedangkan yang ditanyakan adalah s (t tidak diketahui), maka kita menggunakan persamaan < ![endif]-->

Dengan demikian, jarak yang masih ditempuh mobil setelah pengereman hingga berhenti = 17,36 meter (yang ditanyakan adalah jarak(besaran skalar))

GRAFIK GLBB Grafik percepatan terhadap waktu

Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak lurus dengan percepatan tetap. Oleh karena itu, grafik percepatan terhadap waktu (a-t) berbentuk garis lurus horisontal, yang sejajar dengan sumbuh t. lihat grafik a – t di bawah

< ![endif]--> Grafik kecepatan terhadap waktu (v-t) untuk Percepatan Positif Grafik kecepatan terhadap waktu (v-t), dapat dikelompokkan menjadi dua bagian. Pertama, grafiknya berbentuk garis lurus miring ke atas melalui titik acuan O(0,0), seperti pada gambar di bawah ini. Grafik ini berlaku apabila kecepatan awal (v0) = 0, atau dengan kata lain benda bergerak dari keadaan diam.

< ![endif]--> Kedua, jika kecepatan awal (v0) tidak nol, grafik v-t tetap berbentuk garis lurus miring ke atas, tetapi untuk t = 0, grafik dimulai dari v0. lihat gambar di bawah

< ![endif]--> Nilai apa yang diwakili oleh garis miring pada grafik tersebut ? Pada pelajaran matematika SMP, kita sudah belajar mengenai grafik seperti ini. Persamaan matematis y = mx + n menghasilkan grafik y terhadap x ( y sumbu tegak dan x sumbu datar) seperti pada gambar di bawah.

< ![endif]--> Kemiringan grafik (gradien) yaitu tangen sudut terhadap sumbu x positif sama dengan nilai m dalam persamaan y = n + m x. Persamaan y = n + mx mirip dengan persamaan kecepatan GLBB v = v0 + at. Berdasarkan kemiripan ini, jika kemiringan grafik y – x sama dengan m, maka kita dapat mengatakan bahwa kemiringan grafik v-t sama dengan a. < ![endif]--> Jadi kemiringan pada grafik kecepatan terhadap waktu (v-t) menyatakan nilai percepatan (a).

Grafik kecepatan terhadap waktu (v-t) untuk Perlambatan Contoh grafik kecepatan terhadap waktu (v-t) untuk perlambatan dapat anda lihat pada gambar di bawah ini. < ![endif]-->

Grafik Kedudukan Terhadap Waktu (x-t) Persamaan kedudukan suatu benda pada GLBB telah kita turunkan pada awal pokok bahasan ini, yakni x = xo + vot + ½ at2 < ![endif]--> Kedudukan (x) merupakan fungsi kuadrat dalam t. dengan demikian, grafik x – t berbentuk parabola. Untuk nilai percepatan positif (a > 0), grafik x – t berbentuk parabola terbuka ke atas, sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini.

< ![endif]--> Apabila percepatan bernilai negatif (a < 0), di mana benda mengalami perlambatan, grafik x – t akan berbentuk parabola terbuka ke bawah.

Pertanyaan piter : Tolong kasih penjelan untuk soal ini yach,,he,,he, 1. x(t ) = 4t3 + 8t² + 6t – 5 a. Berapa kecepatan rata-rata pada t0.5 dan t 2.5 b. Berapa kecepatan sesaat pada t 2 b. Berapa percepatannya ratanya,? Terimakasih,,he,,he,,salam gbu Panduan jawaban : a) Kecepatan rata-rata pada t = 0,5 dan t = 2,5

< ![endif]--> t1 = 0,5 dan t2 = 2,5 x1 = 4t3 + 8t² + 6t – 5 = 4(0,5)3 + 8(0,5)² + 6(0,5) – 5 = 4(0,125) + 8(0,25) + 6(0,5) – 5 = 0,5 + 2 + 3 – 5 = 0,5 x2 = 4t3 + 8t² + 6t – 5

= 4(2,5)3 + 8(2,5)² + 6(2,5) – 5 = 4(15,625) + 8(6,25) + 6(2,5) – 5 = 62,5 + 50 + 15 – 5 = 122,5 < ![endif]--> b) Kecepatan sesaat pada t = 2

v = 3(4t2) + 2(8t) + 6 v = 12t2 + 16t + 6 v = 12 (2)2 + 16(2) + 6 v = 48 + 32 + 6 v = 86 Kecepatan sesaat pada t = 2 adalah 86 c) Berapa percepatan rata-ratanya ?

< ![endif]--> v1 = 12t12 + 16t1 + 6 v2 = 12t22 + 16t2 + 6 De piter, t1 dan t2 berapa ? Masukan saja nilai t1 dan t2 ke dalam persamaan v1 dan v2. Setelah itu cari arata-rata.

Referensi : Giancoli, Douglas C. 2001. Fisika Jilid I (Terjemahan). Jakarta : Penerbit Erlangga. Halliday dan Resnick. 1991. Fisika Jilid I (Terjemahan). Jakarta : Penerbit Erlangga.

Tipler, P.A. 1998. Fisika untuk Sains dan Teknik-Jilid I (Terjemahan). Jakarta : Penebit Erlangga. Young, Hugh D. & Freedman, Roger A. 2002. Fisika Universitas (Terjemahan). Jakarta : Penerbit Erlangga.
Postingan yang berkaitan :
       

Gerak Vertikal Gerak Melingkar Beraturan (GMB) Besaran gerak melingkar Gerak Parabola alias Gerak Peluru Gerak Jatuh Bebas (GJB) Gerak Lurus Beraturan (GLB) Kelajuan, Kecepatan dan Percepatan Kerangka Acuan, titik acuan, Kedudukan, Jarak dan Perpindahan

RSS feed for comments on this post

Ada 142 Komentar
o

rahmah says: 21 September 2008 at 1:41 pm

maaf, saya ijin ngopi artikelnya ya pak, buat tugas.trims @ hmm …
Balas komentar ini

ritha says: 22 February 2010 at 6:18 am

woy………………………………. sopan dunk ma grux, wlw gmna pun jg dy i2 ortu mue yg plg brjsa yc gk……………… coir yc low gw ikut cmpur abizzzx cie mue gk sopan ma guru mue sndri……… sorry yc……………………

Balas komentar ini

chofi says: 27 February 2010 at 10:08 am

nggih…………………………..
Balas komentar ini
o

LINA says: 27 September 2008 at 9:32 pm

pak mau tanya boleh kan ? pasti boleh deh! APA SAJA SIH APLIKASI DARI GLB, GLBB, DAN GERAK VERTIKAL? PLEASE!!! aplikasi dari glb, glbb dan gerak vertikal dalam kehidupan sehar-hari
Balas komentar ini
o

asyafe says: 29 September 2008 at 8:33 am

walah..baca postingan yg ini mengingatkan saya akan nostalgia indah semasa di kampus dulu..entah kenapa serasa kuliah lagi..he..he. PS: salam hangat khusus buat Mas Holidey_resnik & Mas Tipler..pie kabare?, juga Dosen2 tercinta kita di perguruan tinggi se_Indonesia Cheers. salam dari Tipler
Balas komentar ini
o

piter says: 11 November 2008 at 5:37 pm

Tolong kasih penjelan untuk soal ini yach,,he,,he,

1. x(t ) = 4t3 + 8t² + 6t – 5 a. Berapa kecepatan rata-rata pada t0.5 dan t 2.5 b. Berapa kecepatan sesaat pada t 2 b. Berapa percepatannya ratanya,? Terimakasih,,he,,he,,salam gbu De piter, jawabannya di atas. Tuh lihatlah ke atas
Balas komentar ini
o

syafa says: 12 November 2008 at 4:28 pm

Sore Pak, Sy dapet tgs nich…. Bantuin ya…. ni tgz ttg GLB & GLBB ma guru sy d suruh nyari bentuk grafik dan penjelasannya. Bentuk grafik yg mesti di cari: a. grafik kecepatan fungsi waktu b. grafik jarak fungsi waktu c. grafik percepatan fungsi waktu pada GLB dan GLBB. Plisss bantuin ya…,bwt ng’jain ni tgs. & sy minta Bapak jwbnya cepet y…,Cz ni tgs d kumpulin bzok. Oiy, jawbannya d kirim ke Email sya aja. Okey… and thanks bgt sebelumnya. sebenarnya di atas sudah ada grafiknya de… kalau dirimu baca modul di atas sampai selesai, dengan mudah bisa menjelaskan grafik itu… ayo, berpikir dikit lah. Lihat contoh di GLB. Di GLB sudah dijelaskan.
Balas komentar ini
o

rina says: 14 November 2008 at 8:55 pm

sebuah kereta listrik bergerak dari keadaan diam dengan percepatan 1,5 m/s2 selama 10 s, kemudian dengan percepatan 0,5 m/s selama 20 s, berikutnya dengan

kecepatan tetap selama 90 s, dan akhirnya diperlambat sampai berhenti selama 30 s.jarak total yang ditempuh kereta tersebut Jarak tempuh 1 : bergerak dari keadaan diam dengan percepatan 1,5 m/s2 selama 10 s vt = vo + at vt = 0 + (1,5 m/s²) (10 s) vt = 15 m/s vt² = vo² + 2as (15 m/s)² = 0 + 2 (1,5 m/s²)(s) (15 m/s)² = 3 m/s²(s) 225 m²/s² = 3 m/s²(s) s = 75 meter Jarak tempuh 2 : kemudian dengan percepatan 0,5 m/s selama 20 s vt = vo + at vt = 15 m/s + (0,5 m/s²) (20 s) vt = 15 m/s + 10 m/s vt = 25 m/s vt² = vo² + 2as (25 m/s)² = (15 m/s)² + 2 (0,5 m/s²)(s) (625 m²/s²) = 225 m²/s² + 1 m/s²(s) 625 m²/s² – 225 m²/s² = 1 m/s²(s) 400 m²/s² = 1 m/s²(s) s = 400 m²/s² : 1 m/s² s = 400 m Jarak tempuh 3 : kecepatan tetap selama 90 sekon s=vt s = (25 m/s)(90 s) s = 2250 m Jarak tempuh 4 : diperlambat sampai berhenti selama 30 s vt = vo – at 0 = 25 m/s – a (30 s) 25 m/s = -a (30 s) a = 25 m/s : -30 s a = 0,83 m/s² vt² = vo² + 2as 0 = 25 m/s + 2 (0,83 m/s²) (s)

s=? S total = S1 + S2 + S3 + S4 lanjutin ya
Balas komentar ini
o

haris says: 23 November 2008 at 3:09 pm

sore pak. makasih ya atas penjelasannya.. saya sangat terbantu menyelesaikan soal-soal fisika yang ada
Balas komentar ini
o

agung says: 21 December 2008 at 10:18 am

pak tolong gmn crx klw kt ingin jd jenius matematika & physics………………………………………!!! Caranya cuma satu : Belajar yang rajin. Itu saja. Prof Koshiba tu orangnya biasabiasa saja dan malah sering dapat nilai merah tapi bisa dapat nobel. Jadi intinya belajar yang rajin + tekun
Balas komentar ini
o

Joshua says: 23 February 2009 at 7:51 pm

Pak, saya murid kls 1 smp gmana cara mudah mengerti tntng glb dan glbb serta rumus nya
Balas komentar ini

san says: 25 February 2009 at 11:10 pm

Joshua, materi glb dan glbb smp kayaknya beda tipis ya.. Klik link ini de Gerak lurus beraturan alias glb. GLBB tuh di atas
Balas komentar ini
o

Roykhane says: 11 March 2009 at 8:27 pm

allow Pak, aq mo nanya nih, bapak tau kan praktikum GLBB, yg mnggunakan Rangkaian alat sbb : beban, sensor I, sensor II Motion transducer, Counter dan air supply. Gunanya air supply kan utk mengatur kuat lemahnya hembusan sehingga gesekan trolly bisa seminimal mungkin. shg dianggap tidak ada gesekan (gesekan dianggap = 0). cara membuktikannya secara matematis gmn? sry klo kurang jelas pertanyaannya. thx…
Balas komentar ini
o

yuyun says: 13 March 2009 at 8:40 am

terima kasih atas penjelasannya Pak, jadi benar2 terbantu
Balas komentar ini
o

ridho says: 19 March 2009 at 3:25 am

pak.. misalnya motor bergerak dari kecepatan nol menuju ke kecepatan 20 km/jam pada rpm tertentu. dari sini apa bisa ditentukan waktu tempuhnya? mohon bantuannya.. thx..
Balas komentar ini
o

Nia says: 23 March 2009 at 7:33 pm

Rumus GLB dan GLBB menurut saya sangat rumit …. Apakah da cra yg paling mudah utk saya menghafal ujian besok ?
Balas komentar ini

san says: 26 March 2009 at 6:00 pm

silahkan download materi glb dan glbb… lihat di halaman ebook gratis, modul. penjelasannya sedikit berbeda
Balas komentar ini
o

henzoe03 says: 29 March 2009 at 9:02 am

bagus
Balas komentar ini
o

tantri dan pasca says: 14 May 2009 at 2:34 pm

pak,tlg bka bku karangan Marthen Kangainan KlsX hal 315 no.24-27… Tooooolooooonnng…….. Ajarin…………….Mksh………….
Balas komentar ini
o

rakarOOan says: 21 May 2009 at 11:06 pm

wah..bagus bagnet neh..buat kecerdasan bangsa indonesia tercinta…thankx
Balas komentar ini

san says: 24 May 2009 at 7:41 am

lam kenal rakar
Balas komentar ini
o

melati says:

26 May 2009 at 10:44 pm

duch….kren bgd bwt nbah kecerdasan nak2 Indonesia termsk bwt nbah kecerdasan q…. n ksi tw jg dund trik br bs fisika ls 1 smp yawh…
Balas komentar ini
o

melati says: 26 May 2009 at 10:48 pm

wah…..krna da rumus2 ni q bs lbh ngerti lg thanks yawh…..
Balas komentar ini
o

Nisa G. says: 12 June 2009 at 6:46 pm

Lapor…. Q mau nanya soal nich! blh khan??? Mobil yg mula-mula diam kecepatannya menjadi 50 m/s dalam waktu 10 sekon. Hitung jarak yang ditempuh mobil itu selama 5 sekon pertama??? Tp, jawabannya pake rumus + jgn terlalu susah jawabannya. coal’a Q msh klz 1 SMP. Mohon bantuannya!
Balas komentar ini

san says: 13 June 2009 at 1:28 pm

Nisa download saja ebook GLBB…. sudah gurumuda jelaskan disitu… Pahami perlahan-lahan lalu coba diselesaikan ya. guampang kok, paling pusink dikit
Balas komentar ini
o

sheila says: 21 July 2009 at 4:44 pm

pakk, bisa lebih komplit gg,, soalnya saya mase gg ngerti alias gg paham pakk,, pakk ngapalin rumus dengan baik gmn caranya??
Balas komentar ini

san says: 23 July 2009 at 12:47 am

download ebook ja. jangan hafal rumus… pahami konsep
Balas komentar ini
o

m doni says: 18 August 2009 at 9:02 pm

pak saya mau tanya rumus apa yang digunakan apabila ada pertanyaan sperti berikut: dikt: v1: 12m/s s : 180m v2: 4m/s ditanya: berapakah jark akhir pada 4 m/s
Balas komentar ini

Me says: 22 October 2009 at 9:03 pm

t (waktu) nya tidak diketahui..
Balas komentar ini
o

tomy says: 27 August 2009 at 8:44 am

apa ciri2 dan persamaan dari;glb,glbb,g.vertikal ke atas,g.jatuh bebas,g.peluru(parabola). harap cepat ya pak…
Balas komentar ini
o

agia says:

28 August 2009 at 9:18 pm

pak mau tanya nich…. kenapa setiap benda di jauhkan dari bumi selalu kembali??? ini tugas dari sekolah please jawab ya pak…….
Balas komentar ini

san says: 30 August 2009 at 10:25 pm

baca di sini dan di situ ya agia…
Balas komentar ini
o

otto says: 5 October 2009 at 5:42 pm

Wah3x… bgus nie artikel na, lanjutin ya oom membuat artikel kyk gini. Jd pmbaca kayak aku bisa tambah pinter deh… hehehe… btw q minta ijin buat ngopi dikit y, buat tugas fisika nih. Hehe…
Balas komentar ini
o

raihana saleh says: 13 October 2009 at 7:20 pm

saya mautanya tentang hubungan glb dan glbb dalam moto gp??? terimah kasih
Balas komentar ini

san says: 20 October 2009 at 6:40 pm

Maaf ya, baru dibalas… GLB = gerak dengan kecepatan konstan = gerak lurus dengan laju

konstan. sebaliknya GLBB = gerak dengan percepatan konstan. Percepatan konstan artinya arah percepatan konstan dan besar percepatan konstan. Besar percepatan konstan bisa berarti kelajuan bertambah secara teratur atau berkurang secara teratur. Kaitannya dengan moto GP : Ketika sepeda motor bergerak dengan lurus dengan laju konstan maka sepeda motor tersebut melakukan GLB. Sebaliknya ketika sepeda motor (dan pengendaranya masa bergerak sendiri percepatan konstan maka ia melakukan GLBB.
Balas komentar ini
o

) bergerak dengan

fetty says: 18 October 2009 at 7:34 pm

koq gk ad mcam2 glbb sich?
Balas komentar ini

lidyanova Farlisa says: 18 October 2009 at 10:08 pm

Gerak Jatuh Bebas, Gerak Vertikal Ke Atas, Gerak vertikal ke bawah
Balas komentar ini

san says: 20 October 2009 at 6:36 pm

maturnuwun
Balas komentar ini
o

Slamet supriyanto says: 19 October 2009 at 3:38 pm

Ada mobil sedan bergerak dgn kelajuan 80 km/jam. Ada mobil polisi yg sedang berhenti/diam langsung tancap gas mengejar tapat saat mobil sedan melewatinya. mobil polisi dipercepat dgn percepatan konstan 8 km/jam s.

a. Berapa lama mobil polisi dapat menangkap mobil sedan ? b. berapa kecepatan mobil polisi ketika menangkap mobil sedan ? Mohon bantuan untuk memecahkan masalah ini Sebelumnya, saya ucapkan Terimakasih…
Balas komentar ini

san says: 20 October 2009 at 6:35 pm

Slamet, gurumuda sudah membalas emailmu… pembahasannya mirip sekali
Balas komentar ini
o

CICI says: 20 October 2009 at 4:19 pm

pak tolong jelaskan tentang perpaduan antara gerak GLB dan GLBB serta perpaduan antara GLB dan GLB
Balas komentar ini
o

san says: 20 October 2009 at 6:33 pm

via email ya Ci
Balas komentar ini
o

Nur Aulia says: 22 October 2009 at 4:45 am

tlng jawab pertnyaan ini.. sebuah mobil bergerak dngan kecpatan 90km/jam. mobil direm hingga telah 10s. kecepatannya menjadi 72 km/jam. a. Perlambatan yg dialami mobil b. kecepatan mobil setelah 20s c. jarak yg ditempuh mobil saat direm hingga berhenti d. lamanya rem diinjak

tlng di jwb yya pak!? mksiih
Balas komentar ini
o

anggi says: 23 October 2009 at 12:41 pm

pak , jelasin tentang gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke atas juga ya .. trimz ..
Balas komentar ini
o

tasya says: 27 October 2009 at 2:34 pm

permisi pak saya mau tanya, ada soal seperti ini sebuah mobil balap direm dengan perlambatan konstan dari kelajuan 25m/s dalam jarak 40m. Jarak total yang telah ditempuh oleh mobil tersebut sampai akhirnya berhentiadalah…. bagaimana ya pak caranya? terima kasih
Balas komentar ini
o

abil says: 27 October 2009 at 7:03 pm

iya pak. jelaskan yg vertikal. kurang paham.
Balas komentar ini

san says: 28 October 2009 at 8:45 am

Sudh ada di blog ini abil.
Balas komentar ini

o

indra says: 29 October 2009 at 7:45 am

Ada yang bisa selesaikan soal ini ? Sebuah partikel bergerak menuju sumbu x dengan percepatan a = 4t + 4, pada keadaan awal partikel berada pada sumbu x = 3m. Tentukan : a. posisi pada t = 4 s b. kecepatan pada t = 3 s c. kecepatan rata-rata antara t = 3 s dan t = 5 s d. percepatan rata-rata antara t = 1 s dan t = 3 s
Balas komentar ini
o

yulla says: 29 October 2009 at 4:06 pm

duh pak……… ternyata belajar fisika tu susah banget yaaaaaaa! apalagi low dah berurusan sm yang nama’y rumus!?? uuuuuukh ribet bgt dech poko‖y. so maaf banget y pak,terpaksa aku coppy paste punya bpk………………………………………… heh
Balas komentar ini

san says: 2 November 2009 at 7:41 am

copy aja gpp
Balas komentar ini
o

iir says: 1 November 2009 at 8:33 pm

paaa…saya masi tetep ga ngerti daaa…… ga ada yang simple sii di Fisikaa,,,! ribett semuaaaa……
Balas komentar ini
o

iir says:

1 November 2009 at 8:37 pm

ammmpun daahh fisikaa…!!
Balas komentar ini
o

Aan says: 3 November 2009 at 4:14 pm

Makssih ya Aku ambil Artikel ni Utk tGas >>>>…….
Balas komentar ini
o

opan says: 10 November 2009 at 12:03 pm

pak mau tanya, rumus percepatan gerak grafitasi bumi gimna? tolong pak. supaya bisa mengerti apa yg ga bisa, makasih
Balas komentar ini
o

erysta says: 11 November 2009 at 10:36 pm

mau tanya nih…kalo misalnya ada soal ―Dari Puncak Sebuah Menara setinggi 70m dilemparkan sebuah batu vertikal ke atas dengan kecepatan 14m/s.Berapa kecepatan batu itu sesaat sebelum mengenai tanah??(g=9,8m/skuadrat)
Balas komentar ini
o

Arisccha Bullah says: 12 November 2009 at 8:19 pm

Mner thanks nach,,,,,,,,,,,,
Balas komentar ini

o

bagus says: 13 November 2009 at 7:42 pm

thanks atas pelajaranya
Balas komentar ini
o

alfin says: 16 November 2009 at 7:02 pm

thankz bwad pljrnnya…
Balas komentar ini
o

IKA LESTARI says: 30 November 2009 at 2:03 pm

bwt cpa pun yg d sna!! ehm, q d[et tgas ne…. suLiiittt bgt!! tgas q it, sruh cri cntoh soaL Gerak Lurus,hukum newton,gaya gesek+jwbanx masing2 sebnyak 20!! q ja krg mci dpet gaya gsek 15 mci krg baxak……………. tLong bntu q yaw.. scpetx………hehehehehehe q tnggu!!!!!!!!!!!!!!
Balas komentar ini
o

azri says: 1 December 2009 at 11:01 am

bg pertanyaan si indra kyk_a perlu segera di jawab.. thx..
Balas komentar ini

o

anita says: 21 December 2009 at 8:46 pm

terima kasih,,, berkat blog ini saya bisa menyelesaikan tugas dari guru
Balas komentar ini
o

anggun says: 25 December 2009 at 2:21 pm

makasih ea artikel nya……………………… boleh minta tolong ga??????????? soal soal tentang GLB n GLBB beserta penjelasannya………………… tolong ea…………………… kalo g keberatan d kirim ja ke e_mail q……….
Balas komentar ini
o

dwi says: 2 January 2010 at 10:14 pm

penjelasan2 cukup membantu untuk anak2 semester awal seperti saya.makasih………….
Balas komentar ini
o

emo says: 15 January 2010 at 10:44 am

kenap yua og aku guG biSa fiSikA????????????????????????????? BIKIN OTAK QWH MUMET WAE…………………
Balas komentar ini
o

surti handayani says:

1 February 2010 at 11:32 am

namaku surti handayani, smpn 1 ngemplak, kota jogja. Punya soal ‖ Sebuah mobil bergerak ke barat sejauh 36 km selama 1 jam, kmd ke utara sejauh 72 km selama 4 jam. Berapakah rata-rata kecepatan mobil dan berapakah rata-rata kelajuan mobil tersebut?‖. Mohon tolong Gimana penyelesaiannya, maacih ya pak.
Balas komentar ini

san says: 1 February 2010 at 8:49 pm

udah dijawab via halaman bimbel.
Balas komentar ini
o

josua simamora says: 4 February 2010 at 2:10 pm

namaku josua simamora , kuliah jurusan teknik industri punya soal ―Persamaan gerak suatu benda yang bergerak pada garis lurus adalah X = (8ms) – (3 ms )t. Jika X dalam cm dan t dalam detik. hitunglah : Kecepatan rata-rata dari benda tersebut dalam selang waktu : a. dari t = 0 ke t = 1 a ; b. dari t = 0 ke t =5 s
Balas komentar ini
o

Bilal says: 24 February 2010 at 10:22 pm

Om numpang copy ya buat tugas
Balas komentar ini
o

SUCI says: 28 February 2010 at 12:10 pm

PAK NUMPANG COPY BUWAT TUGAS YAAAAA……!
Balas komentar ini

san says: 2 March 2010 at 9:12 am

iya suci
Balas komentar ini
o

zefira maulidha says: 1 March 2010 at 4:58 pm

sore……………………… say pengen tanya tentang glbb lebih jelas………… trimzzzzz
Balas komentar ini

san says: 2 March 2010 at 9:05 am

mau nanya apa zefira maulidha
Balas komentar ini
o

Muchtar says: 9 March 2010 at 7:32 pm

wahhhh,, rumus fisika ini sngat brmanfaat bwt aku.. trims ya…. dan ini jga wajib di hafalkan, minimal dimengerti sma anak smp and sma…..
Balas komentar ini

san says: 9 March 2010 at 10:17 pm

ya Muchtar… sami2
Balas komentar ini
o

neneng says:

17 March 2010 at 12:19 pm

saya izin share and copy ya bwt anak saya yg mau UN..makacih sebelumnya…
Balas komentar ini
o

Lili says: 7 April 2010 at 5:13 pm

Pak,mw tny cntoh soal p’lambatan tu pa saja?thx sbelumnya.gbu
Balas komentar ini

san says: 9 April 2010 at 5:32 pm

lili baca di materi percepatan, perlambatan. tuh ada linknya di atas
Balas komentar ini
o

Dian says: 12 April 2010 at 11:22 am

pak mau tanya nih, saya g mudeng tolong bantu saya menjawab soal ini. 1. Saat mobil direm kecepatannya 108 km/jam setelah 10 detik berhenti berapa panjang lintasan pengereman? 2. Peluru ditembakan vertikal keatas dengan kelajuan 200m/dtk. percepatan gravitasi 10m/s. a. tinggi yang dapat dicapai peluru? b. lamanya peluru di udara? trims sebelumnya
Balas komentar ini
o

Erwin says: 15 April 2010 at 2:58 pm

Makasih atas penjelasan diatas lengkap banget sampe ke ujung-ujungnya
Balas komentar ini

o

atin says: 18 April 2010 at 12:15 pm

welwh…weleh….pucing beud deh…….
Balas komentar ini
o

dhelia says: 6 May 2010 at 6:17 pm

pengen tanya kenapa rumus buat nyari jarak GLBB itu S = V0 . t + 1/2 a . t2 ??
Balas komentar ini

san says: 12 May 2010 at 5:38 pm

tdk selamanya pake rumus itu… kt jg bisa pake rumus vt2 = vo2 + 2as…
Balas komentar ini
o

Ai says: 14 May 2010 at 11:19 am

Siang Pak, Boleh nanya dunk… tux contoh soal GLBB no 3 di atas, knp pake rumus itu ya? Klu t nya gak diketahui bukannya bisa dicari pake rumus , ini: a = vt-vo/t yah? kan a =-8, vt= 0 dan vo = 16.67 m/det? jadi kan t = (0-16.67 )/ -8 = 2,083 det dari situ pake pers : s= voxt – 1/2atxt = 16.67 x 2,083 – 1/2 x -8 x 2,083×2,083 = 33,64 – (-17,35 ) = 33,64 +17,35 = 50,9 m Tapi kog hasilnya beda jauh yah? Kenapa rumus yg ini gak bisa dipakai ? Tapi klu Vo -nya = 0 , hasilnya sama ( = 0x 2,08 -( -17,35 ) = 17,35 m …. tapi kan yg nilainya nol itu Vt, karena mobil direm sampai berhenti kan? sementara Vo kan kecepatan awalnya = 16,67 m/ det. Gmn sih pka penjelasannya, big binung…nung.. nung.. eh bingung nich… Tlg bantuin penjelasannya ya Pak… tks.
Balas komentar ini

san says:

15 May 2010 at 8:49 pm

sudah dibalas melalui email Ai. Ini Ai yang dulu pernah mampir di blog gurumuda ? bisa Ai. Hasilnya sama. Ai perhatikan tandanya baik-baik
Balas komentar ini

Ai says: 2 June 2010 at 1:45 am

duhh pak…. terimakasih atas balasannya… tp sayang Ai, gak bs buka emailnya Ai coz terblokir dah lama nggak kebuka…. kepaksa bikin lagi.. tlg resend lagi jawabannya ke email baru ini, bisakah? Pls…….. terimakasih byx… dan maap sdh ngerepotin yach… abis Ai penasaran….
Balas komentar ini

san says: 2 June 2010 at 8:43 pm

Ai berusaha kerjakan dulu… piss. Intinya hasilnya sama Ai. Perhatikan tandanya baik2… Kalau sudah berusaha berulang-ulang tapi masih bingun ngun
Balas komentar ini
o

, nanti tanya lagi di gurumuda

INDINI says: 5 June 2010 at 7:33 am

makasih pak!!!!!!!!!!!!!!!!!!! tapi aku masih sulit banyak yang belum aku ketahui. Setiap aku belajar fisika selalu lupa terus. Gimana ya triknya supaya g lupa?
Balas komentar ini

san says: 9 June 2010 at 8:05 pm

pahami konsepnya dulu Indini… nanti lupanya lama. kalau cuma hafal rumus nanti cepat lupa
Balas komentar ini
o

pepex says: 11 June 2010 at 1:50 pm

belajar yg rajin y…………….?????
Balas komentar ini
o

ecca says: 15 June 2010 at 3:25 pm

wadduh makasih banget,, mempermudah sekali….

Balas komentar ini
o

andri says: 2 July 2010 at 3:39 pm

assalam pak, saya mau nanya, ada soal seperti ini : seorang siswa berlari dengan kecepatan 4.5 m/s mengejar bus, bus sudah berjalan selama 2 detik dengan percepatan 1 m/s2, kapan dan dimana siswa tersebut dapat menyusul bus tersebut??ditanyakan waktu dan jarak yang sama??? mohon bantuannya pak, segera kirim ke email saya ya pak di novandrikusuma@yahoo.com,… kalo bisa maksimal besok pagi ya pak, ,… mendesak harus dikumpul pak,… trima kasih atas bantuannya pak,… wassalam,… Waktunya sama ? gak mungkin lah. Tidak ada keterangan di soal, keduanya mulai bergerak pada pukul berapa. Kalau jarak sama bisa, jika kita andaikan titik startnya sama. ——Jika keduanya bergerak dari titik yang sama dan jika arah geraknya juga sama, maka Keduanya berpapasan pertama kali pada jarak 4,5 meter dari titik start (siswa nyusul bus). Jika keduanya terus bergerak maka akan berpapasan lagi untuk kedua kalinya di jarak 18 meter dari titik start (bus nyusul siswa). ————–

Kalau ditinjau dari selang waktu, keduanya berpapasan pertama kali pada saat 1 detik setelah siswa bergerak atau 3 detik setelah bus bergerak. Keduanya berpapasan kedua kalinya pada saat 4 sekon setelah siswa bergerak atau 6 sekon setelah bus bergerak. ———– Coba cari tahu caraya dulu, sdh saya kasih jawaban
Balas komentar ini
o

indra says: 23 July 2010 at 4:07 pm

pak saya mau nanya! polisi dengan kecepatan 20 m/s mengejar pencuri yang mempunyai kecepatan 15 m/s. jarak awal keduanya 100 m. jarak yang ditempuh oleh pencuri setelah polisi menyusul pencuri berapa ya pak????
Balas komentar ini
o

Small Business Opportunities says: 24 July 2010 at 6:33 pm

Wah keren… Pak saya mau tanya Klu rumus rotasi,revolusi bumi dan matahari yang bisa meniadakan grafitasi apa ya pak…
Balas komentar ini
o

natalia says: 11 August 2010 at 10:24 pm

Wah, sangat2 membantu materi yang dikasih… Thx ya:)
Balas komentar ini
o

Steven says: 22 August 2010 at 7:37 pm

Itu sangat membuat saya akan mengerti dan mau berlatih kembali.
Balas komentar ini

o

Danny says: 27 August 2010 at 9:01 pm

Saya ingin tanya, contoh Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan dalam kehidupan sehari-hari. Trims
Balas komentar ini

san says: 1 September 2010 at 7:42 pm

Dani cek di bagian pembahasan soal
Balas komentar ini
o

eun ki says: 29 August 2010 at 10:22 am

Wahhh….. MAkAciiH BgT ea.. TugaZ FiSika Gw SLeSai deCh.. Wkwkwkwk
Balas komentar ini
o

Han says: 31 August 2010 at 8:17 pm

pak, grafik di atas kan ada yang perlambatan (makin lambat sampai akhirnya berhenti sama sekali). kalo dibilang mobilnya bergerak dengan kecepatan tertentu lalu berhenti untuk beristirahat selama 20menit, gimana gambar grafiknya pak?? kan tidak makin lambat sampai berhenti tapi langsung berjenti tiba2. terima kasih!!
Balas komentar ini

san says: 1 September 2010 at 7:23 pm

grafik hubungan besaran apa sama besaran apa Han ?

Balas komentar ini
o

DILA says: 17 September 2010 at 5:20 pm

pak ciri & karakteristik GLB & GLBB apa? saya sngt bth jwbn ni pak!
Balas komentar ini
o

zulfi says: 20 September 2010 at 9:02 pm

pak ada soal nih sebuah mobil bergerak dg persamaan sbb s= 2t3(pangkat 3)+5t2(pangkat 2)+5, s dalam meter, t dalam sekon kecepatan rata rata dlm selang waktu antara 2s dan 3s adalah … bantu ya paaaaaaa
Balas komentar ini
o

Handynur says: 23 September 2010 at 1:55 am

Pa perbedaan kecepatan, percepatan sama kelajuan?
Balas komentar ini
o

echa says: 2 October 2010 at 11:26 am

pak, saya bingung dengan jawab an yg saia jawab, pasti bapak juga bingung kan ? karna saia jawab nya : ke utara ada warung padang, nah msk situ trs pesen rendang + es teh wuakakakakakakakakakakakakakakakakakakakakakaka
Balas komentar ini
o

Esty says: 6 October 2010 at 11:13 am

MOBL A BERgerak dri keadaan diam dgn percpn 2 m/s.mbl B Mengejar mbl A 5 sekon kemudian dgn kcpatn 20 m/s.selang wkt yg dperlukn mBL B untk menyusul mbl A yAITu….s
Balas komentar ini
o

Esty says: 6 October 2010 at 11:14 am

MOBL A BERgerak dri keadaan diam dgn percpn 2 m/s.mbl B Mengejar mbl A 5 sekon kemudian dgn kcpatn 20 m/s.selang wkt yg dperlukn mBL B untk menyusul mbl A yAITu….s tlng bls ea
Balas komentar ini
o

aditya says: 10 October 2010 at 3:31 pm

Dalam pertempuran Hastings pada 1066 Masehi. ketika Normandia Perancis mengalahkan Saxon di Inggris. peran penting yg dimainkan oleh pemanah Norman yang menembak panah atas dinding perisai yang didirikan oleh Saxon. Jika busur Norman memiliki jangkauan maksimum 350 m dan panah ditembak pada ketinggian 55, seberapa dekat jarak Normandia ke Saxon? dengan berasumsi bahwa anak panah mencapai target mereka saya bingung cara penyelesaiannya menggunakan cara yg mana
Balas komentar ini
o

arie says: 11 October 2010 at 9:07 pm

Bila diketahui grafik fungsi kecepatan (v) terhadap waktu, bagaimana cara membuat grafik fungsi percepatan (a) terhadap waktu? thx..
Balas komentar ini
o

adhy says: 12 October 2010 at 4:28 pm

yang ini tolong beritahu caranya donk sebuah benda bergerak dipercepat beraturan dengan kecepatan awal 75 m/s. setelah 12s jarak yang ditempuh 1260 m a.berapa percepatan benda tersebut b.tentukan kecepatan benda setelah menempuh jarak 360 m dan berapa waktu yang diperlukan thanks
Balas komentar ini
o

aku ingin lulus uan says: 14 October 2010 at 4:17 pm

benar2 fisikawan sejati, gmna ya caranya agar bsa bljar fisika dgn msh yg memiliki rumus segunung ituuuu???
Balas komentar ini
o

irfan says: 21 October 2010 at 5:27 am

sungguh menarik
Balas komentar ini
o

vera says: 22 October 2010 at 4:54 pm

ah akhinya sdkt mngerti jg tentang GLB n GLBB . Thanks ya ats sUsuNAN PERtanyaan yang ada dsn . skli lg thanks.
Balas komentar ini
o

warjo says: 23 October 2010 at 7:34 pm

Sebenarnya (mempelajari) fisika tidak begitu sulit… rumus yang sedemikian banyak secara otomatis akan dimengerti (hafal)… syaratnya harus sering

menggunakannya…. semisal mengerjakan latihan soal…. pasti akan menemukan hal-hal baru yg mengasyikan…. secara tidak langsung rumusan fisika yg banyak itu akan menempel di benak kita….. jadi tak perlu menghafal rumus…. salam ….Fisika
Balas komentar ini

irwan says: 3 January 2011 at 9:01 pm

masak sih mas ato pak….aq kog pusing banget.e am fisika….sampasampe nilai ulangan gak ada yang bgus…dan merah lgi di rapot…
Balas komentar ini
o

tere says: 31 October 2010 at 8:24 pm

membantu bangetttttttttt
Balas komentar ini
o

aris says: 12 November 2010 at 8:09 pm

bagus banget sumpahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh ………… hheeeeeeeee
Balas komentar ini

kurang tau says: 22 December 2010 at 10:01 am

kea skali ju tidak aa depe penjelasan tentang epe rumus misalkan vt itu apa dll kita ini sedang online bagimana nganga nan ini
Balas komentar ini
o

lulu says:

17 November 2010 at 1:37 pm

seorg pelari dalam waktu 50 sekon dapat menempuh 1,5 lap (1 lap= 1 kali keliling lapangan). jika keliling lapangan 126 meter, hitung kelajuan rata rata pelari tersebut……. tolong di jawab
Balas komentar ini
o

Risky says: 24 November 2010 at 11:03 am

bagus bgt nih rumusnya walaupun gw msh blm ngerti sedikit. ckckckck
Balas komentar ini
o

mia says: 29 November 2010 at 8:42 pm

manzzaappp!!!!^^
Balas komentar ini
o

dita says: 1 December 2010 at 6:03 pm

bisa menambah wawasan, jika di ajar guru tidak nyambung tinggal buka ini bisa belajar fisika dengan baik.
Balas komentar ini
o

rheny aprindah miss gaya says: 3 December 2010 at 10:48 am

seruuuuuu,,,,,,,,,,,,, akhirx aq biza mecahin jg tuch soal,,,,, bwizz cucah banggggeeeettttt sichhhhh,,,,,,,,,,, hehehehehe-:) wkwkwkwkwk-;( ?comen yach,,,,,,,,, by;_ _‖indah beibz sii juteck miss gaya‖_

Balas komentar ini
o

ken says: 3 December 2010 at 6:48 pm

sebuah benda bergerak sepanjang lintasan 1/3 lingkaran yang berjari-jari 14 meter dengan laju 44/3 ms. Jika p sama dengan 22;7 maka kecepatanya adalah
Balas komentar ini
o

fanani says: 5 December 2010 at 7:38 pm

ok gan… thx…
Balas komentar ini
o

kristian says: 6 December 2010 at 10:17 pm

keren.. thanks ya udah ngasih informasi secara lengkap dan gratis
Balas komentar ini
o

Agnes Yustin says: 7 December 2010 at 8:35 pm

Good job..!! ohohohohohoho…=)
Balas komentar ini
o

qoqom_rahma says: 7 December 2010 at 10:57 pm

wah membantu suangat…. oya ak mau tanya velocity sama speed ada gak ya……

sama hukum boyle dan archimedes ada gak?!?!?!? saya gak tau itu padahal bentar lagi saya ulangan semester satu….. soal dari provinsi dan saya belum memahami…. mksh
Balas komentar ini
o

kevin says: 15 December 2010 at 1:15 pm

wah mksh tas rumus nya
Balas komentar ini
o

ucup says: 16 January 2011 at 10:44 pm

euh , sia mah teu kumplit bel ah , jdi weh aing lieur neang na , mun teu bisa tong nyieun nu karieu weh , ngalilieur batur plok !
Balas komentar ini
o

Audhi Ahmad says: 26 January 2011 at 10:18 pm

wah! terimakasih. dengan ini saya bisa mengerjakan tugas saya untuk presentasi!
Balas komentar ini
o

kadek C'Moel says: 28 January 2011 at 8:35 am

wahhh,,, materix bagus jg, gw ink ngrti dgn fisika,,
Balas komentar ini
o

trisna says: 19 February 2011 at 8:00 pm

bagus banget materinya…salam kenal pa!

Balas komentar ini
o

feriko says: 21 February 2011 at 9:07 am

wahhhhh.. kulo matur thank you
Balas komentar ini
o

IlhAm Rezpecktor says: 24 March 2011 at 6:45 pm

oPo MaTuR ThAnK YoU iKhU nDeSo…………KaTrOcK……????????????
Balas komentar ini
o

Ilham SM*SH says: 24 March 2011 at 6:46 pm

bagus,,,bagus nie….
Balas komentar ini
o

IlhAm Rezpecktor says: 24 March 2011 at 6:47 pm

Qm NiE IlHaM SM*SH bukan che……????????????
Balas komentar ini
o

Ilham SM*SH says: 24 March 2011 at 6:48 pm

iya kalau g percya buka fb aqw……………..
Balas komentar ini
o

avis says: 30 May 2011 at 4:06 am

Makasih infonya!
Balas komentar ini
o

Amanda says: 9 October 2011 at 8:09 pm

Boleh minta soal ngga? dari yg level 1-10.. hehe. Terima kasih,, ^^
Balas komentar ini
o

luter says: 17 October 2011 at 2:43 pm

kk copy iya ini ada tugas nih ,pleas…..? aku tunggu balasanya
Balas komentar ini

luter says: 17 October 2011 at 2:51 pm

ngak apa-apa boleh kok
Balas komentar ini
o

feronica afni says: 27 October 2011 at 7:31 am

ini rumus berguna banget
Balas komentar ini

Tinggalkan pesan
Nama(Wajib diisi)

Email (Wajib Diisi)

Website (Tidak wajib)

1554

0

/gerak-lurus-beru

Add Comment

1554

1319974565 114.

Kategori

FISIKA SMA o Istilah dan Konstanta o Besaran dan Satuan o vektor skalar o Kinematika o Dinamika o Elastisitas o Usaha dan Energi o Impuls dan Momentum o Kinematika Rotasi o Dinamika Rotasi o Keseimbangan Benda Tegar o Fluida Statis o Fluida Dinamis o Suhu Dan Kalor o Teori Kinetik Gas

Termodinamika Getaran – Osilasi Gelombang Mekanik Gelombang Bunyi Listrik Statis PEMBAHASAN SOAL o Bahas besaran dan satuan o Bahas Vektor o Bahas Kinematika o Bahas Dinamika FISIKA TANPA RUMUS o Belajar dengan bertanya o Humor fisika o Artikel o Lagu fisika o Puisi Fisika TOKOH FISIKA o Tokoh Fisika Klasik o Fisikawan Asia o Fisikawan Indonesia PEMBELAJARAN FISIKA o Motivasi belajar o Media pembelajaran fisika  Membuat blog wordpress o Metode belajar CINTA DAN BENCI o Benci fisika o Cinta fisika ijk

o o o o o

Alexander San Lohat

Postingan akan dikirim ke emailmu. Silahkan mendaftar.. Baca petunjuk penting setelah anda klik daftar.

addlead

3297

1810

http://gurumuda.c

Email Nama

Daftar

1319974565 114.

Gudang ilmu fisika gratis © 2011 All rights reserved. Designed by WPLight for

Gudang Ilmu Fisika Gratis
   

Home Tentang Kontak Download

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
  

Tuesday Aug 12,2008 10:21 AM By san In Kinematika

Suatu benda dikatakan melakukan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) jika percepatannya selalu konstan. Percepatan merupakan besaran vektor (besaran yang mempunyai besar dan arah). Percepatan konstan berarti besar dan arah percepatan selalu konstan setiap saat. Walaupun besar percepatan suatu benda selalu konstan tetapi jika arah percepatan selalu berubah maka percepatan benda tidak konstan. Demikian juga sebaliknya jika arah percepatan suatu benda selalu konstan tetapi besar percepatan selalu berubah maka percepatan benda tidak konstan. Karena arah percepatan benda selalu konstan maka benda pasti bergerak pada lintasan lurus. Arah percepatan konstan = arah kecepatan konstan = arah gerakan benda konstan = arah gerakan benda tidak berubah = benda bergerak lurus.Besar percepatan konstan bisa berarti kelajuan bertambah secara konstan atau kelajuan berkurang secara konstan. Ketika kelajuan benda berkurang secara konstan, kadang kita menyebutnya sebagai perlambatan konstan. Untuk gerakan satu dimensi (gerakan pada lintasan lurus), kata percepatan digunakan ketika arah kecepatan = arah percepatan, sedangkan kata perlambatan digunakan ketika arah kecepatan dan percepatan berlawanan.

Contoh 1 : Besar percepatan konstan (kelajuan benda bertambah secara konstan) Misalnya mula-mula mobil diam. Setelah 1 detik, mobil bergerak dengan kelajuan 2 m/s. Setelah 2 detik mobil bergerak dengan kelajuan 4 m/s. Setelah 3 detik mobil bergerak dengan kelajuan 6 m/s. Setelah 4 detik mobil bergerak dengan kelajuan 8 m/s. Dan seterusnya… Tampak bahwa setiap detik kelajuan mobil bertambah 2 m/s. Kita bisa mengatakan bahwa mobil mengalami percepatan konstan sebesar 2 m/s per sekon = 2 m/s2. Contoh 2 : Besar perlambatan konstan (kelajuan benda berkurang secara konstan)

Misalnya mula-mula benda bergerak dengan kelajuan 10 km/jam. Setelah 1 detik, benda bergerak dengan kelajuan 8 km/jam. Setelah 2 detik benda

bergerak dengan kelajuan 6 km/jam. Setelah 3 detik benda bergerak dengan kelajuan 4 km/jam. Setelah 4 detik benda bergerak dengan kelajuan 2 km/jam. Setelah 5 detik benda berhenti. Tampak bahwa setiap detik kelajuan benda berkurang 2 km/jam. Kita bisa mengatakan bahwa benda mengalami perlambatan konstan sebesar 2 km/jam per sekon. Perhatikan bahwa ketika dikatakan percepatan, maka yang dimaksudkan adalah percepatan sesaat. Demikian juga sebaliknya, ketika dikatakan percepatan sesaat, maka yang dimaksudkan adalah percepatan. Nah, dalam gerak lurus berubah beraturan (GLBB), percepatan benda selalu konstan setiap saat, karenanya percepatan benda sama dengan percepatan rata-ratanya. Jadi besar percepatan = besar percepatan rata-rata. Demikian juga, arah percepatan = arah percepatan ratarata. Dalam kehidupan sehari-hari sangat sulit ditemukan benda yang melakukan gerak lurus berubah beraturan, di mana perubahan kecepatannya terjadi secara teratur, baik ketika hendak bergerak dari keadaan diam maupun ketika hendak berhenti. walaupun demikian, banyak situasi praktis terjadi ketika percepatan konstan/tetap atau mendekati konstan, yaitu jika percepatan tidak berubah terhadap waktu (ingat bahwa yang dimaksudkan di sini adalah percepatan tetap, bukan kecepatan).

Penurunan Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Rumus dalam fisika sangat membantu kita dalam menjelaskan konsep fisika secara singkat dan praktis. Jadi cobalah untuk mencintai rumus, he2…. Dalam fisika, anda tidak boleh menghafal rumus. Pahami saja konsepnya, maka anda akan mengetahui dan memahami cara penurunan rumus tersebut. Hafal rumus akan membuat kita cepat lupa dan sulit menyelesaikan soal yang bervariasi…. Sekarang kita coba menurunkan rumus-rumus dalam Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Pahami perlahan-lahan ya…. Pada penjelasan di atas, telah disebutkan bahwa dalam GLBB, percepatan benda tetap atau konstan alias tidak berubah. (kalau di GLB, yang tetap adalah kecepatan). Nah, kalau percepatan benda tersebut tetap sejak awal benda tersebut bergerak, maka kita bisa mengatakan bahwa percepatan sesaat dan percepatan rata-ratanya sama. Bisa ya ? ingat bahwa percepatan benda tersebut tetap setiap saat, dengan demikian percepatan sesaatnya tetap. Percepatan rata-rata sama dengan percepatan sesaat karena baik percepatan awal maupun percepatan akhirnya sama, di mana selisih antara percepatan awal dan akhir sama dengan nol. Jika sudah paham, sekarang kita mulai menurunkan rumus-rumus alias persamaan-persamaan. Pada pembahasan mengenai percepatan, kita telah menurunkan persamaan alias rumus percepatan rata-rata, di mana

< ![endif]-->

t0 adalah waktu awal ketika benda hendak bergerak, t adalah waktu akhir. Karena pada saat t0 benda belum bergerak maka kita bisa mengatakan t0 (waktu awal) = 0. Nah sekarang persamaan berubah menjadi :

< ![endif]--> < ![endif]--> Satu masalah umum dalam GLBB adalah menentukan kecepatan sebuah benda pada waktu tertentu, jika diketahui percepatannya (sekali lagi ingat bahwa percepatan tetap). Untuk itu, persamaan percepatan yang kita turunkan di atas dapat digunakan untuk menyatakan persamaan yang menghubungkan kecepatan pada waktu tertentu (vt), kecepatan awal (v0) dan percepatan (a). sekarang kita obok2 persamaan di atas…. Jika dibalik akan menjadi

Ini adalah salah satu persamaan penting dalam GLBB, untuk menentukan kecepatan benda pada waktu tertentu apabila percepatannya diketahui. Jangan dihafal, pahami saja cara penurunannya dan rajin latihan soal biar semakin diingat…. Selanjutnya, mari kita kembangkan persamaan di atas (persamaan I GLBB) untuk mencari persamaan yang digunakan untuk menghitung posisi benda setelah waktu t ketika benda tersebut mengalami percepatan tetap. Pada pembahasan mengenai kecepatan, kita telah menurunkan persamaan kecepataan rata-rata

Untuk mencari nilai x, persamaan di atas kita tulis ulang menjadi : < ![endif]-->

Karena pada GLBB kecepatan rata-rata bertambah secara beraturan, maka kecepatan rata-rata akan berada di tengah-tengah antara kecepatan awal dan kecepatan akhir :

< ![endif]-->

Persamaan ini berlaku untuk percepatan konstan dan tidak berlaku untuk gerak yang percepatannya tidak konstan. Kita tulis kembali persamaan a :

< ![endif]-->

Persamaan ini digunakan untuk menentukan posisi suatu benda yang bergerak dengan percepatan tetap. Jika benda mulai bergerak pada titik acuan = 0 (atau x0 = 0), maka persamaan 2 dapat ditulis menjadi < ![endif]--> x = vot + ½ at2 Sekarang kita turunkan persamaan/rumus yang dapat digunakan apabila t (waktu) tidak diketahui. Kita tulis lagi persamaan a : < ![endif]-->

< ![endif]--> Terdapat empat persamaan yang menghubungkan posisi, kecepatan, percepatan dan waktu, jika percepatan (a) konstan, antara lain : < ![endif]-->

Persamaan di atas tidak berlaku jika percepatan tidak konstan.

Contoh soal 1 : Sebuah mobil sedang bergerak dengan kecepatan 20 m/s ke utara mengalami percepatan tetap 4 m/s2 selama 2,5 sekon. Tentukan kecepatan akhirnya Panduan jawaban :

Pada soal, yang diketahui adalah kecepatan awal (v0) = 20 m/s, percepatan (a) = 4 m/s dan waktu tempuh (t) = 2,5 sekon. Karena yang diketahui adalah kecepatan awal, percepatan dan waktu tempuh dan yang ditanyakan adalah kecepatan akhir, maka kita menggunakan persamaan/rumus

Contoh soal 2 : Sebuah pesawat terbang mulai bergerak dan dipercepat oleh mesinnya 2 m/s2 selama 30,0 s sebelum tinggal landas. Berapa panjang lintasan yang dilalui pesawat selama itu ? < ![endif]--> Panduan Jawaban Yang diketahui adalah percepatan (a) = 2 m/s2 dan waktu tempuh 30,0 s. wah gawat, yang diketahui Cuma dua…. Bingung, tolooooooooooooooooong dong ding dong… pake rumus yang mana, PAKE RUMUS GAWAT DARURAT. He2…… Santai saja. Kalau ada soal seperti itu, kamu harus pake logika juga. Ada satu hal yang tersembunyi, yaitu kecepatan awal (v0). Sebelum bergerak, pesawat itu pasti diam. Berarti v0 = 0. Yang ditanyakan pada soal itu adalah panjang lintasan yang dilalui pesawat. Tulis dulu persamaannya (hal ini membantu kita untuk mengecek apa saja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan soal tersebut) s = so + vot + ½ at2 < ![endif]--> Pada soal di atas, S0 = 0, karena pesawat bergerak dari titik acuan nol. Karena semua telah diketahui maka kita langsung menghitung panjang lintasan yang ditempuh pesawat : s = 0 + (0)(30 s) + ½ (2 m/s2)(30 s)2 s = … LanjuTkaN!

< ![endif]--> s = 900 m.

Contoh soal 3 : Sebuah mobil bergerak pada lintasan lurus dengan kecepatan 60 km/jam. karena ada rintangan, sopir menginjak pedal rem sehingga mobil mendapat perlambatan (percepatan yang nilainya negatif) 8 m/s2. berapa jarak yang masih ditempuh mobil setelah pengereman dilakukan ? Panduan jawaban : Untuk menyelesaikan soal ini dibutuhkan ketelitian dan logika. Perhatikan bahwa yang ditanyakan adalah jarak yang masih ditempuh setelah pengereman dilakukan. Ini berarti setelah pengereman, mobil tersebut berhenti. dengan demikian kecepatan akhir mobil (vt) = 0. karena kita menghitung jarak setelah pengereman, maka kecepatan awal (v0) mobil = 60 km/jam (dikonversi terlebih dahulu menjadi m/s, 60 km/jam = 16,67 m/s ). perlambatan (percepatan yang bernilai negatif) yang dialami mobil = -8 m/s2. karena yang diketahui adalah vt, vo dan a, sedangkan yang ditanyakan adalah s (t tidak diketahui), maka kita menggunakan persamaan < ![endif]-->

Dengan demikian, jarak yang masih ditempuh mobil setelah pengereman hingga berhenti = 17,36 meter (yang ditanyakan adalah jarak(besaran skalar))

GRAFIK GLBB Grafik percepatan terhadap waktu

Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak lurus dengan percepatan tetap. Oleh karena itu, grafik percepatan terhadap waktu (a-t) berbentuk garis lurus horisontal, yang sejajar dengan sumbuh t. lihat grafik a – t di bawah

< ![endif]--> Grafik kecepatan terhadap waktu (v-t) untuk Percepatan Positif Grafik kecepatan terhadap waktu (v-t), dapat dikelompokkan menjadi dua bagian. Pertama, grafiknya berbentuk garis lurus miring ke atas melalui titik acuan O(0,0), seperti pada gambar di bawah ini. Grafik ini berlaku apabila kecepatan awal (v0) = 0, atau dengan kata lain benda bergerak dari keadaan diam.

< ![endif]--> Kedua, jika kecepatan awal (v0) tidak nol, grafik v-t tetap berbentuk garis lurus miring ke atas, tetapi untuk t = 0, grafik dimulai dari v0. lihat gambar di bawah

< ![endif]--> Nilai apa yang diwakili oleh garis miring pada grafik tersebut ? Pada pelajaran matematika SMP, kita sudah belajar mengenai grafik seperti ini. Persamaan matematis y = mx + n menghasilkan grafik y terhadap x ( y sumbu tegak dan x sumbu datar) seperti pada gambar di bawah.

< ![endif]--> Kemiringan grafik (gradien) yaitu tangen sudut terhadap sumbu x positif sama dengan nilai m dalam persamaan y = n + m x. Persamaan y = n + mx mirip dengan persamaan kecepatan GLBB v = v0 + at. Berdasarkan kemiripan ini, jika kemiringan grafik y – x sama dengan m, maka kita dapat mengatakan bahwa kemiringan grafik v-t sama dengan a. < ![endif]--> Jadi kemiringan pada grafik kecepatan terhadap waktu (v-t) menyatakan nilai percepatan (a).

Grafik kecepatan terhadap waktu (v-t) untuk Perlambatan Contoh grafik kecepatan terhadap waktu (v-t) untuk perlambatan dapat anda lihat pada gambar di bawah ini. < ![endif]-->

Grafik Kedudukan Terhadap Waktu (x-t) Persamaan kedudukan suatu benda pada GLBB telah kita turunkan pada awal pokok bahasan ini, yakni x = xo + vot + ½ at2 < ![endif]--> Kedudukan (x) merupakan fungsi kuadrat dalam t. dengan demikian, grafik x – t berbentuk parabola. Untuk nilai percepatan positif (a > 0), grafik x – t berbentuk parabola terbuka ke atas, sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini.

< ![endif]--> Apabila percepatan bernilai negatif (a < 0), di mana benda mengalami perlambatan, grafik x – t akan berbentuk parabola terbuka ke bawah.

Pertanyaan piter : Tolong kasih penjelan untuk soal ini yach,,he,,he, 1. x(t ) = 4t3 + 8t² + 6t – 5 a. Berapa kecepatan rata-rata pada t0.5 dan t 2.5 b. Berapa kecepatan sesaat pada t 2 b. Berapa percepatannya ratanya,? Terimakasih,,he,,he,,salam gbu Panduan jawaban : a) Kecepatan rata-rata pada t = 0,5 dan t = 2,5

< ![endif]--> t1 = 0,5 dan t2 = 2,5 x1 = 4t3 + 8t² + 6t – 5 = 4(0,5)3 + 8(0,5)² + 6(0,5) – 5 = 4(0,125) + 8(0,25) + 6(0,5) – 5 = 0,5 + 2 + 3 – 5 = 0,5 x2 = 4t3 + 8t² + 6t – 5

= 4(2,5)3 + 8(2,5)² + 6(2,5) – 5 = 4(15,625) + 8(6,25) + 6(2,5) – 5 = 62,5 + 50 + 15 – 5 = 122,5 < ![endif]--> b) Kecepatan sesaat pada t = 2

v = 3(4t2) + 2(8t) + 6 v = 12t2 + 16t + 6 v = 12 (2)2 + 16(2) + 6 v = 48 + 32 + 6 v = 86 Kecepatan sesaat pada t = 2 adalah 86 c) Berapa percepatan rata-ratanya ?

< ![endif]--> v1 = 12t12 + 16t1 + 6 v2 = 12t22 + 16t2 + 6 De piter, t1 dan t2 berapa ? Masukan saja nilai t1 dan t2 ke dalam persamaan v1 dan v2. Setelah itu cari arata-rata.

Referensi : Giancoli, Douglas C. 2001. Fisika Jilid I (Terjemahan). Jakarta : Penerbit Erlangga. Halliday dan Resnick. 1991. Fisika Jilid I (Terjemahan). Jakarta : Penerbit Erlangga.

Tipler, P.A. 1998. Fisika untuk Sains dan Teknik-Jilid I (Terjemahan). Jakarta : Penebit Erlangga. Young, Hugh D. & Freedman, Roger A. 2002. Fisika Universitas (Terjemahan). Jakarta : Penerbit Erlangga.
Postingan yang berkaitan :
       

Gerak Vertikal Gerak Melingkar Beraturan (GMB) Besaran gerak melingkar Gerak Parabola alias Gerak Peluru Gerak Jatuh Bebas (GJB) Gerak Lurus Beraturan (GLB) Kelajuan, Kecepatan dan Percepatan Kerangka Acuan, titik acuan, Kedudukan, Jarak dan Perpindahan

RSS feed for comments on this post

Ada 142 Komentar
o

rahmah says: 21 September 2008 at 1:41 pm

maaf, saya ijin ngopi artikelnya ya pak, buat tugas.trims @ hmm …
Balas komentar ini

ritha says: 22 February 2010 at 6:18 am

woy………………………………. sopan dunk ma grux, wlw gmna pun jg dy i2 ortu mue yg plg brjsa yc gk……………… coir yc low gw ikut cmpur abizzzx cie mue gk sopan ma guru mue sndri……… sorry yc……………………

Balas komentar ini

chofi says: 27 February 2010 at 10:08 am

nggih…………………………..
Balas komentar ini
o

LINA says: 27 September 2008 at 9:32 pm

pak mau tanya boleh kan ? pasti boleh deh! APA SAJA SIH APLIKASI DARI GLB, GLBB, DAN GERAK VERTIKAL? PLEASE!!! aplikasi dari glb, glbb dan gerak vertikal dalam kehidupan sehar-hari
Balas komentar ini
o

asyafe says: 29 September 2008 at 8:33 am

walah..baca postingan yg ini mengingatkan saya akan nostalgia indah semasa di kampus dulu..entah kenapa serasa kuliah lagi..he..he. PS: salam hangat khusus buat Mas Holidey_resnik & Mas Tipler..pie kabare?, juga Dosen2 tercinta kita di perguruan tinggi se_Indonesia Cheers. salam dari Tipler
Balas komentar ini
o

piter says: 11 November 2008 at 5:37 pm

Tolong kasih penjelan untuk soal ini yach,,he,,he,

1. x(t ) = 4t3 + 8t² + 6t – 5 a. Berapa kecepatan rata-rata pada t0.5 dan t 2.5 b. Berapa kecepatan sesaat pada t 2 b. Berapa percepatannya ratanya,? Terimakasih,,he,,he,,salam gbu De piter, jawabannya di atas. Tuh lihatlah ke atas
Balas komentar ini
o

syafa says: 12 November 2008 at 4:28 pm

Sore Pak, Sy dapet tgs nich…. Bantuin ya…. ni tgz ttg GLB & GLBB ma guru sy d suruh nyari bentuk grafik dan penjelasannya. Bentuk grafik yg mesti di cari: a. grafik kecepatan fungsi waktu b. grafik jarak fungsi waktu c. grafik percepatan fungsi waktu pada GLB dan GLBB. Plisss bantuin ya…,bwt ng’jain ni tgs. & sy minta Bapak jwbnya cepet y…,Cz ni tgs d kumpulin bzok. Oiy, jawbannya d kirim ke Email sya aja. Okey… and thanks bgt sebelumnya. sebenarnya di atas sudah ada grafiknya de… kalau dirimu baca modul di atas sampai selesai, dengan mudah bisa menjelaskan grafik itu… ayo, berpikir dikit lah. Lihat contoh di GLB. Di GLB sudah dijelaskan.
Balas komentar ini
o

rina says: 14 November 2008 at 8:55 pm

sebuah kereta listrik bergerak dari keadaan diam dengan percepatan 1,5 m/s2 selama 10 s, kemudian dengan percepatan 0,5 m/s selama 20 s, berikutnya dengan

kecepatan tetap selama 90 s, dan akhirnya diperlambat sampai berhenti selama 30 s.jarak total yang ditempuh kereta tersebut Jarak tempuh 1 : bergerak dari keadaan diam dengan percepatan 1,5 m/s2 selama 10 s vt = vo + at vt = 0 + (1,5 m/s²) (10 s) vt = 15 m/s vt² = vo² + 2as (15 m/s)² = 0 + 2 (1,5 m/s²)(s) (15 m/s)² = 3 m/s²(s) 225 m²/s² = 3 m/s²(s) s = 75 meter Jarak tempuh 2 : kemudian dengan percepatan 0,5 m/s selama 20 s vt = vo + at vt = 15 m/s + (0,5 m/s²) (20 s) vt = 15 m/s + 10 m/s vt = 25 m/s vt² = vo² + 2as (25 m/s)² = (15 m/s)² + 2 (0,5 m/s²)(s) (625 m²/s²) = 225 m²/s² + 1 m/s²(s) 625 m²/s² – 225 m²/s² = 1 m/s²(s) 400 m²/s² = 1 m/s²(s) s = 400 m²/s² : 1 m/s² s = 400 m Jarak tempuh 3 : kecepatan tetap selama 90 sekon s=vt s = (25 m/s)(90 s) s = 2250 m Jarak tempuh 4 : diperlambat sampai berhenti selama 30 s vt = vo – at 0 = 25 m/s – a (30 s) 25 m/s = -a (30 s) a = 25 m/s : -30 s a = 0,83 m/s² vt² = vo² + 2as 0 = 25 m/s + 2 (0,83 m/s²) (s)

s=? S total = S1 + S2 + S3 + S4 lanjutin ya
Balas komentar ini
o

haris says: 23 November 2008 at 3:09 pm

sore pak. makasih ya atas penjelasannya.. saya sangat terbantu menyelesaikan soal-soal fisika yang ada
Balas komentar ini
o

agung says: 21 December 2008 at 10:18 am

pak tolong gmn crx klw kt ingin jd jenius matematika & physics………………………………………!!! Caranya cuma satu : Belajar yang rajin. Itu saja. Prof Koshiba tu orangnya biasabiasa saja dan malah sering dapat nilai merah tapi bisa dapat nobel. Jadi intinya belajar yang rajin + tekun
Balas komentar ini
o

Joshua says: 23 February 2009 at 7:51 pm

Pak, saya murid kls 1 smp gmana cara mudah mengerti tntng glb dan glbb serta rumus nya
Balas komentar ini

san says: 25 February 2009 at 11:10 pm

Joshua, materi glb dan glbb smp kayaknya beda tipis ya.. Klik link ini de Gerak lurus beraturan alias glb. GLBB tuh di atas
Balas komentar ini
o

Roykhane says: 11 March 2009 at 8:27 pm

allow Pak, aq mo nanya nih, bapak tau kan praktikum GLBB, yg mnggunakan Rangkaian alat sbb : beban, sensor I, sensor II Motion transducer, Counter dan air supply. Gunanya air supply kan utk mengatur kuat lemahnya hembusan sehingga gesekan trolly bisa seminimal mungkin. shg dianggap tidak ada gesekan (gesekan dianggap = 0). cara membuktikannya secara matematis gmn? sry klo kurang jelas pertanyaannya. thx…
Balas komentar ini
o

yuyun says: 13 March 2009 at 8:40 am

terima kasih atas penjelasannya Pak, jadi benar2 terbantu
Balas komentar ini
o

ridho says: 19 March 2009 at 3:25 am

pak.. misalnya motor bergerak dari kecepatan nol menuju ke kecepatan 20 km/jam pada rpm tertentu. dari sini apa bisa ditentukan waktu tempuhnya? mohon bantuannya.. thx..
Balas komentar ini
o

Nia says: 23 March 2009 at 7:33 pm

Rumus GLB dan GLBB menurut saya sangat rumit …. Apakah da cra yg paling mudah utk saya menghafal ujian besok ?
Balas komentar ini

san says: 26 March 2009 at 6:00 pm

silahkan download materi glb dan glbb… lihat di halaman ebook gratis, modul. penjelasannya sedikit berbeda
Balas komentar ini
o

henzoe03 says: 29 March 2009 at 9:02 am

bagus
Balas komentar ini
o

tantri dan pasca says: 14 May 2009 at 2:34 pm

pak,tlg bka bku karangan Marthen Kangainan KlsX hal 315 no.24-27… Tooooolooooonnng…….. Ajarin…………….Mksh………….
Balas komentar ini
o

rakarOOan says: 21 May 2009 at 11:06 pm

wah..bagus bagnet neh..buat kecerdasan bangsa indonesia tercinta…thankx
Balas komentar ini

san says: 24 May 2009 at 7:41 am

lam kenal rakar
Balas komentar ini
o

melati says:

26 May 2009 at 10:44 pm

duch….kren bgd bwt nbah kecerdasan nak2 Indonesia termsk bwt nbah kecerdasan q…. n ksi tw jg dund trik br bs fisika ls 1 smp yawh…
Balas komentar ini
o

melati says: 26 May 2009 at 10:48 pm

wah…..krna da rumus2 ni q bs lbh ngerti lg thanks yawh…..
Balas komentar ini
o

Nisa G. says: 12 June 2009 at 6:46 pm

Lapor…. Q mau nanya soal nich! blh khan??? Mobil yg mula-mula diam kecepatannya menjadi 50 m/s dalam waktu 10 sekon. Hitung jarak yang ditempuh mobil itu selama 5 sekon pertama??? Tp, jawabannya pake rumus + jgn terlalu susah jawabannya. coal’a Q msh klz 1 SMP. Mohon bantuannya!
Balas komentar ini

san says: 13 June 2009 at 1:28 pm

Nisa download saja ebook GLBB…. sudah gurumuda jelaskan disitu… Pahami perlahan-lahan lalu coba diselesaikan ya. guampang kok, paling pusink dikit
Balas komentar ini
o

sheila says: 21 July 2009 at 4:44 pm

pakk, bisa lebih komplit gg,, soalnya saya mase gg ngerti alias gg paham pakk,, pakk ngapalin rumus dengan baik gmn caranya??
Balas komentar ini

san says: 23 July 2009 at 12:47 am

download ebook ja. jangan hafal rumus… pahami konsep
Balas komentar ini
o

m doni says: 18 August 2009 at 9:02 pm

pak saya mau tanya rumus apa yang digunakan apabila ada pertanyaan sperti berikut: dikt: v1: 12m/s s : 180m v2: 4m/s ditanya: berapakah jark akhir pada 4 m/s
Balas komentar ini

Me says: 22 October 2009 at 9:03 pm

t (waktu) nya tidak diketahui..
Balas komentar ini
o

tomy says: 27 August 2009 at 8:44 am

apa ciri2 dan persamaan dari;glb,glbb,g.vertikal ke atas,g.jatuh bebas,g.peluru(parabola). harap cepat ya pak…
Balas komentar ini
o

agia says:

28 August 2009 at 9:18 pm

pak mau tanya nich…. kenapa setiap benda di jauhkan dari bumi selalu kembali??? ini tugas dari sekolah please jawab ya pak…….
Balas komentar ini

san says: 30 August 2009 at 10:25 pm

baca di sini dan di situ ya agia…
Balas komentar ini
o

otto says: 5 October 2009 at 5:42 pm

Wah3x… bgus nie artikel na, lanjutin ya oom membuat artikel kyk gini. Jd pmbaca kayak aku bisa tambah pinter deh… hehehe… btw q minta ijin buat ngopi dikit y, buat tugas fisika nih. Hehe…
Balas komentar ini
o

raihana saleh says: 13 October 2009 at 7:20 pm

saya mautanya tentang hubungan glb dan glbb dalam moto gp??? terimah kasih
Balas komentar ini

san says: 20 October 2009 at 6:40 pm

Maaf ya, baru dibalas… GLB = gerak dengan kecepatan konstan = gerak lurus dengan laju

konstan. sebaliknya GLBB = gerak dengan percepatan konstan. Percepatan konstan artinya arah percepatan konstan dan besar percepatan konstan. Besar percepatan konstan bisa berarti kelajuan bertambah secara teratur atau berkurang secara teratur. Kaitannya dengan moto GP : Ketika sepeda motor bergerak dengan lurus dengan laju konstan maka sepeda motor tersebut melakukan GLB. Sebaliknya ketika sepeda motor (dan pengendaranya masa bergerak sendiri percepatan konstan maka ia melakukan GLBB.
Balas komentar ini
o

) bergerak dengan

fetty says: 18 October 2009 at 7:34 pm

koq gk ad mcam2 glbb sich?
Balas komentar ini

lidyanova Farlisa says: 18 October 2009 at 10:08 pm

Gerak Jatuh Bebas, Gerak Vertikal Ke Atas, Gerak vertikal ke bawah
Balas komentar ini

san says: 20 October 2009 at 6:36 pm

maturnuwun
Balas komentar ini
o

Slamet supriyanto says: 19 October 2009 at 3:38 pm

Ada mobil sedan bergerak dgn kelajuan 80 km/jam. Ada mobil polisi yg sedang berhenti/diam langsung tancap gas mengejar tapat saat mobil sedan melewatinya. mobil polisi dipercepat dgn percepatan konstan 8 km/jam s.

a. Berapa lama mobil polisi dapat menangkap mobil sedan ? b. berapa kecepatan mobil polisi ketika menangkap mobil sedan ? Mohon bantuan untuk memecahkan masalah ini Sebelumnya, saya ucapkan Terimakasih…
Balas komentar ini

san says: 20 October 2009 at 6:35 pm

Slamet, gurumuda sudah membalas emailmu… pembahasannya mirip sekali
Balas komentar ini
o

CICI says: 20 October 2009 at 4:19 pm

pak tolong jelaskan tentang perpaduan antara gerak GLB dan GLBB serta perpaduan antara GLB dan GLB
Balas komentar ini
o

san says: 20 October 2009 at 6:33 pm

via email ya Ci
Balas komentar ini
o

Nur Aulia says: 22 October 2009 at 4:45 am

tlng jawab pertnyaan ini.. sebuah mobil bergerak dngan kecpatan 90km/jam. mobil direm hingga telah 10s. kecepatannya menjadi 72 km/jam. a. Perlambatan yg dialami mobil b. kecepatan mobil setelah 20s c. jarak yg ditempuh mobil saat direm hingga berhenti d. lamanya rem diinjak

tlng di jwb yya pak!? mksiih
Balas komentar ini
o

anggi says: 23 October 2009 at 12:41 pm

pak , jelasin tentang gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke atas juga ya .. trimz ..
Balas komentar ini
o

tasya says: 27 October 2009 at 2:34 pm

permisi pak saya mau tanya, ada soal seperti ini sebuah mobil balap direm dengan perlambatan konstan dari kelajuan 25m/s dalam jarak 40m. Jarak total yang telah ditempuh oleh mobil tersebut sampai akhirnya berhentiadalah…. bagaimana ya pak caranya? terima kasih
Balas komentar ini
o

abil says: 27 October 2009 at 7:03 pm

iya pak. jelaskan yg vertikal. kurang paham.
Balas komentar ini

san says: 28 October 2009 at 8:45 am

Sudh ada di blog ini abil.
Balas komentar ini

o

indra says: 29 October 2009 at 7:45 am

Ada yang bisa selesaikan soal ini ? Sebuah partikel bergerak menuju sumbu x dengan percepatan a = 4t + 4, pada keadaan awal partikel berada pada sumbu x = 3m. Tentukan : a. posisi pada t = 4 s b. kecepatan pada t = 3 s c. kecepatan rata-rata antara t = 3 s dan t = 5 s d. percepatan rata-rata antara t = 1 s dan t = 3 s
Balas komentar ini
o

yulla says: 29 October 2009 at 4:06 pm

duh pak……… ternyata belajar fisika tu susah banget yaaaaaaa! apalagi low dah berurusan sm yang nama’y rumus!?? uuuuuukh ribet bgt dech poko‖y. so maaf banget y pak,terpaksa aku coppy paste punya bpk………………………………………… heh
Balas komentar ini

san says: 2 November 2009 at 7:41 am

copy aja gpp
Balas komentar ini
o

iir says: 1 November 2009 at 8:33 pm

paaa…saya masi tetep ga ngerti daaa…… ga ada yang simple sii di Fisikaa,,,! ribett semuaaaa……
Balas komentar ini
o

iir says:

1 November 2009 at 8:37 pm

ammmpun daahh fisikaa…!!
Balas komentar ini
o

Aan says: 3 November 2009 at 4:14 pm

Makssih ya Aku ambil Artikel ni Utk tGas >>>>…….
Balas komentar ini
o

opan says: 10 November 2009 at 12:03 pm

pak mau tanya, rumus percepatan gerak grafitasi bumi gimna? tolong pak. supaya bisa mengerti apa yg ga bisa, makasih
Balas komentar ini
o

erysta says: 11 November 2009 at 10:36 pm

mau tanya nih…kalo misalnya ada soal ―Dari Puncak Sebuah Menara setinggi 70m dilemparkan sebuah batu vertikal ke atas dengan kecepatan 14m/s.Berapa kecepatan batu itu sesaat sebelum mengenai tanah??(g=9,8m/skuadrat)
Balas komentar ini
o

Arisccha Bullah says: 12 November 2009 at 8:19 pm

Mner thanks nach,,,,,,,,,,,,
Balas komentar ini

o

bagus says: 13 November 2009 at 7:42 pm

thanks atas pelajaranya
Balas komentar ini
o

alfin says: 16 November 2009 at 7:02 pm

thankz bwad pljrnnya…
Balas komentar ini
o

IKA LESTARI says: 30 November 2009 at 2:03 pm

bwt cpa pun yg d sna!! ehm, q d[et tgas ne…. suLiiittt bgt!! tgas q it, sruh cri cntoh soaL Gerak Lurus,hukum newton,gaya gesek+jwbanx masing2 sebnyak 20!! q ja krg mci dpet gaya gsek 15 mci krg baxak……………. tLong bntu q yaw.. scpetx………hehehehehehe q tnggu!!!!!!!!!!!!!!
Balas komentar ini
o

azri says: 1 December 2009 at 11:01 am

bg pertanyaan si indra kyk_a perlu segera di jawab.. thx..
Balas komentar ini

o

anita says: 21 December 2009 at 8:46 pm

terima kasih,,, berkat blog ini saya bisa menyelesaikan tugas dari guru
Balas komentar ini
o

anggun says: 25 December 2009 at 2:21 pm

makasih ea artikel nya……………………… boleh minta tolong ga??????????? soal soal tentang GLB n GLBB beserta penjelasannya………………… tolong ea…………………… kalo g keberatan d kirim ja ke e_mail q……….
Balas komentar ini
o

dwi says: 2 January 2010 at 10:14 pm

penjelasan2 cukup membantu untuk anak2 semester awal seperti saya.makasih………….
Balas komentar ini
o

emo says: 15 January 2010 at 10:44 am

kenap yua og aku guG biSa fiSikA????????????????????????????? BIKIN OTAK QWH MUMET WAE…………………
Balas komentar ini
o

surti handayani says:

1 February 2010 at 11:32 am

namaku surti handayani, smpn 1 ngemplak, kota jogja. Punya soal ‖ Sebuah mobil bergerak ke barat sejauh 36 km selama 1 jam, kmd ke utara sejauh 72 km selama 4 jam. Berapakah rata-rata kecepatan mobil dan berapakah rata-rata kelajuan mobil tersebut?‖. Mohon tolong Gimana penyelesaiannya, maacih ya pak.
Balas komentar ini

san says: 1 February 2010 at 8:49 pm

udah dijawab via halaman bimbel.
Balas komentar ini
o

josua simamora says: 4 February 2010 at 2:10 pm

namaku josua simamora , kuliah jurusan teknik industri punya soal ―Persamaan gerak suatu benda yang bergerak pada garis lurus adalah X = (8ms) – (3 ms )t. Jika X dalam cm dan t dalam detik. hitunglah : Kecepatan rata-rata dari benda tersebut dalam selang waktu : a. dari t = 0 ke t = 1 a ; b. dari t = 0 ke t =5 s
Balas komentar ini
o

Bilal says: 24 February 2010 at 10:22 pm

Om numpang copy ya buat tugas
Balas komentar ini
o

SUCI says: 28 February 2010 at 12:10 pm

PAK NUMPANG COPY BUWAT TUGAS YAAAAA……!
Balas komentar ini

san says: 2 March 2010 at 9:12 am

iya suci
Balas komentar ini
o

zefira maulidha says: 1 March 2010 at 4:58 pm

sore……………………… say pengen tanya tentang glbb lebih jelas………… trimzzzzz
Balas komentar ini

san says: 2 March 2010 at 9:05 am

mau nanya apa zefira maulidha
Balas komentar ini
o

Muchtar says: 9 March 2010 at 7:32 pm

wahhhh,, rumus fisika ini sngat brmanfaat bwt aku.. trims ya…. dan ini jga wajib di hafalkan, minimal dimengerti sma anak smp and sma…..
Balas komentar ini

san says: 9 March 2010 at 10:17 pm

ya Muchtar… sami2
Balas komentar ini
o

neneng says:

17 March 2010 at 12:19 pm

saya izin share and copy ya bwt anak saya yg mau UN..makacih sebelumnya…
Balas komentar ini
o

Lili says: 7 April 2010 at 5:13 pm

Pak,mw tny cntoh soal p’lambatan tu pa saja?thx sbelumnya.gbu
Balas komentar ini

san says: 9 April 2010 at 5:32 pm

lili baca di materi percepatan, perlambatan. tuh ada linknya di atas
Balas komentar ini
o

Dian says: 12 April 2010 at 11:22 am

pak mau tanya nih, saya g mudeng tolong bantu saya menjawab soal ini. 1. Saat mobil direm kecepatannya 108 km/jam setelah 10 detik berhenti berapa panjang lintasan pengereman? 2. Peluru ditembakan vertikal keatas dengan kelajuan 200m/dtk. percepatan gravitasi 10m/s. a. tinggi yang dapat dicapai peluru? b. lamanya peluru di udara? trims sebelumnya
Balas komentar ini
o

Erwin says: 15 April 2010 at 2:58 pm

Makasih atas penjelasan diatas lengkap banget sampe ke ujung-ujungnya
Balas komentar ini

o

atin says: 18 April 2010 at 12:15 pm

welwh…weleh….pucing beud deh…….
Balas komentar ini
o

dhelia says: 6 May 2010 at 6:17 pm

pengen tanya kenapa rumus buat nyari jarak GLBB itu S = V0 . t + 1/2 a . t2 ??
Balas komentar ini

san says: 12 May 2010 at 5:38 pm

tdk selamanya pake rumus itu… kt jg bisa pake rumus vt2 = vo2 + 2as…
Balas komentar ini
o

Ai says: 14 May 2010 at 11:19 am

Siang Pak, Boleh nanya dunk… tux contoh soal GLBB no 3 di atas, knp pake rumus itu ya? Klu t nya gak diketahui bukannya bisa dicari pake rumus , ini: a = vt-vo/t yah? kan a =-8, vt= 0 dan vo = 16.67 m/det? jadi kan t = (0-16.67 )/ -8 = 2,083 det dari situ pake pers : s= voxt – 1/2atxt = 16.67 x 2,083 – 1/2 x -8 x 2,083×2,083 = 33,64 – (-17,35 ) = 33,64 +17,35 = 50,9 m Tapi kog hasilnya beda jauh yah? Kenapa rumus yg ini gak bisa dipakai ? Tapi klu Vo -nya = 0 , hasilnya sama ( = 0x 2,08 -( -17,35 ) = 17,35 m …. tapi kan yg nilainya nol itu Vt, karena mobil direm sampai berhenti kan? sementara Vo kan kecepatan awalnya = 16,67 m/ det. Gmn sih pka penjelasannya, big binung…nung.. nung.. eh bingung nich… Tlg bantuin penjelasannya ya Pak… tks.
Balas komentar ini

san says:

15 May 2010 at 8:49 pm

sudah dibalas melalui email Ai. Ini Ai yang dulu pernah mampir di blog gurumuda ? bisa Ai. Hasilnya sama. Ai perhatikan tandanya baik-baik
Balas komentar ini

Ai says: 2 June 2010 at 1:45 am

duhh pak…. terimakasih atas balasannya… tp sayang Ai, gak bs buka emailnya Ai coz terblokir dah lama nggak kebuka…. kepaksa bikin lagi.. tlg resend lagi jawabannya ke email baru ini, bisakah? Pls…….. terimakasih byx… dan maap sdh ngerepotin yach… abis Ai penasaran….
Balas komentar ini

san says: 2 June 2010 at 8:43 pm

Ai berusaha kerjakan dulu… piss. Intinya hasilnya sama Ai. Perhatikan tandanya baik2… Kalau sudah berusaha berulang-ulang tapi masih bingun ngun
Balas komentar ini
o

, nanti tanya lagi di gurumuda

INDINI says: 5 June 2010 at 7:33 am

makasih pak!!!!!!!!!!!!!!!!!!! tapi aku masih sulit banyak yang belum aku ketahui. Setiap aku belajar fisika selalu lupa terus. Gimana ya triknya supaya g lupa?
Balas komentar ini

san says: 9 June 2010 at 8:05 pm

pahami konsepnya dulu Indini… nanti lupanya lama. kalau cuma hafal rumus nanti cepat lupa
Balas komentar ini
o

pepex says: 11 June 2010 at 1:50 pm

belajar yg rajin y…………….?????
Balas komentar ini
o

ecca says: 15 June 2010 at 3:25 pm

wadduh makasih banget,, mempermudah sekali….

Balas komentar ini
o

andri says: 2 July 2010 at 3:39 pm

assalam pak, saya mau nanya, ada soal seperti ini : seorang siswa berlari dengan kecepatan 4.5 m/s mengejar bus, bus sudah berjalan selama 2 detik dengan percepatan 1 m/s2, kapan dan dimana siswa tersebut dapat menyusul bus tersebut??ditanyakan waktu dan jarak yang sama??? mohon bantuannya pak, segera kirim ke email saya ya pak di novandrikusuma@yahoo.com,… kalo bisa maksimal besok pagi ya pak, ,… mendesak harus dikumpul pak,… trima kasih atas bantuannya pak,… wassalam,… Waktunya sama ? gak mungkin lah. Tidak ada keterangan di soal, keduanya mulai bergerak pada pukul berapa. Kalau jarak sama bisa, jika kita andaikan titik startnya sama. ——Jika keduanya bergerak dari titik yang sama dan jika arah geraknya juga sama, maka Keduanya berpapasan pertama kali pada jarak 4,5 meter dari titik start (siswa nyusul bus). Jika keduanya terus bergerak maka akan berpapasan lagi untuk kedua kalinya di jarak 18 meter dari titik start (bus nyusul siswa). ————–

Kalau ditinjau dari selang waktu, keduanya berpapasan pertama kali pada saat 1 detik setelah siswa bergerak atau 3 detik setelah bus bergerak. Keduanya berpapasan kedua kalinya pada saat 4 sekon setelah siswa bergerak atau 6 sekon setelah bus bergerak. ———– Coba cari tahu caraya dulu, sdh saya kasih jawaban
Balas komentar ini
o

indra says: 23 July 2010 at 4:07 pm

pak saya mau nanya! polisi dengan kecepatan 20 m/s mengejar pencuri yang mempunyai kecepatan 15 m/s. jarak awal keduanya 100 m. jarak yang ditempuh oleh pencuri setelah polisi menyusul pencuri berapa ya pak????
Balas komentar ini
o

Small Business Opportunities says: 24 July 2010 at 6:33 pm

Wah keren… Pak saya mau tanya Klu rumus rotasi,revolusi bumi dan matahari yang bisa meniadakan grafitasi apa ya pak…
Balas komentar ini
o

natalia says: 11 August 2010 at 10:24 pm

Wah, sangat2 membantu materi yang dikasih… Thx ya:)
Balas komentar ini
o

Steven says: 22 August 2010 at 7:37 pm

Itu sangat membuat saya akan mengerti dan mau berlatih kembali.
Balas komentar ini

o

Danny says: 27 August 2010 at 9:01 pm

Saya ingin tanya, contoh Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan dalam kehidupan sehari-hari. Trims
Balas komentar ini

san says: 1 September 2010 at 7:42 pm

Dani cek di bagian pembahasan soal
Balas komentar ini
o

eun ki says: 29 August 2010 at 10:22 am

Wahhh….. MAkAciiH BgT ea.. TugaZ FiSika Gw SLeSai deCh.. Wkwkwkwk
Balas komentar ini
o

Han says: 31 August 2010 at 8:17 pm

pak, grafik di atas kan ada yang perlambatan (makin lambat sampai akhirnya berhenti sama sekali). kalo dibilang mobilnya bergerak dengan kecepatan tertentu lalu berhenti untuk beristirahat selama 20menit, gimana gambar grafiknya pak?? kan tidak makin lambat sampai berhenti tapi langsung berjenti tiba2. terima kasih!!
Balas komentar ini

san says: 1 September 2010 at 7:23 pm

grafik hubungan besaran apa sama besaran apa Han ?

Balas komentar ini
o

DILA says: 17 September 2010 at 5:20 pm

pak ciri & karakteristik GLB & GLBB apa? saya sngt bth jwbn ni pak!
Balas komentar ini
o

zulfi says: 20 September 2010 at 9:02 pm

pak ada soal nih sebuah mobil bergerak dg persamaan sbb s= 2t3(pangkat 3)+5t2(pangkat 2)+5, s dalam meter, t dalam sekon kecepatan rata rata dlm selang waktu antara 2s dan 3s adalah … bantu ya paaaaaaa
Balas komentar ini
o

Handynur says: 23 September 2010 at 1:55 am

Pa perbedaan kecepatan, percepatan sama kelajuan?
Balas komentar ini
o

echa says: 2 October 2010 at 11:26 am

pak, saya bingung dengan jawab an yg saia jawab, pasti bapak juga bingung kan ? karna saia jawab nya : ke utara ada warung padang, nah msk situ trs pesen rendang + es teh wuakakakakakakakakakakakakakakakakakakakakakaka
Balas komentar ini
o

Esty says: 6 October 2010 at 11:13 am

MOBL A BERgerak dri keadaan diam dgn percpn 2 m/s.mbl B Mengejar mbl A 5 sekon kemudian dgn kcpatn 20 m/s.selang wkt yg dperlukn mBL B untk menyusul mbl A yAITu….s
Balas komentar ini
o

Esty says: 6 October 2010 at 11:14 am

MOBL A BERgerak dri keadaan diam dgn percpn 2 m/s.mbl B Mengejar mbl A 5 sekon kemudian dgn kcpatn 20 m/s.selang wkt yg dperlukn mBL B untk menyusul mbl A yAITu….s tlng bls ea
Balas komentar ini
o

aditya says: 10 October 2010 at 3:31 pm

Dalam pertempuran Hastings pada 1066 Masehi. ketika Normandia Perancis mengalahkan Saxon di Inggris. peran penting yg dimainkan oleh pemanah Norman yang menembak panah atas dinding perisai yang didirikan oleh Saxon. Jika busur Norman memiliki jangkauan maksimum 350 m dan panah ditembak pada ketinggian 55, seberapa dekat jarak Normandia ke Saxon? dengan berasumsi bahwa anak panah mencapai target mereka saya bingung cara penyelesaiannya menggunakan cara yg mana
Balas komentar ini
o

arie says: 11 October 2010 at 9:07 pm

Bila diketahui grafik fungsi kecepatan (v) terhadap waktu, bagaimana cara membuat grafik fungsi percepatan (a) terhadap waktu? thx..
Balas komentar ini
o

adhy says: 12 October 2010 at 4:28 pm

yang ini tolong beritahu caranya donk sebuah benda bergerak dipercepat beraturan dengan kecepatan awal 75 m/s. setelah 12s jarak yang ditempuh 1260 m a.berapa percepatan benda tersebut b.tentukan kecepatan benda setelah menempuh jarak 360 m dan berapa waktu yang diperlukan thanks
Balas komentar ini
o

aku ingin lulus uan says: 14 October 2010 at 4:17 pm

benar2 fisikawan sejati, gmna ya caranya agar bsa bljar fisika dgn msh yg memiliki rumus segunung ituuuu???
Balas komentar ini
o

irfan says: 21 October 2010 at 5:27 am

sungguh menarik
Balas komentar ini
o

vera says: 22 October 2010 at 4:54 pm

ah akhinya sdkt mngerti jg tentang GLB n GLBB . Thanks ya ats sUsuNAN PERtanyaan yang ada dsn . skli lg thanks.
Balas komentar ini
o

warjo says: 23 October 2010 at 7:34 pm

Sebenarnya (mempelajari) fisika tidak begitu sulit… rumus yang sedemikian banyak secara otomatis akan dimengerti (hafal)… syaratnya harus sering

menggunakannya…. semisal mengerjakan latihan soal…. pasti akan menemukan hal-hal baru yg mengasyikan…. secara tidak langsung rumusan fisika yg banyak itu akan menempel di benak kita….. jadi tak perlu menghafal rumus…. salam ….Fisika
Balas komentar ini

irwan says: 3 January 2011 at 9:01 pm

masak sih mas ato pak….aq kog pusing banget.e am fisika….sampasampe nilai ulangan gak ada yang bgus…dan merah lgi di rapot…
Balas komentar ini
o

tere says: 31 October 2010 at 8:24 pm

membantu bangetttttttttt
Balas komentar ini
o

aris says: 12 November 2010 at 8:09 pm

bagus banget sumpahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh ………… hheeeeeeeee
Balas komentar ini

kurang tau says: 22 December 2010 at 10:01 am

kea skali ju tidak aa depe penjelasan tentang epe rumus misalkan vt itu apa dll kita ini sedang online bagimana nganga nan ini
Balas komentar ini
o

lulu says:

17 November 2010 at 1:37 pm

seorg pelari dalam waktu 50 sekon dapat menempuh 1,5 lap (1 lap= 1 kali keliling lapangan). jika keliling lapangan 126 meter, hitung kelajuan rata rata pelari tersebut……. tolong di jawab
Balas komentar ini
o

Risky says: 24 November 2010 at 11:03 am

bagus bgt nih rumusnya walaupun gw msh blm ngerti sedikit. ckckckck
Balas komentar ini
o

mia says: 29 November 2010 at 8:42 pm

manzzaappp!!!!^^
Balas komentar ini
o

dita says: 1 December 2010 at 6:03 pm

bisa menambah wawasan, jika di ajar guru tidak nyambung tinggal buka ini bisa belajar fisika dengan baik.
Balas komentar ini
o

rheny aprindah miss gaya says: 3 December 2010 at 10:48 am

seruuuuuu,,,,,,,,,,,,, akhirx aq biza mecahin jg tuch soal,,,,, bwizz cucah banggggeeeettttt sichhhhh,,,,,,,,,,, hehehehehe-:) wkwkwkwkwk-;( ?comen yach,,,,,,,,, by;_ _‖indah beibz sii juteck miss gaya‖_

Balas komentar ini
o

ken says: 3 December 2010 at 6:48 pm

sebuah benda bergerak sepanjang lintasan 1/3 lingkaran yang berjari-jari 14 meter dengan laju 44/3 ms. Jika p sama dengan 22;7 maka kecepatanya adalah
Balas komentar ini
o

fanani says: 5 December 2010 at 7:38 pm

ok gan… thx…
Balas komentar ini
o

kristian says: 6 December 2010 at 10:17 pm

keren.. thanks ya udah ngasih informasi secara lengkap dan gratis
Balas komentar ini
o

Agnes Yustin says: 7 December 2010 at 8:35 pm

Good job..!! ohohohohohoho…=)
Balas komentar ini
o

qoqom_rahma says: 7 December 2010 at 10:57 pm

wah membantu suangat…. oya ak mau tanya velocity sama speed ada gak ya……

sama hukum boyle dan archimedes ada gak?!?!?!? saya gak tau itu padahal bentar lagi saya ulangan semester satu….. soal dari provinsi dan saya belum memahami…. mksh
Balas komentar ini
o

kevin says: 15 December 2010 at 1:15 pm

wah mksh tas rumus nya
Balas komentar ini
o

ucup says: 16 January 2011 at 10:44 pm

euh , sia mah teu kumplit bel ah , jdi weh aing lieur neang na , mun teu bisa tong nyieun nu karieu weh , ngalilieur batur plok !
Balas komentar ini
o

Audhi Ahmad says: 26 January 2011 at 10:18 pm

wah! terimakasih. dengan ini saya bisa mengerjakan tugas saya untuk presentasi!
Balas komentar ini
o

kadek C'Moel says: 28 January 2011 at 8:35 am

wahhh,,, materix bagus jg, gw ink ngrti dgn fisika,,
Balas komentar ini
o

trisna says: 19 February 2011 at 8:00 pm

bagus banget materinya…salam kenal pa!

Balas komentar ini
o

feriko says: 21 February 2011 at 9:07 am

wahhhhh.. kulo matur thank you
Balas komentar ini
o

IlhAm Rezpecktor says: 24 March 2011 at 6:45 pm

oPo MaTuR ThAnK YoU iKhU nDeSo…………KaTrOcK……????????????
Balas komentar ini
o

Ilham SM*SH says: 24 March 2011 at 6:46 pm

bagus,,,bagus nie….
Balas komentar ini
o

IlhAm Rezpecktor says: 24 March 2011 at 6:47 pm

Qm NiE IlHaM SM*SH bukan che……????????????
Balas komentar ini
o

Ilham SM*SH says: 24 March 2011 at 6:48 pm

iya kalau g percya buka fb aqw……………..
Balas komentar ini
o

avis says: 30 May 2011 at 4:06 am

Makasih infonya!
Balas komentar ini
o

Amanda says: 9 October 2011 at 8:09 pm

Boleh minta soal ngga? dari yg level 1-10.. hehe. Terima kasih,, ^^
Balas komentar ini
o

luter says: 17 October 2011 at 2:43 pm

kk copy iya ini ada tugas nih ,pleas…..? aku tunggu balasanya
Balas komentar ini

luter says: 17 October 2011 at 2:51 pm

ngak apa-apa boleh kok
Balas komentar ini
o

feronica afni says: 27 October 2011 at 7:31 am

ini rumus berguna banget
Balas komentar ini

Tinggalkan pesan
Nama(Wajib diisi)

Email (Wajib Diisi)

Website (Tidak wajib)

1554

0

/gerak-lurus-beru

Add Comment

1554

1319974565 114.

Kategori

FISIKA SMA o Istilah dan Konstanta o Besaran dan Satuan o vektor skalar o Kinematika o Dinamika o Elastisitas o Usaha dan Energi o Impuls dan Momentum o Kinematika Rotasi o Dinamika Rotasi o Keseimbangan Benda Tegar o Fluida Statis o Fluida Dinamis o Suhu Dan Kalor o Teori Kinetik Gas

Termodinamika Getaran – Osilasi Gelombang Mekanik Gelombang Bunyi Listrik Statis PEMBAHASAN SOAL o Bahas besaran dan satuan o Bahas Vektor o Bahas Kinematika o Bahas Dinamika FISIKA TANPA RUMUS o Belajar dengan bertanya o Humor fisika o Artikel o Lagu fisika o Puisi Fisika TOKOH FISIKA o Tokoh Fisika Klasik o Fisikawan Asia o Fisikawan Indonesia PEMBELAJARAN FISIKA o Motivasi belajar o Media pembelajaran fisika  Membuat blog wordpress o Metode belajar CINTA DAN BENCI o Benci fisika o Cinta fisika ijk

o o o o o

Alexander San Lohat

Postingan akan dikirim ke emailmu. Silahkan mendaftar.. Baca petunjuk penting setelah anda klik daftar.

addlead

3297

1810

http://gurumuda.c

Email Nama

Daftar

1319974565 114.

Gudang ilmu fisika gratis © 2011 All rights reserved. Designed by WPLight for

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->