INOVASI

ROKOK

HERBAL

BERAROMA

TERAPI

SEBAGAI

PENGGANTI ROKOK TEMBAKAU PENDAHULUAN Fatwa rokok haram yang dikeluarkan oleh majelis tarjih dan tajdid pengurus pusat muhamadiyah menuai banyak kontroversi dikalangan masyarakat maupun kalangan industri rokok khususnya pabrik rokok baik itu pabrik kecil maupun pabrik dengna skala besar.fatwa rokok haram tersebut dikhawatirkan dapat mematikan industri rokok yang telah menjadi tumpuan hidup bagi banyak buruh rokok di tanah air ini.buruh–buruh rokok ini akan banyak yang terkena imbas berupa pemutusan hubungan kerja (PHK) jika akibat fatwa rokok haram ini membuat banyak pabrik rokok yang gulung tikar.fatwa rokok haram tersebut dikeluarkan karena mengingat rokok membahayakan kesehatan perokok (perokok aktif) maupun orang lain disekitar perokok( perokok pasif). Pada tahun 2000 WHO melaporkan bahwa rokok tembakau telah membunuh 3 juta orang di seluruh dunia dan pada tahun 2001 sebanyak 9,2 % dari kematian di indoneseia di sebabkan karena penyakit yang disebabkan rokok tembakau bahkan diperkirakan pada tahun 2020 sampai dengan 2030 kematian akan meningkat menjadi 10 juta jiwa per tahun dan mayoritas kematian (70%) yang diakibatkan rokok(BPOM). Kematian tersebut diakibatkan oleh pembakaran tembakau yang mengandung menghasilkan zat racun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu nikotin,tar dan karbonmonoksida.3 bahan ini dapat membuat mengakibatkan beberapa penyakit seperti yang tercantum pada peringatan pemerintah di setiap label kemasan rokok yaitu rokok dapat menyebabkan penyakit kanker, serangan jantung ,impotensi dan ganguan kehamilan dan janin. Perokok aktif di Indonesia menurut (SUSENAS,2004) Sebanyak 57 juta penduduk Indonesia merokok dan Lebih dari 97 juta penduduk Indonesia dan 70 persen anak-anak di bawah umur 15 tahun adalah perokok pasif yang terus menerus terpapar asap rokok. Tingginya prevalensi perokok berkontribusi secara signifikan pada kematian dini. Akibatnya memperpendek umur harapan hidup laki-laki, meningkatkan biaya kesehatan dan menurunkan produktifitas. Selain itu kebanyakan perokok kebanyakan berasal dari keluarga miskin dengan pendapatan
1

daging.tarif cukai tembakau tersebut banyak menyumbang pendapatan pada kas negara.ini membuat harga rokok menjadi mahal. dengan begitu dapat mengurangi kerugian kesehatan dan ekonomi akibat konsumsi tembakau. 2. Dari baragam masalah rokok dan penyelesaian masalah yang belum berhasil.Proporsi Pengeluaran Rumah Tangga Perokok di Indonesia Sebelum adanya Fatwa rokok haram pemerintah telah berupaya untuk menurunkan konsumsi tembakau dengan memberlakukan tarif cukai tembakau yang tinggi.yang kurang mereka berpendapat lebih baik tidak makan daripada tidak merokok Pada tahun 2005. sementara hanya 11 persen digunakan untuk membeli ikan.oleh karena itu penulis pada kesempatan kali ini mengangkat gagasan yang berjudul inovasi rokok herbal beraromaterapi sebagai pengganti tembakau.penulis menilai masalah rokok perlu ditelaah untuk menemukan gagasan alternative yang dapat memecahkan masalah rokok tersebut. telur dan susu secara keseluruhan. rumah tangga dengan perokok menghabiskan 11.2 persen untuk pendidikan.dengan asumsi Harga rokok yang tinggi akan menurunkan prevalensi perokok dan jumlah rokok yang dihisap oleh mereka yang masih merokok.tetapi pada kenyataan pemberlakuan terif cukai tembakau hanya berpengaruh sedikit terhadap penurunan konsumsi rokok di Indonesia. Diharapkan Rokok herbal beraromaterapi ini dapat menggantikan rokok tembakau yang berbahaya bagi 2 .5 persen pengeluaran rumah tangganya untuk konsumsi tembakau.2004) dari data tersebut bagi tembakau lebih penting dari peningkatan kesehatan maupun pendidikan Gambar 1 .(SUSENAS.3 persen untuk kesehatan dan 3.

tetapi penulis menggnti efek penenang pada nikotin dengan aromaterapi. Srilanka dan Malaysia. Rokok Herbal ini terbuat dari beberapa ramuan yang diolah menjadi bahan campuran yang berfungsi sebagai ramuan terapi kesehatan yang tidak bersifat kimiawi.tetapi dalam penulisan kreativitas mahasiswa ini penulis tidak menggunakan tembakau dalam bahan bakunya sehingga tidak mengandung nikotin sama sekali. Tanaman ini berasal dari India.sehingga rokok herbal beraromaterapi adalah rokok yang berisi ramuan herbal yang memiliki zat dan efek farmakologi sehingga ramuan ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh juga mengandung aromaterapi yang dapat memberikan efek menenangkan pada otak Adapun bahan – bahan dari rokok herbal beraromaterapi adalah sebagai berikut: Daun sirih Bahasa latinnya Piper Betle Lynn (Charica Betle). ROKOK HERBAL BERAROMATERAPI SEBAGAI PENGGANTI ROKOK TEMBAKAU Rokok Herbal Beraromaterapi. tenggorokan dan paru-paru. membersihkan racun dalam tubuh terutama pada saluran pernafasan. Ramuan ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Dikenal sebagai tanaman obat atau Fitofarmaka.2009) Rokok Herbal adalah sebuah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm yang berisi ramuan tembakau dan beberapa bahan aktif yang memiliki zat dan efek farmakologi yang bermanfaat untuk tubuh.kesehatan sekaligus mengubah rokok yang asalnya sebagai racun yang berbahaya bagi kesehatan menjadi obat yang yang bermanfaat bagi kesehatan. 3 .Bahan campuran ini memiliki komposisi alami yang tidak menimbulkan efek ketergantungan seperti rokok tembakau. Rokok herbal beraromaterapi ini bermanfaat sekali bagi para pecandu rokok tembakau untuk berhenti juga dapat sebagai obat yang menyehatkan maupun obat anti stres karena mengandung bahan-bahan herbal yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit selain itu juga mengandung aromaterapi yang dapat membuat rileks penghirupnya tak terkecuali bagi perokok pasif. Melalui studi pustaka penulis menurut (wahyudi.

Pohon Arak adalah pohon yang kecil. serta dapat membantu proses pencernaan melalui stimluasi peristalsis dan pembuatan cairan pencernaan. gula dan chavicol yang memiliki daya mematikan kuman. Siwak pun mengandung minyak aroma alami yang memiliki rasa dan bau yang segar. yaitu mampu mengurangi resiko penyakit jantung. pati. diatase. cineole dan zat penyamak. membunuh sel tumor dan menghambat pertumbuhan sel kanker paru – paru. Kayu Siwak ini tumbuh di sekitar Mekkah dan Timur Tengah. Zat ini akan membuat tubuh dalam keadaan seimbang dengan menghancurkan radikal bebas yang merusak sel ini dikarenakan Teh hijau mengandung Catechin polyphenol.Dalam farmakologi Cina. seperti belukar dengan batang yang bercabang-cabang. Daun sirih memiliki sifat antibiotika Kayu siwak Dikenal juga dengan istilah Miswak. Siwak berbentuk batang.1 cm sampai 5 cm. oleh karena itu kandungan daun sirih dalam ramuan Rokok herba digunakan sebagai pengganti menthol.Unsur Polyphenol ini diketahui menurunkan kadar LDL dan memperbaiki sifat pembekuan darah yang tidak normal. Para ilmuwan di Jepang percaya bahwa antioksidan polyphenol yang terdapat pada teh hijau adalah bahan yang bertanggung jawab dalam memberikan keuntungan bagi kesehatan. diambil dari akar dan ranting segar tanaman arak (Salvadora persica) yang berdiameter mulai dari 0. sel kanker kulit. sejenis antioksidan yang sangat kuat. Sebagai pasta gigi alami. Zat inilah yang membuat siwak dapat menghilangkan bau pada mulut. Di dalam minyak atsiri terdapat minyak terbang (betiephenol). antioksidasi dan fungisida atau daya anti jamur. sirih dikenal sebagai tanaman yang memiliki sifat hangat dan pedas. kanker usus. Teh Hijau Teh (Camellia sinensis) Teh ini mengandung bahan kimia yang berfungsi sebagai antioksidan alami. sehingga bisa menekan pertumbuhan sel kanker. siwak juga mampu mencegah pembentukan karang gigi. Semua teh 4 . seskuiterpen. tanpa merusak jaringan yang sehat. Kandungan senyawa yang dimiliki Daun Sirih adalah minyak atsiri. Zat anti pembusukan yang terkandung dalam siwak diyakini dapat menurunkan jumlah bakteri di mulut dan mencegah proses pembusukan.

atau 1. Sukrosa). manitol. HMF max. B2. dan sitosterol. yaitu gurah. 40 ml N. Komponen pembentuk madu terdiri atas Kadar Air max 22%. NaOH. Srigunggu Srigunggu (Clerodendron serratum) Daun Senggugu memiliki kandungan kimia. Nilai kalori 1 kg madu sama dengan 50 butir telur atau 5. Na. Sebetulnya. asam oleanolat. Gurah dipercaya bisa membantu mengobati berbagai penyakit yang terkait dengan saluran napas. sinusitis. 40 mg/kg. mencegah radang gusi dan gigi berlubang.khususnya teh hijau mengandung fluoride. Sukrosa max. 3 DN. P. Glukosa. Sedangkan kulit akar mengandung glikosida fenol. Mn) Vitamin (B1. Daun senggugu bersifat pahit. Yakni fruktosa 41%. Fe. 10%. Kulit batang Senggugu mengandung senyawa triterpenoid. asam queretaroat. dan flavonoid flavon. khasiat madu amat berkaitan dengan kandungan gulanya yang tinggi. Bagian tanaman srigunggu yang biasanya digunakan untuk gurah adalah akar dan daun Madu Madu merupakan makanan kesehatan yang dipercaya dapat memberikan energi serta khasiat yang baik bagi tubuh. suatu mineral yang dapat mencegah pertumbuhan karies gigi. Efek Farmakologis yang dimiliki daun tumbuhan Srigunggu adalah sebagai infus kesehatan serta daun senggugu secara in vitro diteliti dapat menghancurkan batu ginjal Dalam sebuah penelitian yang dilakukan National Cancer Institut of Washington menemukan ekstrak air tumbuhan Srigunggu aktif sebagai anti-HIV in vitro. Mineral (Ca. Aktivitas Enzim Diatase min. sakarase.575 l susu. B5. asma. Keasaman max. pedas. Sementara basil-hasil penelitian farmakologi membuktikan bahwa madu ternyata mengandung enzimenzim yang sangat berguna bagi kesehatan. Setiap 1. glukosa 35%. alkaloid. antara lain kalium. Mg.280 kalori. bronchitis. Maltosa. seperti: diastase.000 gram madu bernilai 3. Termasuk juga menjadikan saluran pernapasan lebih longgar sehingga memperbagus suara. Tanaman srigunggu diidentikkan dengan sebuah metode pengobatan tradisional yang terkenal.9%. dan asam serratogenat. sedikit natrium. dan sukrosa 1. dan sejuk. C) dan Enzim Diatase. Kandungan yang terdapat di dalam madu adalah Air. invertase. 5 . B6. seperti batuk.680 kg daging. Gula Pereduksi min 60%. Gula (Fruktosa.

dan sebagainya. mempertahankan keperkasaan laki-laki. Zat-zat ini disebutkannya sebagai sangat penting untuk memperlancar proses biokimia tubuh dan proses penyembuhan aneka penyakit. madu ternyata juga mengandung logam alumunium. tembaga. dan yodium. asam organik. hormon. yang berfungsi menghadirkan perasaan rileks. klor. mengobati leukemia dan AIDS. Adapun kandungan enzim dalam madu dilaporkan paling tinggi jika dibandingkan dengan makanan lainnya. dan lipase. ada yang meredakan sakit. Aroma yang anda cium dinyatakan mempunyai efek yang signifikan terhadap perasaan Anda. mulai dari pertolongan pertama sampai membangkitkan rasa gembira (Hutasoit. Madu juga menggantikan Antibiotika bagi penderita kanker. Madu juga mengandung banyak zat-zat mineral seperti: kalsium. beberapa jenis minyak bersifat menenangkan. ada yang membuat Anda rileks. antibiotik. peroksidase. prostat. Sebagai contoh. Bahkan ada jenis madu tertentu yang mengandung uranium. unsur kandungan seperti vitamin A. membangkitkan semangat. magnesium. titanium. wasir. Setiap jenis minyak bekerja dengan cara berbeda. yang bekerjasama menghasilkan efek kuat pada tubuh. membantu menyembuhkan rematik.Aromaterapi memiliki manfaat yang sangat beragam. luka bakar dan khasiat-khasiat lainnya. boron. 2002). menyegarkan serta menenangkan jiwa dan raga. dan lainnya. zat antiracun serta zat antikanker. vitamin B1.katalase. bergantung pada komponen yang lebih dominan. besi. asetilkolin. Aromaterapi Aromaterapi adalah terapi yang menggunakan essential oil atau sari minyak murni untuk membantu memperbaiki atau menjaga kesehatan . tukak lambung. Aroma melati meningkatkan gelombang 6 . Dari laporan penelitian Universitas Moskow menyebutkan bahwa. antibiotika. memelihara kebugaran tubuh. penyakit kulit. natrium. fosfor. seng.Minyak esensial menstimulasi kekuatan indra penciuman. vitamin B2. kalium. sulfur. Studi yang mempelajari gelombang frekuensi otak menunjukkan bahwa menghirup aroma lavender meningkatkan gelombang alpha di bagian belakang kepala.Setiap jenis minyak esensial mengandung sekitar 100 komponen kimia. timbal. jantung. mampu menggantikan sel-sel tubuh yang mati. krom.

• Sandalwood (cendana) bermanfaat untuk menghilangkan rasa cemas dan aromanya sangat bermanfaat untuk meditasi. tekanan darah tinggi dan kanker • Patchouli meningkatkan gairah dan semangat. mengurangi perasaan ketegangan. mengatasi insomnia. • Teh hijau (green tea) untuk memperbaiki sistem peredaran darah. Juga memperlambat proses penuaan. • Lemon dapat mengurangi stres dan anti depresi. dengkur dan migrain Bahan campuran diatas berfungsi sebagai ramuan terapi kesehatan yang tidak bersifat kimiawi. meredakan hidung tersumbat. dan membuat tidur lebih nyenyak. • Citronella untuk mengurangi ketegangan. yang dikaitkan dengan peningkatan kewaspadaan. Ramuan ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.dibawah ini macam-macam variasi aromaterapi • Lavender agar memudahkan tidur.Bahan campuran ini memiliki komposisi alami yang tidak menimbulkan efek ketergantungan seperti rokok tembakau sebelumnya. membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan paruparu. memberi efek menenangkan. mengatasi depresi.beta di bagian depan kepala. meredakan kegelisahan. 7 . • Strawberry dapat meningkatkan selera makan. meningkatkan mood dan merelakskan pikiran serta memberi perasaan segar. meningkatkan sensualitas. mengurangi penyakit jantung. tenggorokan dan paru-paru. • Vanilla dengan aroma lembut dan hangat mampu menenangkan pikiran. membersihkan racun dalam tubuh terutama pada saluran pernafasan.

yaitu dengan membantu mengurangi racun yang terdapat di dalam paru-paru. Racun tersebut dikeluarkan dalam bentuk lendir sehingga membuat nafas menjadi lebih ringan.bahan-bahan rokok herbal beraromaterapi Kandungan Tar dan Nikotin yang terdapat di dalam Rokok Herbal Beraromaterapi sangat rendah. melainkan diukur dari kandungan herbal yang menjadi komposisi baku Rokok Herbal itu sendiri. seperti standar pengukuran internasional.a. Tingginya angka Tar dalam produk Rokok Herbal Beraromaterapi ini bukan diukur berdasarkan berat material asap rokok serta kandungan racun yang terdapat dalam Rokok Herbal.sringungu f. jika nilai Tar menunjukkan angka yang tinggi maka akan menimbulkan efek nafas yang terasa berat.madu Gambar 2. Secara standar internasional. 8 . sebaliknya dalam Rokok Herbal tingginya angka Tar justru memberikan efek terapi kesehatan. sesak dan sakit di dada.sirih b.aromaterapi e. Hasil uji Laboratorium resmi menunjukkan fakta presentase kandungan Nikotin dalam produk Rokok Herbal sangat rendah bahkan hampir mencapai 0% sedangkan hasil uji Laboratorium untuk nilai Tar dalam Rokok Herbal Beraromaterapi menunjukkan angka yang tinggi.teh hijau d.kayu siwak c.

membantu menyembuhkan kecanduan Narkoba. • Membantu meringankan dan menyembuhkan Penyakit Herbalusitis dan Polip. Rokok Herbal beraromaterapi memiliki tingkat kadaluarsa cukup lama tetapi aromaterapinya akan sedikit berkurang seiring waktu berjalan . Selain itu daya tahan penyimpanan serta tingkat keawetan rokok herbal beraromaterapi dalamnya. • Tingginya nilai ramuan Tar yang terbentuk dari campuran bahan herbal meminimalisir munculnya penyakit paru dan saluran pernafasan. dan Gula Darah. • Membantu menyembuhkan penyakit Kencing Manis. Liver. Asam Urat. • Asapnya mampu menetralisir kandungan racun-racun yang terdapat dalam darah dan organ tubuh. bahwa semakin lama Rokok herbal beraromaterapi disimpan maka kenikmatannya justru akan semakin terasa.Asap rokok herbal beraromaterapi ini pun bisa berfungsi sebagai terapi kesehatan bagi para perokok pasif yang secara tidak langsung ikut menghisap asap ini. • Meringankan dan menyembuhkan penyakit Asma 9 . hidung dan telinga. • Berfungsi sebagai Gurah yaitu mengeluarkan racun yang terdapat pada paru-paru dan darah melalui cairan-cairan yang keluar dari mulut. Ganja dan Minuman Keras. dan gaya hidup sehat bisa didapatkan dengan mengkonsumsi Rokok herbal beraromaterapi karena Rokok herbal beraromaterapi memiliki keistimewaan. Metabolisme tubuh yang baik dibentuk dari gaya hidup yang sehat. Lambung. Pencernaan. Selama masa penyimpanan itu akan muncul beberapa noda atau bercak di batang Rokok Herbal sebagai hasil reaksi ramuan yang semakin matang. • Menurunkan tingkat Kolesterol. Rokok herbal beraromaterapi ini bekerja dengan prinsip melancarkan peredaran darah sehingga memberikan efek yang baik bagi metabolisme tubuh. sehingga khasiatnya semakin cepat bekerja apabila dikonsumsi. Ginjal dan Impotensi. • Menormalkan tekanan darah. mengubah rasa maupun mengurangi manfaat ramuan herbal yang terkandung di sehingga mengurangi resiko terhadap penyakit jantung. antara lain : • Tidak mengandung Nikotin ini tidak akan mengurangi kualitas. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan.

. Keadaan inilah yang kita tidak sadari bahwa sebenarnya dengan merokok ini berarti telah menimbun racun di dalam tubuh kita. batuk atau muntah. tar. Sebenarnya apa yang dihasilkan oleh rokok yaitu asap rokok yang sering dinikmati oleh para perokok tidak sama sekali ada manfaatnya malah begitu banyak bahayanya. Sementara itu siracun terus juga melakukan kegiatan yaitu sedikit demi sedikit merusak jaringan tubuh kita dengan tidak diketahui (dirasakan). Oleh karena itu. instalasi khusus. mabuk/muntah tidak ada lagi. seseorang akan terganggu kesehatannya bila merokok secara terus menerus” Sehubungan dengan hal itu. dan lain-lain. tetapi racunnya memasuki tubuh kita sedikit demi sedikit. Akan tetapi secara berangsur-angsur badan mengalami penyesuaian (adaptasi).saos dan lain-lain. Bahkan peringatan pemerintah pada kemasan rokok yang menyatakan bahwa merokok dapat merugikan kesehatan dan memberlakukan tarif cukai tembakau yang membuat harga rokok menjadi mahal tetapi upaya tersebut tidak mendapatkan tanggapan baik dari masyarakat. Hal ini akan berlanjut terus selama orang itu merokok.walaupun banyak 10 . Mula-mula orang yang menggunakan rokok (tembakau) itu biasanya akan merasakan sedikit pusing atau sakit kepala. merokok tidaklah membunuh manusia secara cepat. seperti apa yang disampaikan oleh Sitepoe (2000: 20) yaitu : “Asap rokok yang dihisap mengandung 4000 jenis bahan kimia dengan berbagai jenis daya kerja terhadap tubuh. Melihat begitu berbahayanya rokok tembakau terhadap kesehatan manusia berbagai usaha telah dilakukan oleh pihak-pihak yang peduli terhadap kesehatan lingkungan dari asap rokok. dan berbagai logam berat. maka rasa pusing. Beberapa bahan kimia yang terdapat di dalam rokok dan mampu memberikan efek yang mengganggu kesehatan antara lain nikotin. gas karbon monoksida. walaupun tidak merasakan sakit. batuk. Rokok Tembakau dan Rokok Herbal Beraromaterapi Biasanya kita ketahui Rokok adalah suatu benda berbentuk silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah maupun dicampur dengan bahan – bahan lain seperti cengkeh. seperti larangan merokok di tempat-tempat umum. yaitu terbiasa dengan racun ini.

upaya untuk menurunkan konsumsi rokok tembakau tetapi tingkat konsumsi rokok tembakau masih tinggi di Indonesia.selain itu rokok ini juga dapat dijadikan ebagai solusi alternatif bagi pecandu nikotin yang ingin sembuh.salah satu alasannya adalah karena mereka tidak bisa berhenti.selain itu asap dari rokok ini harum seharum aromaterapi sehingga yang merasakan efek rileks tidak hanya pengguna tapi juga orang – orang yang berada disekitar pengguna atau perokok pasif.rokok herbal beraromaterapi ini menawarkan suatu metode “Berhenti Merokok dengan Rokok”.dari situ dapat disimpulkan nikotin mempunyai fungsi sama dengan aromaterapi.mengingat rokok ini mempunyai banyak keunggulan yaitu berkhasiat sebagai obat dan tidak mengandung Nikotin sehingga aman bagi kesehatan perokok.selain itu jenis aromaterapi beragam sehingga perokok tidak akan jenuh dengan aromanya yang menenangkan saraf otak Implementasi Rokok Herbal Beraromaterapi Saat ini Rokok herbal beraromaterapi kurang dikenal oleh masyarakat luas.perasaan tenang disebabkan senyawa nikotin yang terkandung pada tembakau yang mereka bakar seperti penjelasan diatas nikotin tersebut berbahaya bagi kesehatan . para perokok belum bisa berhenti merokok karena dengan merokok mereka dapat merasakan ketenangan dan rileks.oleh karena itu penulis mempunyai gagasan untuk mengganti bahan tembakau pada rokok dengan bahan herbal yang lebih aman bagi kesehatan dan mengganti efek nikotin yang membuat rileks penggunanya dengan aroma terapi yang tentunya aman bagi kesehatan.disini penulis mendapat referensi bahwa aromaterapi juga bisa membuat seseorang merasakan ketenangan seperti ketenangan merokok.padahal rokok ini sangat berpotensi untuk menjadi pengganti rokok tembakau. Para perokok berat bisa menjalankan terapi berhenti merokok dengan menggunakan Rokok Herbal beraromaterapi karena rokok ini mempunyai aromaterapi yang dapat mengganti efek nikotin yang membuat rileks penggunanya yang tentunya aman bagi kesehatan penggunanya maupun disekitar penggunanya.oleh karena itu dalam pengenalan dan pengembangan produk rokok herbal beraromaterapi dibutuhkan peran serta dari berbagai pihak sebagai berikut: Produsen Rokok 11 .

mengenalkan .salah satu kebijakan adalah pencabutan cukai pada rokok herbal beraromaterapi ini karena rokok ini tidak mengandung tembakau. • selalu menjaga kualitas dan mengembangkan produk rokok herbal beraromaterapi ini • pemasaran rokok herbal beraromaterapi yang efisien juga dengan pengemasan yang menarik KESIMPULAN 12 .produsen rokok dalam hal ini perusahan rokok tembakau yang berminat ingin mengembangkan rokok herbal beraromaterapi ini.produsen rokok dalam hal ini berperan membuat .mengembangkan dan mengenalkan rokok herbal beraromaterapi ini kepada konsumen Pemerintah peran pemerintah disini sangat penting dala pembuatan kebijakan-kebijakan yang mendukung perkembangan gagasan rokok herbal beraromaterapi ini.mengembangkan dan menjaga kualitas dari rokok herbal ini.adapun langkah strategis dalam perwujudan tujuan gagasan rokok herbal beraromaterapi ini antara lain: • memperkenalkan rokok herbal beraromaterapi ini kepada konsumen sebagai rokok yang bermanfaat bagi kesehatan.produsen disini perusahaan Rokok berperan aktif dalam memproduksi . Konsumen konsumen merupakan sasaran utama pada implementasi gagasan rokok herbal beraromaterapi ini.karena diharapkan konsumen menjadi beralih mengkonsumsi rokok herbal beromaterapi yang sehat daripada mengkonsumsi rokok tembakau yang membahayakan kesehatan Dalam pengimplementasi produk rokok herbal beraraomaterapi ini perlu kerjasama antara produsen rokok dengan pemerintah agar tujuan yang diharapkan dapat terwujud.

oleh karena itu untuk mengimplementasikan tujuan tersebut diperlukan kerjasama antara pemerintah dan perusahan rokok dalam memperkenalkan rokok herbal beraromaterapi ini kepada konsumen sehingga konsumen menjadi beralih menggunakan rokok herbal beraromaterapi.disini penulis tidak menggunakan bahan tembakau tetapi penulis mempunyai gagasan untuk mengganti bahan tembakau pada rokok dengan bahan herbal yang lebih aman bagi kesehatan dan mengganti efek nikotin yang membuat rileks penggunanya dengan aromaterapi yang tentunya aman bagi kesehatan.selain itu jenis aromaterapi beragam sehingga perokok tidak akan jenuh dengan aromanya yang menenangkan saraf otak Tujuan gagasan rokok herbal beraromaterapi ini adalah dapat menggantikan rokok tembakau dengan begitu dapat meningkatkan kualitas kesehatan pengguna rokok.selain itu asap dari rokok ini harumnya seharum aromaterapi sehingga yang merasakan efek rileks tidak hanya pengguna tapi juga orang – orang yang berada disekitar pengguna atau perokok pasif.Rokok herbal beraromaterapi adalah rokok yang berisi ramuan herbal yang memiliki zat dan efek farmakologi sehingga ramuan ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh juga mengandung aromaterapi yang dapat memberikan efek menenangkan otak. 13 .