Syarat Membuat Peta

1. 2. 3. 4. 5. 6.

Peta harus comform, artinya bentuk daerah, pulau, benua yang digambar pada peta harus sama bentuknya dengan kenyataan di lapangan. Peta harus ekuivalen, artinya daerah yang digambar sama luasnya jika dilakukan dengan skala peta. Peta ekuidistan, artinya jarak-jarak yang digambar dip eta harus tepat perbandingannya dengan jarak sesungguhnya di lapangan. Data yang disajikan harus lengkap dan teliti. Peta yang tersaji tidak membingungkan dan mudah dimengerti maksudnya. Peta harus rapi, indah dan menarik.

Proses membuat peta meliputi 3 tahap yakni :
1. 2. 3.

Pengumpulan data topografi. Pengolahan data Penyajian kembali data dalam bentuk garis dikoreksi dengan benar dan dicetak.

Syarat-syarat peta yang baik antara lain adanya kelengkapan komponen-komponen peta seperti judul, skala, legenda, penunjuk arah, simbol, proyeksi, gambar, koordinat peta, serta tahun pembuatan. Semakin lengkap komponen-komponen tersebut pada suatu peta, akan sangat membantu dalam menggali informasi dari peta. Syarat-Syarat yang Wajib Ada Pada Peta 1. Judul peta 2. Skala peta 3. Lambang Peta : jalan, sungai, ibu kota, pelabuhan, batas wiayah, dll 4. garis pinggir peta 5. Petunjuk arah mata angin : utara, selatan, timur, barat , dll Jenis Skala Pada Peta Pengertian atau definisi : Skala peta adalah perbandingan jarak di peta dengan jarak sesungguhnya dengan satuan atau tehnik tertentu. 1. Skala angka / skala pecahan Contohnya seperti 1 : 1000 yang berarti 1 cm di peta sama dengan 1000 cm jarak aslinya di dunia nyata. 2. Skala Satuan Misalnya seperti 1 inchi to 5 miles dengan arti 1 inch di peta adalah sama dengan 5 mil pada jarak sebenarnya. 3. Skala Garis Skala garis menampilkan suatu garis dengan beberapa satuan jarak yang menyatakan suatu jarak pada tiap satuan jarak yang ada.

4. ditafsirkan dan tidak membingungkan. Langkah-langkah prinsip pokok dalam pembuatan peta adalah: 1. Untuk lebih jelasnya mengenai arti dan manfaat dari komponen-komponen peta tersebut. menunjukkan daerah yang curam dengan melihat garis kontur pada peta topografi. 3. Membuat legenda (keterangan). Yang dimaksud pembuatan peta dalam modul ini bukan dalam pengertian pemetaan wilayah. Menentukan daerah yang akan Anda petakan. Membuat simbol-simbol yang mewakili data. 2. Anda diharapkan dapat: 1. menyebutkan komponen/kelengkapan peta. Anda telah mempelajari dan memahami materi pada kegiatan 1. Sekarang kita akan mulai masuk pada materi kegiatan 2. simbol dan warna.Setelah mempelajari kegiatan 2 ini. menjelaskan manfaat skala peta. Menempatkan simbol pada peta dasar. 5. 3. 4. 5. proyeksi peta. ada beberapa prinsip pokok yang harus diperhatikan. 2. Membuat peta dasar (base map) yaitu peta yang belum diberi simbol. apa saja yang Anda bisa lihat pada peta tersebut selain bentuk-bentuk (kenampakankenampakan) permukaan bumi? Peta yang baik harus dilengkapi dengan komponen-komponen peta. legenda. membedakan ketinggian tempat dengan melihat warna pada peta chonografi. Membuat Peta Dalam pembuatan peta. sumber peta dan tahun pembuatan peta. Mencari dan mengklarifikasikan (menggolongkan) data sesuai dengan kebutuhan. petunjuk arah. Jika Anda melihat peta/atlas. Adapun komponen-komponen yang harus dipenuhi dalam sebuah peta antara lain: judul peta. . skala peta. 6. agar peta mudah dibaca. 7. dan 6. menggambarkan 3 macam simbol garis. silahkan Anda pelajari uraian berikut ini. Melengkapi peta dengan tulisan (lettering) secara baik dan benar. menjelaskan arti legenda (keterangan) pada peta.

Tata Cara Penulisan pada Peta Untuk membuat tulisan (lettering) pada peta ada kesepakatan di antara para ahli (kartografer) yaitu sebagaiberikut: Memperbesar dan Memperkecil Peta Setelah Anda memahami langkah-langkah dalam membuat peta. Buat grid yang lebih besar pada kertas yang akan digunakan untuk menggambar peta baru. Memperbesar grid (sistem kotak-kotak) Langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah: 1. macam-macam simbol peta dan penggunaannya. sekarang kita pelajari bagaimana cara memperbesar dan memperkecil peta. 2. pembesarannya sesuai dengan rencana pembesaran. . Buat grid pada peta yang akan diperbesar. Memperbesar Peta Untuk memperbesar peta yang bisa Anda lakukan yaitu: a.

c.3. b. c.000 akan diperbesar 2 kali. . Memindahkan garis peta sesuai dengan peta dasar ke peta baru. memperkecil grid. Pantograf adalah alat untuk memperbesar dan memperkecil peta. Bila Anda ingin memperbesar peta gunakanlah mesin fotocopy yang dapat memperbesar peta. b. Di bawah ini disajikan gambar sketsa dari pantograf. caranya sama dengan memperbesar peta yaitu: a. Menggunakan alat pantograf Selain dengan memperbesar grid dan memfotocopy untuk memperbesar peta Anda dapat menggunakan alat pantograf. memfotocopy peta dengan mesin fotocopy yang dapat memperkecil peta. Contoh: Peta berskala 1 : 100. Dengan fotocopy. untuk peta yang menggunakan skala garis tidak masalah dan tidak perlu skala peta. maka skala menjadi 1 : 50. Tetapi bila Anda memfotocopy peta yang menggunakan skala angka. sesuai dengan rencana pembesaran.000. Mengubah skala. Memperkecil Peta Bila Anda ingin memperkecil peta. Anda harus mengubah skala peta itu menjadi skala garis sebelum difotocopy. menggunakan pantograf. Fotocopy Cara lain memperbesar peta dengan cara memfotocopy peta tersebut. 4.

kerja pantograf berdasarkan jajaran genjang. yaitu memperbesar atau memperkecil peta.Dengan menggunakan alat ini kita dapat mengubah ukuran peta sesuai dengan ukuran yang diinginkan. cobalah Anda latihan memperbesar atau memperkecil peta. Dengan bimbingan Guru Bina. Skala pada ketiga sisi tersebut dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. melalui kaca pengamat. Membaca Peta Dalam membaca peta. lalu pantograf diatur sedemikian rupa sehingga masing-masing lengan pantograf mempunyai skala faktor sama yaitu 100. Kemudian gerakkan B mengikuti peta asal. Kalau Anda dapat membaca peta dengan baik dan benar. Caranya: Peta yang akan diperbesar letakkan di tempat B dan kertas gambar kosong letakkan di tempat gambar A yang sudah dilengkapi pensil. Pada dasarnya. dan c) mempunyai skala faktor yang sama. b. Diketahui : m = 1 (besar peta yang asli). dengan cara memperbesar atau memperkecil grid. M = 5 (besar peta yang akan dibuat) Setelah didapat besarnya skala faktor. walaupun belum pernah melihat atau mengenal medan (muka bumi) yang bersangkutan secara langsung. Beberapa hal yang dapat diketahui dalam membaca peta antara lain: . Anda harus memahami dengan baik semua simbol atau informasi yang ada pada peta. Tiga dari empat sisi jajaran genjang (a. maka Anda akan memiliki gambaran mengenai keadaan wilayah yang ada dalam peta. Contoh: Suatu peta akan diperbesar 5 kali lipat.

... .. melalui garis kontur dan jarak antara garis kontur yang berdekatan. 2. misalnya kepadatan dan persebarannya. Pola (bentuk) pemukiman penduduk yang memusat dan melingkar.. misalnya mata pencaharian. pegunungan/gunung. Lokasi daerah. 3. melalui titik trianggulasi (ketinggian) atau melalui garis kontur. jaringan lalu lintas.1. Keadaan topografi (relief) suatu wilayah.. 3. . menunjukkan daerah itu relatif datar.... melalui letak garis lintang dan garis bujur. 3. Komponen peta yang belum ada meliputi: a. ... Kemiringan lereng. Dengan membaca peta Anda akan dapat mengetahui. Keadaan sosial budaya penduduk. Keadaan alam suatu wilayah. Isi peta dan tempat yang digambarkan. Jika alur sungai berbelok-belok (membentuk meander). Alur-alur yang lurus. Jarak atau luas suatu tempat di lapangan. Sumber daya alam... Kenampakan alam.. lembah/sungai.. c. Untuk mengukur tingkat pemahaman Anda dalam membaca peta amati dengan baik gambar berikut ini. 6. 4. judul peta yang paling tepat adalah . Menurut pengamatan Anda berdasarkan kenampakan dan simbol-simbol pada peta berikut ini. e. persebaran kota. 2.. Jarak lurus antar kota. persebaran sarana kota dan persebaran pemukiman. 5. .. melalui judul.. Kenampakan alam ini dapat diketahui melalui simbol-simbol peta dan keterangan peta. Komponen peta yang telah tercantum meliputi: a. Keadaan penduduk suatu wilayah.. 3. 8. 4.. . 2. menunjukkan daerah itu kering (sulit air) tetapi di tempat-tempat tertentu terdapat sumber-sumber air. Peta yang banyak gunung/pegunungan dan lembah/sungai... c.. misalnya suatu daerah sulit dilalui kendaraan karena daerahnya berawa-rawa. melalui petunjuk arah (orientasi). b.. . menunjukkan bahwa daerah itu tinggi dan miring. Arah.. . . Selanjutnya kita dapat menafsirkan peta yang kita baca. 7. Ketinggian tempat. antara lain sebagai berikut: 1. d. 1. d. menunjukkan bahwa daerah itu berelief kasar.. 2.. melalui keterangan (legenda). misalnya relief. melalui skala peta. 5. 1. .

Setelah dijawab. . silahkan cocokkan hasil jawaban Anda dengan kunci jawaban yang terdapat di akhir kegiatan ini.